Sunday 22 December 2019

TAHUN BARU 2020

Anda yang berencana untuk menghabiskan libur nasional Tahun Baru Masehi mendatang wajib berbahagia. Berdasarkan kalender perkiraan libur nasional tersebut, 1 Januari 2019 jatuh pada hari Selasa. Hal ini berarti Anda memiliki bonus satu hari terjepit yaitu Senin, 31 Desember. Manfaatkan libur panjang Tahun Baru Masehi tersebut untuk menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga. Bali, Yogyakarta, ataupun Makassar layak jadi destinasi tujuan Anda.

Namun demikian, Tahun Baru Masehi di tahun 2020 diprediksi jatuh pada hari Rabu. Hari libur nasional di awal tahun ini tidak memberi kesempatan Anda untuk bepergian jauh. Kecuali jika Anda masih punya banyak jatah cuti di kantor. Anda dapat menggunakannya untuk merayakan tahun baru lebih menarik di luar negeri. Caranya, ambil cuti pada hari Senin dan Selasa, lalu jadwalkan keberangkatan di hari Sabtu. Liburan tahun baru yang cukup panjang, bukan?

Perayaan Tahun Baru Masehi di Indonesia
Selain pesta kembang api, tahun baru di Indonesia juga dimeriahkan dengan berbagai aktivitas seru. Jakarta sudah tentu menjadi kota dengan perayaan malam tahun baru paling meriah. Setiap malam pergantian tahun akan diadakan konser musik yang melibatkan sejumlah musisi ternama. Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah menjadi titik pusat perayaan. Beberapa jalur utama menuju lokasi tersebut bahkan sudah ditutup sejak sore hari.

Anda tak ingin terjebak kemacetan di jalan raya? Cukup nikmati malam pergantian tahun bersama keluarga di rumah. Nah, di sini ada yang menarik dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Jagung bakar, ikan bakar, dan aneka menu bakaran lainnya selalu menjadi hidangan wajib. Meski terlihat sederhana, menu-menu tersebut punya makna filosofis yang mendalam.

Teknik memasak bakar melibatkan lebih banyak orang untuk memasak daripada teknik memasak lainnya. Dengan begitu, suasana akrab lebih mudah tercipta di malam tahun baru. Selain itu, bara api yang digunakan untuk memasak membuat suasana malam menjadi lebih hangat. Perut kenyang, hati pun senang!

Kembang api simbol keberhasilan hidup
Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam menyambut pergantian tahun. Kembang api adalah salah satu yang tak pernah terlewatkan setiap malam perayaan Tahun Baru. Tahukah Anda jika menyalakan kembang api merupakan simbol keberhasilan hidup? Api sendiri sering diibaratkan sebagai semangat, niat, dan tekad yang kuat. Menyalakan kembang api berarti Anda siap mewujudkan seluruh harapan dan cita-cita yang ada.

Tentu saja, keberhasilan hidup bukanlah hal yang bisa didapatkan dengan mudah. Anda harus terlebih dulu berjuang dari bawah hingga tiba di puncak teratas. Demikian pula kembang api yang dinyalakan dari dasar bumi sebelum akhirnya mencapai langit angkasa. Percikan api dalam warna-warna yang indah menjadi bukti tidak ada usaha yang sia-sia. Suara ledakan pun menjadi simbol perasaan lega usai berjuang keras.

Tradisi meniup terompet tahun baru
Menyalakan kembang api di malam tahun baru belum lengkap tanpa dibarengi dengan meniup terompet. Tradisi meniup terompet ini dimulai dari bangsa Yahudi. Mereka meyakini bahwa meniup terompet dapat menyingkirkan roh jahat dalam tubuh manusia. Kebiasaan ini lalu menyebar ke belahan dunia lain hingga saat ini. Sayangnya, tradisi meniup terompet tahun baru masih menimbulkan kontra di beberapa negara dunia.

Ramalan tahun baru, perlu dipercaya atau tidak?
Di balik kemeriahan kembang api dan terompet, ada tradisi unik lain yaitu ramalan tahun baru. Beberapa negara di dunia, terlebih kawasan Asia, ramalan tahun baru menjadi sesuatu yang lumrah. Banyak orang yang bahkan sengaja mendatangi peramal untuk mengetahui peruntungan nasibnya. Padahal ramalan ini menimbulkan dampak psikologis yang kurang baik bagi manusia. Seperti muncul efek Barnum di mana manusia menjadi korban ilusi dari validasi pribadinya.

Efek Barnum pada akhirnya membuat manusia mudah tertipu dan menipu dirinya sendiri. Akibatnya, manusia hanya ingin mendengarkan hal-hal positif dan mengabaikan segala sesuatu yang tak ingin didengarkan. Dengan begitu, manusia lebih sulit menerima takdir yang sesungguhnya. Jika dibiarkan, hal tersebut memicu munculnya gejala depresi.

Bagaimana, Anda sudah merencanakan libur nasional Tahun Baru Masehi 2019 dan 2020 mendatang? Perencanaan yang matang lebih memotivasi Anda untuk menabung demi liburan yang menyenangkan. Bujet yang disiapkan juga tidak akan mempersulit keuangan bulanan Anda. Jika beruntung, ada kesempatan untuk mendapatkan tiket pesawat dan hotel dengan harga murah.

Dengan demikian, jatah cuti tahunan dari kantor pun dapat dialokasikan lebih baik. Tunggu apa lagi? Segera tentukan destinasi liburan Tahun Baru Anda bersama keluarga. 

No comments: