Sunday 13 October 2019

CARA TERBARU BUKA INFO GTK " TANPA MENGGUNAKAN AKUN PTK"

Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK"
Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK"
Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK" sepertinya artikel ini akan menarik untuk dibahas pada kesempatan ini. Sengaja admin memberikan judul Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK" hal ini sesuai dengan perkembangan pada portal info gtk versi 2019.1.1. 

Terdapat 3 cara akses info gtk pada versi 2019.1.1 antara lain melalui :

  1. https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id yang biasanya diakses menggunakan akun simpkb. 
  2. http://info.gtk.kemdikbud.go.id/index.php yang mana dalam mengakses halaman ini memerlukan akun ptk yang terdaftar pada dapodik. Antara lain email PTK sebagai user, Password sebagai kata sandinya dan perlu menginput kode chapcta.
  3. https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan aku dapodik yang terbaru untuk mengakses halaman ini.
Pada artikel saya kali ini akan membahas cara yang tersebut pada point nomor 3 di atas yaitu https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan aku dapodik yang terbaru. beragam manfaat dari akun tersebut, antara lain cetak SPTJM, Profil Sekolah, Data guru/GTK, tarik PD mutasi, Input PD dari luar dapodik, Cetak surat mutasi siswa dan lain-lain.

Cara yang saya tawarkan pada kesempatan ini berawal dari permasalahan sangat sulitnya mengakses halaman tersebut hanya sekedar mau meilhat apaka data PTK sudah valid/invalid berkaitan dengan aneka tunjangan. Beberapa hari yang lalu saya browsing diinternet adakah cara yang mudah, cepat dan efektif untuk mencetak/melihat info gtk, ternyata saya menemukan informasi yang cocok dan saya tuliskan kembali dalam artikel ini. 

Lalu bagaimana cara Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK"?.Sebagai persiapan awal pastikan anda akun dapodik bisa masuk ke https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.  Silahkan anda simak langkah-langkah di bawah ini yang perlu anda ikuti sebagai berikut:

1. Sambungkan perangkat anda ke koneksi internet
2. Buka browser anda (saya sarankan pakai chrome atau mozila firefox versi terbaru).
3. Silahkan anda akses alamat ini https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
4. Silahkan anda masukkan akun dapodik anda beserta passwordnya.
5. Kemudian anda klik "KELOLA DATA SEKOLAH" atau anda bisa melihat gambar di bawah ini.

kelola data dapodik
kelola data dapodik
 

6. Selanjutnya silahkan anda "KELOLA DATA POKOK"
7. Kemudian anda klik "GURU DAN TENDIK"
8. Silahkan anda geser ke kanan sampai pada "Biodata" pada ptk yang mau dilihat info gtknya.
9. silahkan ada klik ikon profil orang atau anda bisa lihat gambar di bawah ini
biodata
biodata
10. Kemudian akan muncul identitas gtk tersebut, selanjutnya silahkan anda geser kursor anda sampai pada ikon "INFO GTK" kemudian klik atau seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  gambar info gtk
gambar info gtk

11. Lalu anda akan dibawa ke tab baru pada browser anda http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ seperti terlihat pada gambar di bawah ini
info gtk versi 2019.1.1
info gtk versi 2019.1.1

12. Perhatikan alamat url yang di atas 
13. http://info.gtk.kemdikbud.go.id/index.php s=1&data=MDAwMDAwMDAwMDAwMDAwMDs2NjUyNzU1NjU3MjAwMDAyOzE5NzctMDMtMjA7RHdpIE5vZXJ0ZWRqbyBIZXJyeTs3ODAyNjg1MA==
14. Silahkan anda sisipkan kata " info_2019_s2/ " saya beri warna merah.
15 Sehingga akan menjadi http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2019_s2/index.php s=1&data=MDAwMDAwMDAwMDAwMDAwMDs2NjUyNzU1NjU3MjAwMDAyOzE5NzctMDMtMjA7RHdpIE5vZXJ0ZWRqbyBIZXJyeTs3ODAyNjg1MA==
16. Kemudian anda tekan enter setelah menyisipkan kata info_2019_s2/
17. maka info gtk yang anda cari sudah bisa muncul seperti terlihat pada gambar di bawah ini
info gtk
info gtk

18. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Guna memudahkan anda dalam memahami Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK anda juga bisa menyimak video tutorialnya di bawah ini


"Jangan pernah berhenti belajar dan berusaha selanjutnya silahkan anda bagikan apa yang anda pelajari dan anda usahakan kepada orang lain, maka hidup ini akan indah bila saling berbagi kebaikan " admin.

Semoga artikel Cara terbaru buka info gtk "tanpa menggunakan akun PTK ini dapat membantu rekan-rekan ops/ptk untuk melakukan koreksi data aneka tunjangan. Bila memang artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan anda bagikan artikel ini ke media sosial yang anda miliki, atau memberikan komentar yang bersifat membangun, komentar anda akan jauh lebih bermanfaat dari sejuta sanjungan yanga ada berikan.

4 comments:

Noerdine said...

sip pak bos ...

Restu Ahmad said...

Dwi Noertedjo Herry
1977

Desarina Mutiara said...

Kok aku buka under maintenance yoo

Tom's said...

Koq saya sudah coba tidak bisa ,munculnya salah password kenapa ya??