Tuesday 26 February 2019

CARA BUAT AKUN GTK PADA APLIKASI DAPODIKDASMEN 2019.C

Salam Pendidikan, 

cara buat akun gtk pada aplikasi dapodikdasmen 2019.c
Gambar cara buat akun GTK
Apa kabar sobat pengunjung setia khususnya teman pejuang data diseluruh tanah air. Sobat Operator sekolah yang berbahagia. Pada artikel saya kali ini akan membahas cara membuat akun GTK pada aplikasi Dapodikdasmen 2019. Untuk download aplikasi Dapodik 2019.C beserta panduan sudah saya share pada artikel sebelumnya rintokusmiran.blogspot.com. Nah bagi anda yang sudah download aplikasi tersebut tentunya akan melakukan update data semester genap tahun pelajaran 2018/2019 baik data Sekolah, GTK, Siswa, rombel, jadwal pelajaran dll.

pada aplikasi Dapodikdasmen 2019  ini ada yang baru lho, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya pagi ini. Saya berencana menambahkan data GTK pada bagian riwayat gaji berkala ada salah satu gtk yang mengusulkan Kenaikan gaji berkala dan sudah terbit SK Kenaikan berkalanya pada tanggal 14 Desember 2018. Kemudian saya buka aplikasi dapodik sekolah saya, terus saya klik tab GTK kemudian saya klik guru dilanjutkan nama guru tersebut. kemudian saya klik Ubah, selanjutnya muncul menu data yang perlu diubah, karena saya berkeinginan merubah data riwayat gaji berkala maka saya klik Tab Riwayat gaji berkala. saya pilih tanda tambah kemdian muncul kolom baru yang perlu diisi datanya meliputi:
  1. Pangkat dan Golongan
  2. Nomor SK Gaji Berkala
  3. Tanggal SK gaji Berkala
  4. TMT SK gaji Berkala
  5. Masa Kerja dalam Tahun
  6. Masa kerja dalam Bulan
  7. Nominal Gaji Pokok.
Setelah selesai saya klik Simpan, ternyata keluar notifikasi atau pemberitahuan pada aplikasi yang berisi tulisan "Error" dengan keterangan " Perubahan data hanya dapat dilakukan oleh GTK yang bersangkutan" lalu saya klik tanda silang berwarna putih. 

Berdasarkan pengalaman yang saya alami di atas melalui artikel ini saya jelaskan bagaimana caranya jika mengalami kendala tersebut. Dengan kata lain anda harus membuat akun GTK yang bersangkutan dan sejumlah GTK serta tendik yang ada pada sekolah anda. akun GTK adalah akun yang dipergunakan untuk mengedit data pada data GTK/Tendik. Berikut ini adalah cara mebuat akunnya:
  1. Silahkan anda klik tab menu GTK/Tendik yang akan anda buatkan akun
  2. Kemudian klik satu kali pada tabel GTK/ Tendik
  3. Silahkan Klik menu Penugasan dengan warna background tulisan hijau muda
  4. Lalu akan muncul jendela baru penugasan GTK/Tendik dengan menampilkan data (Penugasan, Nomor surat tugas, Tanggal surat tugas, TMT tugas, Keaktifan PTK, Mutasi PTK, Alasan Keluar, tanggal keluar)
  5. Pada bagian bawah terdapat 4 pilihan tab berwarna hijau tua ( tanda tanya/Batuan, Buat/ubah akun PTK, Simpan, serta Simpan dan tutup)
  6. Silahkan anda klik " Buat akun/ Ubah PTK" 
  7. Langkah selanjutnya akan muncul pengambilan data PTK berupa alamat email yang sudah anda inputkan pada data ptk semester sebelumnya. Alamat email tersebut sudah secara otomastis menjadi user.
  8. Langkah berikutnya anda masukkan kata sandi/password sesuia dengan yang anda inginkan.
  9. Lakukan konfirmasi kata sandi/Password pada kolom yang disediakan.
  10. Dibawah kolom konfirmasi kata sandi/Password, terdapat 4 keterangan meliputi (Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password asli email PTK, Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password tersebut, Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK, Akun pengguna PTK hanya dapat digunakan untuk PTK yang berada di sekolah induk)
  11. Setelah dinyatakan disetujui oleh gtk yang bersangkutan silahkan anda klik "simpan"
  12. Selesai. 
Silahkan anda lakukan langkah yang sama seperti di atas pada masing-masing GTK/Tendik yang terdaftar pada sekolah anda. GTK/tendik yang sudah memiliki akun PTK bisa login menggunakan akun tersebut pada aplikasi dapodik sekolah anda. Namun bagaimana caranya akan saya jelaskan di bawah ini.
  1. Silahkan logout dari aplikasi dapodik sekolah anda.
  2. Kemudian silahkan masukkan email/user serta kata sandi sesuia dengan akun GTK yang sudah anda buat.
  3. Sama seperti login sekolah hanya berbeda dengan user dan kata sandinya, 
  4. Klik Tahun Pelajaran genap 2018/2019
  5. Kemudian klik Login
Setelah anda berhasil login dengan aku gtk anda kemudian akan muncul ( Beranda, GTK, Nilai, Profile Pengguna, Tentang, Keluar). Silahkan anda rubah data sesuai dengan bukti fisik yang ada. Lakukan dengan teliti, hati-hati, dan jangan bertindak melakukan manipulasi data. Karena sanksinya sangat berat jika melakukan tindakan tersebut. Dalam melakukan update data GTK/Tendik bisa juga didampingi oleh perator sekolah atau kepala sekolah. Semua Perubahan data yang dilakukan oleh GTK/Tendik secara otomatis akan tersimpan pada aplikasi dapodik sekolah anda selanjutnya lakukan pengecekan ulang dengan harapan data yang disajikan benar-benar sesuai dengan kondisi real serta uptodate. Jika sudah selesai anda bisa secara bergantian loginnya dengan GTK/Tendik yang lainnya.

Jika sudah final silahkan anda logout dari aplikasi dapodik, selanjutnya Opertor sekolah silahkan cek sekali lagi perubahan data yang telah dilakukan GTK/tendik yang bersangkutan. Bila semua proses sudah dilakukan anda bisa mengirim data dapodik anda ke server dapodikdasmen seperti biasanya.

Demikian artikel saya berkaitan dengan cara membuat akun GTK pada aplikasi Dapodikdasmen 2019.c. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua, khusunya Operator sekolah. Samapai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Jangan lupa berikan komentar anda yang bersifat membangun.

sumber ; Panduan Maual Aplikasi Dapodikdasmen 2019.c