Wednesday, 8 September 2021

KUNCI JAWABAN TRYOUT PPPK BERSAMA WWW.RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 10

Rintokusmiran.com | Kunci jawaban Tryout Bersama www.rintokusmiran.com Bagian 10 - Terima kasih admin sampaikan bagi anda yang sudah mengikuti tryout bagian 10 bersama www.rintokusmiran.com.

KUNCI JAWABAN TRYOUT BERSAMA WWW.RINTOKUSMRAN.COM BAGIAN 10
KUNCI JAWABAN TRYOUT BERSAMA WWW.RINTOKUSMRAN.COM BAGIAN 10

Tryout PPPK Guru bagian 10 yang admin selenggarakan beberapa hari lalu. Nah bagi anda yang sudah mengikuti penasaran dengan kunci jawabannya. Berikut adalah soal dan kunci jawaban Tryout Bersama www.rintokusmiran.com Bagian 10.

Bagi anda yang memerlukan Tryout Bersama www.rintokusmiran.com Bagian 10 dalam bentuk Pdf dapat anda unduh pada bagian bawah artikel ini.

1. Di bawah ini yang bukan termasuk perwujudan Kebudayaan dalam arti luas adalah ... *

a. ide

b. nilai

c. gagasan

d. Kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat

e. Budaya daerah

 

2. Sistem Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 hal ini sesuai dengan Undang -Undang RI nomor ... *

a. 2 Tahun 1989 Pasal 1 Ayat 2

b. 3 Tahun 1989 Pasal 1 Ayat 2

c. 4 Tahun 1989 Pasal 1 Ayat 2

d. 5 Tahun 1989 Pasal 1 Ayat 2

e. 6 Tahun 1989 Pasal 1 Ayat 2

 

3. Pada dasarnya ada tiga cara umum yang dapat diidentifikasikan dalam mewariskan dan melestarikan budaya , 3 cara tersebut adalah ... *

a. informal, nonformal, dan formil.

b. informal, nonformal, dan formal.

c. informal, esensial, dan formal.

d. informal, nonformal, dan norma

d. informil, nonformal, dan formal.


4. Fungsi pokok setiap sistem pendidikan adalah ... *

a. untuk mengajarkan anak-anak pola-pola tingkah laku yang essensial

b. untuk mengajarkan anak-anak pola-pola tingkah laku yang sesuai dengan jamannya

c. untuk mengajarkan anak-anak pola-pola tingkah laku yang sesuai dengan keluarganya

d. untuk mengajarkan anak-anak pola-pola tingkah laku yang budaya Indonesia

e. untuk mengajarkan anak-anak pola-pola tingkah laku yang formal dan berbudaya

 

5. Pada masyarakat primitive, transmisi kebubayaan dilakukan secara... *

a. formal dan nonformal

b. informal dan formal

c. informal dan nonformal

d. formal dan nonformil

e.informil dan nonformal

 

6. Upaya Percepatan Digitalisasi Sekolah merupakan Merdeka Belajar Episode ... *

a. 8

b. 9

c. 10

d. 11

e. 12

 

7. Faktor budaya dalam proses pengajaran dalam istilah bahasa Inggris adalah... *

a. cultur factors in teaching

b. culture factors in teaching

c. culture factors as teaching

d. culture factor in teaching

e. culture factors on teaching

 

8. Salah satu upaya penyesuaian pendidikan jalur sekolah dengan keragaman latar belakang sosial budaya di Indonesia adalah dengan ... *

a. memberlakukan muatan lokal di dalam kurikulum sekolah 

b. Adanya pembelajaran seni budaya dan keterampilan

c.Adanya pembelajaran seni budaya daerah

d. FL2SN

e. Sanggar tari di sekolah

 

9. Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat yang dikenal dengan istilah *

a.cyber ethics

b. cyber healthy

c. healthy internet

d. healthy ethics

e. social networking

 

10. Teachingaids adalah..  *

A. alat bantu mengajar

B. dasar mengajar

C. pengajar

D. Simulasi

E. demontrasi

 

11. Behavior theory adalah ?  

A. teori sikap

B. teori ilmu

C. teori tingkah laku

D. ilmu politik

E. teori kasus

 

12. Suatu ketika Anda akan merancang pembelajaran “blended learning, dimanapembelajaran daring (online) akan dilakukan melalui teleconference di waktumalam hari. Berikut adalah aplikasi daring yang dapat digunakan melakukan daring .... *

a. Zoom Cloud Meeting

b. Google Classroom

c. Moodle

d. Edmodo

e. Google Meet

 

13. Perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon, hal ini sesuai dengan teori belajar… *

a. Behavioristik

b. Kognitifistik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

 

14. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Sebagai contoh, siswa belum dapat berhitung perkalian. Walaupun ia sudah berusaha giat dan gurunya sudah mengajarkan dengan tekun, namun jika anak tersebut belum dapat mempraktekkan perhitungan perkalian, maka ia belum dianggap belajar. Karena ia belum dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagai hasil belajar. Ilustrasi ini berdasarkan teori belajar … *

a. Kognitifistik

b. Behavioristik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

 

15. Apa saja yang diberikan guru kepada siswa misalnya daftar perkalian, alat peraga, pedoman kerja, atau cara-cara tertentu, untuk membantu belajar siswa merupakan pengertian dari … *

a. Respon

b. Stimulus

c. Media belajar

d. Sumber belajar

 

16. Yang dimaksud dengan respon adalah…. *

a. Aksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru

b. Reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diterima oleh guru

c. Reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru

d. Aksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diterima oleh guru


17. Apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon adalah pengertian dari… *

a. Refleksi

b. Evaluasi

c. Pengayaan

d. Penguatan

18. Di bawah ini adalah nama Tokoh-tokoh aliran behavioristik, kecuali… *

a. Thorndike,

b. Watson,

c. Clark Hull,

d. Skinner’s

 

19. Dari definisi belajar tersebut maka menurut Thorndike adalah… *

a. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati secara langsung.

b. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati.

c. Tanpa ada Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati.

d. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang dapat diamati.

 

20. Belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon yang dimaksud harus berbentuk tingkah laku yang dapat diamati (observabel) dan dapat diukur, adalah pendapat seorang tokoh aliran behavioristik yang bernama… *

a. J.B. Watson

b. Edwin Ray Guthrie

c. Clark Leaonard Hull

d. Burrhusm Frederic Skinner

 

21. Berikut ini adalah alasan mengapa Skinner tidak sependapat dengan Guthrie, kecuali… *

a. Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat sementara.

b. Dampak psikologis yang buruk mungkin akan terkondisi (menjadi bagian dari jiwa si terhukum) bila hukuman berlangsung lama.

c. Hukuman mendorong si terhukum mencari cara lain (meskipun salah dan buruk) agar ia terbebas dari hukuman.

d. Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat permanen

 

22. Aplikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti di bawah ini, kecuali… *

a. tujuan pembelajaran

b. sifat materi pelajaran

c. asal siswa

d. media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia.

 

23 Tujuan pembelajaran menurut teori behavioristik ditekankan pada …. *

a. Penambahan pengetahuan

b. Penambahan Pembahasan materi

c. Penambahan waktu pembelajaran

d. Penambahan tujuan pembelajaran

 

24. Perhatikan rmerumuskan peran yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran di bawah ini: 1. Membentuk kebiasaan siswa. Jangan berharap kebiasaan itu akan terbentuk dengan sendirinya 2. Berhati hati sampai membentuk kebiasaan yang nantinya harus diubah. Karena mengubah kebiasaan yang telah terbentuk adalah hal yang sangat sulit. 3. Jangan membentuk dua atau lebih kebiasaan, jika satu kebiasaan saja sudah cukup4. Bentuklah kebiasaan dengan cara yang tidak sesuai dengan bagaimana kebiasaan itu akan digunakan.Yang termasuk rumusan peran yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran ditunjukkan oleh nomor… *

a. 2, 3

b. 1, 4

c. 1, 3

d. 2, 4

 

25. Pada jaman modern ini, aplikasi teori behavioristik berkembang pada pembelajaran dengan …. *

a. powerpoint dan multimedia

b. Modul

c. Komik

d. Buku

 

26. Teori belajar kognitif berbeda dengan teori belajar behavioristik. Teori belajar kognitif lebih mementingkan … *

a. proses belajar

b. hasil belajar

c. evaluasi belajar

d. refleksi belajar

 

27. Menurut Piaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan system… *

a. Gerak

b. Pancaindera

c. Sosial

d. Syaraf

 

28. Proses perubahan apa yang dipahami sesuai dengan struktur kognitif yang ada sekarang merupakan pengertian dari… *

a. Akomodasi

b. Asimilasi

c. Evaluasi

d. Adaptasi

 

29 Proses perubahan struktur kognitif sehingga dapat dipahami. Dengan kata lain, apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya. merupakan pengertian dari… *

a. Akomodasi

b. Asimilasi

c. Evaluasi

d. Adaptasi

 

30. Arti kata ekuilibrasi adalah… *

a. Pemberat

b. Pembanding

c. Penyeimbang

d. Pemersatu

 

31. Tahap sensorimotor pada anak dimulai pada rentang umur… *

a. 0-2

b. 2-7/8

c. 4-7/8

d. 7/8-11/12

 

32. Tahap preoperasional pada anak dimulai pada rentang umur… *

a. 0-2

b. 2-7/8

c. 4-7/8

d. 7/8-11/12

 

33. Tahap Intuitif pada anak dimulai pada rentang umur… *

a. 0-2

b. 2-7/8

c. 4-7/8

d. 7/8-11/12

 

34. Tahap operasional konkrit pada anak dimulai pada rentang umur… *

a. 0-2

b. 2-7/8

c. 4-7/8

d. 7/8-11/12

 

35. Tahap operasional formal pada anak dimulai pada rentang umur … *

a. 4-7/8

b. 7/8-11/12

c. 2-7/8

d. 11/12-18

 

 

36. Empat tahap perkembangan Piaget (Collin, 2012) ini dapat disimpulkan sebagai berikut, kecuali *

a. Pada tahap sensorimotor, anak belajar tentang dunia melalui sentuhan dan indera lainnya

b. Anak mulai mengatur objek secara logis pada tahapan pra-operasional

c. Dalam tahap operasional kongkrit, Kuantitas/ isi dipengaruhi oleh bentuk yang berbeda

d. Penalaran verbal dan pemikiran hipotetis anak berkembang pada tahap preoperasional formal

 

37. Jerome Bruner adalah seorang pengikut setia teori kognitif, khususnya dalam studi perkembangan fungsi kognitif. Ia menandai perkembangan kognitif manusia yang tersebut di bawah ini kecuali… *

a. Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan.

b. Peningkatan pengetahuan tergantung pada perkembangan sistem penyimpanan informasi secara realis.

c. Perkembangan intelektual meliputi perkembangan kemampuan berbicara pada diri sendiri atau pada orang lain melalui kata-kata atau lambang tentang apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan.

d. Interaksi secara sistematis antara guru saja.


38. Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh caranya melihat lingkungan, kecuali… *

a. enactive,

b. active

c. iconic,

d. symbolic

 

39. Bruner memandang bahwa suatu konsep memiliki 5 unsur, dan seseorang dikatakan memahami suatu konsep apabila ia mengetahui semua unsur dari konsep itu, meliputi; *

a. Nama, Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Kaidah

b. Status , Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Kaidah

c. Nama, Contoh,, Instrinsik,, Rentangan karakteristik, Kaidah

d. Nama, Contoh,, Karakteristik,, Rentangan karakteristik, Pengertian

 

40. Advance organizers yang juga dikembangkan oleh Ausubel merupakan penerapan konsepsi tentang… *

a. struktur kognitif di dalam melaksanakan pembelajaran

b. struktur kognitif di dalam mengevaluasi pembelajaran

c. struktur kognitif di dalam merancang pembelajaran

d. struktur kognitif di dalam perbaikkan pembelajaran

 

41. suatu kemampuan untuk mengadakan respons yang berbeda terhadap stimulus-stimulus yang berbeda dalam satu atau lebih dimensi fisik disebut… *

a. Diskriminasi

b. Konsep konkrit

c. Aturan

d. Kompleks

 

42. Strategi kognitif dikelompokkan sesuai dengan fungsinya, dan pengelompokkan yang disarankan oleh Weinstein dan Mayer (dalam Dahar, 2011, hlm. 122) adalah … *

a. menghafal, elaborasi, pengaturan, kognotif, efektif

b. menghafal, elaborasi, pengaturan, metakognotif, efektif

c. menghafal, kolaborasi, pengaturan, metakognotif, efektif

d. menghafal, elaborasi, kolaborasi, metakognotif, efektif

 

43. Membaca, menulis, memainkan sebuah instrumen musik, atau dalam pelajaran sains menggunakan berbagai macam alat seperti mikriskop, alat-alat listrik, dan lain sebagainya merupakan gabungan keterampilan intelektual dengan kegiatan…. *

a. Bermain

b. Motorik

c. Sensorik

d. Hobby

 

44. Teori kognitif menekankan pada proses … *

a. perkembangan siswa

b. belajar siswa

c. pertumbuhan siswa

d. pembelajaran siswa

 

45. Suatu aktifitas belajar yang berkaian dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal merupakan hakekat belajar menurut teori… *

a. Behavioristik

b. Kognitif

c. Konstruktivistik

d. Humanistik


46. Siapakah tokoh yang mengemukakan bahwa ada beberapa kemampuan yang diperlukan dalam proses mengkonstruksi pengetahuan, yaitu; 1) kemampuan mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman, 2) kemampuan membandingkan dan mengambil keputusan akan kesamaan dan perbedaan, dan 3) kemampuan untuk lebih menyukai suatu pengalaman yang satu dari pada lainnya… *

a. Yuliani

b. Raka Joni

c. Von Galserfeld

d. Vygotsky

 

47. Yuliani (2005: 44) Secara spesifik menyimpulkan bahwa kegunaan alat berfikir menurut Vygotsky adalah sebagai berikut, kecuali … *

a. Membantu memecahkan masalah

b. Memudahkan dalam melakukan Tindakan

c. Mempersempit kemampuan

d. Melakukan sesuatu sesuai dengan kapasitas alaminya.

 

48. Inti dari teori belajar konstruktivistik adalah …. *

a. penggunaan alat berfikir seseorang yang tidak dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan sosial budayanya

b. penggunaan alat berfikir seseorang yang dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan sosial budayanya

c. penggunaan alat berfikir seseorang yang tidak dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan budayanya

d. penggunaan seseorang yang tidak dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan sosial budayanya

 

49. Seorang anak yang masih dibantu memakai baju, sepatu dan kaos kakinya ketika akan berangkat ke sekolah ketergantungan anak pada orang tua dan pengasuhnya begitu besar, tetapi ia suka memperhatikan cara kerja yang ditunjukkan orang dewasa. Merupakan contoh tindakan anak pada tahap… *

a. Tahap 4 Tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berfikir abstrak

b. Tahap 3 Tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi

c. Tahap 2 Tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri

d. Tahap 1 Tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain.

 

50. Anak mulai berkeinginan untuk mencoba memakai baju, sepatu dan kaos kakinya sendiri tetapi masih sering keliru memakai sepatu antara kiri dan kanan. Memakai bajupun masih membutuhkan waktu yang lama karena keliru memasangkan kancing. Merupakan contoh tindakan anak pada tahap… *

a. Tahap 4 Tindakan anak spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berfikir abstrak

b. Tahap 3 Tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi

c. Tahap 2 Tindakan anak yang didasarkan atas inisiatif sendiri

d. Tahap 1 Tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain.

 

51. Sebuah pembelajaran yang memiliki ciri-ciri di bawah ini termasuk dalam terori belajar…. Siswa menginternalisasi dan mentransformasi informasi baru. Transformasi terjadi dengan menghasilkan pengetahuan baru yang selanjutnya akan membentuk struktur kognitif baru. *

a. Behavioristik

b. Kognitif

c. Konstruktivistik

d. Humanistik


52. Pendidikan harus dikelola untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan yang dibutuhkan di abad 21, seperti yang tersebut di bawah ini kecuali.. *

a. mampu belajar dan berinovasi,

b. berfikir kritis

c. mampu memecahkan masalah,

d. memiliki kreativitas serta belum mampu berkomunikasi berkolaborasi dengan baik.

 

53. Domain psikomotor, terdiri atas 5 tingkatan, yaitu… *

a. Peniruan , Penggunaan , Ketepatan , Perangkaian , Naturalisasi

b. Peniruan , Penggunaan , Kecepatan , Perangkaian , Naturalisasi

c. Penipuan , Penggunaan , Ketepatan , Perangkaian , Naturalisasi

d. Peniruan , Pemakaian , Ketepatan , Perangkaian , Naturalisasi

 

54. Ide-ide, konsep-konsep, taksonomi-taksonomi tujuan yang telah dirumuskannya dapat membantu para pendidik dan guru untuk memahami hakekat … *

a. Hubungan manusia

b. Fisik manusia

c. Derajat manusia

d. Kejiwaan manusia

 

55. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari .... *

a. Conditioning

b. Trial and error

c. Konseptualisasi

d. Shaping

e. Stimulus respon

 

56. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori .... *

a. Konstruktivistik

b. Sibernetik

c. Humanistik

d. Behavioristik

e. Kognitivistik

 

57. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar.... *

a. Konstruktivistik

b. Behavioristik

c. Sibernetik

d. Humanistic

e. Kognitivistik

 

58. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah.... *

a. Kemampuan berinteraksi

b. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

c. Kemampuan berkomunikasi

d. Kemampuan untuk memecahkan masalah

e. Kemampuan mengemukakan pendapat

 

59. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali .... *

a. Belajar aktif

b. Belajar emansipatoris

c. Belajar teknis

d. Belajar konsep

e. Belajar praktis

 

60. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ? operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan... *

a.Media grafis

b.Media cetak

c.Media poster

d.Media gambar

e.Media benda nyata

 

61. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu... *

a.Menggunakan program audio dan modul.

b.Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

c.Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

d.Menggunakan modul dan powerpoint.

e.Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

 

62. Pak Abdul seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Abdul tmemperhatikan karakteristik peserta didik terutama... *

a.Minat

b.Status sosial

c.Etnik

d.Motivasi

e.Kultural

 

63. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek... *

a.Status Sosial

b.Minat

c.Moral

d.Motivasi

e.Etnik

 

64. Ibu Rica merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ? *

a.Etnik

b.Status social

c.Kultural

d.Minat

 

65. Pada saat pembelajaran berlangsung Pak Fauzi mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:? *

a.Sosial

b.Motivasi

c.Etnik

d.Status sosial

e.Kultural

 

66. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah …. *

a.menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

b.mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

c.menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

d.menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

 

67. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”... *

a.Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

b.Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

c.Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.

d.Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.

 

68. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah .... *

a.menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional

b.membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar

c.melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa

d.memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian


69. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai.. *

a.creative thinking

b.problem solving

c.critical thinking

d.transfer knowledge

 

70. Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut... *

a.Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?

b.Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?

c.Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?

d.Jika ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?

 

71. Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang....... *

a.pembuktian (Verification)

b.pengolahan data (Data Processing)

c.pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)

d.pengumpulan data (Data Collection)

 

72. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan... *

a.konseptual

b.prosedural

c.faktual

d.metakognitif

 

73. Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah... *

a.kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

b.siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)

c.siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah

d.kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan

 

74. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah... *

a.Project Based learning

b.Problem Based learning

c.Discovery Learning

d.Inquiry Learning


75. Untuk menilai siswa dalam memahami paragraf, guru meminta siswa menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan... *

a.Tes tertulis

b.Penilaian praktik

c.Tes lisan

d.Penilaian produk

 

76. Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu … *

a.Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok

b.Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan

c.Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya

d. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan

 

77. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian … *

a.Kegiatan pendahuluan

b.Kegiatan Evaluasi

c.Kegiatan Inti

d.Tujuan Pembelajaran

 

78. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu … *

a.Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian

b.Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

c.Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

d.Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya

 

79. Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut …. *

a.Hambatan lisan

b.Hambatan personal

c.Hambatan budaya

d.Hambatan semantik

 

80. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah … *


a.Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)

b.Komunikasi media massa (mass media communicatin)

c.Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

d.Komunikasi media internet (internet media communication)

 

81. Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah.... *

a.Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding

b.Action --------> understanding Perception -----> interpretation

c.Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action

d.Action ----perception -----> interpretation --------> understanding

 

82. Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat …. *

a.pendahuluan

b.refleksi

c.penutup

d.kegiatan inti

 

83. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan … *

a.Tujuan komunikasi

b.Bentuk komunikasi

c.Prinsip komunikasi

d.Istilah komunikasi


84. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu .... *

a.Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

b.Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness

c.Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble

d.Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble


85. Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah … *

a.Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan

b.Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung

c.Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan

d.Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung

 

86. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif... *

a.Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

b.Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.

c.Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator

d.Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima


87. Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah … *

a.Intonasi suara

b.Bahasa yang digunakan

c.Gerakan tubuh

d.Ekepresi wajah

 

88. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah ..... *

a.menentukan skala pengukuran

b.menentukan sikap yang akan dikembangkan

c.menentukan spesifikasi instrumen

d.menentukan indikator

 

89. Berikut yang bukan termasuk kegiatan perencanaan pada prosedur penilaian pengetahuan adalah... *

a.pemetaan KD muatan pelajaran

b.merancang instrumen penilaian

c.menetapkan bentuk dan teknik penilaian

d.menyusun bank soal


90. Di antara pernyataan berikut yang benar adalah .... *

a.Penilaian diri dan antar teman dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan guru

b.Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan setiap pembelajaran berlangsung

c.Penilaian diri dan penilaian antar teman dinilai bersama dengan hasil observasi guru

d.Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan jika diperlukan untuk validitas data observasi guru 

91. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah.... *

a.memperkirakan tindakan

b. identifikasi kasus

c.memperkirakan penyebab

d.identifikasi masalah

 

92. Definisi penilaian adalah .... *

a.kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya

b.prosedur yang sistematis untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik orang atau objek

c.menentukan atau menyusun alat ukur, dalam hal ini instrumen pengukuran dan bagaimana mengukurnya

d.kegiatan penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik

 

93. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar, merupakan pengertian dari .... *

a.assessment to learning

b.assessment of learning

c.assessment for learning

d.assesment as learning

 

94. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam... *

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik

b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik

c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik

 

95. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah... *

a. memperkirakan penyebab

b. identifikasi masalah

c. memperkirakan tindakan

d. identifikasi kasus

 

96. Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki... *

a. keterampilan sosial yang rendah

b. keterampilan sosialisasi yang rendah

c. kemampuan menghargai diri yang rendah

d. kemampuan berkomunikasi yang rendah

97. Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir... *

a. konvergen

b. divergen 

c. logis

d. vertical

 

98. Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui... *

a. jenis kesulitan belajar yang dialami anak

b. faktor penyebab kesulitan belajar anak

c. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

 

99. Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk... *

a. anak yang ditolak

b. anak yang diabaikan

c. anak yang kontroversial

d. anak yang diterima

 

100. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan... *

a. perkembangan berlangsung secara bertahap

b. keragaman dalam irama perkembangan

c. awalnya differensiasi akhirnya integrasi

d. variasi dalam tempo perkembangan


Kunci jawaban Tryout Bersama www.rintokusmiran.com Bagian 10 dalam versi PDF DISINI


No comments: