Saturday 4 July 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2. Pada pembelajaran 2 ini adik-adik akan mempelajari menghargai perbedaaan.
Simbol sila kedua Pancasila adalah rantai
Simbol sila kedua Pancasila adalah rantai


Menghargai Perbedaan Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia. 

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Sikap saling menghormati antarsesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol sila kedua Pancasila adalah rantai. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyayangi, dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.

Halaman 65-66
Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Jawaban
1. Kamu  melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi. 
Sikap yang akan kamu lakukan adalah... Membantu mengambilkan benda tersebut.

2. Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawa barang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...ikut membantu membawakan barang tersebut
3. Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti  gerakan tari. Sikap yang  akan kamu lakukan adalah... membantu kesulitan tersebut dengan cara mengajarinya secara berlahan-lahan agar mudah diikuti.

No comments: