Sunday 10 March 2019

SOAL PTS KELAS 5 SEMESTER 2 TP 2018/2019 KURIKULUM 2013

Salam Pendidikan,
SOAL PTS KELAS 5 SEMESTER 2 TP 2018/2019 KURIKULUM 2013
Gambar Soal PTS kelas 5 Semester 2 TP 2018/2019 Kurikulum 2013
Hai pengunjung setia blog ini, pada kesempatan ini saya akan membagikan soal Penilaian Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 Kurikulum 2013. Soal ini terdiri dari 2 tema yaitu tema 6 dan tema 7. Masing-masing tema terdiri dari 3 subtema. Perlu diketahui soal ini dapat digunakan oleh adik-adik yang duduk dikelas 5 sebagai rujukan dalam menghadapi PTS semester 2 tahun ini.

Senada dengan hal tersebut di atas, berkaitan dengan manfaat soal. Bagi  anda berprofesi sebagai guru kelas yang mengajar kelas 5 dapat memanfaat soal ini sebagai referensi dalam menyusun soal PTS yang akan anda ujikan. Soal dapat anda copy langsung dari blog ini dan diedit sesuai dengan selera anda. Selain itu anda juga dapat mengunduh file ini yang saya buat dengan menggunakan MS Word.

Langsung saja berikut ini adalah soal PTS  Kelas 5 Semester 2 TP 2018/2019 yang saya tawarkan dalam artikel ini.

Soal PTS Kelas 5 Semester 2 Tema 6  Subtema 1 dan 2 


I.Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

(PPkN No  1- 4)


1.Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan…
a. Pembayaran uang sekolah.
b.  Menjaga ketertiban di kelas.
c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. 
d. Penjagaan fasilitas sekolah. 

2.Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab. 
a.  Kewajiban    b.  Hak                       c.  Sikap  d.  Norma 

3.Memelihara lingkungan alam adalah….
a. Kewajiban masyarakat bersama c.  Hak masyarakat bersama
b. Kewajiban masyarakat tertentu d. Hak masyarakat tertentu 

4. Sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…
a.  Norma c.    Kewajiban 
b.  Peraturan d.  hak 

(Bahasa Indonesia No 5 - ) Teks bacaan soal no 5- 6)
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
  
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah. 

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! 

Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar 

percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

5.Kata kunci pada pargraf pertama ….
a.  Cara menghasilkan energi panas c.  Kegunan matahari 
b.  Kegunaan matahari                         d.  Sumber energi panas 

6.Sumber energi panas yaitu…
a.  Matahari dan api                         c.  Matahari dan angin
b.  Matahari dan air                                 d.  Matahari  dan udara

7.Sumber energi terbesar di bumi adalah..
a.  Angin                                                 c.  Matahari 
b.  Api                                                 d.  Air 

8.Kesimpulan dari bacaan di atas adalah…
a.  Energi panas mempunyai banyak manfaat bagi manusia.
b.  Energi matahari dapat menerangi bumi. 
c.  Energi panas dapat dihasilkan dengan menggunakan matahari. 
d. Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah                matahari. 

(IPA No 9- 12)
9.Manfaat sumber energi panas yang berasal dari matahari kecuali…
a.  Pembangkit tenaga listrik                 c.  Mengeringkan jemuran pakaian
b.  Menghangatkan ruangan                 d.  Menghaluskan pakaian 

10.Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut...
a.  Pengkristalan                                 c.  Penyusutan
b.  Pencairan                                         d.  Pemuaian 

11.Salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda adalah..
a.  Derajat              b.  Celcius                   c. Kalor                d.  Suhu 

12. Perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas disebut…
a.  Penyusutan b.  Pemuaian              c. Pencairan   d. Pembekuan 

(IPS No 13- 16)
13. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah… 
a. Kebutuhan manusia terpenuhi         c.  Bertambahnya polusi udara 
b. Sebagai tempat rekreasi                 d. Keaslian alam terjaga

14. Interaksi manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam adalah…
a.  Membersihkan lingkungan         c.  Menanam padi 
b.  Menjaga lingkungan                    d.  Hujan buatan 

15. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia diantaranya, kecuali
a.  Kerusakan manusia                         c.  Kebakaran hutan 
b.  Tanah longsor                                 d.  Banjir sampah 

16. Interaksi manusia dengan alam ada yang berdampak baik dan ada yang berdampak buruk. Perilaku masyarakat yang suka melakukan penebangan hutan hutan liar dapat menyebabkan… 
a.   Memelihara kehidupan hewan    c.   Tanah longsor 
b.   Hutan menjadi subur                 d.   Rumah rusak 

(SBdP No 17- 20) 
17. Tangga nada pada lagu Cublak- Cublak Suweng adalah…
a.  Kromatis            b.  Melodis              c.  Slendro               d.  Pelog 

18. Tangga nada yang menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si adalah..
a.  Kromatis            b.  Melodis                 c.  Slendro               d.  Pelog 

19 Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada…
a.  Kromatis            b.  Romantic               c.  Pentatonis        d.  Diatonis 
20. Tangga nada pada lagu Cingcangkeling adalah…
a.  Kromatis            b.  Melodis                  c.  Slendro               d.  Pelog 

II. Jawablah pertanyaan di bawah in dengan tepat !

21. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!
22. Jelaskan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab! 
(Teks  bacaan soal No 23-24)
Perpindahan Panas atau Kalor

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa  api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran,  panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah. 

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).  Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke 

planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini? 

Panas berpindah dari benda yang  bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci  logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di

dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.  
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010

23. Sebutkan hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!
24. Buatlah  kesimpulan dari bacaan di atas!
25. Sebutkan dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!
26. Sebutkan contoh perpindahan panas (kalor) secara radiasi!
27. Sebutkan interaksi manusia yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat dan                lingkungan!
28. Sebutkan 3 jenis kebutuhan manusia!
29. Pola lantai adalah…
30. Sebutkan macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian!



Soal PTS Kelas 5 Semester 2 Tema 6  Subtema 3 dan tema 7 subtema 1



I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

1.Sikap melaksanakan segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk mencapai tujuan bersama disebut…
a.  Hak dan kewaiban                                c.  Kerjasama 
b.  Tanggung jawab                                       d.  Persatuan 

2.Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melakukan ….untuk menaati aturan lalu lintas.
a.  Kewajiban                                                c.  Tanggung jawab
b.  Hak                                                        d.  Kewajiban dan Hak

3.Salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat  adalah …..sebagai dasar negara
a. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila        c.  Melaksanakan kegiata adat istiadat 
b.Melaksanakan gotong royong        d. Melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.

4. Pencemaran lingkungan, terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. pencemaran limbah cair ke sungai-sungai, dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian bagi masyarakat yang menggunakannya. Peristiwa tersebut di sebabkan karena masyarakat  tidak menjalankan…. Terhadap lingkungan.
a.  Hak                                                        c.   Tanggung jawab
b.  Kewajiban                                                d.  Kewajiban dan hak 

(Teks bacaan soal No 5-8)
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan 
untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan  cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada 

air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.  Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah  James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.  

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. 

Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Sumber : diolah dari berbagai sumber

5. Siapakah yang menciptakan termos pertama…
a.  James dewar                                         c.  Benjamin Holt 
b.  Edwar Jenner                                            d.  Blaise Pascal 

6. Cikal bakal dari termos adalah…
a.  Botol penjaga panas                                 c.  Botol hampa udara
b.  Botol penahan panas                         d.  Botol udara

7. Apakan Fungsi dari termos …
a. Untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. 
b. Untuk menjaga air panas di sebuah tempat
c. Untuk menjaga air panas di tempat tertentu  
d. Untuk menghangatkan air panas. 

8. Pada tahun berapa termos pertama kali diciptakan…
a.  1904                     b.   1905                        c.1902               d.  1903
9. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut…
a.  Deduktor             b.  Semikonduktor          c. Konduktor       d.  Isolator

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
 Peralatan masak yang terdapat di atas merupakan bahan…
a.  Deduktor             b.  Semikonduktor c.  Konduktor         d.  Isolator

11. Penyebab aliran panas berhenti pada sebuah bahan isolator adalah..
a. Bahan isolator tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas.
b. Bahan isolator dapat mengalirkan panas secara konduksi. 
c. Bahan isolator mempunyai sifat yang sam seperti bahan semikonduktor.
d. Bahan isolator tidakl dapat mengalirkan panas secara konduktor.

12. Bahan yang termasuk bahan isolator yaitu…
a.  Sumpit besi b.  Sumpit bambu             c. Sedok besi        d.  Panci 
13. Salah satu contoh aktivitas masyarakat yang mempengaruhi pembangunan sosial adalah…
a.  Pengrajin batik rumahan                     c. Festifal batik daerah  
b.  pengrajin batik pabrik                     d.  Festifal kebudayaan 

14. Kegiatan produksi yang ramah lingkungan adalah… 
a.  Pembuatan gula di pabrik                      c.  Daur ulang sampah plastik 
b.  Pembuatan pabrik sawit                     d.  Penebangan kayu  jati 

15. Nelayan, petani, perkebunan teh merupakan aktivitas ekonomi yang dilakukan berdasarkan...
a.  Kepercayaan msyarakat setempat     c.  Kondisi geografis lingkungan
b.  Kegiatan ekonomi yang berlaku             d. Kondisi masyarakat 

16. Interaksi manusia dengan lingkungan yang baik akan mempengaruhi…
a.   Kehidupan manusia                             c.   Pembangunan ekonomi 
b.   Sosial budaya                                     d.   Perkembangan masyarakat 
17. Menggambar cerita dengan mengunakan krayon, tehnik menggambar yang digunakan adalah…
a.  Tehnik kering  b  Tehnik basah  c.  Tehnik semi kering   d. Tehnik semi basah
18. Alat yang di gunakan dalam menggambar cerita menggunakan tehnik basah adalah..
a. Cat air, Tinta cina dan krayon
b. Cat air, Tinta cina dan cat yang menggunakan air sebagai pengencer
c.  Cat air, pensil dan krayon
d.  Cat air, Tinta cina dan kapur

19 Teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok disebut..
a.  Teknik blok                b.  Teknik arsir     c.  Teknik sapuan         d.  Teknik basah

20. Gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa adalah..
a. Gambar tiga dimensi    c. Gambar cerita
b. Gambar lukisan            d. Gambar berwarna

II. Jawablah perntanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
21. Apa yang di maksud dengan budaya? Sebutkan macam- macam wujud dari budaya!
22. Bagaimana sikap yang baik terhadap keragaman sosial budaya yang ada?
Teks bacaan no 23 dan 24!
Sistem Tanam Paksa

Pemerintah Kolonial BelandaPada masa kepemimpinan Johanes Van Den Bosch, Belanda memperkenalkan sistem tanam paksa. Sistem tanam paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa. Di Sumatra Barat, sistem tanam paksa dimulai sejak tahun 1847. Saat itu, penduduk yang telah lama menanam kopi secara bebas dipaksa menanam kopi untuk diserahkan kepada pemerintah kolonial. Sistem yang hampir sama juga dilaksanakan di tempat lain seperti Minahasa, Lampung, dan Palembang. Kopi merupakan tanaman utama di Sumatra Barat dan Minahasa. Adapun lada merupakan tanaman utama di Lampungdan Palembang. Di Minahasa, kebijakan yang sama kemudian juga berlaku pada tanaman kelapa.

Pelaksanaan tanam paksa banyak terjadi penyimpangan, di antaranya sebagai berikut.
Jatah tanah untuk tanaman ekspor melebihi seperlima tanah garapanapalagi jika tanahnya subur.

Rakyat lebih banyak mencurahkan perhatian, tenaga, dan waktunya untuk tanaman ekspor sehingga banyak yang tidak sempat mengerjakan sawah dan ladang sendiri. Rakyat yang tidak memiliki tanah harus bekerja melebihi 1/5 tahun. Waktu pelaksanaan tanam paksa ternyata melebihi waktu tanam padi (tiga bulan) sebab tanaman-tanaman perkebunan memerlukan perawatan terus-menerus. Setiap kelebihan hasil panen dari jumlah pajak yang harus dibayarkan kembali kepada rakyat ternyata tidak dikembalikan kepada rakyat.

Kegagalan panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab rakyat/petani. Adanya penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan tanam paksa mem-bawa akibat yang memberatkan rakyat Indonesia. Akibat penyim pangan pelaksanaan tanam paksa tersebut antara lain: banyak tanah terbengkalai sehingga panen gagal, rakyat makin menderita, wabah penyakit merajalela, bahaya kelaparan melanda Cirebon dan memaksa rakyat mengungsi ke daerah lain untuk menyelamatkan diri. Kelaparan hebat juga terjadi di Grobogan yang mengakibatkan banyak kematian sehingga jumlah penduduk menurun tajam.

Tanam paksa yang diterapkan Belanda di Indonesia ternyata mengakibatkan aksi penentangan. Berkat adanya kecaman dari berbagai pihak, akhirnya pemerintah Belanda menghapus tanam paksa secara bertahap. Salah satu tokoh Belanda yang menentang sistem tanam paksa adalah Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli. Dia menentang tanam paksa dengan mengarang buku berjudul Max Havelaar. Edward Douwes Dekker mengajukan tuntutan kepada pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan kehidupan bangsa Indonesia karena kejayaan negeri Belanda itu merupakan hasil tetesan keringat rakyat Indonesia. Dia mengusulkan langkah-langkah untuk membalas budi baik bangsa Indonesia. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pendidikan (edukasi).
b. Membangun saluran pengairan (irigasi).
c. Memindahkan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya (transmigrasi).

23. Apakah tanam paksa itu?
24. Apa akibat penyimpangan tanam paksa?
25. Apakah maksud dari peristiwa menguap dan menyublim pada perubahan wujud benda? Berikan contoh dari kedua peristiwa tersebut!
26. Sebutkan contoh perubahan wujud benda padat menjadi cair!
27. Apakah penyebab terjadinya perlawanan terhadap bangsa portugis? Sebutkan bentuk bentuk perlawanannya!
28. Sebutkan faktor- faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah!
29. Apakah yang dimaksud dengan lagu wajib? Sebutkan ciri- ciri dari lagu wajib!
30. Bagaimanakah tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!





Soal PTS Tema 7 Subtema 2 DAN 3


I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

1. Semboyan yang mengikat keberagaman bangsa menjadi satu kesatuan di ambil dari kalimat“ Bhineka tunggal ika”. Semboyan tersebut berbunyi…

a.  Meskipun berbeda- beda, tetapi tetap satu jua.
b.  Berbeda- beda tetap satu
c.  walaupun berbeda tetap satu juga
d.  Walaupun berbeda- beda tetap menjadi kesatuan 

2. Sikap dalam menghadapi teman yang mempunyai budaya yang berbeda yaitu…
a.  Meniru budaya teman. c.  Saling menghargai dan menghormati. 
b. Saling menghina.        d.  Membeda- bedakan teman.

3. Gambar di bawah ini menunjukkan bahwa di dalam masyarakat Indonesia terdapat….
a. Keragaman Religi         c.  Keragaman makanan 
b. Keragaman pakaian adat d.Keragaman tempat beribadah

4. Unsur- unsur keragaman budaya yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah....
a.  Sistem kemasyarakatan c.    Mata pencaharian 
b.  Kesenian                         d.  Tehnologi dan peralatan 

5. Siapakah yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan…
a.  Ir Soekarno                 c.  Laksamana Maeda 
b.  Drs Moh Hatta                 d.  Dr Murwardi

6. Dimana teks proklamasi di bacakan…
a.  Rumah Ir Soekarno         c.  Rumah Laksamana Maeda
b.  Rumah Drs Moh Hatta d.  Rumah Ir Murwardi

7. Kapan proklamasi kemerdekaan di bacakan…
a.  17 Agustus 1946         c.  17 Agustus 1945
b.   18 Agustus 1946         d.  18 Agustus 1945

8. Bagaimana susunan acara pada pembacaan teks proklamasi …
a.  Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, Pengibaran bendera Merah Putih, dan               sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi
b. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr.                  Muwardi, dan Pengibaran bendera Merah Putih,
c. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr.          Muwardi
d.  Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan dan sambutan Wali Kota Suwiryo.

9. Ketika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga… 
a.  Rendah              b.  Banyak                   c.  Besar                 d.  Kecil 

10. Kalor dapat  mengubah suhu benda: Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah.  Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan meningkat    karena menerima panas yang bersuhu tinggi. Maka akan menghasilkan air…
a.  Air Hangat            b.   Air Panas    c.  Air Dingin            d.  Air Es

11. Peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas              yaitu…
a. Lilin dipanaskan.                   
b. Baju basah yang dijemur di bawah sinar matahari
c. Air yang dimasukkan dalam freezer 
d. Kapur barus (kamper) yang disimpan dalam lemari pakaian

12. Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas melalui penyerapan kalor disebut… 
a.  Penguapan      b.  Pengembunan        c. Pencairan      d. Pembekuan 

13. Peristiwa heroik di Surabaya yaitu Orang Belanda mengibarkan bendera Merah Putih  Biru  di  atap  hotel. Rakyat  kemudian menyerbu hotel, menurunkan, dan merobek warna biru bendera itu untuk dikibarkan kembali. Insiden ini terjadi pada tanggal…
a.  26 September 1945                        c.  15 Oktober 1945
b.  19 September 1945                        d.  6 Oktober 1945

14. Pada tanggal 6 Oktober 1945, para pemuda dari tokoh masyarakat membentuk Angkatan Pemuda Indonesia (API). Anggota API kemudian merebut dan mengambil alih kantor-kantor pemerintahan. Peristiwa ini terjadi di provinsi… 
a.  Bali                 b.  Aceh              c.  Surabaya                    d.  Yogyakarta

15. BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk pada tanggal… 
a.  22 Agustus 1945                          c.  21 Agustus 1945
b.  20 Agustus 1945                          d.  23 Agustus 1945 

16. Maklumat  Pemerintah  pada  tanggal  5  Oktober  1945 membentuk organisasi yang            bernama… 
a.   Badan Keamanan Rakyat           c.   Angkatan Militer Negara
b.   Tentara Keamanan Rakyat         d.   Badan Keamanan Negara

17. Garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lain pada saat melakukan gerak tari disebut.. 
a.  Pola Garis                b . Gerak Tari             c.  Pola gerak        d. Pola lantai
18.Gerakan tari yang menunjukkan Pola lantai horizontal adalah… 
a. Lurus           b.dua bersap        c.   Melingkar      d. segilima
   
19. Serangkaian gerakan indah dari dalam tubuh manusia disebut…
a.  Pola garis            b.  Gerak tari             c.  Pola Gerak       d.  Pola lantai 
20. Bentuk karya tari yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah..
a.  Bentuk tari tunggal         c.  Bentuk tari berpasangan
b.  Bentuk tari  kelompok d. Bentuk tari campuran

II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
21. Sebutkan peran pancasila dalam keberagaman bangsa!
22. Bagaimana cara melestarikan budaya bangsa?
23. Apakah yang dimaksud dengan surat undangan? Sebutkan dan jelaskan jenis- jenis surat undangan!
24. Sebutkan bagian- bagian surat yang terdapat pada surat di bawah ini!

25. Salah satu  perubahan wujud benda yang disebabkan oleh kalor, yaitu peristiwa pengkristalan. Apakah yang dimaksud dengan pengkristalan? Sebutkan contoh dari pengkristalan!
26. Sebutkan factor- factor yang mempengaruhi peristiwa pengembunan!
27. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?
28. Kapan dan pada peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan?
29. Sebutkan macam- macam seni rupa daerah di Indonesia!
30. Apakah yang dimaksud dengan seni lukis daerah? Sebutkan contohnya!


Demikianlah artikel saya pada kali ini yang dapat saya  bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat belajar buat adik-adik yang duduk pada kelas 5 sekolah dasar. Semoga hasil ujian adik-adik pada PTS semester genap Tahun pelajaran 2018/2019 mendapat hasil yang sangat memuaskan. 

Terima kasih atas kunjungan anda, berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.


1 comment:

RINTO KUSMIRAN said...

semoga bermanfaat ya