Thursday 1 August 2019

9 WARISAN DUNIA YANG DIMILIKI INDONESIA YANG DITETAPKAN UNESCO

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, UNESCO adalah badan khusus perserikatan bangsa-bangsa yang membidangi tentang organisasi pendidikan, keilmuan dan kebudayaan yang ada didunia. 
9 WARISAN DUNIA YANG DIMILIKI INDONESIA YANG DITETAPKAN UNESCO
9 WARISAN DUNIA YANG DIMILIKI INDONESIA YANG DITETAPKAN UNESCO

Sudah sepatutnya bila kita berbangga diri karena Indonesia memiliki 9 warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Pernahkah anda mengunjungi tempat-tempat tersebut.? Atau mungkin ada salah satu tempat sudah pernah anda kunjungi. 

Berikut ini adalah 9 warisan dunia yang dimiliki Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO terdiri atas 2 kategori yaitu :
  1. Kategori Warisan Budaya
  2. Kategori Warisan Alam
Kategori Warisan Budaya meliputi:

1. Candi Borobudur 

Candi Borobudur ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori budaya pada tahun 1991. Dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra dimulai pada abad ke-8 sampai dengan abad ke-9. Candi Borobudur juga digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha. Selain itu juga menjadi tujuan destinasi wisata bagi turis mancanegara maupun turis domestik.

2. Candi Prambanan 


Candi Prambanan ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori budaya pada tahun 1991. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-10. Dibangun sebagai dedikasi terhadap Dewa Syiwa. Candi Prambanan merupakan candi terbesar bagi umat hindu. Selain itu juga menjadi tujuan destinasi wisata bagi turis mancanegara maupun turis domestik.

3. Situs Manusia Purba Sangiran 

Situs manusia purba Sangiran ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori budaya pada tahun 1996. Situs manusia purba Sangiran ditemukan pada tahun 1936 - 1941 . Ditemukan kuran lebih sekitar 50 fosil manusia purba.

4. Sistem Pengairan Subak

Sistem Pengairan Subak ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori budaya pada tahun 2012. Sistem Pengairan Subak mencerminkan konsep keserasian, antara dunia roh, dunia manusia dan alam

5. Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Tambang batubara Ombilin Sawahlunto ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori budaya pada tahun 2019. Tambang batubara Ombilin Sawahlunto dibangun pada abad ke - 19. Dianggap anda pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa pada masa itu.

Kategori Warisan alam meliputi:

6. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori warisan alam pada tahun 1991. Taman Nasional Komodo diakui sebagai habitat asal Komodo dan satu-satunya di dunia.

7. Taman Nasional Ujung Kulon 

Taman Nasional Ujung Kulon ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori warisan alam pada tahun 1991. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki  Badak Jawa atau Badak bercula satu yang berstatus hewan langka.

8. Taman Nasional Lorentz  

Taman Nasional Lorentz  ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori warisan alam pada tahun 1999. Taman Nasional Lorentz  memiliki puncak cartenz dengan ketinggian 4.884 mdpl. Taman Nasional Lorentz  memiliki ekosistem keanekaragaman flora dan fauna paling tinggi se- Asia Tenggara.

9. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera ditetapkan oleh unesco sebagai warisan dunia kategori warisan alam pada tahun 2004.  Hutan Hujan Tropis Sumatera terdiri dari 3 Taman Nasional antara lain:
  • Taman Nasional Gunung Leuser.
  • Taman Nasional Kerinci Sebat.
  • Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
Sudah sepantasnya jika sebagai generasi penerus untuk selalu menjaga kelestarian warisan baik itu warisan budaya maupun warisan alam. Sebagai upaya pelestarian dengan cara mengenalkan atau mengkampanyekan  budaya kita dan keanekaragaman flora dan fauna melalui media sosial anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagikita semua.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Pendidikan,_Keilmuan,_dan_Kebudayaan_Perserikatan_Bangsa-Bangsa
https://twitter.com/Kemdikbud_RI/status/1156805378270564352

No comments: