Friday 15 May 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 8 subtema 4 Pembelajaran 3. Pada pembelajaran 3 ini adik-adik akan belajar menulis sebuah paragraf berdasarkan gambar di bawah ini. 
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3

Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang
diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu!

Halaman 182-183 
Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Jawaban 182-183.

Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di Lingkungan sekitar. Kegiatan perjalanan dilingkungan sekitar sangat disukai oleh Udin. Udin bisa mengenal lebih dekat lingkungan sekitar Sekolah. Lingkungan di sekitar Udin sangatlah sejuk dan asri. Ada pamandangan alam yang indah. Yang tidak kalah menarik adalah sungai yang jernig dengan bebatuan yang alami.

Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memiliki manfaat yang sangat penting. Denah lokasi sebagai pedoman dalam kegiatan perjalanan di lingkungan sekitar. Jalan mana saja yang dilalui, termasuk adanya rambu-rambu dalam perjalanan. 

Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Terlebih pada saat Udin melalui sebuah sungai kecil yang anda di sekitar lingkungan sekolah Udin. Udin harus menyeberangi sungai tersebut dengan menggunakan tali. Tali tersebut menghubungkan sisi sungai dengan diikatkan pada sebuah pohon. Udin berhasil menyeberangi sungai dengan menggunakan kedua tangannya, dengan posisi bergelantung. Sungguh gembira karena Udin telah berhasil menyeberangi sungai tanpa basah sedikitpun pada seragam pramukanya.

Sekembalinya dari perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Udin memiliki pengalaman yang sangat mengesankan. Terutama pada saat menyeberangi sungai kecil itu. 

CATATAN PENTING 
"Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih
banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan. Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya." 

No comments: