Wednesday 16 October 2019

Cara Mudah Edit Latar Belakang Photo Dengan Menggunakan Microsoft Word 2010

Cara mudah edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010. Pas photo tidak terlepas dari kehidupan manusia berkaitan dengan syarat administrasi. Pas photo akan selalu diminta sebagai persyaratan terbaru yang bersifat wajib dan harus dilampirkan. Dalam hal ini pas photo memiliki peran yang penting sebagai gambaran wajah manusia yang menunjang data-data utama yang disampaikan atau dibuat.

Hampir seluruh instansi/lembaga, baik instansi/lembaga pemerintah maupun swasta akan memerlukan pas photo pada arsip/dokumen yang disimpan rapi pada profil individu. Sebagai contoh dokumen yang memerlukan pas photo antara lain: 1. Pembuatan surat ijin mengemudi, Kartu tanda penduduk, kartu pelajaran, rapot hasil belajar siswa, surat lamaran pekerjaan/cv, formulir pendaftaran (peserta didik baru, mahasiswa baru, karyawan, pegawai, lokakarya, seminar, workshop, TOT, diklat, dan lain-lain kegiatan yang sejenis). Pas photo pada formulir pendaftaran digunakan untuk ditempelkan pada piagam, sertifikat, ijazah kelulusan diklat (STPL).

Terlebih bagi anda yang melamar sebagai Pengawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) dan CPNS tahun 2019 ini. Saya rasa sangat penting menguasai cara mudah edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010.

Sebagian instansi atau lembaga ada yang mempersyaratkan warna latar belakang yang berbeda-beda pada pas photo. Lalu bagaimana caranya mengganti mengedit latar belakang pas photo?. Anda juga tidak memahami cara mengedit mengedit latar belakang pas photo menggunakan aplikasi editing photo?. Apalagi anda yang bertempat tinggal didaerah-daerah tertentu yang memiliki keberapa keterbatasan akses untuk pergi ke cetak photo digital.

Dari fenomena tersebut anda tidak perlu kuatir pada artikel saya kali “Cara mudah edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010” akan memberikan jawaban dari permasalahan yang anda hadapi.

Sengaja saya memilih menggunakan Microsoft Word 2010 karena sangat familiar dengan dunia administrasi yang sering digunakan baik itu individu maupun instansi/lembaga. Caranya juga sangat mudah karena menggunakan fitur-fitur yang ada pada Microsoft Word 2010 .

Bagaimana caranya edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010 silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Sebagai langkah awal anda harus mempersiapkan pas photo yang akan anda edit latar belakangnya menggunakan Microsoft word 2010.
  • Selanjutnya silahkan anda buka Microsoft word 2010 pada perangkat yang anda miliki (PC, laptop).
  • Kemudian anda pilih menu bar Insert
  • Klik Pictures
  • Silahkan anda cari di mana file pas photo yang akan anda edit latar belakangnya
  • Perhatikan tampilan gambar di bawah ini

  • Langkah berikutnya, klik pada gambar maka akan muncul menu bar Format
  • Lalu pilih dan klik Remove background pada menu Format untuk menghapus warna background foto yang lama.

  • Maka setelah itu muncul garis segi empat pada foto, lalu anda sesuaikan garis tersebut dengan foto
  • Setelah disesuaikan garis dengan fotonya. Jika masih ada background yang menutupi objek foto maka gunakan Mark Area To Keep untuk menyeleksi foto yang tertutup background yang ingin dihapus.

  • Selanjutnya klik Keep Changes maka background foto lama akan terhapus


  • Berikutnya pilih Insert > Shapes > pilih bentuk Kotak


  • Sesuaikan Shape kotak tadi dengan objek foto
  • Ganti warna yang anda inginkan pada shape kotak tadi dengan klik Shape Fill
  • Setelah warna shape kotak berganti maka selanjutnya klik kanan pada shape kotak, lalu pilih Wrap Text > Behind Text



  • Maka hasilnya background foto telah berganti seperti ini gambar di bawah ini


Demikian penjelasan saya pada artikel “Cara mudah edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010”. Lakukan secara berulang-ulang agar anda lebih paham dan memahami langkah-langkah cara mudah edit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010.

Guna mempermudah dalam pemahaman anda berkaitan dengan langkah-langkah dalam mengedit latar belakang photo dengan menggunakan Microsoft Word 2010 anda saya lengkapi juga dengan video tutorial di bawah ini.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua kita semua silahkan anda memberikan komentar yang bersifat membangun. 

No comments: