Friday 13 November 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 4 subtema 2 pembelajaran 6. Guru sedang berbicara di depan kelas. Semua siswa melihat ke arah guru. Mereka memperhatikan setiap ucapan guru. Lani bertanya kepada guru. Guru melihat ke arah Lani dan mendengarkan pertanyaan Lani.  Setiap orang wajib mendengarkan saat orang lain berbicara. Apa yang biasa kamu lakukan saat orang lain berbicara kepadamu?

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

Halaman 84

Tuliskan hasil diskusimu dalam bagan berikut! 

Yang harus dilakukan saat orang berbicara kepada kita 

Yang harus dilakukan saat kita berbicara kepada orang lain

Jawaban halaman 84

Yang harus dilakukan saat orang berbicara kepada kita adalah dengan mendengarkan dengan baik, jangan menyela pembicaraan orang lain.

Yang harus dilakukan saat kita berbicara kepada orang lain adalah berbicara dengan tutur kata yang sopan, tidak menyinggung perasaan orang lain.

Halaman 86

Setiap orang memiliki kewajiban mendengarkan saat orang lain berbicara. Saat upacara di sekolah siswa mengikuti pembina upacara membacakan teks Pancasila. Mereka seharusnya mengikuti dengan suara senada. Kadang kala ada siswa yang mengikuti dengan suara nyaring, ada juga yang bersuara lembut. Jika pada saat upacara terdapat  580 anak mengikuti dengan suara lembut, berapa anak yang mengikuti dengan suara nyaring? Berapa jumlah anak keseluruhan?

Jawab halaman 86 :

Anak yang mengikuti dengan suara lembut 580. Tentukan banyaknya siswa yang mengikuti  upacara! Tentukan siswa yang mengikuti dengan suara  nyaring! Buatlah lima kemungkinan! 

Siswa yang Mengikuti  dengan Suara Lembut Siswa yang Mengikuti  dengan Suara Nyaring

1. 650 - 70 = 580

2. 680- .100= 580

3. 980 - 400. = 580

4. 605 - 25= 580

5. 710- 130= 580


Setiap Orang Ingin Didengar Bacalah dengan nyaring! Setiap orang mempunyai cerita yang ingin disampaikan. Mereka memiliki hak untuk didengar. Kita hendaknya menjadi pendengar yang baik. Sebaiknya kita menatap mata orang yang berbicara. Apabila ada orang yang sedang berbicara kita harus mendengarkannya sampai selesai.

Berikan pendapat yang baik jika diperlukan. Perhatikan apa yang sedang diucapkannya. Jadilah pendengar yang baik!  

Saat kamu berbicara, gunakan suara yang lembut dan sopan. Berbicaralah tentang hal-hal yang baik. Berikan kesempatan temanmu untuk menyampaikan pendapat.

halaman 88

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sebaiknya kita menatap mata orang yang  berbicara. Apa maksud saran tersebut? Jelaskanlah!

2. Akan sangat baik jika kita mendengarkan  sampai bicaranya selesai. Mengapa itu  disarankan? Jelaskan!

3. Berbicaralah dengan suara lembut. Jelaskan maksud saran tersebut!

4. Sebaiknya kamu berbicara tentang hal yang baik. Apa maksud saran tersebut?

5. Berbicaralah dengan sopan. Apa maksudnya?

Jawaban halaman 88

halaman 88

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Dengan kita menatap mata orang yang  berbicara tujuannya adalah bahwa kita memperhatikan dengan sungguh-sungguh orang yang berbicara dengan kita.

2. Akan sangat baik jika kita mendengarkan  sampai bicaranya selesai karena kita harus mengetahui semua pembicaraan yang disampaikan orang lain kepada kita.

3. Berbicaralah dengan suara lembut adalah dengan bersuara lembut pembicaraan akan mudah diterima atau dipahami oleh orang lain.

4. Sebaiknya kamu berbicara tentang hal yang baik sebab hal yang baik sangat menarik untuk dibicarakan di depan umum.

5. Berbicaralah dengan sopan sebab berbicara dengan sopan dapat menghargai hak-hak orang lain, tidak menyinggung, berkata kasar.


No comments: