Rintokusmiran.com | Soal PPPK Matematika PGSD.
SOAL PPPK MATEMATIKA PGSD |
1. Pak Nandi ingin menerapkan pembelajaran berdasarkan pada Teori Bruner pada materi penjumlahan dua buah bilangan bulat 4 + 2. Secara garis besar, urutan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pak Nandi adalah …
MATERI PPPK PGSD TERBARU SANGAT COCOK UNTUK PERSIAPAN TAHAP 2 DAN 3
a. Menyimbolkan
(menuliskan) operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis,
menggambarkan model penghapus di papan tulis, dilanjutkan dengan menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2
buah penghapus),
kemudian siswa diminta menghitung semua penghapus.
c. Menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menghitung semua penghapus, kemudian menyimbolkan dalam bentuk bilangan, selanjutnya menggambarkan model penghapus di papan tulis.
d. Menggambarkan model gambar penghapus di papan tulis, menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menghitung semua penghapus, selanjutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis.
e. Menggambarkan model gambar penghapus di papan tulis, menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, selanjutnya menggunakan benda konkret (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menghitung semua penghapus.
2. Di antara soal-soal
berikut ini yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi
adalah ….
a. Ibu
memiliki 1/3 bagian kue, kemudian ayah
memberi 1/2 bagian kue yang sama
kepada ibu. Besar bagian kue yang d imiliki oleh ibu adalah ….
b. Seekor
katak melompat secara konstan. Apabila setiap melompat katak dapat melompati 2
buah batu, berapa buah batu yang terlompati jika katak melompat 10 lompatan?
c. Diketahui 1*2 = 4, 2*3 = 7, 3*4 = 10, buktikan
bahwa 4*5 = 13?
d. 2 +
(-3) x 15 : 5 = ….
e. Pada sebuah kelas terdapat 40 orang siswa. Berdasarkan data ekstrakulikuler 60% siswa mengikuti ekstrakulikuler robotik. Banyak siswa yang mengikuti ekstrakulikuler robotik adalah ….
3. Ibu Endang akan
mengajarkan materi bilangan pecahan senilai (1/2=2/4) pada
siswanya. Langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu
Endang adalah sebagai berikut:
1) Menyiapkan kertas.
2) Membagi
kertas pertama menjadi 2 bagian yang sama dan salah satu bagiannya diarsir.
3) Siswa
menentukan nilai pecahan kertas yang diarsir.
4) Melipat
2 lagi kertas tersebut.
5) Siswa
menentukan nilai pecahan yang baru dari kertas yang diarsir.
6) Meminta
siswa untuk menunjukkan besar daerah yang diarsir apakah
besarnya tetap sama.
7) Meminta
siswa untuk menuliskan nilai pecahannya.
8) Menyimpulkan
bahwa daerah yang diarsir tetap, tetapi pecahannya berbeda, namun memiliki nilai
yang sama.
Pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang adalah pembelajaran dengan pendekatan …
a. naturalistik
b. konstruktivisme
c. behavioristik
d. dualism
e. rasionalisme
4. Untuk membelajarkan siswa pada topik volume balok, ditempuh langkah-langkah berikut ini:
(1) Merumuskan
rumus volume balok.
(2) Menanyakan
bagaimana cara menentukan banyak kubus satuan.
(3) Menanyakan
banyak kubus satuan yang diperlukan untuk mengisi kardus berbentuk balok.
(4) Merumuskan
pengertian volume balok.
(5) Memberi
soal tentang volume balok.
(6) Memberi permasalahan bagaimana menentukan banyak kubus satuan yang akan dimasukkan ke dalam kardus berbentuk balok.
Ibu Anis ingin siswanya belajar volume balok dengan pendekatan konstruktivisme, urutan langkah pembelajaran yang dilakukannya adalah ….
a. (4),
(1), (5), (6), (2), (3)
b. (2),
(3), (4), (1), (6), (5)
c. (2),
(3), (1), (4), (6), (5)
d. (2),
(3), (1), (4), (5), (6)
e. (6),
(2), (3), (1), (4), (5)
5. Fahmi
mengisi sebuah bak mandi sampai penuh dengan menggunakan 8 ember besar dan 5 ember
kecil. Keesokan harinya Reymond mengisi bak mandi yang sama dengan 6 ember besar dan 8 ember kecil. Perbandingan
volume ember kecil dan ember besar adalah ….
a. 2 : 3
b. 3 : 2
c. 2 : 4
d. 2 : 11
e. 3 : 11
6. Dua buah bus antar
provinsi berangkat dari terminal dan menuju kota yang sama. Bus A berangkat
pukul 15.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Bus B berangkat pukul 17.30
dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam. Apabila bus B melewati rute yang sama seperti rute bus A,
bus B akan menyusul bus A pada pukul ….
a. 01.00
b. 01.30
c. 03.00
d. 03.30
e. 05.30
7. Sebuah
foto ditempelkan pada pigura yang berukuran panjang 45 cm dan lebar 30 cm.
Jarak foto dengan tepi atas, tepi kanan, dan tepi kiri 5 cm. Jika pigura dan foto sebangun,
maka jarak foto dengan tepi bawah pigura yang tidak tertutup foto adalah … cm.
a. 5
b. 7
c. 8
d. 10
e. 12
8. Sebuah
bus melaju dengan kecepatan 80 km/jam untuk menempuh jarak tempuh 2S km.
Kemudian bus tersebut melaju kembali untuk menempuh tempuh 3S km dengan
kecepatan 60 km/jam. Kecepatan rata-rata bus tersebut adalah … km/jam.
a. 65,00
b. 66, 67
c. 68,00
d. 70,67
e. 72,00
9. Pak
Saiful ingin memesan plat nomor kendaraan dengan aturan B XXXX DI. Apabila Pak Saiful
menginginkan tidak ada pengulangan angka di plat nomor terebut, banyak penomoran yang mungkin ada … cara.
a. 3.024
b. 4.032
c. 4.536
d. 5.040
e. 5.832
10. Median dan rata-rata dari suatu data yang terdiri dari empat
bilangan asli telah diurutkan dari terkecil adalah 8. Apabila selisih antara
data terbesar dan data terkecil adalah 10, maka hasil kali data kedua dan
keempat adalah ….
a. 16
b. 24
c. 39
d. 64
e. 104
6 comments:
Minta tlg share dg kunci jwabanx.🙏
Ini GK ada kunci jwbannya ya?
Minta tolong aksesnya pak
Kunci jawaban nya mn pak?
Iy pak.. 🙏🙏
Mnta tlg kunci jwaban nya pak
Kunci jawabnya tolong dishare pak
Post a Comment