Thursday 5 November 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 6. Rumahku Bersih dan Nyaman Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa  menyenangkan.

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.  Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal   yang bersih? 

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Halaman 40

Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas!

1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat  pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani?

2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo?

3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan?

4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan  di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan?

5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap?

Jawaban halaman 40

1. Sebaiknya Lani membersihkan lantai rumahnya yang kotor dengan cara menyapu atau mengepel lantainya agar bersih kembali.

2. Agar rumah Edo rapi maka Edo harus merapikan rumahnya dengan cara melentakkan barang-barang pada tempatnya.

3. Dayu bisa minta tolong ibunya untuk mengajarkan cara merapikan kamar Dayu.

4. Agar meja makan di rumah Beni tetap bersih maka Beni mengambil makanan secukupnya dan membawa peralatan yang digunakan ke cucian piring.

5. Siti harus membuat rumahnya menjadi menyenangkan dengan cara mengatur benda-benda yang ada dirumah sesuai dengan keinginannya namun tetap rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan  kakaknya baru selesai  mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah. 

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin? 

Halaman 42

Tuliskan jawabanmu di tempat yang tersedia! Buatlah lima kemungkinan!

1. ... ... 600 

2. ... ... 600

3. ... ... 600 

4. ... ... 600

5. ... ... 600

Jawaban Halaman 42

Halaman 42

1. 500 100 600 

2. 400 + 200 600 

3. 450 150 600

4. 300 + 300 600 

5. 250 + 35600 

No comments: