Wednesday 25 November 2020

PANDUAN APLIKASI INSTRUMEN EDS VERSI ANDROID LURING

Panduan instrumen EDS Android Luring. Tim pengembang EDS telah merilis instrumen berbasis android luring. Dengan adanya Panduan instrumen EDS Android Luring ini sedikit memberikan kemudian bagi pengguna/respondes dalam rangka percepatan perekaman EDS tahun 2020 ini. 

PANDUAN APLIKASI INSTRUMEN EDS VERSI ANDROID LURING
PANDUAN APLIKASI INSTRUMEN EDS VERSI ANDROID LURING

Instrumen EDS Android merupakan alat bantu mengumpulkan jawaban respondens satuan Pendidikan secara luar jaringan (luring) untuk evaluasi diri sekolah (EDS) tahun 2020. Hal penting yang perlu menjadi catatan adalah  tidak ada proses unduh instrumen, instrumen sudah tersedia di dalam aplikasi Instrumen EDS (Android).

Tahapan penggunaan instrumen EDS (android) luring adalah sebagai berikut):

Install Aplikasi 

Dapat diunduh di Google Play Store

Memulai Aplikasi 

Dari menu icon di handphone temukan icon Instrumen EDS, contoh Instrumen EDS -SD.

Tap (klik) icon tersebut untuk memulai aplikasi

Tampilan Awal 

Aplikasi Aplikasi akan menampilkan splash screen dan menyiapkan instrumen. 

Pilih allow/izinkan jika ada notifikasi permohonan akses data

Deskripsi Keusioner Selanjutnya,

Aplikasi menampilkan Deskripsi Intrumen dan Responden siap untuk mulai mengisi instrumen EDS 2020. Terdapat tombol , jika tombol ini di pilih maka akan menampilkan keterangan skala likert. Tombol ini dapat diakses kapan saja.

Memulai Pengisian 

Pada bagian bawah aplikasi, terdapat informasi jumlah pertanyaan dan untuk memulai pengisian kuesioner terdapat tombol Yang memiliki fungsi menuju ke halaman atau keusioner selanjutnya. Klik atau Tap tombol ini maka tampilan akan berpindah ke halaman atau pertanyaan selanjutnya.

Pengisian Kuesioner 

Pada halaman-halaman selanjutnya, Aplikasi menampilkan pertanyaan dan pilihan/isian yang harus dijawab oleh responden. Setelah mengisi jawaban, untuk melanjutkan ke pertanyaan berikutnya, klik/tap tombol selanjutnya. Jika ingin kembali ke pertanyaan sebelumnya, Klik/tap tombol kembali Jika ingin menyimpan jawaban, klik/tap tombol simpan Pada bagian atas Terdapat progres pengisian.

Pengisian Data Identitas NPSN

 : NPSN sekolah NUPTK/NIK : NUPTK/NIK Guru/Kepsek EMAIL : • Guru  Gunakan email yang digunakan pada akun GTK di Dapodik • Kepala Sekolah  Gunakan email sekolah untuk akun Dapodik/operator Dapodik Catatan: Kesalahan mengisi identitas dapat menyebabkan file jawaban gagal/tidak dapat digunakan saat di-unggah ke Aplikasi EDS (Desktop)

Pengisian Wajib Seluruh instrumen wajib diisi oleh responden, jika terdapat butir pertanyaan yang belum diisi maka responden tidak dapat melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Pada Aplikasi akan diberi peringatan tanda merah terhadap jawaban wajib diisi namun belum diisi oleh responden. Tanda blok merah menunjukkan instrumen yang belum diisi.

Menyimpan Jawaban

Aplikasi tidak secara otomatis menyimpan jawaban. Jawaban akan tetap ada selama aplikasi berjalan. Untuk menyimpan jawaban klik/tap tombol simpan Tampil menu konfirmasi Pilih Ya untuk menyimpan Aplikasi memproses penyimpanan jawaban dan menampilkan informasi keberhasilan menyimpan jawaban. Dianjurkan menyimpan jawaban secara berkala untuk kepentingan melanjutkan pengisian pada waktu yang akan datang.

Melanjutkan Pengisian 

Pengisian instrumen dapat dilakukan secara bertahap, tidak harus selesai dalam satu waktu. Untuk kepentingan tersebut lakukan penyimpanan isian jawaban secara berkala atau sebelum menutup/keluar aplikasi. Pada saat memulai/menjalankan kembali Aplikasi , maka pada halaman Deskripsi Kuesioner akan terdapat tombol menuju ke pengisian terakhir. Klik/tap tombol ke pengisian terakhir Untuk melanjutkan pengisian instrumen Setelah tertuju ke halaman akhir pengisian sebelumnya, responden dapat melanjutkan pengisian instrumen. 

Mengirim Jawaban Instrumen 

Setelah semua isian instrumen selesai terisi maka akan tampil halaman akhir. Terdapat tombol Kembali dan Kirim. Tombol kirim digunakan untuk mengirim jawaban instrumen ke operator melalui media sosial sehingga dapat di import ke Aplikasi EDS Desktop di sekolah. Tombol Kembali digunakan untuk melihat atau memperbaiki kembali isian instrumen sebelumnya. Tampilan Pengiriman Konfirmasi Pengiriman Penyiapan File Pilihan Aplikasi yang akan digunakan untuk kirim file.

Bagi anda yang memerlukan Panduan instrumen EDS Android Luring dapat anda unduh pada link di bawah ini

Panduan instrumen EDS Android Luring

Semoga informasi berkaitan dengan Panduan instrumen EDS Android Luring dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 

No comments: