Wednesday 27 February 2019

MATERI SOSIALISASI DAPODIK 2019 C

Salam Pendikan, 

materi sosialisasi dapodik 2019 c
Gambar Materi Sosialisasi Dapodik 2019.C
Sampai jumpa pengunjung setia, pada kesempatan ini saya akan mengulas berkaitan dengan materi sosialisasi dapodik 2019 c. Bagi anda yang bertugas menjadi operator sekolah tentunya sangat memerlukan ini materi ini guna memahami aplikasi ini dengan baik. Untuk Aplikasi dapodik 2019 sudah saya ulas pada artikel saya sebelumnya atau disini.

Materi yang saya buat ini berdasarkan dengan panduan aplikasi dapodik 2019c. Untuk memudahkan dalam slide pada persentase materi saya buat dengan menggunakan PPT atau Microsoft Power Point sehingga dapat diedit sesuai dengan selera anda. File ini juga dapat dimanfaatkan sebagai anda yang sering memberikan materi pada pertemuan operator pendataan pendidikan di kecamatan masing-masing. 

Kegiatan sosialisasi biasanya dilakukan secara mandiri atas ide penggurus kelompok kerja operator sekolah atau Forum Operator Pendataan Pendidikan seluruh Indonesia (FOPPSI) atau forum sejenisnya yang peduli dengan data sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Bahkan orang yang peduli sesama yang memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

Sebuah forum yang aktif akan selalu memiliki rencana kerja/program yang jelas. Sebagai bentuk implementasi adalah pelaksanaan program yang telah direncanakan. Sebagai contoh konkrit operator yang berada dalam kecamatan kami tergabung dalam forum FOPPSI kecamatan Tungkal Jaya, Forum ini berada dalam binaan pengurus Cabang FOPPSI Kabupaten Musi Banyuasin Serta DPD FOPPSI Propinsi Sumatera Selatan. Setiap bulan selalu mengadakan pertemuan rutin bulanan yang membahas  segala permasalahan yang berkaitan dengan pendataan dan dalam rangka menyamakan persepsi berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi. Tidak menutup kemungkinan dalam satu bulan bisa 2 sampai 3 kali pertemuan hal ini sesuai dengan kebutuhan. 

Materi sudah saya sampaikan pada Pertemuan Operator dalam kecamatan tungkal Jaya pada hari ini tanggal 27 Februari 2019. Adapun peserta yang diundang adalah seluruh operator sekolah yang berada dalam kecamatan Tungkal Jaya. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Mengengah Pertama, Sekolah Menengah umum, serta Sekolah Menengah Kejuruan baik yang berstatus sekolah negeri maupun swasta. 

Manfaat lain adanya kegiatan sosialisasi adalah akan menghasilkan kualitas data dengan menerapkan prinsip data real, tepat dan akurat sesuai dengan pedoman atau panduan resminya.


Sebagai gambaran singkat berkaitan dengan file PPT ini terdiri dari 6 bab yang secara garis besar dirincikan sebagai berikut:
  1. Bab I berisi Informasi umum ( pendahuluan, diagram alur penggunaan aplikasi,)
  2. Bab II berisi Instalasi aplikasi dapodik 2019.C ( Persiapan instalasi, langkah-langkah instalasi dapodik)
  3. Bab III berisi deskripsi perubahan (Daftar perubahan, deskripsi perubahan)
  4. Bab IV berisi penilaian (target pendataan nilai tahun 2019, kewenangan input data nilai, prosedur input data, persiapan data, menu nilai)
  5. Bab V berisi Jadwal ( alur pengisian jadwal, cara pengisian jadwal)
  6. Penutup
Bagi anda yang berminat meminat untuk mengunduh file PTT Materi Sosialisasi Dapodik 2019.C dapat anda unduh pada link dibawah ini.


Setelah anda berhasil mengunduh file di atas, ada juga bisa menambahkan, mengurangi kata-kata yang kurang tepat sesuai dengan pemahaman yang anda miliki sesuai dengan panduan resmi aplikasi dapodik 2019.C. Saya juga menyadari bahwa saya masih tahap belajar dalam menyusun suatu materi sosialisasi yang baik serta berkualitas baik dari segi bahasa maupun dari segi tampilannya.

Demikian artikel saya berkaitan dengan materi sosialisasi dapodik 2019.C semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baik. Terakhir marilah kita sukseskan pendataan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 tahun 2019. Mohon kritikan yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya



4 comments:

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasih semoga bermanfaat

gudepsdn3bejimulyo said...

sengat bermanfaat sekali

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasih

sugiyono said...

sangat membantu kami