Friday, 2 April 2021

SOAL DAN KUNCI JAWABAN TRYOUT GURU TK/PAUD SERI GURU BELAJAR MANDIRI CALON ASN PPPK

Soal dan kunci jawaban tryout guru TK/Paud seri belajar mandiri calon ASN PPPK.  Berikut ini adalah Soal dan kunci jawaban tryout guru TK/Paud seri belajar mandiri calon ASN PPPK. 

1. Anak usia dini belum memahami urutan waktu secara baik karena fokus mereka adalah hari ini dan sekarang, namun mereka dapat mempelajarinya melalui jadwal harian mereka, apa yang telah mereka lakukan kemarin, hari ini dan besok hari. Cakupan studi sosial ini tentang...

a. Orang-orang dan lingkungan

b. Orang-orang dan masa lalu

c. Orang, tempat dan waktu

d. Tempat dan lingkungannya

e. Orang-orang dan bagaimana mereka hidup

 

 

2. Kepala sekolah PAUD Andika memberikan pengarahan dan pembinaan kepada guru tentang pembuatan alat pengumpul data bagi hasil anak yang salah satunya berbentuk lembar kerja anak. Dalam membuat lembar kerja anak guru harus mengacu pada beberapa aspek berikut kecuali...

a. Tema atau subtema

b. Alokasi waktu

c. Indikator capaian pembelajaran

d. Kegiatan pembelajaran yang buat guru

e. Aspek pengembangan

 

3. Pada laporan-laporan disampaikan 2 program yang termasuk...

a. Program pengembangan observasi dan portofolio

b. Program pengembangan observasi dan kemampuan dasar

c. Program pengembangan perilaku dan kemampuan dasar

d. Program pengembangan perilaku dan portofolio

e. Program pengembangan proses dan hasil belajar anak

 

4. STEAM membelajarkan anak untuk belajar memecahkan masalah didalam kelas guru menyiapkan berbagai kegiatan untuk anak salah satunya yaitu guru membawa wadah yang berisi air lalu guru menyediakan sebuah batu dan perahu yang terbuat dari kertas. Selanjutnya guru mengajak anak melihat benda mana yang mengapung dan tenggelam. Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran berbasis STEAM dalam konsep...

a. Mathematics

b. Technologi

c. Literasi

d. Sains

c. Arts


5. Perhatikan pernyataan berikut!

  • Kemampuan untuk memprioritaskan merencanakan dan mengelola hasil
  • Penggunaan alat dunia nyata yang efektif
  • Produk yang relevan dan berkualitas tinggi

Sebagai bagian dari keterampilan Engauge abad ke-2 pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari...

a. Effective communication

b. Efficiency learning

c. High productivity

d. Inventive thinking

e. Digital age literacy


6. Di dalam proses pembelajaran, para peserta didik dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan atau hipotesis, mencoba-coba (trial and eror), mencari dan menemukan keteraturan (Pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar...

a. Sibernetik

b. Humanistik

c. Kognitif

d. Behavioristik

e. Konstruktivistik

 

 

7. Anak akan melakukan kegiatan bermain bersama dengan teman-temannya di sekolah yang akan turut mempengaruhi bagaimana perkembangannya. Sebagai contoh bermain dengan teman sebaya dengan relasi yang baik dapat mengurangi tekanan pada anak, meningkatkan perkembangan secara kognitif, dan lain sebagainya. Menurut teori ekologi sistem lingkungan tersebut termasuk dalam konteks...

a. Kronosistem

b. Ekosistem

c. Mesosistem

d. Mikrosistem

e. Mesosystem

 

8. Ketika guru A melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan atau menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena mempertimbangkan...

a. Kultural peserta didik

b. Minat peserta didik

c. Gaya belajar peserta didik

d. Gender peserta didik

e. Etnik peser tadidik

 

 

9. Alam sekitar kita merupakan sumber belajar yang dapat kita gunakan untuk mengenalkan konsep sains untuk anak usia dini, Salah satunya yaitu tentang tanaman. Berikut adalah beberapa konsep yang dapat dikenalkan untuk anak usia dini kecuali...

a. Cara dan proses pemeliharaan tanaman

b. Proses perkembangbiakan tanaman dari berbagai hal (misalnya biji, akar, batang)

c. Jenis beragam tanaman seperti tanaman obat,tanaman hias, dan tanaman liar

d. Bagian-bagian tanah, akar, batang, daun dan bunga/buah

e. Cara dan proses klasifikasi tanaman berdasarkan genus dan spesies

 

 

10. Pernyataan yang paling tepat berikut mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik PAUD dalam membuat rancangan observasi adalah...

a. Menentukan sasaran dan teknik yang dipergunakan

b. Menggambarkan pola pola observasi yang sistematis

c. Menyusun langkah-langkah pembelajaran

d. Menggambarkan prosedur penggunaan observasi

e. Membuat data hasil observasi yang otentik dan tepat

 

 

11. Di setiap kegiatan pembelajaran guru terus mengajak anak untuk terlibat salah satunya adalah melibatkan minat anak dengan kompetensi dasar yang perlu dicapai. Penjelasan tersebut merupakan pengertian dari kegiatan pembelajaran Engage. Adapun ciri pembelajaran yang membuat anak Engage adalah...

a. Inovatif, energi, tekun,

b. Kreatif, konsentrasi, energi, tekun

c. Explore, tekun, inovatif, energi

d. Energi, percaya diri, kreatif, konsentrasi

e. Rasa ingin tahu, memecahkan masalah, tekun, Explore

 

 

12. Kegiatan yang dapat dirancang guru dalam menilai perkembangan atau ketertarikan anak untuk membaca yaitu...

a. Guru meminta anak menggambar benda yang ada didalam kelas

b. Guru mengajak anak berkeliling halaman sekolah

c. Guru mengajak anak untuk membaca tulisan yang ada di dalam kelas

d. Guru menunjukkan kartu bergambar sesuai dengan tema

e. Guru meminta anak menyanyikan lagu teman

 

 

13. Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa larangan dan hadiah... Menurut teori moral dari kohlberg penalaran moral individu tersebut berada pada tingkat...

a. Pasca operasional

b. Pra konvensional

c. Konvensional

d. Pasca konvensional

e. Pra operasional

 

14. Penyampaian laporan hasil assessment membutuhkan data sebagai bukti...

a. Objektivitas

b. Otentik

c. Kontekstual

d. Otoritas

e. Observasi

 

 

15. Anak dapat menjelaskan bagian tubuh luar, bagian tubuh dalam dan panca indra. setelah anak mengenal bagian tubuh dilanjutkan dengan mengenal cara merawat diri sendiri, seperti membersihkan diri dan grooming. merupakan salah satu konsep pengembangan...

a. Motorik

b. Makhluk hidup

c. Seni

d. Konsep diri

e. Manusia


16. Beberapa Siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan gaya belajar parasiswa tersebut adalah...

a. Gaya berpikir tingkat atas

b. Reflektif

c, Gaya berfikir terikat

d. Gaya berpikir bebas

e. Implusive



17. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut...

a. Membaca sekilas

b. Membaca langsung

c. Membaca deduktif

d. Membaca intensif

e. Membaca cepat



18. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif maka guru perlu mengacu pada...

a. Strategi pembelajaran

b. Pendekatan pembelajaran

c. Metode pembelajaran

d. Gaya pembelajaran

e. Model pembelajaran



19. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan di gunakanlah bahasa Indonesia Hal tersebut merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai...

a. Alat perhubungan tingkat nasional

b. Bahasa pengantar di lembaga Pendidikan

c. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

d. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK Nasional

e. Bahasa isyarat yang mudah di mengerti



20. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali...

a. Metode kupas rangkai suku kata

b. Metode cerita

c. Metode Sas

d. Metode kata lembaga

e. Metode sains



21. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapkan naskah dan skenario, perilaku dan perlengkapan. Kegiatan tersebut mengekspresikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk lisan. Hal tersebut termasuk hakikat berbicara jenis...

a. Bercerita

b. Cerita berantai

c. Bermain peran

d. Dongeng

e. Dramatisasi



22. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis Seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia...

a. 3 sampai 5 tahun

b. 6 sampai 8 tahun

c. 10 sampai 12 tahun

d. 15 sampai 18 tahun

e. 20 keatas


23. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah dan sebagainya) maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...

a. Kecerdasan gerak tubuh

b. Kecerdasan logika matematika (logic-mathematical)

c. Kecerdasan ruang(spatial)

d. Kecerdasan bahasa (linguistik)

e. Kecerdasan biasa


24. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap...

a. Tahap sensorimotorik

b. Tahap operasional konkrit

c. Tahap praoperasional

d. Tahap praoperasional konkret

e. Tahap motorik



25. Seorang pendidik berusaha mengumpulkan data asesmen yang digambarkan melalui catatan khusus dan detail tentang tingkah laku anak rancangan tersebut termasuk kedalam teknik...

a. Catatan spesimen

b. Menjalankan rekor

c. Pengambilan sampel waktu

d. Catatan anekdot

e. Pengambilan sampel acara



26. Pada pendidikan abad ke-21 potensi creative thinking and innovation sangat penting karena peserta didik dapat...

a. Bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan

b. Mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi bukti-bukti argumentasi data yang luas Melalui pengkajian secara mendalam serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari

c. Mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis maupun teknologi

c. Mencari sendiri tanpa bantuan guru dan menemukan alternatif pemecahan masalah dari berbagai sumber belajar dalam rangka mengembangkan pola pikir

d. Menghasilkan, mengembangkan dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok



27. Proses pemeriksaan seorang pendidik PAUD melakukan pemeriksaan untuk mengukur kecerdasan bahasa anak dengan fokus pada kemampuan berbahasa. Sasaran produk yang dilayani pendidik tersebut adalah...

a. Layanan berbasis bermain

b. Penguatan kecerdasan jamak

c. Layanan berbasis kemampuan anak

d. Layanan berbasis perkembangan anak

e. Kurikulum



28. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah...

a. Memahami tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembalajaran sesuai dengan tahap tersebut.

b. Memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik

c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

d. Memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan memberi mereka mengekspresikan gagasannya

e. Membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik


29. Fungsi tema dalam perencanaan kegiatan adalah...

a. Menyatukan kegiatan

b. Mengelompokkan kegiatan

c. Menggabungkan kegiatan

d. Menjembatani kegiatan

e. Mewadahi kegiatan


30. Perhatikan pernyataan berikut !

1) Membangun etos kerja guru dengan tepat

2) Memilih media pembelajaran yang sesuai

3) Menggunakan ceramah yang tegas

4) Menggunakan bahasa yang tepat

5) Membangun iklik komunikasi dengan peserta didik

6) Memberi tugas-tugas kelompok

7) Mengembang keberagaman

Strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan cara...

a. 4, 5, 6, 7

b. 1, 2, 3, 4

c. 2, 3, 5, 6

d. 3, 4, 5, 6

e. 1, 4, 5, 7


No comments: