Wednesday 20 May 2020

JANGAN ANGGAP SEPELE DURASI VIDEO DI YOUTUBE

Haloo sobat youtubers yang berbahagia pada kesempatan ini saya akan membagikan ilmu yang perlu anda simak dengan seksama. Artikel ini saya beri judul " Jangan Anggap Sepele durasi video di Youtube".

" Jangan Anggap Sepele durasi video di Youtube" akan menarik untuk dibahas pada artikel ini. Salah satu alasan banyak kreator yang menganggap remeh berkaitan dengan durasi video yang dibuat kemudian untuk diupload di youtube.

Pernahkan anda sebagai kreator konten  video membuat rancangan berkaitan dengan durasi video yang akan dibuat? Jika anda melakukan rancanagan berkaitan dengan durasi video maka anda termasuk kreator profesional. 

Mengapa dikatakan profesional? Seorang kreator akan memperhitungkan dengan terperinci berkaiatan dengan durasi video yang akan di produksinya. 

Misalnya saya akan membuat sebuah video dengan judul "Durasi Video di YouTube" dengan rincian 20 menit. Durasi video anda jauh lebih sempurna bila dibandingkan dengan video dengan judulnya yang sama namun memiliki durasi waktu hanya 10 menit, Mengapa demikian ?

Jawaban dari pertanyaan di atas sebenarnya sangat simpel? Video dengan durasi panjang akan memiliki isi lebih detail (Lebih Lengkap) karena isi video akan menjelaskan lebih sempurna mulai dari awal sampai dengan akhir sebuah konten video. Begitu juga sebaliknya video dengan durasi lebih pendek akan membahas lebih singkat sehingga konten menjadi kurang lengkap.

Namun yang perlu anda perhatikan sebagai youtubers adalah "jangan memaksakan durasi sebuah video". Misalnya sebuah video durasinya pendek jangan dipaksakan menjadi lebih panjang sehingga ada kesan mengulur-ulur waktu. Dampaknya adalah video yang dihasilkan terkesan penuh dengan rekayasa. Bila anda pada kondisi ini maka anda cukup membuat konten tersebut walaupun durasinya pendek namun konten tetap berkualitas.

Saya memiliki sebuah pertanyaaan lagi. "Apakah video berdurasi panjang lebih disukai oleh algoritma YouTube?" Apakah podcast berdurasi satu jam mendapatkan lebih banyak exposure daripada film pendek 2 menit? Video ini membahas durasi video dalam kaitannya dengan sistem pencarian & penemuan YouTube.

Perlu anda ketahui bahwa "Sistem pencarian dan penemuan Youtube mencoba membantu setiap pemirsa secara individu menemukan jam menonton" 

Pencarian dan rekomendasi sistem youtube dengan mempertimbangkan ratusan sinyal. 

Bagaiman caranya kita mengetahui perilaku penonton video yang kita upload di youtube? Untuk mengetahui perilaku penonton berkaitan dengan video di youtube silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Silahkan anda masuk ke channel anda
  2. Buka "Analistic"
  3. Cari video yang anda "Lihat analisis videonya"
  4. Lalu akan muncul Analisis video anda berupa grafik
  5. perhatikan pada bagian Audience retention "Since uploaded (Lifetime) artinya Retensi penonton sejak diupload "Sepanjang Waktu"  dan Average view duration  artinya durasi tonton rata-rata. biasanya berisi waktu dan presentase.
Menambah panjang video Anda dapat merusak kinerja, sehingga dampaknya   pemirsa mungkin menemukan video yang lebih panjang lebih memuaskan.

Sebagai kreator anda perlu melakukan survei kepuasan membantu Youtube lebih memahami video mana yang layak untuk dikunjungi.

Video yang bagus harus dengan konsep "Waktu berjalan harus sesuai dengan konten"

semoga artikel berkaitan dengan  "Jangan Anggap Sepele durasi video di Youtube"  bermanfaat bagi ada para kreator konten youtube. 

No comments: