Thursday 7 October 2021

Cara Menulis Meta Deskripsi pada Blog, website, situs

Cara Menulis Deskripsi Meta yang Menarik yang Akan Meningkatkan Peringkat Anda Deskripsi meta adalah sesuatu yang sering kita abaikan.

Tapi tahukah Anda bahwa halaman dengan deskripsi meta rata-rata menerima 5,8% lebih banyak klik dari Google?

Dan jika Anda mengoptimalkan deskripsi meta Anda, Anda akan melakukan lebih baik dari itu.

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat SEO organik Anda, deskripsi meta mungkin jawabannya. Artinya, jika mereka ditulis dengan baik!

Deskripsi meta yang bagus akan memaksa pengguna untuk mengklik halaman Anda di hasil pencarian untuk mempelajari lebih lanjut. Itu juga harus mengandung kata kunci untuk meningkatkan SEO Anda. 

Di bawah ini, kami akan menjelaskan praktik terbaik untuk membuat deskripsi meta untuk membantu Anda mendominasi hasil pencarian Google.

Apa itu Meta Description?

Deskripsi meta adalah cuplikan 160 karakter yang digunakan untuk meringkas konten halaman web. Mesin pencari menampilkan cuplikan ini di hasil pencarian untuk memberi tahu pengunjung tentang halaman sebelum mengkliknya.


Deskripsi meta membantu pengguna memutuskan apakah mereka ingin mengklik situs web Anda di hasil pencarian. Mereka juga merupakan faktor penting di mana peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.


Mengapa Meta Description Penting?

Deskripsi meta penting karena tag meta (termasuk deskripsi meta) digunakan oleh algoritme Google, yang membantu menentukan halaman apa yang harus diberi peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu.


Jika Anda menggunakan deskripsi meta dengan benar, Anda memiliki kesempatan untuk menambahkan tag meta yang tidak ada di konten Anda. Ini bisa menjadi perbedaan antara peringkat di halaman empat untuk "sepatu terbaik", atau di halaman satu.

Deskripsi meta membantu:


Tingkatkan rasio klik-tayang, yang pada gilirannya akan meningkatkan konversi dan penjualan Anda.

Tingkatkan pengindeksan sehingga peringkat Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Permudah pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari tanpa memindai judul halaman atau tag meta.

Halaman dengan deskripsi meta melihat rata-rata 5,8 persen lebih banyak klik daripada halaman tanpa.


Bahkan raksasa mesin pencari Google merekomendasikan untuk menulis deskripsi meta di situs Anda.


Di sisi pengalaman pengguna, deskripsi meta menunjukkan kepada pencari tentang situs web Anda dan informasi apa yang dapat mereka temukan jika mereka mengklik.


Deskripsi meta juga dapat muncul di situs media sosial saat tautan dibagikan.

Jika deskripsi meta tidak ada, atau jika Anda telah menulisnya di luar praktik terbaik, mesin pencari dapat membuatnya untuk Anda. Masalahnya adalah, itu mungkin tidak seakurat atau semenarik yang Anda tulis sendiri.

Itulah mengapa sangat penting untuk menulis deskripsi meta Anda sendiri.

Kiat untuk Menulis Deskripsi Meta yang Hebat

Deskripsi meta adalah cara yang bagus untuk melibatkan pengguna di SERP dan meningkatkan lalu lintas organik Anda.


Bagaimana Anda menulis deskripsi meta yang mendorong klik dan meningkatkan peringkat Anda? Berikut adalah delapan tip untuk membantu Anda membuat deskripsi meta yang lebih menarik.

1. Sertakan CTA di Deskripsi Meta Anda

Menggunakan ajakan bertindak (CTA) dalam deskripsi meta Anda adalah cara yang bagus untuk memaksa orang mengklik situs web Anda. Anda dapat menggunakan frasa seperti "Pelajari Lebih Lanjut" atau "Klik Di Sini" atau "Belanja Sekarang," ketika mereka melihatnya muncul di SERP.

CTA membantu pembaca memahami apa yang ditawarkan halaman dan apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengklik. Mereka juga dapat memberikan insentif kepada pengguna untuk mengklik dan terlibat dengan situs Anda.

CTA dapat digunakan untuk menjual produk, menawarkan pendaftaran email, atau mengarahkan pembaca ke halaman media sosial Anda.

Contoh dari Automattic di LinkedIn ini meminta pengguna untuk bergabung dengan LinkedIn untuk melamar posisi mereka.

2. Fokus pada Nilai Deskripsi Meta Anda

Menambahkan kata-kata yang menggambarkan nilai yang Anda tawarkan adalah cara yang bagus untuk menarik orang agar mengklik.


Ketika seseorang membaca deskripsi meta, mereka harus dapat memahami apa yang ditawarkan dan apakah itu sepadan dengan waktu mereka.


Sertakan kata-kata seperti “belajar”, “melihat”, atau “menonton” bila perlu untuk berinteraksi dengan konten Anda.


Kata lain, seperti “terbaik”, “kesepakatan”, “baru”, atau “populer”, juga dapat membuat deskripsi meta Anda lebih menarik.

3. Uji A/B Deskripsi Meta Anda

Deskripsi meta adalah tempat yang tepat untuk bereksperimen dengan berbagai kata kunci, frasa, atau CTA.


Ini akan membantu Anda menentukan apa yang mendorong lebih banyak keterlibatan tanpa melakukan sesuatu yang permanen atau drastis dalam desain situs Anda sendiri.


Anda dapat menguji deskripsi meta A/B Anda dengan membuat dua deskripsi meta untuk setiap halaman.


Satu deskripsi meta dapat menggunakan satu variasi kata kunci, frasa, atau CTA. Deskripsi meta kedua bisa menjadi meta Anda saat ini atau fokus pada penawaran atau istilah yang berbeda.


Jalankan setiap meta selama beberapa minggu, lalu periksa Google Analytics Anda untuk melihat versi mana yang menghasilkan lebih banyak klik. Kemudian, gunakan informasi itu saat membuat deskripsi meta baru.


(Jika klik mendekati, pertimbangkan untuk melihat metrik lain, seperti rasio pentalan, waktu di halaman, atau konversi. Lalu lintas bukan satu-satunya hal yang dapat memengaruhi deskripsi meta!)


4. Bereksperimen Dengan Panjang Karakter

Deskripsi meta dibatasi hingga 150 karakter. Melebihi panjang ini akan mengakibatkan meta Anda terpotong di hasil pencarian, yang berarti pengguna tidak akan melihat konten apa pun setelah dipotong.


Berikut adalah contoh meta yang terpotong. Perhatikan elips:

Meskipun Anda tidak dapat melampaui batas, Anda dapat bereksperimen dengan deskripsi Anda untuk melihat apa yang terbaik untuk setiap halaman. Misalnya, panduan mendalam sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak klik dengan hasil yang terpotong karena pengguna ingin mempelajari lebih lanjut.


Anda mungkin menemukan deskripsi meta yang lebih pendek berfungsi paling baik di beranda Anda, sementara blog berkinerja lebih baik dengan jumlah kata yang lebih tinggi. Atau, Anda mungkin menemukan deskripsi meta dengan jumlah kata yang lebih tinggi berfungsi paling baik untuk halaman produk yang Anda rekomendasikan.


Cobalah untuk tidak melebihi panjang karakter yang disarankan, karena dapat berdampak negatif pada peringkat Anda.


5. Jadikan Meta Description Anda Unik dan Menarik

Deskripsi meta memberikan ikhtisar tentang konten apa yang ada di halaman, sehingga penting untuk menarik perhatian pembaca.


Cobalah pendekatan yang berbeda untuk menarik perhatian pengguna, seperti menggunakan judul clickbait atau mengajukan pertanyaan yang ingin dijawab pengguna.


Coba gunakan kata atau frasa yang menarik perhatian pengguna seperti “mengejutkan”, “lucu”, atau “mengubah hidup”. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu menjanjikan dan kurang memberikan.

Seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, mereka menggunakan suara yang sangat aktif yang memberikan dorongan penting bagi pembaca.


Anda diberi tahu apa yang dapat Anda harapkan tetapi tanpa detail yang tidak perlu. Jika Anda mencari cara sederhana untuk membantu SEO Anda, kemungkinan besar Anda akan mengklik tautan ini.


Anda juga akan melihat contoh di atas sangat spesifik dan tidak mengandung bulu halus.


Ini sangat penting jika Anda ingin peringkat tinggi di SERP.


Yang terpenting, pastikan deskripsi sesuai dengan konten halaman.


6. Sertakan Kata Kunci dalam Deskripsi Meta Anda

Penting untuk memasukkan kata kunci dalam deskripsi meta karena dua alasan:


Ini membantu mesin pencari memahami halaman dan memberi peringkat lebih baik pada konten Anda.

Ini meyakinkan pengguna bahwa halaman tersebut mencakup topik yang mereka minati.

Gunakan alat seperti Ubersuggest untuk menemukan kata kunci terbaik untuk situs Anda. Kemudian, tambahkan mereka ke deskripsi meta Anda untuk meningkatkan peringkat Anda.


Catatan: Setiap halaman harus menggunakan kata kunci yang berbeda dalam deskripsi meta untuk memastikan halaman Anda muncul di semua pencarian yang relevan.


Perlu diingat, Google tidak menggunakan meta tag kata kunci secara langsung dalam peringkatnya. Itu tidak berarti mereka tidak berharga bagi pengguna.


Juga, hindari isian kata kunci dalam deskripsi meta Anda atau Anda berisiko terkena penalti mesin pencari. Setiap deskripsi meta harus berisi satu atau dua kata kunci per frase dan mereka harus relevan dengan halaman.


7. Menerapkan Data Terstruktur

Tag meta data terstruktur adalah tag HTML yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda untuk memberikan konteks tambahan untuk mesin telusur dan platform media sosial.


Jenis meta tag data terstruktur yang paling umum digunakan oleh pemasar adalah nama bisnis, alamat, nomor telepon, alamat email, deskripsi produk dengan poin harga (jika berlaku), URL gambar, dan pegangan Twitter.


Ada banyak cara untuk mulai menerapkan data terstruktur.


Salah satu cara paling populer yang mungkin pernah Anda lihat adalah ketika situs web menerapkan ulasan dalam deskripsi meta mereka:

Ini memberikan sinyal langsung kepada pemirsa Anda bahwa mereka dapat menemukan sesuatu yang berharga di situs.


Karena bukti sosial adalah cara yang ampuh untuk menjual dan mengembangkan merek Anda, ini adalah peretasan yang cukup mudah yang memungkinkan Anda mulai memanfaatkan perilaku pengguna dengan mudah.


Data terstruktur dapat membantu Anda membangun deskripsi meta yang lebih kuat yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Mereka juga dapat membantu Anda mengambil cuplikan Google.


8. Jangan Duplikasi Meta Description

Deskripsi meta sangat penting untuk peringkat, jadi pastikan untuk menulis deskripsi meta unik untuk setiap halaman. Deskripsi meta yang unik meningkatkan kemungkinan bahwa mesin pencari dan browser lain dapat memahami konten apa yang ada di suatu halaman dan bagaimana perbandingannya dengan halaman lain.


Misalnya, jika pengguna melihat deskripsi meta duplikat di setiap halaman situs web Anda, mereka tidak akan tahu jenis konten apa yang ada di halaman tersebut.


Ini sangat penting untuk situs e-niaga, yang mungkin memiliki beberapa halaman dengan konten serupa. Bahkan jika produknya serupa, meta harus unik.


Deskripsi meta duplikat dapat memiliki efek negatif pada situs web Anda karena mempersulit perayap deskripsi meta untuk merayapi situs Anda. Anda mungkin juga menghadapi hukuman pengindeksan karena perayap tidak dapat menentukan halaman mana yang asli.


Contoh Deskripsi Meta Hebat

Contoh terbaik dari deskripsi meta berasal dari mesin pencari itu sendiri. Mari kita lihat deskripsi meta Google sendiri sebagai permulaan.


Berikut pengkodean untuk deskripsi meta Google sendiri:




Ini persis 159 karakter, termasuk spasi. Deskripsi meta Google ditampilkan sebagai berikut di tiga mesin pencari teratas.

Lonely Planet dimulai dengan pertanyaan untuk menarik pembaca dan mendorong klik. Dari sana, mereka menjelaskan proposisi nilai unik mereka dan membuat Anda bersemangat untuk berkeliling dunia!


Deskripsi Meta Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa banyak karakter yang seharusnya menjadi deskripsi meta?

Deskripsi meta harus sekitar 160 karakter, termasuk spasi, dan menyertakan deskripsi konten yang ringkas namun menarik di halaman itu.

Di mana deskripsi meta saya muncul?

Deskripsi meta Anda muncul di halaman mesin pencari ketika pengguna mencari kata kunci situs Anda. Itu langsung di bawah judul meta Anda.


Apakah deskripsi meta memengaruhi SEO?

Ya, deskripsi meta memengaruhi SEO karena memberikan informasi kepada mesin telusur tentang halaman Anda dan memengaruhi pengalaman pengguna.


Haruskah deskripsi meta saya sama dengan judul halaman saya atau H1?

Tidak. Gunakan deskripsi meta unik dan judul meta untuk setiap halaman situs web Anda. Ingat, deskripsi meta tepat di bawah judul, yang umumnya H1 Anda. Jangan sia-siakan ruang itu!


Cara Menulis Deskripsi Meta: Kesimpulan

Deskripsi meta adalah bagian penting dari SEO onsite Anda. Mereka harus menarik, deskriptif, dan unik untuk setiap halaman.


Deskripsi meta mungkin singkat, tetapi mereka dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) dengan membantu mesin pencari dan pengguna lebih memahami tentang halaman Anda.


Ingatlah untuk menyertakan deskripsi meta di setiap halaman situs Anda, termasuk posting blog dan halaman produk.


Kiat apa yang Anda miliki untuk membuat deskripsi meta yang hebat?

No comments: