Saturday 28 November 2020

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PENDAMPINGAN PENGISIAN EDS 2020 COVID -19 & OFFLINE SUVEYS

Contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys. Dalam rangka mewujudkan suksesnya kegiatan pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi EDS 2020 Covid -19 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan melakukan kegiatan sosialisasi proses bisnis aplikasi EDS 2020 Covid -19. Peserta pada kegiatan ini adalah pengawas sekolah, Operator kabupaten/kota, perwakilan operator sekolah dari jenjang SD dan SMP dalam wilayah propinsi Sumatera Selatan. Pelatihan dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom selama 2 hari dengan materi seputar aplikasi EDS 2020 Covid -19. Sebagai bentuk pertangungjawaban peserta baik itu operator kecamatan maupun pengawas sekolah diharuskan membuat laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys. 


Laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys ini sebagai bukti bahwa pengawas sekolah/operator kecamatan telah melakukan pendampingan kepada satuan pendidikan yang menjadi binaan dan bimbingannya. Nah bagi anda yang belum membuat laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys dapat memanfaatkan contoh kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys sebagai bahan referensi dalam penyusunan laporan anda. Berikut ini adalah contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah beserta inayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys. 

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys dalam Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan antara lain:

  1. Kepala Koordinator wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tungkal Jaya, Bapak Sarsito, M.Pd.
  2. Pengawas TK/SD dalam Kecamatan Tungkal Jaya Wilayah I. Bapak Rinanto, M.Pd, Wilayah  II Bapak Eko Sugianto, S. Pd. SD  dan wilayah III Bapak H. Mulyono, M. Pd.
  3. Ketua KKKS wilayah I, II, III
  4. Kepala Sekolah Dasar  dalam Kecamatan Tungkal Jaya
  5. Kakak Operator sekolah dalam Kecamatan Tungkal Jaya
  6. Seluruh guru yang berperan sebagai respondens dalam pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys.

Dengan adanya kegiatan pendampingan EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys diharapkan proses bisnis pengerjaan aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Serta memperoleh rapor mutu yang berkualitas dan merupakan peta rapor mutu yang real pada satuan pendidikan tanpa ada rekayasa atau manipulasi data. 

Rapor mutu yang berkualitas dapat dijadikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Semoga laporan ini dapat memberikan sumbangan ketercapaian 100 % progress pengiriman EDS Covid-19 pada seluruh satuan pendidikan dalam kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Nama dan lokasi sekolah bimbingan

Kegiatan bimbingan pengisian ESD EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys di Kecamatan tungkal Jaya terbagi menjadi 3 wilayah untuk jenjang Sekolah Dasar dan 1 wilayah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan rincian sebagai berikut adalah sebagai berikut:

1. Wilayah I Jenjang SD dilaksanakan di SDN 1 Peninggalan dengan diikuti oleh :

SDN 1 Peninggalan

SD IT Asy-Syamil

SDN 1 Suka Maju

SDN 1 Suka Makmur

SDN 2 Peninggalan

SDN Bedeng Tujuh 

SDN Pangkalan Tungkal

SDN Bumi Mulia

SDN Penuduan

SDN Simpang Tungkal

SDN Sri Damai Tungkal

SDN Suka  Damai

SDN Tungkal Makmur

2. Wilayah II  Jenjang SD dilaksanakan di SDN 1 Bero Jaya Timur  dengan diikuti oleh :

SDN 1 Beji Mulyo 

SDN 2 Beji Mulyo

SDN 2 Bero Jaya Timur

SDN 3 Beji Mulyo

SDN Bedeng Seng

SDN Bero Jaya Timur

SDN Dabuk Jaya

SDN Margo Mulyo

SDN Pandan Sari

SDN Pauh

3. Wilayah III Jenjang SD dilaksanakan di SDN 1 Sumber Harum  dengan diikuti oleh :

SD Anwar  Karim V

SD Muhammadiyah  Berlian Jaya 

SDN 1 Sumber Harum

SDN 2 Sumber Harum

SDN 3 Sumber Harum

SDN Banjar  Jaya

SDN Berlian Jaya

SDN Sinar Harapan

SDN Sri Mulyo

SDN Sumber Sari

4. Jenjang SMP  dilaksanakan di SMPN 1 Tungkal Jaya  dengan diikuti oleh :

SMP Al  Muhibbin

SMP Bina  Insan

SMP HIDAYATUZZU AMA Hidayatuzzu Ama

SMP Ma arif

SMP Ma-Dinul Ulum Sri Damai 

SMPN 1 Tungkal Jaya

SMPN 12 Tungkal Jaya

SMP NU Hidayatul Mubtadi-Ien

SMP UPT Pangkalan Kersik 

SMPN 10 Tungkal Jaya

SMPN 11 Tungkal Jaya

SMPN 2 Tungkal Jaya

SMPN 3 Tungkal Jaya

SMPN 4 Tungkal Jaya

SMPN 5 Tungkal Jaya

SMPN 6 Tungkal Jaya

SMPN 7 Tungkal Jaya

SMPN 8 Tungkal Jaya

SMPN 9 Tungkal Jaya


B. Waktu

Waktu kegiatan pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys, dilaksanakan pada hari dan tanggal berbeda.  wilayah III Jenjang SD dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020; wilayah II jenjang SD 16 November 2020; Wilayah I jenjang SD dilaksanakan pada tanggal 17 Nopember 2020 dan untuk jenjang SMP dilaksanakan pada hari Kamis  tanggal 19 November 2020. 

Adapun peserta kegiatan pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys  tersebut dihadiri oleh  Koordinator Wilayah Kecamtan Tungkal Jaya, Pengawas Sekolah, Kepala sekolah, Operator Sekolah dan 10 guru pada masing- masing sekolah yang termasuk   wilayah I, II, dan III.

Sedangkan Untuk jenjang SMP peserta yang hadir adalah Koordinator Pengawas Kabupaten Musi Banyuasin, Seluruh Kepala Sekolah , dan Operator Sekolah jenjang SMP dalam Kecamatan Tungkal Jaya 

C. Tujuan

Kegiatan  pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys memiliki tujuan memberikan sosialisasi kepada satuan pendidikan dalam Kecamatan Tungkal Jaya berkaitan dengan proses bisnis aplikasi, pengisian Aplikasi, pengiriman dan kendala teknis berkaitan dengan aplikasi. 

Tujuan lain dari kegiatan ini yang tidak kalah pentingnya adalah menghasilkan rapor mutu yang berkualitas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya pada satuan pendidikan dan menjadikan Kecamatan Tungkal Jaya 100 % pada progress pengiriman EDS tahun 2020 ini.

BAB II

MEKANISME DAN METODE PEMBIMBINGAN

A. Mekanisme pembimbingan operator sekolah dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys

Mekanisme yang saya lakukan sebagai Operator Kecamatan dalam pembimbingan operator sekolah dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys adalah dengan berkoordinasi langsung dengan Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah melalui ketua KKKS berkaitan dengan kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys pada satuan pendidikan.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah melalui ketua KKKS menghasilkan keputusan bahwa akan dilaksanakan sosialisasi berkaitan penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 yang dengan jadwal sebagai berikut:

1. wilayah III Jenjang SD dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 November 2020; 

2. Wilayah II jenjang SD dilaksanakan pada hari  Senin 16 November 2020; 

3. Wilayah I jenjang SD dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Nopember 2020 dan 

4. Untuk jenjang SMP dilaksanakan pada hari Kamis  tanggal 19 November 2020.

Tentunya kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan SKB 4 menteri berkaitan dengan pedoman kegiatan pada new normal ini.

B. Metode pembimbingan operator sekolah dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys

Metode yang  saya gunakan selaku  Operator Kecamatan dalam pembimbingan operator sekolah dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys adalah secara tatap muka langsung dengan melibatkan 10 guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang operator sekolah. 

Kegiatan sosialisasi diawali dengan paparan yang dilakukan oleh pengawas sekolah berkaitan dengan proses bisnis aplikasi EDS 2020 Covid-19. Dilanjutkan dengan paparan saya berkaitan dengan tata cara unduh, registrasi, login, menentukan kandidat responden yang mengisi koesioner pada aplikasi EDS 2020 Covid-19 desktop. 

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan praktek langsung pengunduhan, penginstalan, registrasi, login dan melakukan maping siapa saja pengguna yang dijadikan kandidat responden pada masing-masing satuan pendidikan di aplikasi EDS 2020 Covid-19 desktop.

Tahapan selanjutnya adalah presentasi berkaitan dengan tata cara unduh, registrasi, login, mengisi dan pengiriman masing-masing responden sesuai dengan perannya baik sebagai kepala sekolah maupun sebagai guru pada aplikasi offline surveys. 

Setelah persentasi selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan praktek tata cara unduh, registrasi, login, mengisi dan pengiriman masing-masing responden sesuai dengan perannya baik sebagai kepala sekolah maupun sebagai guru pada aplikasi offline surveys. 

Tahap akhir adalah tata cara menunggah file DBResult yang dikirim oleh masing-masing responden ke dalam aplikasi EDS 2020 Covid-19 versi desktop dan dilanjutkan dengan tata cara pengiriman / sinkronisasi EDS 2020 Covid-19 ke server.

C. Pihak -pihak yang terlibat pada pengisian EDS 2020 Covid-19

Pihak-pihak yang terlibat pada pengisian EDS 2020 Covid-19 di Kecamatan Tungkal Jaya adalah  Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah melalui ketua KKKS, dan dewan guru

BAB III

HASIL PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN

A. Pembimbingan penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys

Saya selaku Operator Kecamatan membimbing operator sekolah di wilayah kecamatan Tungkal Jaya  dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys selain melakukan bimbingan dengan Operator sekolah yang berperan sebagai admin pada satuan pendidikan.

Setelah melakukan sosialisasi saya tetap memantau perkembangan satuan pendidikan dalam melakukan penginputan instrumen EDS tahun 2020 secara online melalui Whatsapp Group dan Telegram group dan selalu berkoordinasi dengan admin kabupaten/Kota dan LPMP Sumatera Selatan apabila terdapat permasalahan-permasalahan berkaitan dengan proses bisnis aplikasi  EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys.

B. Progres hitung rapor dan sinkron data mutu sekolah di wilayah kecamatan/kabupaten/kota

Sampai dengan tanggal 28 Nopember 2020 pukul 22.00 berdasarkan  laporan perkembangan progress pengiriman Kecamatan Tungkal Jaya sudah mencapai  64,29% dengan total jumlah sekolah 56 sekolah.  Dengan mencapai angka 64,29% Kecamatan Tungkal Jaya menempati urutan pertama klasmen progres pengiriman EDS 2020 Covid-19 di Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan rincian sebagai berikut:

1. Jenjang SD Sudah kirim 23 belum kirim 9 jumlah sekolah 32

2. Jenjang SD Sudah kirim 11 belum kirim 8 jumlah sekolah 19

3. Jenjang SD Sudah kirim 2  belum kirim 3 jumlah sekolah 5

C. Kendala yang di hadapi

Kendala-kendala yang dihadapi secara umum oleh saya selaku Operator Kecamatan dalam melakukan pembimbingan penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan offline surveys adalah kondisi bentang alam Kecamatan Tungkal Jaya yang sangat luas dan tidak semua sekolah memiliki sumber listrik yang cukup atau memadai sering padam. 

Padamnya jaringan listrik secara otomastis akan berdampak dalam pemberian bimbingan kepada satuan pendidikan secara online. Tidak seluruh satuan pendidikan memiliki koneksi internet yang stabil. 

D. Upaya-upaya yang di lakukan

Upaya  yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan cara mengsiasati bimbingan pada malam hari atau kondisi listrik hidup dan jaringan internet stabil. 

BAB IV

REKOMENDASI DAN TINDAK LANJUT

A. Rekomendasi

Saya selaku Operator Kecamatan dalam melakukan pembimbingan penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan offline surveys memberikan rekomendasi berupa pengerjaan EDS 2020 Covid-19 dan offline surveys. Silahkan gunakan offline surveys yang terbaru karena memiliki fitur yang lebih lengkap, mudah digunakan, dapat di isi di mana saja. Salah satu aplikasi versi EDS versi android luring merupakan aplikasi terbaru sebagai alat bantu mengumpulkan jawaban responden Satuan pendidikan secara luring untuk  Instrumen evaluasi  diri  sekolah ( eds)  tahun 2020.

B. Tindak Lanjut 

Tindak lanjut yang akan saya lakukan sebagai Operator Kecamatan dalam melakukan pembimbingan penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan offline surveys adalah agar proses sinkronisasi berjalan dengan lancar.

Contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys ini saya buat dengan menggunakan ms word sehingga akan memudahkan anda dalam melakukan pengeditan sesuai dengan kondisi sekolah yang anda bina atau dampingi. Bagi anda yang memerlukan Contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys dapat anda unduh pada link di bawah ini:

Contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys

Semoga Contoh laporan kegiatan pendampingan pengisian EDS 2020 Covid -19  dan Offline Surveys yang saya buat pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

1 comment:

Unknown said...

ini utk ops bisa pak ?