Monday 9 December 2019

CARA AKSES PDUN DATA KEMDIKBUD GO ID DENGAN AKUN SSO YANG TERDAFTAR PADA SDM DATA

Cara akses pdun.data.kemdikbud.go.id dengan akun sso yang terdaftar pada sistem sdm data, Sobat Operator pendataan ditanah air yang berbahagia. Pada kesempatan ini saya akan membagikan artikel berkaitan dengan ara akses pdun.data.kemdikbud.go.id dengan akun sso.
CARA AKSES PDUN DATA KEMDIKBUD GO ID DENGAN AKUN SSO YANG TERDAFTAR PADA SDM DATA
CARA AKSES PDUN DATA KEMDIKBUD GO ID DENGAN AKUN SSO YANG TERDAFTAR PADA SDM DATA

Seiring dengan masa pendataan calon peserta ujian untuk peserta didik tingkat akhir pada satuan pendidikan, baik itu SD,SMP,SMA/SMK tahun pelajaran 2019/2020. Peserta didik tingkat akhir adalah peserta didik kelas 6 untuk sekolah dasar, kelas 9 untuk jenjang SMP serta kelas 12 untuk peserta didik pada jenjang SMA/SMK sederajat. Peserta didik tingkat akhir secara otomatis akan terdaftar sebagai peserta ujian akhir.

Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan Propinsi akan memberikan himbauan kepada satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ujian akhir untuk mengirimkan file DZ. File DZ merupakan file database peserta ujian yang dapat diunduh  pada situs pdun.data.kemdikbud.go.id yang selanjutnya diupload oleh petugas pendataan pada tingkat kabupaten/kota dan propinsi pada managemen pendataan calon peserta ujian akhir baik ujian sekolah, atau ujian nasional.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya berkaitan dengan cara akses file dz. Bila pada tahun sebelumnya satuan pendidikan dapat mengakses file dz menggunakan akun dapodik sebagai user dan password dapodik sebagai kata sandi. Atau disediakan login alternatif menggunakan kode registrasi sekolah pada aplikasi dapodik satuan pendidikan tersebut.

Lalu bagaimana cara mengakses pdun saat ini?. Untuk saat ini menggunakan sistem SSO (Single Sign On). Menurut wikipedia bahwa SSO "Teknologi Single-sign-on (sering disingkat menjadi SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen (di saat sistem operasi serta aplikasi yang digunakan oleh komputer adalah berasal dari banyak vendor, dan pengguna dimintai untuk mengisi informasi dirinya ke dalam setiap platform yang berbeda tersebut yang hendak diakses oleh pengguna). Dengan menggunakan SSO, seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang terdapat di dalam jaringan.

Selain mendatangkan manfaat, SSO juga dapat mendatangkan bencana. Dari cara pandang seperti ini, beberapa pengamat memperkirakan bahwa penggunaan SSO dapat menghemat biaya untuk memelihara password yang rumit yang dapat mencapai ratusan dolar setiap pengguna tiap tahun. Tetapi, implementasi SSO dalam sebuah jaringan yang heterogen adalah rumit, sehingga banyak administrator jaringan kurang begitu giat dalam mengimplementasikannya.

Untuk mendapatkan akun SSO pastikan anda mendaftar pada https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ dengan mempersiapkan email aktif satuan pendidikan, scan SK sebagai operator sekolah cap basah kepala sekolah/yayasan serta mengisi beberapa data pada form pendaftaran akun. Silahkan anda cek secara berkala ajuan akun anda dengan cara memasukkan email yang terdaftar pada tab cek informasi pendaftaran.

Beruntung bagi anda operator sekolah yang sudah memiliki akun SSO yang biasa anda gunakan untuk vervalpd, PTK, SP dan lain-lain. Anda dapat langsung menggunakan akun tersebut.

Bagamana cara penggunakan akun SSO untuk mengakses pdun? Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan seperti pada penjelasan di bawah ini:
  1. Sambungkan perangkat PC/Laptop dengan koneksi  internet.
  2. Buka browser anda
  3. silahkan anda akses http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ kemudian tekan enter
  4. Selanjutnya anda akan dibawa ke alamat baru https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=5C70EE0F-1DBF-43E4-8EFC-346327EF3B02 untuk tukisan yang berwarna merah akan berbeda-beda karena kode tersebut sistem yang memberikan berdasarkan sekolah anda.
  5. Silahkan anda masukkan user/email  (SSO)anda yang terdaftar pada SDM data
  6. Silahkan anda masukkan paswword/kata sandi (SSO)anda yang terdaftar pada SDM data.
  7. Klik login.
  8. Secara otomatis akan terbuka pdun.data.kemdikbud.go.id dengan 3 fitur utama meliputi Beranda, Calon peserta UN dan Logout.
  9. Silahkan anda klik Calon peserta UN untuk melakukan transaksi berupa: 1. Pengaturan nomor kursi; 2. Unduh file calon peserta UN (file DZ); 3. Unduh CPUN ke excel; 4. Unduh berita acara. Untuk lebih jelasnya anda juga bisa menyimak video di bawah ini!!! 
video tutorial
Anda juga dapat melakukan analisis kevalidan data peserta un dengan cara mengunduh CPUN ke excel. Bila file dz calon peserta UN sudah anda unduh silahkan diserahkan kepada petugas pendataan peserta ujian nasional pada dinas pendidikan dan kebudayaan kab/kota/ propinsi sesuai dengan wilayah satuan pendidikan anda terdaftar.

Semoga artikel cara akses pdun.data.kemdikbud.go.id dengan akun sso yang terdaftar pada sistem sdm data dapat membantu operator sekolah dan kepala sekolah dalam melakukan pendataan peserta ujian nasional tahun ini. Marilah kita sukseskan pendataan peserta ujian nasional ini.


No comments: