Saturday 16 May 2020

BOS REGULAR TAHAP 2 TAHUN ANGGARAN 2020 SUDAH DISALURKAN KE REKENING SEKOLAH

Bos reguler tahap 2 sudah disalurkan ke rekening sekolah, informasi ini sangatlah penting bagi satuan pendidikan jenjang pendidikan Dasar dan Menengah mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK.

Satuan Pendidikan yang memperoleh bantuan operasional sekolah tahap 2 (Catur wulan 2 Mei- Agustus 2020) tahun anggaran tahun anggaran 2020.

Bagaimana cara untuk mengetahui Bos reguler tahap 2 sudah masuk ke rekening satuan pendidikan atau sekolah?.  Sebagai tim pengelola bantuan operasional sekolah reguler anda tidak perlu pergi ke bank yang ditunjuk sebagai bank penyalur BOS. Anda diberi kemudahan dengan menggunakan pengecekan secara online.

Bagaimana cara mengecek penyaluran dana BOS reguler secara online? Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengecekan apakah dana BOS reguler sudah di salurkan atau belum:

  1. Siapakan perangkat anda berupa smartphone/laptop/PC.
  2. Sambungkan perangkat anda dengan jaringan internet.
  3. Buka browser anda.
  4. Silahkan anda akses alamat https://bos.kemdikbud.go.id/
  5. Selanjutnya anda akan di bawa ke menu beranda login https://bos.kemdikbud.go.id/ 
  6. Pilihlah pada menu "Login Sekolah" dengan cara mengklik kata "Login Sekolah"
  7. Lalu akan muncul dua pilihan login yaitu menggunakan "LOGIN SSO DAPODIK" dan "LOGIN ALTERNATIF"
  8. Silahkan anda pilih salah satu dari pilihan menu loginnya.
  9. Bila anda memilih login  "LOGIN SSO DAPODIK"  maka anda harus menyiapkan email dan password dapodik anda. selanjutnya silahkan anda ceklis kotak  "I'm not a robot" kemudian anda klik "Proses". Pada menu beranda bos online sekolah anda silahkan cari " Lacak Dana" Kemudian anda klik maka akan ada muncul halaman baru "Lacak Dana Pencairan Bos" ( terdapat keterangan berupa Pecairan dana pertahap dari tahap 1 sampai dengan tahap 2. Bila tahap 2 belum muncul maka penyaluran dana BOS Reguler belum di SK kan dan SP2Dnya belum muncul. Pada tahap ini silahkan anda tunggu atau cek secara berkala pada halaman ini.
  10. Bila anda memilih login  "LOGIN ALTERNATIF"  maka anDa harus menyiapkan email Dapodik sekolah anda,NPSN sekolah anda dan KODE REGISTRASI DAPODIK sekolah  anda. selanjutnya silahkan anda klik " MASUK". Lalu akan muncul " Captcha" ceklis kotak  "I'm not a robot" kemudian anda klik "Proses". Pada menu beranda bos online sekolah anda silahkan cari " Lacak Dana" Kemudian anda klik maka akan ada muncul halaman baru "Lacak Dana Pencairan Bos" ( terdapat keterangan berupa Pecairan dana pertahap dari tahap 1 sampai dengan tahap 2. Bila tahap 2 belum muncul maka penyaluran dana BOS Reguler belum di SK kan dan SP2Dnya belum muncul. Pada tahap ini silahkan anda tunggu atau cek secara berkala pada halaman ini.
  11. silahkan anda lihat video di bawah ini untuk login alternatifnya 

Semoga informasi berkaitan Bos reguler tahap 2 sudah disalurkan ke rekening sekolah dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam rangka melakukan pengelolaan administrasi BOS Reguler. 

Admintrasi BOS Reguler meliputi pencairan dana, penggunaan anggaran berupa belanja dan pengeluaran dana. Termasuk didalamnya adalah laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS reguler tahap 2 tahun anggaran 2020.

Sumber : https://bos.kemdikbud.go.id/

No comments: