Friday, 8 November 2019

LAPORAN PKP BAGI GURU INTI

Bab I. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Guru mempunyai tugas, fungsi, dan peran sangat penting serta strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, berjiwa sosial,  dan berkepribadian yang baik. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya  dalam memberikan layanan pendidikan/pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik, wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP.

Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya. 

2. Tujuan Kegiatan
Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) pada unit pembelajaran … dan … . Program ini merupakan salah satu program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP.

3. Sasaran
Sasaran dari Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi adalah guru … kelas … dengan mata pelajaran … .

4. Hasil yang Dicapai
Hasil yang ingin dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Bab II. Pelaksanaan 
1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a. Waktu pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran kelas … dan mata pelajaran … dilaksanakan pada ..... sampai dengan ...... . Pola kegiatan dilaksanakan selama 82 JP yang mencakup 8 sesi kegiatan (kegiatan In-1, kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3, kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, dan kegiatan In-5)
b. Tempat Pelaksanaan 
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran dilaksanakan di …, Kabupaten/Kota …, provinsi … .
2. Peserta 
Peserta yang telah mengikuti Program PKP bagi guru sasaran kelas … dan mata pelajaran ....  dengan unit pembelajaran … dan … adalah sejumlah ... orang guru. (Data lengkap peserta terlampir)
3. Struktur Program
No. Materi Jumlah JP
Umum 2
1. Kebijakan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 1
2. Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) 1
Pokok 78
3. Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
a. Unit Pembelajaran …..
b. Unit Pembelajaran ….. 8
4. Pengembangan Desain dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi HOTS 36
a. Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS
b. Penilaian Berorientasi HOTS
c. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
5. Praktik Mengajar 24
6. Laporan Best Practice 10
Penunjang 62
7. Pengenalan Kelas Pendampinan Online 2
8. Tes Awal dan Tes Akhir 2
Jumlah 82
*) 
4. Jadwal Kegiatan
No. Materi Waktu (JP) @ 45’ Keterangan
Teori Praktik
1. Sabtu, 1 Agustus 2019 (contoh)
In-1, Pertemuan Awal 6 5
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi 1
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) 1
Pengenalan Kelas Pendampingan Online 4
Tes Awal 1
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-1) 4
2. …….. , ………………………………….
In-2, Pengembangan dan Desain dan Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1 4 10
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2) 4
Pengembangan dan Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1 6
Pengembangan dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1 4
3. …….. , ………………………………….
On-1, Penyusunan RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2 - 10
Penyusunan RPP unit ke-1 4
Pengembangan Desain Pembelajaran unit ke-2 6
4. …….. , ………………………………….
In-3, Reviu RPP unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2 - 10
Reviu RPP unit ke-1 10
Reviu Desain Pembelajaran unit ke-2
5. …….. , ………………………………….
On-2, Praktik Pembelajaran unit ke-1 dan Penyusunan RPP unit ke-2 - 10
Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1 (RPP unit ke-1) 10
Penyusunan RPP unit ke-2
6. …….. , ………………………………….
In-4, Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1 dan Reviu RPP unit ke-2 - 10
Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1 2
Reviu RPP ke-2 6
Penyusunan Laporan Best Practice 2
7. …….. , ………………………………….
On-3, Praktik Pembelajaran unit ke-2 dan Penyusunan Laporan Best Practice - 10
Praktik pembelajaran unit ke-2 (RPP unit ke-2) 8
Penyusunan Laporan Best Practice 2
8. …….. , ………………………………….
In-5, Laporan Best Practice - 7
Presentasi Laporan Best Practice 6
Tes Akhir 1

5. Peningkatan Kompetensi Peserta
Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta yang mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah … peserta. (Data nilai terlampir)
6. Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh beberapa hal berikut.
NO Nama Kegiatan Masalah/Kendala Cara Penyelesaian Keterangan 
1.
2.
  ...

Bab III. Kesimpulan dan Rekomendasi

1. Kesimpulan 
Program PKP bagi guru sasaran kelas … mata pelajaran … dengan mengambil unit pembelajaran … dan …, telah dilaksanakan pada tanggal … s.d. … …………………….. . Kegiatan ini diikuti oleh … peserta yang tergabung dalam komunitas … di wilayah … . Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh bahwa guru sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat berjumlah … peserta, dan surat keterangan berjumlah … peserta. 

Adapun hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di zonasi ini adalah … .

2. Rekomendasi 
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran, berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:
a.
b.






LAMPIRAN
Lampiran 1. Rekapitulasi Data Peserta 
NO Nama Peserta Nama Sekolah Kabupaten/Kota Sekolah
1.
2.
3.
4.
5.
  ...
  n.

Lampiran 2. Penilaian Sikap 
Lampiran 3. Penilaian Keterampilan 
Lampiran 4. Rekapitulasi Laporan Ketuntasan Belajar Peserta 
NO Nama Peserta Ketuntasan belajar Nilai Sikap Nilai Keterampilan Nilai Tes Akhir Nilai Akhir
Ya tidak
1.
2.
3.
4.
5.
  ...
  n.

Lampiran 5. Dokumentasi foto pada saat kegiatan In
DOWNLOAD LAPORAN PKP BAGI GURU INTI

No comments: