PORTFOLIO TAGIHAN PESERTA GURU SASASARAN PKP
E-portofolio adalah sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi.
Dalam hal ini e-portofolio merupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan PKB melalui PKP berbasis Zonasi yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian dapat diberi komentar oleh guru inti dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi.
PORTOFOLIO TAGIHAN PESERTA GURU SASASARAN PKP |
Dalam hal ini e-portofolio merupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan PKB melalui PKP berbasis Zonasi yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian dapat diberi komentar oleh guru inti dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi.
E-portofolio dapat berbentuk tugas yang dikerjakan selama proses pembelajaran yang dibuat peserta dan wajib diunggah di kelas sistem pendampingan PKB melalui PKP berbasis Zonasi.
Di akhir pembelajaran program ini, peserta akan mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebagai bukti peserta mencapai kompetensi tersebut, dan telah melaksanakan kegiatan yang ditugaskan dalam program ini, maka peserta harus memenuhi beberapa tagihan sesuai yang dipersyaratkan. Tagihan-tagihan tersebut hanya dapat dihasilkan jika peserta benar-benar mengimplementasikan pembelajaran.
Semua kegiatan dalam Pembelajaran modul ini akan dibuktikan melalui beberapa tagihan yang dituangkan dalam bentuk Lembar Kerja (LK) dan non-LK yang akan diunggah ke dalam e-portofolio ini.
Berikut adalah petunjuk bagi peserta untuk mengunggah tagihan:
Petunjuk bagi Peserta:
Silakan klik tombol yang terdapat di bagian bawah laman.
Pada laman yang tampil silakan Saudara unggah tagihan yang telah diselesaikan sesuai urutan pada daftar tagihan (Table of Contents) yang ada pada bagian kanan atas laman browser Saudara. Kemudian klik tombol "Add Contribution":
Petunjuk bagi Guru Inti (GI) :
Saudara diminta untuk memberikan umpan balik terhadap hasil kerja yang telah dikumpulkan oleh peserta. Cara untuk memberikan umpan balik:
Pada laman utama e-portofolio pilih "Submitted portfolios: …", atau pilih "Student Portfolios" pada side menu.
Pilih "View" pada nama peserta yang akan dilihat berkasnya, pengampu memiliki opsi dari pilihan menu :
All students: untuk melihat semua daftar peserta yang sudah mengunggah berkas
Updated since your last login : untuk melihat daftar nama peserta yang baru mengunggah setelah terakhir log masuk
Without teacher comments : melihat daftar peserta yang sudah mengunggah berkas tapi belum diberikan komentar oleh pengampu
Pilih pada tautan berkas untuk mengunduh tagihan, Setelah pengampu memeriksa dan mencermati berkas peserta yang sudah diunduh, tuliskan komentar hasil koreksi/observasi tagihan dan pilih "Save comment".
Periksa notifikasi pada menu messages untuk mengetahui tagihan-tagihan yang baru diunggah oleh peserta.
Jenis Tagihan
TABLE OF CONTENTS
1 Tagihan In-2
1.1 LK-3 : Format Desain Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran
1.2 LK-4 : Penilaian Berorientasi HOTS
2 Tagihan On-1
2.1 LK 5 : Pengembangan RPP (unit ke-2)
2.2 LK 3 : Format Desain pembelajaran berdasarkan Model (unit ke-2)
2.3 LK 4 : Penilaian berorientasi HOTS (unit ke-2)
2.4 Jurnal Belajar OJL ke-1 (On-1)
3 Tagihan In-3
3.1 LK-6: Reviu RPP
3.2 LK-4d: Telaah Soal
4 Tagihan On-2
4.1 Lembar pengamatan praktik mengajar
4.2 LK-7 : Jurnal praktek mengajar (unit ke-1)
4.3 LK 5 : Pengembangan RPP (unit ke-2)
4.4 Jurnal Belajar OJL ke-2 (On-2)
5 Tagihan In-4
5.1 LK-8: Catatan refleksi praktik pembelajaran unit ke-1
5.2 LK-6: Reviu RPP
5.3 LK-4d: Telaah Soal
6 Tagihan On-3
6.1 Lembar Pengamatan
6.2 LK-7 :Jurnal praktek mengajar (unit ke-2)
6.3 Jurnal Belajar OJL ke-3 (On-3)
7 Tagihan In-5
7.1 Laporan Best Practice
7.2 Format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan
Jenis Tagihan
TABLE OF CONTENTS
1 Tagihan In-2
1.1 LK-3 : Format Desain Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran
1.2 LK-4 : Penilaian Berorientasi HOTS
2 Tagihan On-1
2.1 LK 5 : Pengembangan RPP (unit ke-2)
2.2 LK 3 : Format Desain pembelajaran berdasarkan Model (unit ke-2)
2.3 LK 4 : Penilaian berorientasi HOTS (unit ke-2)
2.4 Jurnal Belajar OJL ke-1 (On-1)
3 Tagihan In-3
3.1 LK-6: Reviu RPP
3.2 LK-4d: Telaah Soal
4 Tagihan On-2
4.1 Lembar pengamatan praktik mengajar
4.2 LK-7 : Jurnal praktek mengajar (unit ke-1)
4.3 LK 5 : Pengembangan RPP (unit ke-2)
4.4 Jurnal Belajar OJL ke-2 (On-2)
5 Tagihan In-4
5.1 LK-8: Catatan refleksi praktik pembelajaran unit ke-1
5.2 LK-6: Reviu RPP
5.3 LK-4d: Telaah Soal
6 Tagihan On-3
6.1 Lembar Pengamatan
6.2 LK-7 :Jurnal praktek mengajar (unit ke-2)
6.3 Jurnal Belajar OJL ke-3 (On-3)
7 Tagihan In-5
7.1 Laporan Best Practice
7.2 Format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar/Tagihan
No comments:
Post a Comment