Friday, 6 December 2019

SOAL LATIHAN PAS MTK SMP K13 TAHUN PELAJARAN 2019/2020


1.   Diantara bilangan-bilangan berikut yang merupakan bilangan bulat adalah …

a. 3,5                                   c. 22,5%        b. 1/5                                             d. -10

2.   13, 17, 19 23 29, 31
Jenis bilangan bulat di atas adalah…
a. Bilangan komposit             c. bilangan prima
b. Bilangan kuadrat               d. bilangan genap

3.   Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 3,5 dan 7 adalah ….
a.     15                                 c.   35
b.    21                                 d.   105

4.     692 + 207 hasilnya lebih dekat dengan ...
a. 600 + 200                        c. 700 + 300
b. 700 + 200                        d. 900 + 200

5. Sebuah minibus dapat terisi bahan bakar hingga penuh sebanyak 45 liter.Minibus tersebut menghabiskan 8,5 liter untuk setiap berkendara sejauh 100 km. Suatu perjalanan sejauh 350 km dimulai dengan kondisi tanki bahan bakar penuh. Banyak bahan bakar yang bersisa di minibus tersebut ketika sampai tujuan adalah ...
a. 15,25 liter
b. 16,25 liter
c. 24,75 liter
d. 29,75 liter

6.  Pak Cecep akan membuat parsel. Jika tersedia 80 jeruk, 50 apel, dan 30 pir, maka maksimal parsel yang dapat dibuat Pak Cecep dengan buah-buahan tersebar rata di setiap parsel adalah sebanyak…
a.        a.  parsel                           c.   15 parsel
  1.   10 parsel                      d.   20 parsel
7.     Dalam suatu tes, jawaban yang benar diberi nilai 2 dan jawaban yang salah diberi nilai -1, sedangkan soal yang tidak dijawab diberi nilai 1. Jika dari 50 soal, Fauzan dapat menjawab dengan benar sebanyak 40 soal, sedangkan 5 soal yang dijawab salah, maka nilai yang diperoleh Fauzan adalah ...

       a. 75       b. 78     c. 79       d. 80

8.  Diantara kumpulan- kumpulan berikut, merupakan himpunan adalah....
a. Kumpulan perhiasan indah
b. Kumpulan benda- benda antik
c. Kumpulan hewan berkaki dua
d. Kumpulan mata pelajaran sulit

9.  Jika A = { 2, 4, 6, 8, 10 }, B = { 1, 2, 5, 10 } maka
A  B adalah ....
a. { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10 }
b. {  2,  4, 5, 6, 8, 10 }
c.. { 1, 2,  4, 5, 6, 8, 10 }
d.{  2, 3, 4, 5, 6, 8, 10 }


10.  { 2, 4, 6, 8, 10 } dapat dinyatakan dengan kata- kata...
a.Himpunan bilangan prima kurang dari 11
b.Himpunan bilangan genap antara 1 dan 11
c.Himpunan bilangan asli yang dapat dibagi dua
d.Himpunan bilangan cacah kelipatan 2

10.  Himpunan semesta yang mungki dari { ayam, sapi, itik dan kambing } adalah...
a.{ Hewan buas}
b.{ Hewan melata }
c.{ Hewan ternak }
d.{ Hewan berkaki dua}

12.  Dari 40 anak diantaranya 25 anak gemar Matematika, 30 anak gemar Bahasa Inggris, dan 20 anak gemar keduanya. Banyak anak yang tidak gemar Matematika maupun Bahasa Inggris adalah  ….
a. 5                                    c. 15
b. 10                                  d. 20
 13.  Diketahui operasi hitung pada bilangan bulat berikut:
( i ) penjumlahan                 ( iii ) perkalian
( ii ) pengurangan               ( iv ) pembagian
Dari operasi hitung diatas, yang memiliki sifat asosiatif adalah….
a. ( i ) dan  ( ii )                   c. ( ii ) dan  ( iii )
b. ( i ) dan  ( iii )                  d. ( iii ) dan ( iv )

14.  Jika himpunan C mempunyai 64 himpunan bagian maka n( C )  adalah ….
a.     5                                  c.  7
b.    6                                  d.  8

15.  Jika M = {faktor dari 16} dan N = {faktor dari 44}, maka M ∩ N = ….
a. {1, 2, 3}               c.   {1, 3, 4}
b. {1, 2, 4}               d.   {2, 3, 4}

16.  Diketahui ; P = {1, 3, 5, 7}, Q = {2, 3, 4, 5}, R = {1, 2, 3, 5}. (PQ)R = ….
a.   {2, 3, 5}              c.   {1, 2, 3, 5}
b.   {1, 2, 5}                        d.   {1, 3, 5, 7}

17.  Jika A = {p, i, a, n, o} dan B = {b, i, o, l, a}, maka AB = ….
      a.{p, o, l, a, b, i, n, a}   c. {p, a, l, b, o, n, a}
      b.{p, i, l, b, o, n, a}                   d.  {p, o, l, i, b, i, n, a}

18.  Diberikan diagram Venn yang menyatakan himpunan A dan B, maka
       A – B adalah

        a. {e, f}
        b. {c, d}
        c. {g, h}
        d. {a}

19.  Himpunan P = { x | 2 ≤ x ≤ 8, x ∈ Bilangan Asli}, jika dinyatakan
       dengan mendaftar anggota-anggotanya adalah .
       a. {3, 4, 5, 6, 7}
       b. {3, 4, 5, 6, 7, 8}
       c. {2, 3, 4, 5, 6, 7}
       d. {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

20.  Diberikan S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}, A = {1, 2, 3, 4, 5}, dan B = {4, 5, 6, 7, 8}. Anggota dari  Ac B adalah…..
       a. {6, 7, 8, 9}
       b. {4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
       c. {1, 2, 3, 4, 5}
       d. {1, 2, 3, 4, 5, 6}

21.  Seratus orang pemuda mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba jalan cepat, sepeda lambat atau kedua-duanya. Jika yang mendaftarkan diri untuk mengikuiti jalan cepat 75% dan sepeda lambat 48%, banyaknya pemuda yang mendaftar untuk kedua lomba tersebut adalah…

a. 22 orang                         c.   33 orang
b. 23 orang                         d.   48 orang

22.  Hasil dari-4p(-3q + 2r)adalah ….
a.12pq + 8pr                        c.  12pq – 8pr
b.-12pq + 8pr                       d.  -12pq – 8pr

23.  Bentuk 6a – 8b – 4a – b dapat disederhanakan menjadi ….
a. 2a – 9b                            c.  -3a – 9b
b. 2a + 9b                           d. -3a + 9b

24.  (x – 2)(3x + 4) = ….
a.3x2 + 10x – 8                    c. 3x2 – 2x – 8
      b.3x2 – 10x – 8                    d. 3x2 + 2x – 8

25.  Suku-suku yang sejenis dari bentuk aljabar 6x2 + 6xy – 4y2 – 7x2 + 2xy+ 2y2 adalah ....
        a. 6x2 dan 6xy                    c. –4y2 dan 2xy
        b. 6xy dan 2xy                     d. 6x2 dan –4y2

26.  Hasil bagi 4x2 + 16x + 15 oleh (2x + 5) adalah ...
      a. 2x + 3                            c. 2x + 7
      b. 2x + 5                            d. 2x + 15

27.  Bentuk sederhana dari (3y3 × 4y4) : 6y5 adalah .
       a. 2y7                              c. y2
       b. 2y2                              d. 2y12
28.  Penyelesaian dari  y – 15 = 3 adalah….
a.27                b. 12      c. -8           d. -18

29.  Penyelesaian dari pertidaksamaan 3p + 4p + 5p ≥72 adalah…
a.          a. p> 6          b. p ≥ 6    c. p < 6     d. p ≤ 6

30.  Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan      p + 5 < 12, untuk p = 1,2,3,4,5,6,7,8 adalah…
a. 1,2,3,4,5,6            c. 1,2,3,4,5,6,7
b.1,2,3,4,5,6,7,8       d. 2,3,4,5,6

Soal PAS MTK SMP Kelas 8 K13 semester ganjil 

1.       Tiga bilangan selanjutnya dari Pola Barisan   4, –7, 10, –13, 16, …. , ….. , ….. , adalah…
a.       19, –22, 25            c.   20, –24, 28               
b.    –20, 25, –31         d.   –19, 22, –25

2.      A, K, C,, … , E, O, G
a.       D               c.    N                         
b.    L                d.    M

3.      1, 3, 4, 7, … , … , 29
a.       11, 19                    c.   10, 17                           
b.      11, 18                    d.   10, 18

4.      1, 4, 9, 16, … , …. , 49
a.       25, 36                    c.   20, 36                                  
b.      25, 30                    d.   24, 34

5.      Yang dinamakan barisan Bilangan Fibonacci di bawah ini adalah …
a.       0,1,2,3,5,8,13           c.   1,2,3,5,8,13                  
b.    0,1,1,2,3,5,8,13                d.   1,1,2,4,6,8,13

6.      Angka Satuan pada bilangan 3­ 100  adalah …
a.       9                            c.   3               
b.      7                            d.   1

7.      Diketahui titik A(3,1), B(3,5), C(–2,5).  Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk….
a.       Segitiga sama sisi  
b.   Segitiga sama kaki
c.    Segitiga siku-siku 
d.    Segitiga sembarang

8.      Diketahui dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7,1). Jika titik P,Q dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R adalah ….
a.       (6,5)                      c.  (6,1)                       
b.      (4,5)                      d.  (4,1)

9.      Titik (2,3) terletak pada kuadran ….
a.       I                             c.  III               
b.   II                           d.  IV

10.  Titik ( –3, –2 ) terletak pada kuadran ….
a.       I                             c.   III              
b.   II                           d.   IV

11.  Titik-titik yang terletak pada kuadran IV adalah ….
a.        ( 3, 4 ) dan ( 4,3 )
b.       (– 2 , 3 ) dan ( – 2 , – 4 )
c.        ( 2, –3 ) dan ( 3,–2 )   
d.       ( – 2 , – 3 ) dan ( – 3 , – 2 )

12.  P = { 1, 2, 3, 5 } dan Q = { 2, 3, 4, 6, 8, 10}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan             
{ (1,2), (2,4), (3,6), (5,10) }, maka relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….
a.       Kuadrat dari          c.   Setengah dari
b.    Dua kali dari         d.   Kurang dari

13.  Diketahui relasi A → B dengan pasangan berurutan { (–2,1), (–1,2), (0,3), (1,4) }. Hubungan yang paling tepat untuk relasi itu adalah ….
a.       Lebih besar                        c.   3 lebih kecil          
b.    Dua kali                d.   3 lebih besar



15.  Relasi dari P ke Q adalah { (a,5), (a,3), (b,2), (c,1), (c,3), (d,4) }. Domain relasi P ke Q adalah ….
a.        P = { 1,2,3,4,5 }  
b.    P = { a,b,c,d }                  
c.    Q = { 1,2,3,4,5 }  
d.    Q = { a,b,c,d}

16.  Diketahui:  A = { faktor dari 8 }
      B = { faktor prima dari 15 }
Banyak fungsi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah …
a.        8 cara                    c.   24 cara      
b.    16 cara                  d.   32 cara

17.  Fungsi f : x → 3x – 1 dengan daerah asal  { 0,1,2,3,4 } memiliki daerah hasil …
a.        { –1,2,5,8,11 }    
b.    { 0,3,6,9,12 }                  
c.    { 1,3,5,8,11 }                   
d.    { 2,3,4,5,9,12 }

18.  Fungsi f : x → x + 1 dengan daerah asal    { 2,4,6,8 } memiliki daerah hasil ….
a.        { 2,4,6,8 }                       
b.    { 3,5,7,9 }                       
c.    { 1,3,5,7 }            
d.    { 2,3,4,5 }

19.  Pada fungsi f : x → 3 – 2 x 2 , bayangan dari –2 atau f (–2) adalah ….
a.       –11                                    c.   5               
b.       –5                         d.  11

20.  Diketahui f : x → ax + 5 dengan x  R. Jika F(--2) = 1 , maka  f (2) = …..
a.       –1                          c.   5               
b.     2                          d.   9

21.  Disajikan data fungsi sebagai berikut :
x
0
1
2
3
4
5
f (x)
3
5
7
9
11
13

Rumus dari fungsi tersebut adalah …..
a.       f (x) = 2x + 1        
b.      f (x) = x + 3                      
c.    f (x) = 2x + 3                    
d.    f(x) = 3x + 3

22.  Persamaan berikut yang termasuk persamaan garis lurus adalah …
a.       2y + x2 -10 = 0     
b.    4x – 2x – 2 = 0    
c.     x2 = 5y + 2                      
d.    2y + 4x = 0

23.  Persamaan garis yang ekuivalen (setara) dengan persamaan garis y =  2/3 x – 2 adalah ….
a.        2x + 3y – 6 = 0    
b.    2x + 3y – 2 = 0    
c.    2x – 3y – 2 = 0    
d.    2x – 3y – 6 = 0

24.  Gradien garis yang melalui titik A (–2,–1) dan B (1,3) adalah ….
a.       – 4/3                      c.   3/4
b.      –3/4                       d.   4/3

25.  Persamaan garis yang melalui titik A(4,–1) dan bergradien 1/2 adalah …
a.       Y = ½ x + 3                      
b.   Y = ½ x + 5                      
c.    Y = ½ x –3                       
d.    Y = ½ x – 5

26.  Diantara garis berikut yang sejajar dengan garis dengan persamaan 6x–12y + 13 = 0, kecuali…
a.       2x – 4y – 1 = 0     
b.      3x – 4y –5 =0                   
c.       4x + 8y –3 = 0      
d.    x – 2y +6 = 0

27.  Persamaan garis yang melalui titik
P (4, –5) dan Q ( 2,1 ) adalah …
a.        x – 3y + 11 = 0    
b.    x – 3y – 11 = 0    
c.    3x + y + 7 = 0                  
d.    3x + y –7 = 0

28.  Garis k melalui titik (–3,1) dan tegak lurus pada garis x – 2y + 1 = 0. Persamaan garis k adalah ….
a.       2x + y + 5 = 0       
b.      2x + y – 5 = 0                   
c.       x – 2y + 5 = 0       
d.      x – 2y – 5 = 0

29.  Selesaian dari sistem persamaan  3x + 2y – 4 = 0  dan  x – 3y – 5 = 0 adalah …
a.       ( 2,1 )                    c.   ( –2,1 )      
b.   ( 2, – 1 )                d.   ( – 2 , –1 )

30.  Selesaian sistem persamaan 2x + 3y = 12 dan 3x + 2y = 8 adalah x = a dan y = b. Nilai a + b adalah….
a.       1                            c.   3               
b.   2                            d.   4

31.  Titik potong antara garis y = 4x – 11 dengan garis 3y = -- 2x – 5 adalah …
a.       ( – 2, – 3)              c.   ( 2, – 3 )    
b.      ( –2, 3 )                 d.   ( 2,3 )

32.  Selesaian dari sistem persamaan 3x + y = – 1 dan x + 3y = 5 adalah ….
a.       ( 1, – 2 )                c.   ( 2, – 1 )

b.    ( – 1, 2 )               d.   ( – 2, 1 )

33.  Pasangan berurutan ( x,y ) yang merupakan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
5x + 2y = 15 dan 3x + 4y = 23 adalah …
a.       ( 1,5 )                    c.   ( – 1, – 5 ) 
b.      ( 5,1 )                    d.   ( – 5, – 1 )

34.  Harga 3 celana dan 2 baju adalah Rp 280.000,00. Sedangkan harga 1 celana dan 3 baju di tempat dan model yang sama adalah Rp 210.000,00. Harga sebuah celana adalah ….
a.       Rp 65.000,00       
b.      Rp 60.000,00                   
c.    Rp 50.000,00                   
d.    Rp 45.000,00

35.  Selisih umur seorang ayah dengan anaknya 40 tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur anaknya, maka umur anak tersebut adalah ….
a.       10 tahun                c.   20 tahun    
b.    15 tahun               d.   25 tahun



B  JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR !

1.  Perhatikan gambar berikut :     ●        ●  ●  ●             ●  ●  ●  ●  ●
●        ●  ●  ●             ●  ●  ●  ●  ●

Tentukan banyak pola ke-n untuk n bilangan bulat positif !

2.  Diketahui koordinat titik-titik A ( 2,3 ) ,  B ( 6,3 ) , C ( 6,5) , D ( 2,5 )
Jika keempat titik tersebut dihubungkan, bangun apakah yang terbentuk ?

3  Gambarlah grafik garis dengan persamaan 4x – 3y – 24 = 0 !

4.  Diketahui garis k melalui titik A ( --1, -- 2 ) dan B ( -- 5, 7 ) serta garis l , dengan persamaan
 8 x – 18 y – 5 = 0
a.        Carilah persamaan garis k
b.       Selidiki hubungan antara garis k dan garis l

5.  Selesaikan sistem persamaan linear dua variabel   2 x + y = 3  dan  x – 3y = 5


Soal PAS MTK SMP Kelas 9 K13 semester ganjil 

1.   Hasil dari (-5)3 x (-5)2 adalah ….
      A.   - 3.125                          C.  25
      B.   - 25                               D.  3.125
     
2.   Hasil dari , adalah ….
      A.                                       C.    3
      B.                                       D.    9

3.   Bentuk sederhana dari  adalah ….
      A.   26                                  C. 210
      B.   28                                  D. 212

4.   Bentuk positif sederhana dari adalah ….
      A.   a4b4                             C.  ab2
      B.   a2b2                             D.  ab

5.   Hasil dari adalah ….
      A.   36                                  C.    72
      B.   54                                  D.    108

6.   Nilai x yang memenuhi persamaan              
3 5x - 1 = 27 x + 3 adalah….
      A. 2                                   C. 4
      B. 3                                   D. 5

7.   Apabila  maka ….

      A.   m – n – 2 = 0              C. m – n + 1 = 0
      B.   m – n – 1 = 0              D. m – n + 2 = 0


8.   Hasil dari (3 ) - 4 adalah….
      A. – 81                               C.
      B.                               D. 81

9.   Hasil dari  3  x 2  +   adalah….
      A. 7                              C. 12
      B. 6                              D. 14

10. Luas persegi yang panjang sisinya 4  cm   adalah ….
16  Cm2                   B. 16  Cm2    C 16  Cm2                   D. 16  Cm2           

11. Jarak rata-rata bumi ke bulan adalah 348.000.000 m. Jika dituliskan dengan notasi ilmiah, maka jarak bumi ke bulan adalah ….
       A. 34,8 x 109                    C. 3,48 x 109
       B. 34,8 x 108                    D. 3,48 x 108


12. Hasil dari (x+4)(2x+1) adalah….
      A. 2x2 + 9x + 4                  C. 2x2 - 9x + 4
      B. 2x2 + 9x - 4                   D. 2x2 - 9x – 4

13. Salah satu faktor dari 8x2 + 14x + 3 adalah….
      A. (2x + 1)                         C. (4x + 3)
      B. (2x + 3)                         D. (4x + 2)
   
14. Himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat  adalah ….
      A.   {2 , 7}                           C.  {2 , -7}
      B.   {-2 , -7}                        D.  {-2 , 7}

15.  Akar-akar dari persamaan kuadrat adalah ....
      A.    dan –                       C.   dan –
      B.   -  dan -                      D.  -  dan –

     
16.  Nilai jumlah dan hasil kali akar-akar  dari persamaan kuadrat  berturut-turut adalah...
       A. 4 dan 2                        C. -2 dan 1
       B. -4 dan 2                       D. 2 dan 1

17.  Akar-akar persamaan kuadrat x2 + 2x + 3 = 0 adalah a dan b. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (a – 2) dan
       (b – 2) adalah ...
A. x2 + 2x + 11 = 0     C. x2 – 2x + 3 = 0
B. x2 + 6x + 11 =0      D. x2 + 6x + 5 = 0

18.  Nilai diskriminan dari   adalah….
       A. 9                                  C.  41
      B. – 9                                 D. – 41

19.  Jika nilai diskriminan persamaan kuadrat 2x2  – 9x + c = 0 adalah 121, maka c = ….
A. – 8                                 C. 2                
      B. – 5                                 D. 5


20.  Berdasarkan nilai diskriminannya jenis akar-akar persamaan kuadrat
            adalah….
      A.   tidak mempunyai akar      C. berbeda           
      B.   kembar                        D. nyata

21. Jika a + b = 14 dan a.b = 48, maka nilai dari a2 + b2 adalah….
      A. 75                                  C. 110
      B. 100                                D. 148

22.  Selembar karton berbentuk persegi panjang akan dibuat kotak tanpa tutup dengan cara membuang persegi seluas 3x3 cm2 di masing-masing pojoknya,. Apabila panjang alas kotak 2 cm lebih dari lebarnya dan volume kotak itu adalah 105 cm3, maka panjang dan lebar kotak itu   adalah ….
A. 7 cm dan 6 cm         C. 9 cm dan 7 cm
B. 7 cm dan 5 cm          D. 9 cm dan 6 cm

23.  Titik potong terhadap sumbu x pada fungsi  adalah ….
      A. (-6,0) dan (1,0)        C. (2,0) dan (3,0)
      B. (6,0) dan (-1,0)         D. (-2,0)dan(-3,0)

24.Titik potong terhadap sumbu y pada fungsi  adalah ….
      A. (0,3)                              C. (0,6)
      B. (0,2)                              D. (0,-6)

25  Sumbu simetri pada parabola
         adalah ….
       A. 2                                   C. 6
       B. 4                                   D. 8

26.  Nilai maksimum dari fungsi kuadrat  adalah 5. Nilai k yang positif adalah ….
       A. 5                                   C. 7
       B. 6                                   D. 8

27.  Nilai minimum pada parabola ,   adalah…
       A.-1                                  C.  -3
       B.-2                                  D.  -4

29. Titik A(5,-2) di translasi / digeser oleh
      T(-3,1), bayangan titik A adalah ….
      A.   A’(2,1)                         C. A’(2,1)
      B.   A’(1,1)                         D. A’(2,-1)

30. Bayangan titik C (2,8) jika di refleksi / di cerminkan terhadap sumbu x adalah ….
      A. C’(2,8)                           C. C’(2,-8)
      B. C’(-2,8)                         D. C’(-2,-8)


B. ESSAY
      Jawablah soal berikut dengan jelas!

1.   Tentukan hasil dari
     
2.   Sederhanakan bentuk akar berikut:
 
     
3.    Tentukan Himpunan Penyelesaian dari persamaan kuadrat  
     
4.    Sebuah bola yang ditendang membentuk persamaan . Tentukan tinggi maksimum bola tersebut!
      
5.   Gambarkan dan tentukan bayang
 B(-2,-13) jika dicerminkan terhadap garis y=4             

No comments: