Sunday, 19 September 2021

MATERI PPPK PKN PGSD

Rintokusmiran.com | MATERI PPPK PKN PGSD-

MATERI PPPK PKN PGSD
MATERI PPPK PKN PGSD


Bacalah kasus di bawah ini. 

Pada saat persiapan kemerdekaan, keberadaan HAM di dalam UUD 1945 merupakan hasil kompromi dari dua kubu yang berhadapan, sehingga HAM dimasukkan di dalam UUD 1945 tetapi hanya sedikit yaitu pasal 27 hingga 34. Piagam PBB mengidealkan untuk meningkatkan penghormatan dan kepatuhan universal terhadap HAM dan kebebasan mendasar bagi semua orang tanpa membedakan ras, jenis kelamin, bahasa atau agama. HAM dalam Amandemen UUD 1945 jauh lebih luas daripada yang disepakati para pendiri bangsa.    

1. Bagaimana pendapat anda terhadap perbedaan antara UUD 1945 dan Amandemen UUD 1945? 

A. Penyelewengan terhadap semangat para pendiri bangsa. 

B.Seruan HAM sedunia menuntut semua negara untuk mematuhi dengan mengakomodasikannya dalam jaminan konstitusional. 

C. Amandemen UUD 1945 itu hanya rincian dari apa yang sudah ada pada pasal 27 hingga 

D. Bukan sekedar menyeleweng namun bertentangan dengan semangat dan kesepakatan nasional para pendiri bangsa. 

E. Perbedaan itu hanya perbedaan tafsir saja. Yang ada pada Amandemen UUD 1945 dan UUD 1945 awal pada dasarnya sama saja. 


2. Magna Carta diratifikasi di Inggris pada 15 Juni 1215 sebagai reaksi atas kelaliman Raja John. Piagam ini terlahir dari perseteruan antara Raja John, Paus Innocent III dan para bangsawan Inggris kelas Baron. Selain menjadi perjanjian damai, fungsi Magna carta ialah meniadakan kekuasaan absolut seorang raja.  Manakah yang bukan merupakan alasan mengapa Magna Carta dianggap sebagai tonggak sejarah lahirnya HAM dan hukum konstitusional: 

A. Berkat keberadaan Magna Carta, kekuasaan raja tidak absolut dan sewenang wenang.  

B. Sejumlah hak raja dicabut, berganti dengan keputusan berdasarkan pertimbangan hukum, menghomati prosedur hukum dan asas kemanusiaan.  

C. Tonggak penting dalam pengembangan Inggris yang demokratis di masa mendatang.  

D. Perlindungan HAM yang pertama kali di dunia

E. Menunjukkan makin menguatnya kekuasaan rakyat yang  ditunjukkan melalui parlemen


3. Perhatikan berita sederhana di bawah ini:   Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemukan kasus pelanggaran hak anak yang terjadi selama Januari-April 2019 paling banyak di sekolah dasar (SD). Ketua KPAI Susanto memaparkan temuan berasal dari laporan yang diterima lembaganya lewat divisi pengaduan, hasil pengawasan, serta kasus-kasus yang informasinya menyebar di media sosial dan pemberitaan media massa. Susanto mencatat KPAI menemukan 25 kasus pelanggaran hak anak di tingkat SD, 5 kasus di tingkat SMP, 6 kasus di tingkat SMA, dan 1 kasus di Perguruan Tinggi. Menurut Susanto, kasus kekerasan dan perundungan lebih banyak ditemukan di sekolah dasar daripada jenjang pendidikan lainnya.

Baca selengkapnya di artikel "KPAI Temukan Kasus Pelanggaran Hak Anak pada 2019 Terbanyak di SD", https://tirto.id/kpai-temukan-kasuspelanggaran-hak-anak-pada-2019-terbanyak-di-sd-dnwX

Manakah pernyataan berikut ini yang perlu benar:

A. Penyimpulan KPAI berdasarkan data yang akurat

B. Penyimpulan KPAI ini didasarkan penelitian yang komprehensif.

C. Paparan KPAI perlu dipertimbangkan untuk kewaspadaan

D. Lembaga KPAI melakukan kegiatan proaktif dan preventif

E. Kasus HAM didasarkan atas kajian yang akurat dan autentik.  


4. Untuk menyambut seruan PBB dan UU tentang HAM, Komnas HAM memprogramkan Sekolah Ramah HAM (SR HAM).  Manakah pernyataan ini yang paling benar ?

A. Sekolah Ramah HAM adalah sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai  HAM dalam organisasi dan pengelolaan sekolah, materi dan proses pembelajaran, dan pengalaman di semua sisi kehidupan sekolah tersebut

B. Sekolah Ramah HAM mempunyai konsep pendidikan HAM berperan sebagai materi pelajaran   

C. Sekolah Ramah HAM mempunyai konsep pendidikan HAM berperan sebagai metode atau pendekatan  

D. Sekolah Ramah HAM yang mempraktikkan nilai-nilai HAM dalam pengelolaan di sekolah.  

E. Sekolah Ramah HAM memunculkan mata pelajaran HAM


5. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

1) Norma yang bersumber pada wahyu Tuhan. 

2) Norma yang bersumber pada hati nurani. 

3) Bersifat mengatur dan memaksa. 

4) Sanksinya lebih tegas dan jelas. 

5) Norma yang dibuat oleh lembaga berwenang. 

Berdasarkan pernyataan di atas yang dapat dikategorikan sebagai norma hukum adalah nomor …. 

A. 1), 2), dan 3) 

B. 1), 3), dan 4) 

C. 1), 4), dan 5) 

D. 2), 3), dan 4) 

E. 3), 4), dan 5) 


6. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

1) Kumpulan hukum yang mengatur hubungan antar orang. 

2) Disebut juga hukum sipil. 

3) Contohnya KUH Perdata dan KUH Dagang. 

Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri suatu jenis hukum, yaitu …. 

A. hukum internasional 

B. hukum kebiasaan 

C. hukum nasional 

D. hukum publik 

E. hukum privat 


7. Perhatikan pernyataan berikut! 

1) Perbuatan melawan hukum. 

2) Penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana. 

3) Memperkaya diri sendiri, orang lain, atau koorporasi. 

4) Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi. 

5) Menimbulkan kekacauan dalam sektor politik. 

Unsur  tindak pidana korupsi dilihat dari segi hukum ditunjukkan oleh pernyataan nomor …. 

A. 1), 2), dan 3) 

B. 1), 3), dan 4) 

C. 1), 4), dan 5) 

D. 2), 4), dan 5) 

E. 3), 4), dan 5) 


8. Perhatikan pernyataan berikut! 

1) Perbuatan penyelewengan uang negara. 

2) Pelaku pejabat publik memperkaya diri sendiri. 

3) Perbuatan penyalahgunaan uang negara. 

4) Memakai uang negara untuk kepentingan pribadi, orang lain, atau

suatu korporasi yang dapat merugikan negara. 

5) Penyelewengan tanggungjawab kepada masyarakat. 

Pernyataan yang sesuai dengan definisi korupsi menurut Kamus

Besar Bahasa Indonesia ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1), 2), dan 4) 

B. 1), 3), dan 4) 

C. 1), 4), dan 5)  

D. 2), 4), dan 5) 

E. 3), 4), dan 5) 


9. Perhatikan persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek berikut! 

1) Politik: Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat menurut undang-undang berhak untuk memilih dan dipilih. 

2) Ekonomi: Setiap orang berhak melakukan monopoli perdagangan. 

3) Sosial: Pemberian bantuan kepada seluruh rakyat Indonesia secara merata. 

4) Budaya: Menjaga dan mengembangkan budaya luar negeri. 

5) Hukum: Menjatuhkan sanksi sesuai perbuatan melanggar hukum yang dilakukan tanpa pandang bulu. 

Berdasarkan pernyataan di atas aspek persamaan di bidang hukum yang sesuai dengan  pelaksanaannya ditunjukkan nomor …. 

A. 1), 2), dan 3) 

B. 1), 2), dan 5) 

C. 1), 3), dan 5) 

D. 2), 4), dan 5) 

E. 3), 4), dan 5) 


10. Perhatikan pernyataan berikut! 

1) Pasal 27 ayat (2) UUD 1945: mendapatkan pekerjaan yang layak. 

2) Pasal 27 ayat (3) UUD 1945: mendapatkan pendidikan. 

3) Pasal 32 ayat (1) UUD 1945: ikut kegiatan siskamling. 

4) Pasal 32 ayat (2) UUD 1945: ikut memelihara budaya nasional. 

5) Pasal 33 UUD 1945: menjadi anggota koperasi. 

Pasal dalam UUD 1945 di atas yang sesuai dengan pelakanaannya ditunjukkan oleh nomor: …. 

A. 1), 2), dan 3) 

B. 1), 4), dan 5) 

C. 2), 3), dan 4) 

D. 2), 4), dan 5) 

E. 3), 4), dan 5) 

11. Kesadaran masyarakat terhadap hukum dapat dilihat dari sikapnya, yaitu…. 

A. tidak terdapatnya pelanggaran hukum 

B. kepatuhan terhadap hukum yang berlaku 

C. pemahaman tentang hukum  yang berlaku 

D. mengetahui arti hukum dan penggolongannya 

E. kepatuhannya terhadap aparat penegak hukum 


12. Contoh dari  hukum positif di  Indonesia, yaitu .... 

A. Pancasila 

B. UU Sisdiknas 

C. Kode Etik Guru  

D. Tata Tertib DPR 

24. Empat Pilar Hidup Bernegara 


13. Contoh perbuatan yang mencerminkan ketaatan terhadap peraturan

negara adalah …. 

A. membayar pajak kendaraan bermotor 

B. menolong teman yang kesulitan belajar 

C. mengikuti proses pembangunan negara 

D. mencermati berbagai fasilitas umum yang ada 

E. mengamati kinerja para pejabat negara dalam menjalankan tugasnya 


14. Pancasila adalah  dasar negara Indonesia. Pernyataan tersebut membawa implikasi logis dalam kehidupan bernegara bahwa .... 

A. sila-sila Pancasila tecermin dalam realitas masyarakat Indonesia 

B. implementasi nilai-nilai Pancasila perlu ditingkatkan secara kontinyu 

C. orang Indonesia sudah berPancasila sejak sebelum Indonesia merdeka 

D. hukum di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai- nilai Pancasila 

E. masyarakat Indonesia adalah masyarakat plural memerlukan alat pemersatu bangsa 


15. Nilai-nilai Pancasila yang bersifat umum universal adalah …. 

A. Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan 

B. Ketuhanan, kebangsaan, demokrasi, kerakyatan dan keadilan 

C. kebangsaan, kemanusiaan, demokrasi, persatuan, kesejahteraan 

D. Ketuhanan, gotong royong, demokrasi, keadilan dan kesejahteraan sosial 

E. nasionalisme, internasionalisme, demokrasi, musyawarah mufakat, Ketuhanan yang berkebudayaan 


16. Sila-sila Pancasila bersifat hierarkis piramidal. Sila Ketuhanan mendasari sila kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Sila Kemanusiaan ....  

A. mendasari persatuan, kerakyatan dan keadilan 

B. didasari dan dijiwai oleh empat sila lainnya secara integral 

C. mendasari sila persatuan, kerakyatan dan kesejahteraan sosial 

D. didasari oleh sila ketuhanan, persatuan, kerakyatan dan keadilan 

E. didasari sila ketuhanan, dan mendasari sila persatuan, kerakyatan dan keadilan 


17. Pribadi yang mencerminkan karakter Pancasilais adalah orang yang  .... 

A. takwa, mandiri, nasionalis, cendekia, adil 

B. seimbang antara kehidupan individual dan sosial 

C. mendahulukan kehidupan dunia daripada akhirat 

D. religius, humanis, nasionalis, demokratis dan adil

E. takwa, adil, cinta tanah air, merakyat dan peduli sesama.


18. Sila Pancasila yang paling luas cakupannya adalah .... 

A. Persatuan Indonesia 

B. Ketuhanan Yang Maha Esa.  

C. Kebangsaan atau nasionalisme 

D. Kemanusiaan yang adil dan beradab 

E. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 

19. Sila-sila Pancasila bersifat hirarkis piramidal, sila Ketuhanan mendasari sila kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Sila Persatuan Indonesia  ....  

A. mendasari  sila kerakyatan dan keadilan sosial 

B. mendasari sila Ketuhanan, kemanusiaan, kerakyatan dan keadilan 

C. didasari oleh sila ketuhanan, kebangsaan,  kerakyatan dan keadilan 

D. didasari sila Ketuhanan, dan kemanusiaan,  mendasari sila  kerakyatan dan keadilan 

E. mendasari dan didasari oleh sila Ketuhanan, kemanusiaan, kerakyatan dan keadilan sosial 


20. Sila Pancasila yang paling sempit cakupannya adalah .... 

A. Persatuan Indonesia 

B. Ketuhanan Yang Maha Esa 

C. Kemanusiaan yang adil dan beradab 

D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 

E. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 

21. Makna Pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang pendidikan

dapat dijelaskan sebagai berikut …. 

A. filsafat pendidikan yang dianut Indonesia sejalan dengan filsafat pendidikan yang bersifat universal 

B. teori-teori pendidikan yang telah teruji di barat menjadi acuan utama praktik pendidikan kita 

C. pengintegrasian teori atau ajaran pendidikan luar negeri ke dalam sistem pendidikan nasional mutlak dilakukan 

D. teori, ajaran, praktik pendidikan barat hanya sebagai pembanding, pembantu, pelengkap, dan pemerkaya sistem pendidikan kita 

E. kalau ingin maju, maka pengadopsian  teori, ajaran, dan praktik pendidikan  negara-negara maju  merupakan keniscayaan 


22. Pancasila sebagai kerangka acuan pembangunan Indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut…. 

A. Pancasila merupakan dasar visi yang memberi inspirasi dan arah pembangunan Indonesia 

B. Pancasila mengilhami para perumus kebijakan pembangunan nasional Indonesia 

C. Pancasila menjadi kriteria keberhasilan pembangunan Indonesia 

D. Pancasila merupakan ciri khas pembangunan nasional Indonesia 

E. Pancasila menjadi dasar evaluasi pembangunan nasional Indonesia 


23. Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembangunan di bidang hukum adalah …. 

A. menciptakan hukum yang menjamin terciptanya keadilan bagi rakyat kecil 

B. menciptakan hukum yang memihak rakyat kecil saja 

C. mengangkat para penegak hukum dari partai politik 

D. menjamin tidak ada bantuan hukum bagi koruptor 

E. politik hukum diserahkan kepada penguasa 


24. Menurut Ir. Soekarno, nasionalisme tidak dapat tumbuh subur kecuali di dalam taman sarinya internasionalisme. Makna dari pernyataan tersebut adalah .... 

A. nasionalisme Indonesia adalah chauvinisme 

B. nasionalisme Indonesia berdasarkan internasionalisme 

C. rasa berbangsa bernegara Indonesia memperkuat peri kemanusiaanuniversal 

D. nasionalisme Indonesia mengakui persamaan derajat bangsa-bangsalain di dunia 

E. nasionalisme Indonesia perlu bekerja sama dan saling menghormati bangsa-bangsa di dunia  


25. Bagaimana sikap yang sebaiknya kita tunjukkan kepada sesama warga negara Indonesia yang ingin mengubah dasar negara Pancasila dengan hukum agama tertentu? 

A. Sangat setuju karena hal tersebut akan menjadikan Indonesia lebih baik dan religius. 

B. Setuju saja asalkan dalam mewujudkannya tanpa kekerasan dan pertumpahan darah. 

C. Sangat tidak setuju karena akan membuat bangsa Indonesia menjadi kurang toleran terhadap perbedaan. 

D. Sangat tidak setuju karena negara Indonesia yang telah diperjuangkan selama ini akan bubar karena berganti dasar negara. 

E. Sangat tidak setuju karena penduduk  Indonesia multietnis dan multi agama belum siap untuk diatur oleh agama tertentu meskipun. 


26. Perlakuan Indonesia terhadap pengungsi Myanmar selama ini telah menunjukkan pada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia .... 

A. adalah bangsa yang humanis-religius 

B. mempunyai peri kemanusiaan yang adil dan beradab  

C. bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur sejak dulu 

D. menghormati bangsa-bangsa lain di dunia atas dasarinternasionalisme 

E. bangsa yang bersimpati pada penderitaan kelompok masyarakat yang terpinggirkan

MATERI PPPK PKN PGSD pdf

No comments: