Thursday 3 October 2019

NISN SISWA BARU SD SUDAH TERBIT

NISN siswa baru Sekolah Dasar sudah terbit, kabar ini tentunnya merupakan kabar yang menggembirakan bagi operator sekolah yang telah melakukan update data siswa baru pada tahun pelajaran 2019/2020. 
NISN SISWA BARU SD SUDAH TERBIT
NISN SISWA BARU SD SUDAH TERBIT

NISN siswa baru Sekolah Dasar sudah terbit baik yang melalui tarik peserta didik dari jenjang pendidikan paud/TK secara online maupun yang dientri secara manual melalui menu tambah peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2020/2020.a. 

Jika pada sebelumnya muncul warning peserta didik pada aplikasi dapodik pada saat melakukan validasi data dengan catatan waning "Peserta Didik a/n Joko harap mengisikan NISN dengan benar (Rombel saat ini: 1-kelas 1)". Sehingga pada saat anda membuka vervalpd.data.kemdikbud.go.id akan muncul sejumlah siswa yang "Belum Memiliki NISN". Atau pada beranda akan muncul diagram persentase peserta didik yang memiliki NISN dan yang belum memiliki NISN.

Bagaimana cara mengetahui peserta didik baru SD sudah terbit NISNnya?. Berikut ini adalah tahapan untuk mengetahui peserta didik siswa baru sudah diterbitkan oleh sistem/atau belum diterbitkan oleh sistem dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Sambungkan perangkat anda baik itu PC/Laptop/ Ponsel Pintar/Android anda dengan jaringan internet.
  2. Buka browser anda (Chrome, mozila firefox, safari, opera mini dll)
  3. silahkan anda akses halaman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/
  4. Gunakan user dan password yang telah terdaftar pada PDSP/sdm.data.kemdikbud.go.id
  5. Perhatikan beranda pada diagram lingkaran yang merupakan rangkuman data satuan pendidikan anda, 
  6. Pilih menu "Belum Memiliki NISN" bila dalam daftar tersebut kosong maka peserta didik sudah masuk ke menu "referensi siswa aktif". 
  7. Pastikan satuan pendidikan anda sudah melakukan sinkronisasi ke server yang di dan pastikan semua peserta didik baru sudah terentri pada aplikasi dapodik anda.

Untuk menambah pemahaman anda tentang tabel referensi, selanjutnya anda pilih menu referensi "Aktif), silahkan anda periksa siswa tingkat 1 maka pada sebelah kiri tabel sudah muncul NISNnya. Jika diteliti akan muncul 2 jenis NISN mengapa demikian dan apa penyebabnya?. Salah satu penyebab muncul 2 jenis NISN adalah proses entri data peserta didiknya. Peserta didik yang ditarik dari jenjang satuan pendidikan sebelumnya (PAUD/TK) sistem akan memberikan NISN dengan diawali dengan digit angka 0  misalnya 0123212451, sedangkan peserta didik yang dientri dengan menggunakan menu tambah peserta didik kelas 1 sistem akan memberikan NISN dengan diawali dengan digit angka 3 misalnya 3130004567.


Bagaimana cara supaya NISN yang ada pada vervalpd bisa masuk ke Aplikasi Dapodik anda?. Caranya cukup mudah yaitu silahkan lakukan proses sinkronisasi Aplikasi dapodik anda. 

Sekedar saran dari saya, silahkan anda pilih waktu sinkronisasi data dapodik anda diluar jam-jam sibuk karena beberapa hari ini server sedang padat yang mengakibatkan proses sinkronisasi berjalan tidak sempurna.

Semoga artikel NISN siswa baru SD sudah terbit memberikan manfaat bagi kita semua.

No comments: