Friday 1 November 2019

CARA CEK RAPOR DAPODIK

Cara cek rapor dapodik, sobat operator sekolah di tanah air di mana anda berada. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mengulas sebuah artikel " Cara cek rapor dapodik. 
CARA CEK RAPOR DAPODIK
CARA CEK RAPOR DAPODIK

Anda sebagai operator sekolah dapat mengecek rapor dapodik sekolah anda dengan mudah. rapor ini khusus bagi anda  pengguna aplikasi dapodik jenjang penididikan dasar dan menengah (dapodikdasmen). Mengecek rapor dapodik memiliki tujuan sebagai bentuk pengendalian terhadap kelengkapan data yang diinput oleh operator sekolah melalui aplikasi dapodik. 

Guna memudah anda dalam pengecekan rapor dapodik saya juga menyediakan video tutorialnya  yang dapat anda tonton pada link disini atau klik video di bawah ini 


Semakin lengkap isian pada dapodik maka nilai yang muncul akan tinggi misalnya rata-rata nilai rapor 90.90. Nilai rata-rata yang diambil dari 5 komponen utama berdasarkan kelengkapan data yang diinput meliputi: 1. Identitas; 2. Peserta didik (PD); 3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK); 4. Rombongan belajar (Rombel); dan 5. Sarana dan Prasarana (Sarpras).  Misalnya sekolah A dengan nilai rapor 90.90 dengan rincian Identitas=95.30 PD= 75.89,  PTK= 94.21, Rombel = 99.24, dan Sarpras =89.88.

Bagaimana cara cek rapor dapodiknya sekolah anda silahkan simak langkah-langkah di bawah ini :
  1. Silahkan anda sambungkan pc/laptop anda dengan koneksi internet .
  2. Buka browser anda.
  3. silahkan anda akses alam url ini  http://validasi.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rapor/
  4. anda akan dibawa ke menu utama beranda validasi rapor dapodik dengan 3 menu utama meliputi: beranda, data pokok sekolah, Rapor dapodik.
  5. Silahkan anda klik rapor dapodik atau geser ke sebelah kanan ada tampilan rapor dapodik per wilayah propinsi di Indonesia dan Sekolah luar negeri.
  6. kemudian silahkan anda cari propinsi wilayah anda dengan cara menggeser kursor ke bawah.
  7. Bilan propinsi anda sudah ditemukan selanjutnya silahkan anda klik titik 3 dan tanda setrip 3 ke bawah untuk memilih kabupaten /kota.
  8. pilih rapor wilyah prop. .................(misalkan sumatera selatan).
  9. lalu akan muncul wilayah /kota dalam propinsi sumatera selatan.
  10. Selanjutnya silahkan anda pilih Kab/kota misalkan anda pilih rapor wilayah Kab. Musi Banyuasin.
  11. Lalu akan muncul seluruh kecamatan dalam wilyah Kab. Musi Banyuasin.
  12. Silahkan anda pilih rapor sekolah Kec........... misalnya Rapor Sekolah Kec. Tungkal Jaya.
Dengan adannya tampilan validasi rapor dapodik ini dapat dimanfaatkan sekolah untuk menginput data sesuai dengan kondisi sekolah anda tanpa direkayasa. Selain itu rapor dapodik juga dapat dijadikan referensi bagi sekolah untuk melengkapi beberapa data yang belum diinput ke dalam aplikasi dapodik.

Semoga artikel Cara cek rapor dapodik yang saya bagikan pada kesempatan ini bermanfaat bagi kita semua. Silahkan bekerja sesuai dengan aturan yang ada. salam data tepat dan akurat.



Sumber http://validasi.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rapor/