Thursday 31 October 2019

ANDA INGIN MENDAFTAR CPNS 2019 PASTIKAN NIK ANDA VALID

Anda ingin mendaftar CPNS 2019 pastikan NIK anda valid, Seleksi penerimaaan CPNS tahun 2019 berprinsip untuk memberikan kemudahan bagi para peserta , terutama mengenai dokumen persyaratan pendaftar. Hal tersebut sesuai dengan ungkapan kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam konferensi Pers yang diselenggarakan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB pada hari Rabu 30 Oktober 2019.
ANDA INGIN MENDAFTAR CPNS 2019 PASTIKAN NIK ANDA VALID
ANDA INGIN MENDAFTAR CPNS 2019 PASTIKAN NIK ANDA VALID

Kepala BKN melanjutkan dokumen persyaratan tersebut antara lain scan KTP untuk memastikan data kependudukan pas foto dan swafoto untuk menyesuaikan melamar dengan ktp dan ijazah serta transkip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.
Oleh karena itu Kepala BKN menghimbau pelamar untuk segera menyiapkan dokumen tersebut dan memastikan terlihat dengan jelas setelahnya. Masih ada belasan hari untuk pastikan valid di Ditjen dukcapil, hati-hati pada saat mendaftar karena NIK hanya bisa digunakan 1 kali untuk satu jabatan dan satu formasi, ungkap Kepala BKN.

Bagi anda yang tahun kemarin sudah mendaftar cpns tahun 2018 tentunya tidak ada permasalahan NIK baik yang tertera pada kartu tanda penduduk (KTP) maupun pada kartu keluarga (KK). 

Bagaimana dengan pendaftar baru? Apakah NIK pada KTP dan KK kita sudah valid dan aktif?. Yang perlu anda lakukan adalah silahkan anda datang ke kantor DISDUKCAPIL kabupate/kota dimana anda terdaftar secara resmi berdasarkan domisili, hal bertujuan untuk memastikan bahwa NIK pada KTP dan KK benar-benar valid.

Kevalidan NIK pada KK dan KTP merupakan gerbang administrasi pendaftaran seleksi CPNS. Terutama berkaiatan dengan nama, tempat dan tanggal lahir. 

Kepala BKN juga memastikan bahwa seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan metode yang sama seperti tahun lalu dengan pendekatan yang berbeda.  Salah satunya Pada soal tes karakteristik pribadi (TKP) dengan menggunakan bahasa yang lebih dimengerti peserta.

Tim penyusun soal terdiri dari 18 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menambahkan sedikit soal mengenai radikalisme pada soal SKD. seluruh soal memiliki kualitas yang dibedakan pada tingkat kesulitan mudah, sedang, dan sulit sesuai kondisi setiap daerah tambahnya.

Pendaftaran CPNS akan dibuka mulai tanggal 11 hingga 24 November 2019 sementara pengumuman seleksi administrasi direncanakan pada 16 Desember 2019 pada SKD dan seleksi kompetensi bidang SKB Seleksi Penerimaan CPNS 2019 BKN telah menyiapkan sekitar 641 titik lokasi tes terdiri atas 33 titik lokasi milik BKN 30 titik lokasi kosering dan 578 lokasi mandiri instansi.

Sumber: https://www.bkn.go.id/berita/pendaftaran-cpns-dibuka-11-november-2019-segera-pastikan-nik-pelamar-valid

No comments: