1.
Diantara
bilangan-bilangan berikut yang merupakan bilangan bulat adalah …
a. 3,5 c. 22,5% b. 1/5 d.
-10
2.
13, 17, 19
23 29, 31
Jenis bilangan bulat di atas
adalah…
a. Bilangan
komposit c. bilangan
prima
b. Bilangan
kuadrat d.
bilangan genap
3. Kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dari 3,5 dan 7 adalah ….
a.
15 c. 35
b.
21 d. 105
4.
692 + 207
hasilnya lebih dekat dengan ...
a. 600 + 200 c. 700 + 300
b. 700 + 200 d.
900 + 200
5. Sebuah
minibus dapat terisi bahan bakar hingga penuh sebanyak 45 liter.Minibus
tersebut menghabiskan 8,5 liter untuk setiap berkendara sejauh 100 km.
Suatu perjalanan sejauh 350 km dimulai dengan kondisi tanki bahan
bakar penuh. Banyak bahan bakar yang bersisa di minibus tersebut ketika sampai
tujuan adalah ...
a. 15,25
liter
b. 16,25
liter
c. 24,75
liter
d. 29,75
liter
6. Pak Cecep akan
membuat parsel. Jika tersedia 80 jeruk, 50 apel, dan 30 pir, maka maksimal
parsel yang dapat dibuat Pak Cecep dengan buah-buahan tersebar rata di setiap
parsel adalah sebanyak…
a. a. parsel c. 15 parsel
- 10 parsel d. 20 parsel
7.
Dalam suatu
tes, jawaban yang benar diberi nilai 2 dan jawaban yang salah diberi nilai -1,
sedangkan soal yang tidak dijawab diberi nilai 1. Jika dari 50 soal, Fauzan
dapat menjawab dengan benar sebanyak 40 soal, sedangkan 5 soal yang dijawab
salah, maka nilai yang diperoleh Fauzan adalah ...
a. 75 b. 78
c. 79 d. 80
8.
Diantara kumpulan- kumpulan berikut, merupakan himpunan adalah....
a. Kumpulan perhiasan indah
b. Kumpulan benda- benda antik
c. Kumpulan hewan berkaki dua
d. Kumpulan mata pelajaran sulit
9.
Jika A = { 2, 4, 6, 8, 10 }, B = { 1, 2, 5, 10 } maka
A B adalah ....
a. { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8,
10 }
b. { 2, 4, 5, 6, 8, 10 }
c.. { 1, 2, 4, 5, 6, 8, 10 }
d.{ 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10 }
10.
{ 2, 4, 6, 8, 10 } dapat
dinyatakan dengan kata- kata...
a.Himpunan bilangan prima
kurang dari 11
b.Himpunan bilangan genap
antara 1 dan 11
c.Himpunan bilangan asli
yang dapat dibagi dua
d.Himpunan bilangan cacah
kelipatan 2
10.
Himpunan semesta yang
mungki dari { ayam, sapi, itik dan kambing } adalah...
a.{ Hewan buas}
b.{ Hewan melata }
c.{ Hewan ternak }
d.{ Hewan berkaki dua}
12.
Dari 40 anak diantaranya
25 anak gemar Matematika, 30 anak gemar Bahasa
Inggris, dan 20 anak gemar keduanya. Banyak anak yang tidak
gemar Matematika maupun Bahasa
Inggris adalah ….
a. 5 c. 15
b. 10 d. 20
( i ) penjumlahan (
iii ) perkalian
( ii ) pengurangan (
iv ) pembagian
Dari operasi hitung diatas, yang memiliki sifat asosiatif adalah….
a. ( i ) dan ( ii ) c. ( ii ) dan ( iii )
b. ( i ) dan ( iii ) d. ( iii ) dan ( iv )
14. Jika himpunan C
mempunyai 64 himpunan bagian maka n( C ) adalah ….
a.
5 c. 7
b.
6 d. 8
15. Jika M = {faktor dari
16} dan N = {faktor dari 44}, maka M ∩ N = ….
a.
{1, 2, 3} c. {1, 3, 4}
b. {1, 2, 4} d. {2, 3, 4}
16. Diketahui ; P = {1,
3, 5, 7}, Q = {2, 3, 4, 5}, R = {1, 2, 3, 5}. (PQ)R = ….
a.
{2,
3, 5} c. {1, 2, 3, 5}
b. {1, 2, 5}
d. {1, 3, 5, 7}
17. Jika A = {p, i, a, n, o} dan B = {b, i, o, l, a}, maka
AB = ….
a.{p, o,
l, a, b, i, n, a} c. {p, a, l, b, o, n,
a}
b.{p, i,
l, b, o, n, a} d.
{p, o, l, i, b, i, n, a}
18. Diberikan diagram Venn yang
menyatakan himpunan A dan B, maka
A – B adalah
a. {e, f}
b. {c, d}
c. {g, h}
d. {a}
19. Himpunan P = { x | 2
≤ x ≤ 8, x ∈ Bilangan
Asli}, jika dinyatakan
dengan mendaftar anggota-anggotanya
adalah .
a. {3, 4, 5, 6, 7}
b. {3, 4, 5, 6, 7, 8}
c. {2, 3, 4, 5, 6, 7}
d.
{2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
20. Diberikan S = {1, 2, 3, 4,
5, 6, 7, 8, 9,10}, A = {1, 2, 3, 4, 5}, dan B = {4, 5, 6, 7, 8}.
Anggota dari Ac ∪ B adalah…..
a. {6, 7, 8, 9}
b. {4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
c. {1, 2, 3, 4, 5}
d. {1, 2, 3, 4, 5, 6}
21.
Seratus
orang pemuda mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba jalan cepat, sepeda lambat
atau kedua-duanya. Jika yang mendaftarkan diri untuk mengikuiti jalan cepat 75%
dan sepeda lambat 48%, banyaknya pemuda yang mendaftar untuk kedua lomba
tersebut adalah…
a. 22 orang c. 33 orang
b.
23 orang d. 48
orang
22. Hasil dari-4p(-3q + 2r)adalah ….
a.12pq + 8pr c. 12pq – 8pr
b.-12pq + 8pr d. -12pq –
8pr
23. Bentuk 6a – 8b – 4a – b dapat disederhanakan
menjadi ….
a. 2a – 9b c. -3a –
9b
b. 2a + 9b d. -3a + 9b
24. (x – 2)(3x + 4) = ….
a.3x2 + 10x – 8 c. 3x2 – 2x – 8
b.3x2
– 10x – 8 d. 3x2 + 2x – 8
25. Suku-suku yang sejenis dari bentuk
aljabar 6x2 + 6xy – 4y2 – 7x2
+ 2xy+ 2y2 adalah ....
a. 6x2 dan 6xy c. –4y2
dan 2xy
b. 6xy dan 2xy d. 6x2
dan –4y2
26. Hasil bagi 4x2 +
16x + 15 oleh (2x + 5) adalah ...
a. 2x + 3 c. 2x + 7
b. 2x + 5 d. 2x + 15
27. Bentuk sederhana dari (3y3
× 4y4) : 6y5 adalah .
a. 2y7 c. y2
b. 2y2 d. 2y12
28. Penyelesaian dari y – 15
= 3 adalah….
a.27 b. 12 c. -8 d. -18
29. Penyelesaian dari
pertidaksamaan 3p + 4p + 5p ≥72 adalah…
a. a. p>
6 b. p ≥ 6 c. p < 6 d. p ≤ 6
30. Himpunan penyelesaian
dari pertidaksamaan p + 5 < 12,
untuk p = 1,2,3,4,5,6,7,8 adalah…
a. 1,2,3,4,5,6 c. 1,2,3,4,5,6,7
b.1,2,3,4,5,6,7,8 d. 2,3,4,5,6
Soal PAS MTK SMP Kelas 8 K13 semester ganjil
1.
Tiga bilangan selanjutnya dari Pola
Barisan 4, –7, 10, –13, 16, …. , ….. ,
….. , adalah…
a.
19,
–22, 25 c.
20, –24, 28
b. –20,
25, –31 d. –19, 22, –25
2.
A,
K, C,, … , E, O, G
a.
D c. N
b. L d. M
3.
1,
3, 4, 7, … , … , 29
a.
11,
19 c. 10, 17
b.
11,
18 d. 10, 18
4.
1,
4, 9, 16, … , …. , 49
a.
25,
36 c.
20, 36
b.
25,
30 d. 24,
34
5.
Yang
dinamakan barisan Bilangan Fibonacci di bawah ini adalah …
a.
0,1,2,3,5,8,13
c. 1,2,3,5,8,13
b. 0,1,1,2,3,5,8,13 d.
1,1,2,4,6,8,13
6.
Angka
Satuan pada bilangan 3 100 adalah …
a.
9
c. 3
b.
7 d. 1
7.
Diketahui
titik A(3,1), B(3,5), C(–2,5). Jika
ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk….
a.
Segitiga
sama sisi
b. Segitiga sama kaki
c.
Segitiga siku-siku
d. Segitiga sembarang
8.
Diketahui
dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q dan R. Titik P(4,6) dan titik
Q(7,1). Jika titik P,Q dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku,
maka koordinat titik R adalah ….
a.
(6,5) c. (6,1)
b.
(4,5) d. (4,1)
9.
Titik
(2,3) terletak pada kuadran ….
a.
I c.
III
b. II d.
IV
10. Titik ( –3, –2 ) terletak pada
kuadran ….
a.
I c.
III
b. II d.
IV
11. Titik-titik yang terletak pada
kuadran IV adalah ….
a.
( 3, 4 ) dan ( 4,3 )
b.
(– 2 , 3 ) dan ( – 2 , – 4 )
c.
( 2, –3 ) dan ( 3,–2 )
d.
( – 2 , – 3 ) dan ( – 3 , – 2 )
12. P = { 1, 2, 3, 5 } dan Q = { 2,
3, 4, 6, 8, 10}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan
{
(1,2), (2,4), (3,6), (5,10) }, maka relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah
….
a.
Kuadrat
dari c. Setengah dari
b. Dua kali dari d. Kurang dari
13. Diketahui relasi A → B dengan
pasangan berurutan { (–2,1), (–1,2), (0,3), (1,4) }. Hubungan yang paling tepat
untuk relasi itu adalah ….
a.
Lebih
besar c. 3 lebih kecil
b. Dua kali d.
3 lebih besar
15. Relasi dari P ke Q adalah {
(a,5), (a,3), (b,2), (c,1), (c,3), (d,4) }. Domain relasi P ke Q adalah ….
a.
P = { 1,2,3,4,5 }
b. P = { a,b,c,d }
c. Q = { 1,2,3,4,5 }
d. Q = { a,b,c,d}
16. Diketahui: A = { faktor dari 8 }
B =
{ faktor prima dari 15 }
Banyak
fungsi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah …
a.
8 cara c. 24 cara
b. 16 cara d.
32 cara
17. Fungsi f : x → 3x – 1 dengan
daerah asal { 0,1,2,3,4 } memiliki
daerah hasil …
a.
{ –1,2,5,8,11 }
b. { 0,3,6,9,12 }
c. { 1,3,5,8,11 }
d. { 2,3,4,5,9,12 }
18. Fungsi f : x → x + 1 dengan
daerah asal { 2,4,6,8 } memiliki
daerah hasil ….
a.
{ 2,4,6,8 }
b. { 3,5,7,9 }
c. {
1,3,5,7 }
d. {
2,3,4,5 }
19. Pada fungsi f : x → 3 – 2 x 2
, bayangan dari –2 atau f (–2) adalah ….
a.
–11 c.
5
b.
–5 d.
11
20. Diketahui f : x → ax + 5 dengan x
R. Jika F(--2) = 1 , maka f (2) = …..
a.
–1 c. 5
b. 2 d.
9
21. Disajikan data fungsi sebagai berikut :
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
f (x)
|
3
|
5
|
7
|
9
|
11
|
13
|
Rumus dari fungsi tersebut adalah
…..
a.
f
(x) = 2x + 1
b.
f
(x) = x + 3
c. f (x) = 2x + 3
d. f(x) = 3x + 3
22. Persamaan berikut yang termasuk
persamaan garis lurus adalah …
a.
2y
+ x2 -10 = 0
b. 4x – 2x – 2 = 0
c. x2 = 5y + 2
d. 2y + 4x = 0
23. Persamaan garis yang ekuivalen
(setara) dengan persamaan garis y = 2/3
x – 2 adalah ….
a.
2x + 3y – 6 = 0
b. 2x + 3y – 2 = 0
c. 2x –
3y – 2 = 0
d. 2x –
3y – 6 = 0
24. Gradien garis yang melalui titik
A (–2,–1) dan B (1,3) adalah ….
a.
–
4/3 c. 3/4
b.
–3/4 d. 4/3
25. Persamaan garis yang melalui
titik A(4,–1) dan bergradien 1/2 adalah …
a.
Y
= ½ x + 3
b. Y = ½ x + 5
c. Y = ½ x –3
d. Y = ½ x – 5
26. Diantara garis berikut yang
sejajar dengan garis dengan persamaan 6x–12y + 13 = 0, kecuali…
a.
2x
– 4y – 1 = 0
b.
3x
– 4y –5 =0
c.
4x
+ 8y –3 = 0
d. x – 2y +6 = 0
27. Persamaan garis yang melalui
titik
P (4, –5)
dan Q ( 2,1 ) adalah …
a.
x – 3y + 11 = 0
b. x – 3y – 11 = 0
c. 3x + y + 7 = 0
d. 3x +
y –7 = 0
28. Garis k melalui titik (–3,1) dan
tegak lurus pada garis x – 2y + 1 = 0. Persamaan garis k adalah ….
a.
2x
+ y + 5 = 0
b.
2x
+ y – 5 = 0
c.
x
– 2y + 5 = 0
d.
x
– 2y – 5 = 0
29. Selesaian dari sistem
persamaan 3x + 2y – 4 = 0 dan x
– 3y – 5 = 0 adalah …
a.
(
2,1 ) c. ( –2,1
)
b. ( 2, – 1 ) d. ( – 2
, –1 )
30. Selesaian sistem persamaan 2x +
3y = 12 dan 3x + 2y = 8 adalah x = a dan y = b. Nilai a + b adalah….
a.
1 c. 3
b. 2 d. 4
31. Titik potong antara garis y = 4x
– 11 dengan garis 3y = -- 2x – 5 adalah …
a.
(
– 2, – 3) c. ( 2, – 3 )
b.
(
–2, 3 ) d. ( 2,3
)
32. Selesaian dari sistem persamaan
3x + y = – 1 dan x + 3y = 5 adalah ….
a.
(
1, – 2 ) c. ( 2, – 1 )
b. ( – 1, 2 ) d. ( – 2,
1 )
33. Pasangan berurutan ( x,y ) yang
merupakan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
5x + 2y
= 15 dan 3x + 4y = 23 adalah …
a.
(
1,5 ) c. ( – 1, – 5 )
b.
(
5,1 ) d. ( – 5, – 1 )
34. Harga 3 celana dan 2 baju adalah
Rp 280.000,00. Sedangkan harga 1 celana dan 3 baju di tempat dan model yang
sama adalah Rp 210.000,00. Harga sebuah celana adalah ….
a.
Rp
65.000,00
b.
Rp
60.000,00
c. Rp 50.000,00
d. Rp 45.000,00
35. Selisih umur seorang ayah dengan
anaknya 40 tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur anaknya, maka umur
anak tersebut adalah ….
a.
10
tahun c. 20 tahun
b. 15 tahun d.
25 tahun
B JAWABLAH
DENGAN TEPAT DAN BENAR !
1. Perhatikan gambar berikut : ● ● ●
● ● ●
● ● ●
● ● ●
● ● ●
● ● ●
Tentukan banyak pola ke-n untuk n bilangan
bulat positif !
2. Diketahui koordinat titik-titik A ( 2,3 )
, B ( 6,3 ) , C ( 6,5) , D ( 2,5 )
Jika keempat titik tersebut dihubungkan, bangun apakah yang terbentuk ?
3 Gambarlah grafik garis dengan persamaan 4x
– 3y – 24 = 0 !
4. Diketahui garis k melalui titik A ( --1,
-- 2 ) dan B ( -- 5, 7 ) serta garis l , dengan persamaan
8 x – 18 y – 5 = 0
a. Carilah
persamaan garis k
b. Selidiki
hubungan antara garis k dan garis l
5. Selesaikan sistem persamaan linear dua variabel
2
x + y = 3 dan x – 3y = 5
Soal PAS MTK SMP Kelas 9 K13 semester ganjil
1. Hasil dari (-5)3 x (-5)2
adalah ….
A. -
3.125 C. 25
B. -
25 D. 3.125
2. Hasil
dari
, adalah ….
A.
C. 3
B.
D. 9
3. Bentuk
sederhana dari
adalah ….
A. 26 C. 210
B. 28 D.
212
4. Bentuk
positif sederhana dari
adalah ….
A. a4b4 C. ab2
B. a2b2 D. ab
5. Hasil
dari
adalah ….
A. 36 C. 72
B. 54 D. 108
6. Nilai x yang
memenuhi persamaan
3 5x - 1 = 27 x
+ 3 adalah….
A. 2 C.
4
B. 3 D.
5
7. Apabila
maka ….
A.
m – n – 2 = 0 C. m – n
+ 1 = 0
B.
m – n – 1 = 0 D. m – n
+ 2 = 0
8. Hasil dari (3
) - 4 adalah….
A. – 81 C.
B.
D.
81
9. Hasil dari 3
x 2
+
adalah….
A. 7
C.
12
B. 6
D.
14
10. Luas persegi yang panjang sisinya 4
cm
adalah ….
A 16
Cm2 B.
16
Cm2 C 16
Cm2 D.
16
Cm2
11. Jarak rata-rata bumi ke
bulan adalah 348.000.000 m. Jika dituliskan dengan notasi ilmiah, maka jarak
bumi ke bulan adalah ….
A. 34,8 x 109 C. 3,48 x 109
B. 34,8 x 108 D. 3,48 x 108
12. Hasil dari (x+4)(2x+1)
adalah….
A. 2x2 + 9x + 4 C.
2x2 - 9x + 4
B. 2x2 + 9x - 4 D.
2x2 - 9x – 4
13. Salah satu faktor dari 8x2 + 14x
+ 3 adalah….
A. (2x + 1) C. (4x + 3)
B. (2x + 3) D. (4x + 2)
14. Himpunan penyelesaian dari
persamaan kuadrat
adalah ….
A. {2 , 7} C. {2 , -7}
B. {-2 , -7} D. {-2 , 7}
15. Akar-akar dari persamaan
kuadrat
adalah ....
A.
dan –
C.
dan –
B. -
dan -
D. -
dan –
16. Nilai jumlah dan hasil
kali akar-akar dari persamaan kuadrat
berturut-turut adalah...
A.
4 dan 2 C. -2 dan 1
B.
-4 dan 2 D. 2 dan 1
17. Akar-akar
persamaan kuadrat x2 + 2x + 3 = 0 adalah a dan b. Persamaan kuadrat
baru yang akar-akarnya (a – 2) dan
(b
– 2) adalah ...
A. x2
+ 2x + 11 = 0 C. x2 – 2x +
3 = 0
B. x2
+ 6x + 11 =0 D. x2 + 6x +
5 = 0
18. Nilai diskriminan dari
adalah….
A. 9 C. 41
B. – 9 D. – 41
19. Jika nilai diskriminan
persamaan kuadrat 2x2 – 9x +
c = 0 adalah 121, maka c = ….
A. – 8 C. 2
B. – 5 D. 5
20. Berdasarkan nilai
diskriminannya jenis akar-akar persamaan kuadrat
A. tidak mempunyai akar C. berbeda
B. kembar D.
nyata
21. Jika a + b = 14 dan a.b = 48, maka nilai dari a2
+ b2 adalah….
A. 75 C. 110
B. 100 D. 148
22. Selembar karton berbentuk
persegi panjang akan dibuat kotak tanpa tutup dengan cara membuang persegi
seluas 3x3 cm2 di masing-masing pojoknya,. Apabila panjang alas
kotak 2 cm lebih dari lebarnya dan volume kotak itu adalah 105 cm3,
maka panjang dan lebar kotak itu adalah
….
A. 7 cm dan 6 cm C. 9
cm dan 7 cm
B. 7 cm dan 5 cm D.
9 cm dan 6 cm
23. Titik potong terhadap
sumbu x pada fungsi
adalah ….
A. (-6,0) dan (1,0) C. (2,0) dan (3,0)
B. (6,0) dan (-1,0) D. (-2,0)dan(-3,0)
24.Titik potong terhadap sumbu y pada fungsi
adalah ….
A. (0,3) C. (0,6)
B. (0,2) D. (0,-6)
25 Sumbu simetri pada
parabola
A. 2 C. 6
B. 4 D. 8
26. Nilai maksimum dari
fungsi kuadrat
adalah 5. Nilai k yang positif adalah ….
A. 5 C. 7
B. 6 D. 8
27. Nilai minimum pada
parabola
,
adalah…
A.-1 C. -3
B.-2 D. -4
29. Titik A(5,-2) di translasi
/ digeser oleh
T(-3,1), bayangan titik
A adalah ….
A. A’(2,1) C.
A’(2,1)
B. A’(1,1) D.
A’(2,-1)
30. Bayangan titik C (2,8) jika di refleksi / di cerminkan terhadap
sumbu x adalah ….
A. C’(2,8) C. C’(2,-8)
B. C’(-2,8) D. C’(-2,-8)
B. ESSAY
Jawablah soal berikut
dengan jelas!
1. Tentukan hasil dari
2. Sederhanakan bentuk akar
berikut:
3. Tentukan Himpunan
Penyelesaian dari persamaan kuadrat
4. Sebuah bola yang
ditendang membentuk persamaan
. Tentukan tinggi maksimum bola
tersebut!
5. Gambarkan dan tentukan
bayang
B(-2,-13)
jika dicerminkan terhadap garis y=4
No comments:
Post a Comment