Sunday 14 April 2019

DOWNLOAD PEDOMAN HARDIKNAS 2019

Salam Pendidikan,

Selamat bertemu kembali dengan saya admin blog ini. Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang download pedoman peringatan hardiknas 2019. Memasuki pertengah bulan april 2019 tentunya kurang lebih dua minggu ke depan akan diadakan peringatan hari pendidikan nasional yang sering kita kenal dengan Hardiknas. 

Bagi anda yang mendapat tugas sebagai panitia penyelengara tentunya memerlukan pedoman resmi pelaksanaan peringatan hardiknas. Kegiatan puncak peringatan ini adalah diadakannya upacara bendera pada instansi pendidikan dan serta satuan pendidikan. Pada peringan tahun ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 05 April 2019 oleh Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Muhajir Effendy. Surat tersebut dengan nomor :31653/MPKNTU/2019 yang ditujukan kepada:
  1. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
  2. Menteri Agama Republik Indonesia
  3. Para Dula Besar/Kepala Perwakilan Indonesia di Luar Negeri
  4. Para Gubenur Seluruh Indonesia
  5. Para Pimpinan Unit Utama di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Para Bupati/Walikota Seluruh Indonesia
  7. Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Seluruh Indonesia
  8. Para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Seluruh Indonesia
  9. Para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia
  10. Para Kepala UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Seluruh Indonesia
  11. Para Kepala Sekoiah/Madrasah Seluruh Indonesia dan Luar Negeri

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 yang berisi himbauan sebagai berikut:
  1. Menyemarakan  peringatan Hari Pendidikan  Nasional dengan  kegiatan-kegiatan  dalam semangat unjuk kinerja hasil pembangunan di bidang pendldikan dan kebudayaan yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.
  2. Mengedepankan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan.
  3. Melaksanakan  upacara bendera  secera  serentak pada hari  Kamis.  2  Mei 2019  pukul 08.00  waktu  setempat,  yang  akan  diatur  lebih  lanjut  dalam  pedoman  pelaksanaan upacara bendera seperti ter1ampir.
  4. Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional melalui media-media publikasi dengan mencantumkan  tema  Hari  Pendidikan  Nasional  Tahun  2019.  Tema  Peringatan  Hari Pendidikan Nasional  Tahun 2019 adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". 
  5. Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019
  6. Menyelenggarakan  kegiatan yang memupuk jiwa patriotisme seperti: a.). Apresiasif pemberian   penghargaan   kepada  pihak-pihak   yang   memiliki   peran  di bidang pendidikan dan kebudayaan di wilayah masing-masing, b). Ziarah ke taman  makam pahlawan  bidang pendidikan dan kebudayaan  di wilayah masing-rnasing.
  7. Bagi unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dihimbau untuk: a). Menyelenggarakan kegiatan  pekan  pendidikan dan  kebudayaan  berupa  pameran untuk  mendukung  percepatan  Gerakan  Literasi  Nasional  bekerja  sama  dengan IKAPI serta melibatkan pamerintah  daerah dan masyarakat dalam pelaksanaannya jadwal kegiatan terlampir); b). Menyelenggarakan   kegiatan-kegiatan   layanan   kepada   masyarakat   di   bidang pendidikan dan kebudayaan. c). Memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan kegiatan bernuansa pendidikan dan kebudayaan.

A.  Latar Selakang

Ditetapkannya  tanggal   2  Mei  sebagai  Hari   Pendidikan   Nasional   oleh   pemerintah Republik Indonesia melalui  Keppres  RI Nomor 316 Tahun  1959, merupakan wujud nyata kepedulian  pemerintah  akan   pentingnya   pendidikan   di   negeri   ini.  Penetapan   Hari Pendidikan  Nasional  dilatarbelakangi oleh sosok yang  rnemi!iki jasa luar biasa•di  dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringalan  Hari Pendidikan  Nasional  yang  diselenggarakan setiap  tanggal  2 Mei  tidak semata-mata dirnaksudkan  untuk mengenang hari kelahiran  Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak  Perintis  Pendidikan  Nasional,  narnun  lebih merupakan sebuah momentum untuk
kembali    menumbuhkan   rasa   patriotisme  dan   nasionalisme   pada   seluruh   insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah  untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan  menetapkan  pelaksanaan  Upacara  Bendera  dalam  rangka  memperingali  Hari Pendidikan   Nasional.  Hal  ini  dimaksudkan  agar  sernua  insan  pendidikan   mengingat  kembali filosofi dari  nilal perjuangan Ki Hadjar  Dewantara  dalam menegakkan pondasi pendidikan  di Indonesia.

Berkaitan   dengan   hal  tersebut.   untuk  keseragaman  dan  tertibnya  penyelenggaraan upacara  bendera  dalam  rangka  peringatan   hari  Pendidikan  Nasional  Tahun  2019  ini, perlu diterbitkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.

B.  Tujuan,  Sasaran, Terna, dan Logo
1.   Tujuan
Memperkuat komitmen  seluruh  insan  pendidikan  akan  penting  dan  strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa; Mengingatkan kembali  kepada  seluruh insan  pendidlkan  akan  filosofl perjuangan  Ki Hadjar Dewantara  dalam rneletakkan  dasar dan arah pendidikan bangsa; Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan  insan pendidikan.

2.  sasaran
Semua   lnsan   pendldikan   antara  lain;   pemangku   kepentingan   dan   karyawan  di lingkungan  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  baik  di  pusat  maupun  di daerah;  pemangku   kepentingan  dan  karyawan   di  lingkungan  Kementerian  Riset, Teknologi, dan  Pendidlkan  Tinggi;  Kementerian Agama;  Kantor Perwakilan  Republik Indonesia  di  luar  negeri;  pemerintahan  daerah;   satuan  pendidikan;  serta  lnstitusl penyelenggara pendidikan.

3.  Tema
Tema   peringatan   Hari   Pendidikan   Nasional   Tahun   2019   adalah   "Menguatkan
Pendidikan, Memajukan Kebudayaan"

4. Logo
Logo Peringatan Hari Pendidrkan Nasional Tahun 2019 sebagai berikut:
logo hardiknas 2019
logo hardiknas 2019

C. Pelaksanaan Upacara Bendera

Berikut  ini  kami  sampaikan   pedoman  pelaksanaan   upacara  bendera  Peringatan   Hari
Pendidikan  Nasional  Tahun 2019:

1.   Waktu Pelaksanaan
Hari, Tanggal  :  Kamis, 2 Mei 2019
Pukul              :  08.00 waktu setempat

2.   Tempat
Halaman  kantor/lapangan/lempat lain yang telah disepakati  oleh panitia setempat

3.  Pakaian
a.   Khusus  di  lingkungan  Kementerian  Pendidikan   dan  Kebudayaan  baik  di  Pusat maupun  Unit Pelaksana  Teknis: Pembina  Upacara, undangan, dan  peserta  upacara dari  unsur  pegawai mengenakan  pakaian adat, tradisional  disesuaikan dengan  norma kepantasan; Penerima   Satyalancana   Karya    Satya   pria   mengenakan    Pakaian  Sipil Lengkap {PSL) sedangKan wanlta  mengenakan pakaian nasionar: Kepala  sekolah,  guru, dan  siswa  mengenakan pakaian  seragam   masing-masing sesuai ketentuan; dan Pasukan  Pengibar  Benclera  dan petugas  upacara  lainnya  mengenakan pakaian dinas upacara sesuai  dengan  ketentuan.

b.  Untuk pelaksanaan upacara  bendera  di lingkungan  Kementerian  Riset, Teknologi, can  Pendidikan  Tinggi  serta  Kementerian Agama,  mengenakan pakaian  sesuai dengan  kebijakan  Menteri.

c.   Untuk   pelaksanaan   upacara   bendera   di  Sekolah,   Daerah,   dan   Luar  Negeri,
mengenakan pakaian sesuai dengan kebiasaan  setempat.

4.   Susunan Acara
  • Pembina upacara memasuki lapangan  upacara;
  • Penghonnatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara;
  • Laporan  pemimpln  upacara;
  • Pengibaran    Bendera   Merah   Putih  diiringi   lagu   kebangsaan    Indonesia   Raya (diitingi korsik, jika ada);
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara: 
  • Pembacaan teks Pencasila diikuti oleh seluruh peserta upacara; 
  • Pembacaan   Pembukaan   Undang-Undang  Dasar   Negara  Republik   Indonesia Tahun  1945;
  • Pembacaan     Keputusan    Presiden    R.l.    tentang    penganugerahan    Tanda Kehormatan Satya lancana Karya Satya (jika ada);
  • Penyematan Tanda Kehotmatan Satya lancana Karya Satya jika ada); 
  • Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
  • Menyanyikan  lagu Wajib  Belajar  (Cipt.  RN Suiarmas/H.  Winamo)  oleh  paduan suara:
  • Pembacaan Do'a;
  • Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara;
  • Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara:
  • Pembina Upacara meninggalkan lempat upacara;
  • Upacara selesai.
Keterangan 
Khusus pelaksanaan upacara di Sekolah/Madrasah, untuk mendukung penguatan pendidikan  karakter,  pengibaran  bendera  Merah  Putih  diiringi lagu  kebangsaan  Indonesia  Raya  dalam  3  stanza   dinyanyikan   seluruh peserta upacara  dengan sikap hormat dipimpin oleh pemimpin upacara Proses  penaikan  Bendera  Merah  Putih  disesuaikan   dengan  durasi  lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza

D.  Pembiayaan
Biaya  penyelenggaraan  upacara  bendera  peringatan,  Hari Pendidikan  Nasional  Tahun
2019 dibebankan pada mata anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Agama; kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; APBD  proyinsi dan kabupaten/kota; perguruan tinggi; dan sekolah/madrasah yang relevan.

E. Penutup
Demikian  pedoman  lni  kami  susun  untuk  dijadikan  acuan  dalam  penyelenggaraan upacara    bendera   peringatan   Hari   Pendidikan   Nasional   Tahun   2019   di  kantor Kementerian   Pendidikan    dan   Kebudayaan;   Kementerian    Riset,    Teknologi,  dan Pendidikan Tinggl;  Kementerian Agama; Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; pemerintahan daerah; se!uruh unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; satuan pendldikan; serta lnstitusi penyelenggara pendidikan di Indonesia.

Bagi rekan-rekan yang memerlukan pedoman hardiknas 2019 dapat anda unduh pada link di bawah ini.
Demikian artikel saya berkaitan dengan pedoman hardiknas tahun 2019 semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: