Saturday 9 May 2020

CONTOH SURAT KETERANGAN PENGABSAHAN PENCAIRAN PIP, NAMUN TIDAK MEMILIKI BUKU TABUNGAN

Contoh surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan. Beberapa hari yang lalu Direktorat Pembinaan sekolah dasar Kementerian Pendidikan dan kebudaayaan Republik Indonesia memberikan informasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten/Kota.
CONTOH SURAT KETERANGAN PENGABSAHAN PENCAIRAN PIP, NAMUN TIDAK MEMILIKI BUKU TABUNGAN
CONTOH SURAT KETERANGAN PENGABSAHAN PENCAIRAN PIP, NAMUN TIDAK MEMILIKI BUKU TABUNGAN

Informasi terkait dengan pemeriksaan Terinci atas laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Tahun Anggaran 2019, kami sampaikan bahwa BPK RI melakukan pengujian keabsahan penyaluran dana PIP tahun anggaran 2017. 
Berkaitan dengan hal tersebut diatas kami mohon Bantuan Bapak dan ibu Dinas Pendidikan Kab./Kota untuk menginformasikan kepada kepala sekolah (SD)  untuk mengumpulkan dokumen peserta didik terlampir sebagai berikut :
1. Foto buku tabungan SIMPEL PIP  lembar depan sampai lembar transaksi terakhir
2. Foto raport halaman  Identitas Diri.
3. Daftar rekap Penerima PIP tahun 2017.

Selanjutnya dokumen diatas dapat diunggah pada aplikasi SIM PIP SD dengan alamat http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/skl/Dashboard/PIP2017.

Kepala Satuan Pendidikan Sekolah Dasar bersama dengan tim PIP sekolah mengumpulkan dokumen diatas dengan menggunakan akun dapodik sebagai user dan kata sandi dapodik sebagi kata sandi, serta dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Berkas tersebut di kompres dalam bentuk ZIP. 

Lalu bagaimana dengan siswa yang sudah lulus, pindah atau bahkan meninggal dunia atau buku rekening Tapel ( Tabungan Pelajarnya tidak terbit?. Tentunya anda akan kesulitan bila dalam kondisi ini. 

Guna menjawab pertanyaan di atas, ada alternatif penyelesaian masalahnya berupa  dalam hal siswa pindah, meninggal dunia, sudah lulus maka satuan pendidikan bisa menerbitkan "Surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan"

Surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan sebagai pengganti rekening tabungan pelajar yang tidak terbit, pindah, meninggal dunia.

Surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan ini berisi informasi sebagai berikut:
  1. KOP Sekolah Dasar (SD).
  2. Jenis surat " Surat Keterangan Kepala Sekolah"
  3. Nomor Surat.
  4. Memuat data pembuat surat keterangan dalam hal ini Kepala Sekolah meliputi (Nama, NIP, Pangkat dan Golongan, jabatan)
  5. Dengan ini menerangkan bahwa nama-nama tersebut di bawah ini adalah benar siswa tertera pada SK Penerima PIP jenjang SD Tahun Anggaran 2017 namun tidak menerima buku tabungan.
  6. Tabel data siswa meliputi (Nomor urut, nama siswa, tahap, kelas, nomor virtual, asal sekolah, dan alasan "Alasan Tidak Menerima Buku Tabungan Meninggal/ Pindah/ Telat mengumpulkan berkas"
  7. Penutup surat ketarangan " Demikian surat keterangan ini dibuat untuk diketahui dan ditindak lanjuti sebagaimana mestinya"
  8. Tempat, tanggal pembuatan surat keterangan, Nama dan NIP kepala sekolah pembuat surat keterangan.
  9. Tanda tangan dan cap kepala sekolah Dasar.
Bagi anda yang memerlukan Contoh surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan dapat anda unduh pada link dibawah ini. Contoh surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan ini saya buat dengan menggunakan MS. Word sehingga anda akan mudah dalam melakukan pengeditan sesuai dengan data satuan pendidikan anda.


SemogaContoh surat keterangan pengabsahan pecairan PIP, namun tidak memiliki buku tabungan" memberikan manfaat bagi kita semua.

No comments: