Saturday 16 May 2020

LATIHAN SOAL PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2020

1.Kemampuan mengidentifikasi, mengakses, memanfaatkan dan memgoptimalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk menerima dan menyampaikan informasi kepada pihak lain merupakan salah satu kecakapan abad 21 …
A. Berpikir kritis
B. Pemecahan masalah
C. Komunikasi*
D. Kolaborasi
E. Percaya diri
LATIHAN SOAL PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2020
LATIHAN SOAL PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2020

2. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan
A. literasi, kecakapan pengetahuan , keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi*
B. literasi, kolaborasi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
C. literasi, kecakapan pengetahuan, interaksi, serta penguasaan terhadap teknologi
D. literasi, kompetisi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
E. kolaborasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi
F. literasi, kompetensi, keterampilan dan sikap, serta teknologi informasi dan komunikasi

3. Kualitas karakter yang tidak sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 yaitu ….
A. Iman dan taqwa
B. Cinta tanah air dan rasa ingin tahu
C. Kreatif dan kompetisi*
D. Kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan
E. Kesadaran sosial dan budaya

4. Berikut ini salah satu kecakapan terkait dengan kolaborasi dalam pembelajaran, …
A. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
B. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal.
C. Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain*
D. Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan
E. Menggunakan kegagalan sebagai wahana pembelajaran.

5. Yang bukan merupakan prinsip dalam membangun pembelajaran efektif abad 21 sebagai
tuntutan era industri 4.0 dan society 5.0 adalah....
A. collaboration,
B. communication,
C. creativity
D. critical thingking
E. inovation*

6. Pengembangan pembelajaran abad 21, guru dituntut untuk memulai satu langkah perubahan diantaranya yaitu
A. Pola pembelajaran ceramah menjadi menggunakan TIK
B. Pola pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran menggunakan peralatan modern
C. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa*
D. Pola pembelajaran ceramah menjadi pola pembelajaran multiarah
E. Pola pembelajaran penugasan individu menjadi pola pembelajaran kelompok

7. Pengembangan pembelajaran abad 21 harus memperhatikan hal berikut, kecuali….
A. mengembangkan RPP yang mengkombinasikan target kurikulum nasional, kecakapan abad 21 dan pemanfaatan teknologi
B. Membangun kemampuan berfikir kritis*
C. Memasukan unsur berfikir tingkat tinggi
D. Menerapkan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
E. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran di sekolah

8. Prinsip pembelajaran abad 21 dalam upaya mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab adalah …
A. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
B. Memfasilitasi siswa untuk terlibat dalam lingkungan sosialnya.*
C. Mengembangkan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa terhubung dengan dunia nyata
D. Memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya
E. Mengajak siswa berkolaborasi dengan orang lain.

9. Tugas pendidik untuk mampu mengembangkan pembelajaran abad 21 diantaranya yaitu …
A. Menyusun RPP yang mengkombinasikan antara target yang diminta dalam kurikulum nasional, pengembangan kecakapan abad 21 atau karakter nasional serta pemanfaatan teknologi dalam kelas
B. Menyiapkan bahan belajar dan media pembelajaran yang lengkap*
C. Memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking).
D. Menerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
E. Mengintegrasikan Teknologi dalam pembelajaran

10. Fitur Rumah Belajar yang mendukung kecakapan pembelajaran abad 21 dalam berkolaborasi yaitu …, kecuali
A. Sumber Belajar
B. Kelas Maya
C. Laboratorium Maya
D. Peta Budaya
E. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan*

11. Fitur Rumah Belajar yang berupa konten dalam bentuk simulasi untuk kegiatan praktikum dapat digunakan untuk pembelajaran secara individu, berkelompok, dan sarana latihan mandiri serta dapat mengembangkan kecakapan pemecahan masalah dan berkolaborasi
adalah …
A. Sumber Belajar
B. Buku Sekolah Elektronik
C. Bank soal
D. Laboratorium maya*
E. Peta Budaya

12. Fitur Rumah Belajar yang dapat digunakan untuk kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu …
A. Sumber Belajar dan PKB
B. BSE dan Kelas Maya
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya*
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
E. Bank Soal dan Peta Budaya

13. Salah satu tahapan gerakan literasi sekolah adalah “Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran”. Aktivitas tersebut dapat difasilitasi di Rumah Belajar dengan menggunakan fitur …
A. Sumber Belajar dan Karya Guru
B. BSE dan Sumber Belajar*
C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
D. Laboratorium Maya dan Bank Soal
E. Bank Soal dan Kelas Maya

14. Kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya disebut …
A. Literasi dasar
B. Literasi perpustakaan
C. Literasi media*
D. Literasi sains
E. Literasi teknologi

15. Bagi seorang pendidik langkah awal untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 dan karakteristik KD dan materi yang akan dibahas yaitu …
A. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran*
B. Pelaksanaan Pembelajaran
C. Penyiapan bahan belajar dan media pembelajaran
D. Penilaian Hasil Belajar
E. Penyediaan peralatan TIK

16. Sumber belajar yang secara khusus didesain sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar terarah dan bersifat formal, disebut ….
A. sumber belajar yang diterapkan
B. sumber belajar yang dimanfaatkan
C. sumber belajar yang dirancang*
D. sumber belajar yang dibagikan

17. Ruang kelas, perpustakaan, aula, taman, kebun, tempat ibadah, pasar, museum, kantor merupakan sumber belajar yang berbentuk ….
A. pesan
B. bahan
C. alat/perlengkapan
D. lingkungan*

18. Untuk mendukung terwujudnya sebuah kelas maya, setidaknya ada 5 (lima) komponen yang harus disiapkan, yaitu :
A. Jaringan, Sumber Belajar, Hardware, Kebijakan, Software*
B. Konten Pembelajaran, Hardware, Software, Strategi Komunikasi, Jaringan
C. Aset Digital, Hardware, Software, Jaringan, Strategi Pembelajaran
D. Aset Digital, Jaringan, Kebijakan, Hardware, Software
E. Jaringan, Aset Digital, Hardware, Software, Konten Pembelajaran

19. Kategori pengguna kelas maya pada Rumah belajar terdiri dari :
A. Kepala Sekolah, Guru, Siswa
B. Administrator, Guru, Siswa
C. Sekolah sebagai penyelenggara, guru dan siswa*
D. Administrator, kepala sekolah, siswa, guru

20. Berikut merupakan alur pemanfaatan kelas maya pada Rumah Belajar untuk penyelenggara :
A. Sekolah (admin) daftar sebagai penyelenggara, mengelola kelas, mengelola guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang sudah dibuka, dan memonitor aktivitas pengguna dalam waktu yang dikehendaki secara per orang baik siswa maupun guru.*
B. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah profile, membuat rancangan pembelajaran, menyiapkan bahan belajar, membuat tugas dan soal ujian, membuat topik diskusi dan memonitor aktivitas diskusi, memberikan informasi dan pemberitahuan penting melalui pengumuman dan melakukan penilaian.
C. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah Profil, Memilik kelas maya, Mempelajari bahan belajar yang diberikan, mengerjakan dan mengunggah tugas, melakukan diskusi dengan topik yang diberikan, dan melihat pengumuman dan mengikuti ujian.
D. Mendaftar di Rumah belajar, mengelola kelas, mengelola guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang sudah dibuka, dan melihat pengumuman dan mengikuti ujian.

21. Fitur utama Rumah Belajar adalah … .
A. Sumber Belajar, Bank Soal, Televisi Edukasi
B. Televisi Edukasi, Radio Edukasi, Mobile Edukasi
C. Laboratorium Maya, Sumber Belajar, Kelas Digital*
D. Kelas Digital, Karya Guru, Laboratorium Maya

22. Laboratorium Maya Rumah Belajar diperuntukkan bagi … .
A. PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Umum
B. SD, SMP, SMA, dan SMK
C. SD, SMP, dan SMA
D. SMP dan SMA*

23. Laboratorium Maya Rumah Belajar berisi materi … .
A. Semua mata pelajaran
B. Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia*
C. Matematika, Fisika, dan Biologi
D. Fisika dan Biologi

24. Berikut merupakan langkah-langkah membuat soal online memanfaatkan fitur Bank Soal, yaitu :
A. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, mengisi kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal.
B. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal, mengisi kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan.*
C. Setelah login, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal, mengisi  kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”.
D. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, menyimpan soal, mengisi kolom jawaban.

25. Evaluasi saya pada Rumah Belajar merupakan :
A. semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri dan pengguna lainnya, sedangkan evaluasi umum evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri.
B. Semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna
C. evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri, sedangkan evaluasi umum merupakan semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri dan pengguna lainnya*
D. evaluasi yang dibuat oleh pengguna, sedangkan evaluasi umum merupakan evaluasi yang dibuat oleh pengguna lainnya

26. Kemampuan untuk mengadaptasi teknologi baru adalah pengertian dari…
a. content knowledge
b. technological content knowledge
c. technological knowledge*
d. pedagogical content knowledge

27. Guru harus bisa menafsirkan materi pembelajaran dan menemukan cara yang pas untuk menyampaikan materi tersebut kepada siswa, hal ini yang dimaksud dengan…
a. pedagogical content knowledge*
b. technological content knowledge
c. content knowledge
d. technological pedagogical knowledge

28.Kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/ mengelola informasi adalah beberapa hal yang dibutuhkan dalam…
a. ICT literacy
b. meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran*
c. membangun knowledge based society habits
d. menentukan aktivitas pembelajaran

29. Jika siswa ingin mendapatkan informasi pendidikan maupun materi pembelajaran yang dapat diakses kapan pun tanpa terikat dengan jadwal, maka siswa dapat memilih layanan:
a. Televisi Edukasi Live melalui kanal Youtube
b. Video on Demand (VoD)*
c. Sapa Edu
d. Siaran live TV Edukasi melalui laman tve.kemdikbud.go.id/live/

30. Dalam rangka mendukung proses pembelajaran, Pusdatin menyediaan layanan pembelajaran berbasis streaming untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK berupa siaran dengan tema mata pelajaran masing-masing jenjang yang ditayangkan berdasarkan
jadwal yang ditentukan. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman/aplikasi berikut, kecuali :
a. tve.kemdikbud.go.id/live/
b. aplikasi mobile TVE
c. m-edukasi.kemdikbud.go.id*
d. Youtube melalui tayangan Televisi Edukasi Live

31. Berikut ini yang tidak termasuk layanan m-edukasi yaitu:
a. Info Edu*
b. e-Komik
c. SiPAKAR
d. Mobile Vokasi

32.Aplikasi yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan akan pentingnya pemberian dukungan media pembelajaran kepada pendidikan vokasi, dan berbasis mobile device adalah:
a. Mobile TVE
b. Video on Demand (VoD)
c. Mobile Vokasi*
d. SiPAKAR (APLIKASI PANDAI AKTIF KARENA AR)

33.Dalam rangka peningkatan kompetensi siswa, selain aplikasi media pembelajaran Pusdatin juga menyediakan ajang kompetisi bagi para siswa untuk semua jenjang SD,
SMP, SMA dan SMK. Ajang kompetisi ini dapat diakses melalui program:
a. Kita Perlu Tahu
b. Bintang Edu
c. SiKECE (APLIKASI KELUARGA CERDAS)
d. Kuis Kihajar*

34. Salah satu cara pemanfaatan media TV Edukasi dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Mendownload aplikasi TV Edukasi
b. Instalasi apk EduStore
c. Menggunakan fitur Video On Demand*
d. Mendengarkan siaran suara edukasi

35.Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sebagai berikut:
1. Melalui steaming
2. Instalasi aplikasi TV Edukasi
3. Menggunakan Video On Demand
4. Download apk m-Edukasi
Manakah dari cara pemanfataan media pembelajaran diatas yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi:
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3*
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4

36. Lingkungan belajar dapat diartikan sebagai “laboratorium” yang idealnya memberi kesempatan siswa untuk bereksplorasi, bereksperimen, dan ....
A. mencoba hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat
B. merancang masa depan melalui serangkaian aktivitas pembelajaran
C. mengimplementasikan rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa
D. mengekspresikan diri untuk mendapatkan konsep serta keterampilan baru*

37. Pengkondisian Lingkungan Belajar dalam pengelolaan kelas ditujukan untuk ….
A. mengimplementasikan kegiatan memanfaatkan teknologi
B. mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran*
C. memastikan prestasi belajar meningkat
D. memadukan beragam sumber belajar

38. Lingkungan belajar dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif dalam proses pembelajaran. Contoh pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah menstimulasi ….
A. siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar
B. siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
C. siswa untuk mensinkronkan keterampilan*
D. siswa untuk menyiasati keterbatasan

39. Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran adalah ....
A. rasio jumlah guru dengan jumlah siswa
B. rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa
C. rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi
D. rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer*

40. Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ….
A. memberi kesempatan siswa untuk berpendapat*
B. memastikan kelas dikelola dengan tertib dan teratur
C. mengelola pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan
D. memeliharan rutinitas dan kebiasaan baik yang ada di kelas

41. Amati pernyataan berikut:
(a) siswa belajar dalam kelompok kecil
(b) terjadinya transaksi dan interaksi antarguru
(c) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik
(d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting
(e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri
(f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok
Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah ….
A. (a)-(b)-(d)-(e)
B. (a)-(b)-(e)-(f)*
C. (a)-(c)-(d)-(e)
D. (a)-(c)-(d)-(f)

42. Pengelompokan siswa dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui beberapa alternatif, seperti ....
A. Individual, klasikal, atau mandiri
B. Klasikal, individual, atau kelompok*
C. Individual, mandiri, atau kelompok
D. Klasikal, kolaborasi, atau terpimpin

43. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai maka perlu dilakukan ....
A. Penetapan tujuan
B. Pengelolaan kelas*
C. Pengaturan strategi
D. Pemberian umpan balik

44. Amati pernyataan berikut:
(a) mendorong pemanfaatan TIK untuk seluruh materi pembelajaran sebagai wujud keterbukaan atas kemajuan.
(b) memberikan ruang dan waktu yang cukup bagi guru untuk memfasilitasi proses belajar berpusat pada siswa.
(c) menciptakan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa untuk berada di dalam komunitas pembelajaran. 
(d) memberikan rasa nyaman bagi siswa untuk berada di dalamnya dan melakukan aktivitas pembelajaran.
(e) mewujudkan daya saing antara sesama guru untuk menerapkan sebanyak-banyaknya model pembelajaran.
Dampak positif yang timbul dari pengelolaan kelas yang tepat adalah ….
A. (a)-(b)-(c)
B. (a)-(c)-(d)*
C. (b)-(c)-(d)
D. (b)-(c)-(e)

45. Pengelolaan kelas dengan menggunakan aplikasi tertentu saat ini semakin dinamis dan berkembang pesat, salah satu manfaatnya adalah ….
A. mendata kesulitan yang dimiliki siswa dan mengecek minat siswa.
B. mengelola data pembelajaran dan merekam proses pembelajaran.
C. memaknai pembelajaran sebagai proses internalisasi nila-nilai baik.
D. mengontrol berbagai aktivitas pembelajaran dan melakukan penilaian.*

46. Guru mata pelajaran Matematika pada SMPN 11 Tungkal Jaya akan memberikan materi bangun ruang dengan menmanfaatkan TV edukasi secara streaming, Urutan tahapan yang harus dilakukan guru tersebut adalah...
a. Analisis RPP, akses laman TV edukasi, identifikasi jadwal siaran TV edukasi, dam memberika penugasan kepada siswa
b. Analisis RPP, identifikasi jadwal siaran TV edukasi,memberikan penugasan kepada siswa, dan akses laman TV edukasi
c. Analisis RPP, memberikan penugasan kepada siswa, identifikasi jadwal siaran TV edukasi, dan akses laman TV edukasi
d. Analisis RPP, identifikasi jadwal siaran TV edukasi, akses laman TV edukasi, dan memberikan penugasan kepada siswa

47.Guru di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya memberikan materi tentang sejarah perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia dengan memanfaatkan TV edukasi secara Video On demand. Urutan tahapan yang harus dilakukan guru tersebut adalah...
a. Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, siswa mengunduh konten, siswa menonton konten, memberikan penugasan kepada siswa
b. Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, siswa menonton konten, siswa menonton mengunduh, memberikan penugasan kepada siswa
c. Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, siswa mengunduh konten,memberikan penugasan kepada siswa, dan siswa menonton konten
d. Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, memberikan penugasan kepada siswa, siswa mengunduh konten,dan siswa menonton konten

48. Pembelajaran di masa pandemi covid-19 mayoritas dilakukan secara daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi, salah satunya untuk video konferensi. Berdasarkan pernyataan tersebut, bahwa komponen yang ikut mempengaruhi lingkungan belajar di masa pandemi adalah ...
a. Struktur materi
b. Strategi penilaian
c. Karakteristik siswa
d. Penggunaan teknologi
49.Laboratorium komputer memberi peluang bagi siswa untuk mengeksplorasi beragam aktivitas, seperti mencari sumber belajar, mengerjakan tugas dan ...
a. Beradaptasi
b. Berkolaborasi
c. Bersosialisasi
d. Berkompetisi

50.Siswa SMP diminta guru untuk mencari informasi seputar penyebaran virus corona melalui internet, lalu menuangkan pemahamannya melalui cerita (Bahasa lisan/Tulisan) atau gambar dan membagikannya melalui media sosial. Upaya pengintegrasian TIK tersebut sesuai dengan tujuan mewujudkan...
a. Skill based society habits
b. Skill based management habits
c. Knowledge based society habits
d. Knowledge based management habits

51.Peningkatan frekuensi pemakaian gadget dan ragam aplikasi yang ada di masa pandemi covid-19 untuk mendukung aktifitas pembelajaran, hal ini menunjukkan adanya interaksi antara...
a. Siswa dengan siswa
b. Guru dengan orang tua
c. Guru dengan sumber belajar
d. Siswa dengan sumber belajar

52. Tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran salah satunya adalah hubungan " Knowledge based society habits" yang dicirikan oleh kemampuan dalam...
a. Mencari masalah, menemuka bukti dan bersosialisasi
b. Mencari informasi, membagikan gagasan, dan bersosialisasi
c. Mencari masalah, meneruskan informasi, dan berkomunikasi
d. Mencari informasi, memecahkan masalah, dan berkomunikasi

53.  Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru tidak selalu terkait dengan hal yang bersifat fisik, misalnya penyesuaian materi  pelajaran dengan...
a. Kecepatan dan kemampuan siswa
b. latar belakang keilmuan dan kompetensi guru
c. ketersedian alat peraga dan media pembelajaran
d. kondisi ruang kelas dan sarana dan prasarana pembelajaran

54. Peserta didik belajar dengan berbagai cara dalam konteks yang berbeda, untuk itu pengelolaan kelas perlu dilakukan untuk menciptakan...
a. Lingkungan yang dapat melayani gaya belajar untuk peserta didik tertentu
b. Lingkungan yang dapat mengoptimalkan kemampuan belajar peserta didik
c. Kelas yang dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada disekolah
d. kelas yang dapat meningkatkan kecerdasan kognitif dan afektif peserta didik

55. Komponen lingkungan belajar yang hanya sedikit atau bahkan tidak dapat dikontrol oleh guru adalah...
a. Media Pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Aktivitas pembelajaran
d. Karakteristik peserta didik

56. Hal utama yang perlu dilakukan pendidik sebelum memanfaatka Lab Komputer adalah...
a. Memverifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
b. Memberikan instruksi yang efisien saat melakukan praktik
c. Mengevaluasi kelemahan proses pembelajaran di lab komputer
d. Menindak lanjuti kendala yang terjadi pada saat memanfaatkan lab komputer

57. Berikut adalah kecakapan abad 21 yang telah diidentifikasi oleh Partnership For 21 Century Skills kecuali...
a. Berpikir kritis
b. Komunikator
c. Kompetitor
d. Kolaborator

58. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilakukan secara rutin sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran merupakan upaya membina kualitas karakter peserta didik yaitu...
a. Gigih
b. Cinta tanah air
c. Inisiatif
d. Iman dan takwa

59.Upaya mengembangkan pembelajaran abad 21 melalui integrasi unsur Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dapat dilakukan dengan memberikan tugas pada tingkat kognitif...
a. Mengingat, menganalisis, mengkreasikan
b. Mengaplikasikan, mengevaluasi, mengkreasi
c. Mengingat, ,mengevaluasi, mengkreasi
d. Menganalisis, mengkreasi, mengevaluasi 

60. Perhatikan prinsip-prinsip pembelajaran di bawah ini

  • Peserta didik terlibat dalam lingkungan sosial. Misalnya mengadakan kegiatan sosial pengabdian kepada masyarakat, dimana peserta didik dapat belajar mengambil peran dan melakukan aktivitas tertentu dalam lingkungan sosial
  • Peserta didik dapat dilibatkan dalam berbagai pengembangan program yang ada dimasyarakat, seperti program kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan lain-lain sebagainya
Prinsip di atas yang termasuk dalam prinsip pokok pembelajaran abad 21 adalah...
a. Instruction should be student-centered
b. Education should be collaborative
c. Learning should have context
d. School should be integrated with society

61. Dalam pengembangan pembelajaran abad 21, guru dituntut untuk memulai satu langkah perubahan diantaranya yaitu...
a. Pola pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran menggunakan peralatan yang modern
b. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa
c. Pola pembelajaran ceramah menjadi pembelajaran multiarah
d. Pola pembelajaran penugasan individu menjadi pola pembelajaran kelompok

62. Materi berupa puisi dan prosa ini dapat diperoleh pada fitur rumah belajar yaitu...
a. Karya guru
b. Karya komunitas
c. Peta budaya
d. karya bahasa dan sastra

No comments: