LKS 16 tema 4 subtema 4. Pada subtema 4 ini akan mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara. Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara.
LKS 16 TEMA 4 SUBTEMA 4 |
Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.
1. Tugas hari Senin, 23 November 2020 pembelajaran 1.
- Halaman 142 Apakah kita berhak mendapatkan lingkungan sejuk? Apa yang menjadi masalah di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana cara menyelesaikannya? Diskusikan dengan kelompokmu! Tulislah hasil diskusimu pada tempat tersedia! Masalah: Cara menyelesaikan:
- Halaman 146 Cobalah membuat cerita seperti cerita Dayu dan bibit pohon angsananya! Tentukan banyak kelurahan! Tentukan banyak bibit pohon yang ada di kecamatan! Tentukan jatah setiap kelurahan!
- untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
Halaman 148 Amati kembali teks ‘Siti Demam’! Temukan kewajiban dan hak pada teks!
Halaman 149 Amati kembali teks “Siti Demam”! Tuliskan kalimat-kalimat yang menunjukkan masalah! Tuliskan juga cara mengatasinya! Masalah dan Cara Mengatasinya.
Untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
Halaman 153 Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”! Sebutkan kalimat yang menunjukkan saran! Apakah saran itu bisa kamu lakukan? Beri pendapatmu!.
- Halaman 154 Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan! Banyak Bibit di Kelurahan Dibagi Banyak Bibit untuk RT Sama dengan ... : ... = 10 ... : ... = 10 ... : ... = 10 ... : ... = 10 ... : ... = 10
- Halaman 155 Buatlah cerita seperti teks "Di Kantor Kelurahan"! Tentukan banyaknya RT, banyaknya bibit di Kelurahan, dan banyaknya bibit yang diterima RT! Tulislah lima kemungkinan! Banyak Bibit di Kelurahan DibagimBanyak Bibit untuk RT Sama dengan ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ...
- Untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
Halaman 160 Bersyukurlah memiliki jalan umum. Jagalah jalan di lingkungan agar tetap bersih. Tulislah kewajiban dan hak berkaitan dengan jalan umum!
- Halaman 161 Beni memilih jajanan yang sehat. Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? Amati pernyataan berikut! Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat! Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat! 1. Makanan digoreng dengan minyak bekas berwarna coklat. (...) 2. Makanan tertutup rapat. (...) 3. Makanan terbuka. (...) 4. Makanan dibungkus koran. (...) 5. Makanan terlalu manis. (...) 6. Makanan bersih. (...) 7. Makanan masih segar. (...) 8 Makanan sudah basi. (...)
- Untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
Halaman 166 Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun? Tuliskan pada tempat tersedia! Ayo Kita Saling Menghargai
- Halaman 167Kamu sudah tahu kewajiban menghargai temanmu yang berbeda agama. Apakah kamu tahu hakmu yang berkaitan dengan agama? Sebutkan lima hak berkaitan dengan agama! Tuliskan pada tempat yang tersedia! 1. 2. 3. 4. 5
- Halaman 168 Ibu Udin membuat kue untuk perayaan Maulid Nabi. Peserta pengajian ada 100 anak. Berapa kue yang harus ibu buat? Berapa buah kue yang diterima setiap anak? Tuliskan lima jawaban pada tabel berikut! Banyak Kue Dibagi Jatah Per Anak Sama Dengan Banyaknya Anak ... : ... = 100 ... : ... = 100 ... : ... = 100 ... : ... = 100 ... : ... = 100
- Halaman 169 Buatlah cerita seperti teks "Perayaan Hari Besar Agama"! Tentukan banyaknya anak yang ikut kegiatan! Tentukan banyaknya kue! Tentukan banyaknya jatah kue per anak! Tulislah lima kemungkinan! Banyak Kue Dibagi Jatah Per Anak Sama Dengan ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ... ... : ... = ...
- Untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
6. Tugas hari Sabtu, 28 November 2020 pembelalaran 6
Halaman 171 Tuliskan kewajiban dan hak Edo pada bagan berikut! Hak dan kewajiban Di rumah Di sekolah Bertetangga Warga Negara
- Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah. Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik. Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan! Banyaknya Bendera Dibagi Jatah per Kelas Kelas Sama Dengan Banyak Kelas ... : ... = 12 ... : ... = 12 ... : ... = 12 ... : ... = 12 ... : ... = 12
- Halaman 173 Buatlah cerita seperti di sekolah Edo! Tulis banyak kelas di sekolahmu! Tentukan jatah bendera untuk setiap kelasnya! Tentukan banyak bendera yang harus disiapkan sekolah!
- Untuk menjawab soal di atas silahkan anda baca materi dan penjelasannya di SINI
No comments:
Post a Comment