Monday 25 May 2020

KAPAN SIH PEMBUKAAN KEMBALI SEKOLAH DAN METODE PEMBELAJARAN, INILAH PENJELASAN MENDIKBUD

RINTOKUSMIRAN.COM, Sebagian orangtua, siswa bahkan guru dalam benaknya selalu bertanya-tanya " Kapan sih pembukaan kembali sekolah dan bagaimana metode pembelajarannya?. 
KAPAN SIH PEMBUKAAN KEMBALI SEKOLAH DAN METODE PEMBELAJARAN, INILAH PENJELASAN MENDIKBUD
KAPAN SIH PEMBUKAAN KEMBALI SEKOLAH DAN METODE PEMBELAJARAN, INILAH PENJELASAN MENDIKBUD

Sebagai pendidik, siswa bahkan orangtua dapat menyimak berikut ini adalah jawaban bapak Nadiem Anwar Makarim selaku  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). 


Pada rapat kerja dengan komisi X (sepuluh) Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) di Jakarta pada hari Rabu 20 Mei 2020 yang diselenggarakan melalui telekonferensi beliau menegaskan bahwa pengambilan keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Coronavirus Disease (COVID-19) bukan secara sepihak ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). 

Yang perlu diketahui oleh semua pihak/stakeholder bahwa Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia sudah menyiapkan semua skenario. Kami sudah ada berbagai macam skenario. tentunya keputusan ini harus ada  didalam Gugus Tugas, bukan Kementerian pendidikan dan kebudayaan sendiri. Jadi, Kementerian pendidikan dan kebudaayan yang akan mengeksekusi dan mengoordinasikan," tandas beliau pada saat merespons pertanyaan Anggota DPR.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia dalam pengambilan keputusan mengenai waktu dan metodenya akan juga harus  berlandaskan pada pertimbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 

Beliau juga menambahkan bahwa berkaitan dengan keputusan kapan, dengan format apa, dan seperti apa, karena ini melibatkan faktor kesehatan, bukan hanya pendidikan, itu masih di Gugus Tugas,"tambah beliau.

Terkait adanya berbagai rumor maupun pemberitaan yang beredar Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia akan dibukanya kembali sekolah pada awal tahun ajaran baru pada bulan juli secara lugas Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia menyatakan bahwa berita /rumor itu tidak benar

Bapak Nadiem menegaskan bahwa "Kami tidak pernah mengeluarkan pernyataan kepastian, karena memang keputusannya bukan di kami. Jadi mohon stakeholders atau media yang menyebut itu, itu tidak benar, tandas beliau

Setelah rapat kerja dengan komisi X DPR-RI Mendikbud menambahkan bahwa di banyak negara, awal tahun ajaran baru relatif tetap. Penyesuaian metode belajar disesuaikan dengan kondisi dan status kesehatan masyarakat di masing-masing wilayah.  

Menurut penilaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa untuk saat ini tidak diperlukan adanya perubahan tahun ajaran maupun tahun akademik. Akan tetapi metode belajarnya, apakah belajar dari rumah atau di sekolah akan berdasarkan dari pertimbangan gugus tugas," tutur Mendikbud. 

Semoga Informasi ini Kapan sih pembukaan kembali sekolah dan bagaimana metode pembelajarannya ini bermanfaat bagi kita semua. Baik orangtua, siswa maupun pendidik yang ada di Indonesia.


Sumber:https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/mendikbud-pembukaan-sekolah-dan-metode-belajar-sesuai-pertimbangan-gugus-tugas

No comments: