Thursday 3 October 2019

CARA MUDAH CEK INFO GTK VERSI 2019.1.1

Cara mudah cek info GTK versi 2019.1.1, pada tahun pelajaran 2019/2020 ini info GTK hadir dengan wajah baru. Tampilan baru disertai dengan cara aksesnya juga menggunakan cara baru. Sebelum membahas lebih jauh tentang Info gtk versi 2019.1.1 alangkah baiknya mengetahui apa itu info gtk?.
CARA MUDAH CEK INFO GTK VERSI 2019.1.1
CARA MUDAH CEK INFO GTK VERSI 2019.1.1
Info GTK adalah sebuah halaman web yang dikembang oleh Direktorat Jenderal Guru dan tenaga pendidikan yang dikenal dengan istilah GTK. Apa arti dan manfaat dari info GTK?. Info gtk memiliki arti sebuah halaman yang memberikan informasi validasi data guru ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing.
Informasi apa saja yang ditampilkan pada info gtk?. Terdapat banyak informasi berkaitan dengan gtk antara lain mencakup beberapa hal tersebut di bawah ini:
  1. Data kepegawaian mulai dari ( Nama, tempat tanggal lahir, NIP, NUPTK, Jenis kelamin, pangkat, golongan, status keaktifan PTK, Jumlah jam mengajar setiap minggunya, tugas tambahan, riwayat pengajian, sekolah induk dan non induk )
  2. Data tunjangan yang diterima oleh GTK bersangkutan meliputi ( Tunjangan sertifikasi, Tunjangan guru 3T, Bantuan peningkatan kualifikasi pendidikan/kuliah).
  3. Data kelulusan sertifikasi guru.
  4. Kevalidan dan ketidak validan data GTK.
  5. Informasi SKTP.
  6. Persyaratan yang perlu dibawa ke bank pada saat pencairan aneka tunjangan.
Dengan munculnya informasi data GTK di atas maka setiap gtk diharapkan mampu menganalisa data pada info gtk sudah sesuai dengan bukti fisik yang ada atau belum sesuai. Sesuai dengan perubahan yang dilakukan oleh GTK pada akun masing-masing pada aplikasi dapodik. singkatnya info gtk juga berfungsi untuk pengendalian data masing-masing GTK pada Satuan Pendidikan.

Bila terjadi ketidaksesuaian maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan data pada aplikasi dapodik untuk selanjutnya dilakukan proses sinkronisasi aplikasi dapodik agar data perbaikan bisa masuk pada info gtk.

Bagaimana cara cek info GTK versi 2019.1.1?. Cara hampir sama dengan semester kemarin hanya ada perubahan penggunaan akun login gtk pada aplikasi dapodik. untuk mempermudah pemahaman tentang cara mudah cek info GTK versi 2019.1.1 silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini: 
  1. Persiapkan akun GTK anda berupa User dan password yang sama dengan dengan login aplikasi dapodik  GTK anda.
  2. Persiapkan perangkat anda berupa: Laptop/ Handphone android/ IOS pilih perangkat yang anda miliki.
  3. Sambungkan perangkat anda dengan koneksi internet.
  4. Kemudian anda buka browser /peramban anda yang tersedia pada perangkat anda (Chrome, Mozila firefox, safari, opera mini dll).
  5. Silahkan anda akses alamat ini: http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  6. Selanjutnya anda akan dibawa ke beranda pada alamat tersebut.
  7. Terdapat 4 menu utama tampilanya berupa : 1, Login, 2. Regulasi terkait GTK, 3. Info sebelumnya, 4. Progres penarikan data dapodik.
  8. Silahkan anda perhatikan menu login
  9. Silahkan anda masukkan Account PTK pada dapodik.
  10. Selanjutnya anda masukkan Password PTK pada dapodik.
  11. Pilih semester 1 (2019/2020) pilihan hanya muncul secara default/otomatis, jadi anda tidak usah memilih karena otomatis.
  12. Masukan kode yang tertulis pada gambar diatas terdiri dari 6 digit angka.
  13. Klik "Login " dengan keterangan dibawahnya " Periode Juli-Desember 2019" 
  14. Silahkan anda periksa data pada info GTK sudah valid atau belum.
Mudah bukan cara cek info gtk versi 2019.1.1, selamat mencoba ya semoga berhasil. Sebagai Guru yang sudah sertifikasi kevalidan data pada info gtk menjadi tanggungjawab masing-masing GTK. 

Bagaimana membuat akun gtk pada dapodik Paud? Untuk jenjang paud membuat akun gtk pada menu "Tambah User PTK".

Semoga artikel saya tentang cara mudah cek info gtk bermanfaat bagi kita semua. Bila memang artikel ini bermanfaat silahkan anda berikan komentar yang bersifat membangun, dan anda juga bisa membagikan pada media sosial yang anda miliki. 

No comments: