Monday 7 October 2019

GOLONGAN DI BKN LEBIH RENDAH DARI DAPODIK ATAU TIDAK DITEMUKAN

Golongan di BKN lebih rendah dari dapodik atau data tidak ditemukan keterangan ini muncul pada info gtk pada verifikasi data tunjangan profesi. Bagi anda yang sudah mengecek info gtk ternyata menemukan status Validasi tunjangan profesi "Belum Valid" anda jangan panik dulu. 

GOLONGAN DI BKN LEBIH RENDAH DARI DAPODIK ATAU TIDAK DITEMUKAN
GOLONGAN DI BKN LEBIH RENDAH DARI DAPODIK ATAU TIDAK DITEMUKAN

Untuk tatacara pengecekan info gtk versi 2019.1.1 bisa anda lakukan disini, Apa yang meski dilakukan bila status validasi tujangang profesi seperti tersebut di atas?. Yang perlu anda lakukan adalah silahkan anda cek kembali info gtk anda pada menu validasi data guru pada info gtk pada submenu "Data Individu Berdasarkan Dapodik", silahkan anda periksa pada kolom "Update Data Terakhir" disebelah kanannya ada informasi tanggal sinkronisasi terupdate yang terbaca oleh sistem info gtk. Bila muncul data sinkronisasi yang lama sementara anda sudah melakukan perubahan data setelah tanggal tersebut maka yang anda tunggu saja perubahan data anda sampai terproses oleh sistem gtk.
SOAL CPNS TERUPDATE TAHUN 2019
Langkah berikutnya bila golongan di BKN lebih rendah dari dapodik atau data tidak ditemukan keterangan ini muncul pada info gtk pada verifikasi data tunjangan profesi. Silahkan anda abaikan atau jangan melakukan perbaikan data. Pastikan data kepangkatan yang ada di terinput pada aplikasi dapodik sudah benar dan sesuai dengan bukti fisik yang dimiliki oleh gtk tersebut.

Selain itu anda juga bisa menggunakan tombol "click tombol ini untuk mengecek data pada webservice BKN" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, bertujuan untuk mengetahui data anda yang berada pada webserver BKN.

click tombol ini untuk mengecek data pada webservice BKN
gambar click tombol ini untuk mengecek data pada webservice BKN

Sekedar tips untuk mengetahui perubahan data pada info gtk ada baiknya anda melakukan pengecekan pada info gtk secara berkala atau setiap hari, sampai data anda dinyatakan valid. Bila pada info gtk sudah memproses "data terbaru  sinkronisasi" dan ternyata masih belum valid  silahkan anda perbaiki data anda sesuai dengan prosedur dan data fisik yang anda miliki.

Semoga artikel saya tentang "Golongan di BKN lebih rendah dari dapodik atau data tidak ditemukan" dapat membantu rekan-rekan guru yang mendapatkan tunjangan profesi untuk mengawal kevalidan data tunjangan profesi pada info gtk. Karena Kevalidan data pada Info gtk menjadi dasar untuk pembayaran tunjangan profesi anda. 

Terima kasih atas kunjungan anda.
Sumber :http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2019_s2/index.php

2 comments:

Unknown said...

Sangat membantu dan menenangkan.
Thanks for sharing, Pak.

Unknown said...

assalamualaikum slamat malam,maaf pak sya mau brtnya di info gtk skolah kami sngat brbeda dg skolah lain ,trutma di verifikasi tunjangan profesi pda poin tsb hanya muncul ini saja "klengkapan data:golongan bkn lebih rendah di dapodik atau tidak ditemukan" dan tidak muncul beban mengajar status induk dll,mhon pncerahannya trims.wassl,ualaikum wr.wb