Saturday 11 September 2021

SOAL PEDAGOGIK PPG PGSD DISERTAI JAWABAN TAHUN 2021 BAGIAN 1

 Rintokusmiran.com | Soal Pedagogik PPG PGSD disertai Jawaban tahun 2021 bagian 1.

SOAL  PEDAGOGIK PPG PGSD DISERTAI JAWABAN  TAHUN 2021 BAGIAN 1
SOAL  PEDAGOGIK PPG PGSD DISERTAI JAWABAN  TAHUN 2021 BAGIAN 1

1. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran….

A. Behavioristik

B. Perenialisme

C. Humanisme

D. Esesnialisme

E. Rekonstuksionisme 

2. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....

A. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME

B. Orang tua memberi contoh pada  anak untuk tidak melakukan  diskriminasi pada siapapun 

C. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk  dalam negeri

D. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan  profesionalitasnya 

E. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan  peserta didiknya

 

3. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong  ke dalam praktik pendidikan adalah…

A. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan

B. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan

C. Pak Andi sedang mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta  didiknya

D. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar  giat belajar

E. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila 


4. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia  (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah…

A. Manusia merupakan makhluk otonom

B. Pribadi yang berkembang dan berakal

C. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain

D. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan  buruk 

E. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan

 

5. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah

A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang  peserta didik sebagai pribadi yang unik

B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan  peserta didik

C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang  tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang  bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan

E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang  berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan

 

6. Beriku ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah...

A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri  handayani”

B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi  perkembangan peserta didik

C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah  dengan masyarakat

D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah  tempat mengajarnya

E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah  negeri

 

7. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....

A. Kurikulum dan silabus 

B. Pancasila dan UUD 1945

C. Kerangka berfikir

D. Desain bangunan 

E. Tujuan pendidikan 


8. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas  pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....

A. Psikologi pendidikan

B. Sosiologi pendidikan

C. Religi pendidikan

D. Ekonomi pendidikan

E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi 


9. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan  hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh

A. Landasan yuridis

B. Landasan psikologis

C. Landasan religius

D. Landasan sosilogis

E. Landasan historis 


10. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang  dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...

A. Hak dan kewajiban

B. Kejujuran dan toleransi

C. Gotong royong dan tangung jawab

D. Kedisiplinan dan tanggung jawab

E. Kejujuran dan Tenggang rasa


11. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf  operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja.  Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

A. Media gambar

B. Media benda nyata 

C. Media grafis

D. Media poster

E. Media cetak

 

12. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:

A. Status Sosial

B. Moral

C. Etnik

D. Minat

E. Motivasi 


13. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran  menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

A. Minat

B. Motivasi

C. Etnik

D. Kultural

E. Status social 


14. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan  topik  Tata Surya  melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

A. Kemampuan awalnya 

B. Motivasi belajarnya

C. Perkembangan sosialnya

D. Perkembangan emosinya

E. Perkembangan motoriknya


15. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media,  kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena  pertimbangan:

A. Etnik peserta didik 

B. Gaya belajar peserta didik 

C. Gender peserta didik 

D. Minat peserta didik 

E. Kultural peserta didik 

 

16. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:

A. Etnik

B. Minat

C. Gender

D. Status social

E. Kultural

 

17. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 

A. Motivasi

B. Kultural

C. Sosial

D. Status sosial

E. Etnik 


18. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan: 

A. Akibat perbuatan

B. Persetujuan orang lain

C. Kontrak/imbal jasa

D. Ketertiban sosial

E. Hati nurani  


19. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual,  auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:  

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B. Menggunakan program audio dan modul.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E. Menggunakan modul dan powerpoint.

 

20.Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A. Meronce membuat kalung

B. Menendang bola 

C. Memasang puzzle 

D. Mewarnai pola

E. Menjiplak huruf 


21Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu  yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….

A. Kognitivistik

B. Behavioristik 

C. Konstruktivistik

D. Humanistik 

E. Rekonstruktivistik  


22. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai  dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

A. Conditioning 

B. Trial and error

C. Shaping 

D. Konseptualisasi 

E. Stimulus respon

 

23. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah…. 

A. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru 

B. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang  keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya 

C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar 

D. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut 

E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

 

24. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori …. 

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik 

D. Humanistik 

E. Sibernetik 


25. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar,  aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori …. 

A. Behavioristik

B. Kognitivistik 

C. Konstruktivistik 

D. Humanistik 

E. Sibernetik 


26. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya  melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

A. Enaktif

B. Intuitif 

C. Ikonik

D. Simbolik

E. Konflik 


27. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik  adalah.....

A. Mampu memecahkan masalah

B. Mampu membuat peraturan

C. Mampu memahami sebuah kejadian

D. Mampu mengalami sebuah kejadian

E. Mampu memahami permasalahan 


28. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah…. 

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. Kemampuan berinteraksi

D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

E. Kemampuan mengemukakan pendapat 


29. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali …. 

A. Belajar teknis 

B. Belajar praktis

C. Belajar aktif

D. Belajar emansipatoris

E. Belajar konsep  


30. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di  mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar…. 

A. Kognitivistik 

B. Humanistic 

C. Behavioristik 

D. Konstruktivistik 

E. Sibernetik 


31. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di  dalam maupun di luar kelas berarti....

A. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa  selama menempuh pembelajaran di kelas

B. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk  menyelesaikan projek pembelajaran sain 

C. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk  menjadi dokumen sekolah

D. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa

E. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh  siswa dalam proses pembelajaran

 

32. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …

A. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan

B. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses

C. Kurikulum sebagai rencana pelajaran

D. Kurikulum berbasis pada kompetensi 

E. Kurikulum berbasis konten pembelajaran 


33. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa  berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan  budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan …

A. Peran konservatif

B. Peran kritis dan evaluatif

C. Peran  kreatif

D. Peran  social

E. Peran sumatif 


34. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ... 

A. Mengembangkan program 

B. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Evaluasi proses yang dilaksanakan

E. Merancang dokumen kurikulum 


35. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan  silabus, namun juga harus dipandang sebagai …

A. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta  didik

B. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan

C. Rincian jadwal pelajaran

D. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik

E. Seperangkat tujuan pembelajaran 


36. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai  macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu factor … 

A. Factor lingkungan sekolah 

B. Factor sarana dan fasilitas

C. Factor budaya dan ideologi

D. Factor administrasi

E. Faktor sekolah 


37. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam  mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti … 

A. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional  

B. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.   

C. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat 

D. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.  

E. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.  


38. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk …

A. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus  mengikuti perkembangan teknologi. 

B. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi  antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi  

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya 

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi 

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP 


39. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu  cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah …

A. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi

B. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan  cara penggunaannya

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi 

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP 


40. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan  karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu … 

A. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan

B. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan

C. Sains dan nilai religius terintegrasi

D. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan 

E. Pendidikan untuk semua


No comments: