Rintokusmiran.com| PEMBAHASAN SOAL TRYOUT TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PPPK GURU BERSAMA WWW. RINTOKUSMIRAN. COM BAGIAN 4 - Terima kasih sobat yang telah menyempatkan diri mengikuti tryout bagian 4.
Materi PPPK guru pada kompetensi teknis pedagogik merupakan momok bagi anda peserta seleksi PPPK guru tahun 2021.
Mengapa banyak yang berpendat pedagogik khususnya teori belajar dan pembelajaran dianggap sebagai momok yang menakutkan?
Terkadang teori belajar ini sudah kita terapkan dalam pembelajaran, namun tanpa disadari bahwa kita telah menerapkan teori-toeri belajar tersebut.
Ternyata kita mengetahui setelah berupaya memahami teori belajar tersebut. Bahkan ada yang berguman oooooooooooooooo......! ternyata itu to teori belajarnya.
Lalu bagaiman solusinya agar kita dapat memahami teori belajar dan pembelajaran dengan baik? Jawabannya adalah bahwa anda harus membaca di pelan-pelang apa itu teori belajar, mulai dari pengertian, ciri-ciri, siapa yang membuat teori belajar tersebut, dan bagaimana implementasinya teori belajar pada kegiatan pembelajaran.
Dengan mengetahui beberapa pengertian, ciri-ciri, siapa yang membuat teori belajar tersebut, merupakan modal awal pada saat mengarungi kompetensi calon ASN PPPK guru tahun 2021.
Nah sobat penjuang PPPK guru tahun 2021berikut ini adalah pembahasan Soal Tryout Pedagodik materi teori belajar dan pembelajaran PPPK Guru bersama "www.rintokusmiran.com"
1. Perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon, hal ini sesuai dengan teori belajar…
a. Behavioristik
b. Kognitifistik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
2. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Sebagai contoh, siswa belum dapat berhitung perkalian. Walaupun ia sudah berusaha giat dan gurunya sudah mengajarkan dengan tekun, namun jika anak tersebut belum dapat mempraktekkan perhitungan perkalian, maka ia belum dianggap belajar. Karena ia belum dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagai hasil belajar. Ilustrasi ini berdasarkan teori belajar …
a. Kognitifistik
b. Behavioristik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
3. Apa saja yang diberikan guru kepada siswa misalnya daftar perkalian, alat peraga, pedoman kerja, atau cara-cara tertentu, untuk membantu belajar siswa merupakan pengertian dari …
a. Respon
b. Stimulus
c. Media belajar
d. Sumber belajar
4. Yang dimaksud dengan respon adalah….
a. Aksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru
b. Reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diterima oleh guru
c. Reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru
d. Aksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diterima oleh guru
5. Apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon adalah pengertian dari…
a. Refleksi
b. Evaluasi
c. Pengayaan
d. Penguatan
6. Di bawah ini adalah nama Tokoh-tokoh aliran behavioristik, kecuali…
a. Thorndike,
b. Watson,
c. Clark Hull,
d. Skinner’s
7. Dari definisi belajar tersebut maka menurut Thorndike adalah…
a. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati secara langsung.
b. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati.
c. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati.
d. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang dapat diamati.
8. Belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon yang dimaksud harus berbentuk tingkah laku yang dapat diamati (observabel) dan dapat diukur, adalah pendapat seorang tokoh aliran behavioristik yang bernama…
a. J.B. Watson
b. Edwin Ray Guthrie
c. Clark Leaonard Hull
d. Burrhusm Frederic Skinner
9. Berikut ini adalah alasan mengapa Skinner tidak sependapat dengan Guthrie, kecuali…
a. Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat sementara.
b. Dampak psikologis yang buruk mungkin akan terkondisi (menjadi bagian dari jiwa si terhukum) bila hukuman berlangsung lama.
c. Hukuman mendorong si terhukum mencari cara lain (meskipun salah dan buruk) agar ia terbebas dari hukuman.
d. Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat permanen
10. Aplikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti di bawah ini, kecuali…
a. tujuan pembelajaran
b. sifat materi pelajaran
c. asal siswa
d. media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia.
11. Tujuan pembelajaran menurut teori behavioristik ditekankan pada ….
a. Penambahan pengetahuan
b. Penambahan Pembahasan materi
c. Penambahan waktu pembelajaran
d. Penambahan tujuan pembelajaran
12. Perhatikan rmerumuskan peran yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran di bawah ini:
1. Membentuk kebiasaan siswa. Jangan berharap kebiasaan itu akan terbentuk dengan sendirinya
2. Berhati hati sampai membentuk kebiasaan yang nantinya harus diubah. Karena mengubah kebiasaan yang telah terbentuk adalah hal yang sangat sulit.
3. Jangan membentuk dua atau lebih kebiasaan, jika satu kebiasaan saja sudah cukup
4. Bentuklah kebiasaan dengan cara yang tidak sesuai dengan bagaimana kebiasaan itu akan digunakan.
Yang termasuk rumusan peran yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran ditunjukkan oleh nomor…
a. 2, 3
b. 1, 4
c. 1, 3
d. 2, 4
13. Pada jaman modern ini, aplikasi teori behavioristik berkembang pada pembelajaran dengan ….
a. powerpoint dan multimedia
b. Modul
c. Komik
d. Buku
14. Teori belajar kognitif berbeda dengan teori belajar behavioristik. Teori belajar kognitif lebih mementingkan …
a. proses belajar
b. hasil belajar
c. evaluasi belajar
d. refleksi belajar
15. Menurut Piaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan system…
a. Gerak
b. Pancaindera
c. Sosial
d. Syaraf
16. Proses perubahan apa yang dipahami sesuai dengan struktur kognitif yang ada sekarang merupakan pengertian dari…
a. Akomodasi
b. Asimilasi
c. Evaluasi
d. Adaptasi
17. Proses perubahan struktur kognitif sehingga dapat dipahami. Dengan kata lain, apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya. merupakan pengertian dari…
a. Akomodasi
b. Asimilasi
c. Evaluasi
d. Adaptasi
18. Arti kata ekuilibrasi adalah…
a. Pemberat
b. Pembanding
c. Penyeimbang
d. Pemersatu
19. Tahap sensorimotor pada anak dimulai pada rentang umur…
a. 0-2
b. 2-7/8
c. 4-7/8
d. 7/8-11/12
20. Tahap preoperasional pada anak dimulai pada rentang umur…
a. 0-2
b. 2-7/8
c. 4-7/8
d. 7/8-11/12
21. Tahap Intuitif pada anak dimulai pada rentang umur…
a. 0-2
b. 2-7/8
c. 4-7/8
d. 7/8-11/12
22. Tahap operasional konkrit pada anak dimulai pada rentang umur…
a. 0-2
b. 2-7/8
c. 4-7/8
d. 7/8-11/12
23. Tahap operasional formal pada anak dimulai pada rentang umur …
a. 4-7/8
b. 7/8-11/12
c. 2-7/8
d. 11/12-18
24. Empat tahap perkembangan Piaget (Collin, 2012) ini dapat disimpulkan sebagai berikut, kecuali
a. Pada tahap sensorimotor, anak belajar tentang dunia melalui sentuhan dan indera lainnya
b. Anak mulai mengatur objek secara logis pada tahapan pra-operasional
c. Dalam tahap operasional kongkrit, Kuantitas/ isi dipengaruhi oleh bentuk yang berbeda
d. Penalaran verbal dan pemikiran hipotetis anak berkembang pada tahap preoperasional formal
25. Jerome Bruner adalah seorang pengikut setia teori kognitif, khususnya dalam studi perkembangan fungsi kognitif. Ia menandai perkembangan kognitif manusia yang tersebut di bawah ini kecuali…
a. Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan.
b. Peningkatan pengetahuan tergantung pada perkembangan sistem penyimpanan informasi secara realis.
c. Perkembangan intelektual meliputi perkembangan kemampuan berbicara pada diri sendiri atau pada orang lain melalui kata-kata atau lambang tentang apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan.
d. Interaksi secara sistematis antara guru saja.
26. Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh caranya melihat lingkungan, kecuali…
a. enactive,
b. active
c. iconic,
d. symbolic
27. Bruner memandang bahwa suatu konsep memiliki 5 unsur, dan seseorang dikatakan memahami suatu konsep apabila ia mengetahui semua unsur dari konsep itu, meliputi;
a. Nama, Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Kaidah
b. Status , Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Kaidah
c. Nama, Contoh,, Instrinsik,, Rentangan karakteristik, Kaidah
d. Nama, Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Pengertian
28. Advance organizers yang juga dikembangkan oleh Ausubel merupakan penerapan konsepsi tentang…
a. struktur kognitif di dalam melaksanakan pembelajaran
b. struktur kognitif di dalam mengevaluasi pembelajaran
c. struktur kognitif di dalam merancang pembelajaran
d. struktur kognitif di dalam perbaikkan pembelajaran
29. suatu kemampuan untuk mengadakan respons yang berbeda terhadap stimulus-stimulus yang berbeda dalam satu atau lebih dimensi fisik disebut…
a. Diskriminasi
b. Konsep konkrit
c. Aturan
d. Kompleks
30. Strategi kognitif dikelompokkan sesuai dengan fungsinya, dan pengelompokkan yang disarankan oleh Weinstein dan Mayer (dalam Dahar, 2011, hlm. 122) adalah …
a. menghafal, elaborasi, pengaturan, kognotif, efektif
b. menghafal, elaborasi, pengaturan, metakognotif, efektif
c. menghafal, kolaborasi, pengaturan, metakognotif, efektif
d. menghafal, elaborasi, kolaborasi, metakognotif, efektif
Untuk pembahasan soal selanjutnya mulai nomor 30-50 silahkan anda akses link di bawah ini
Bagi anda yang berkeinginan untuk melakukan tryout, silahkan anda klik tautan di bawah ini.
No comments:
Post a Comment