Friday 10 July 2020

SOLUSI PMP/EDS DIKDASMEN VERSI 2020.07.07 PADA LAPTOP BARU/GANTI LAPTOP

RINTOKUSMIRAN.COM-Solusi PMP/EDS Dikdasmen versi 2020.07.07 pada laptop/pc baru/ganti laptop Pemetaan Mutu Pendidikan /Evaluasi Diri Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2019 merupakan proses yang paling lama sepanjang sejarah PMP selama ini. Mengapa saya katakan paling lama Aplikasi EDS tahun 2019 dirilis pada bulan September 2019 semestara sekarang sudah bulan Juli 2020 dapat dihitung kurang lebih hampir 10 bulan berjalan. Mengapa demikian lamanya pokok utama permasalahan ini adalah kesiapan aplikasi EDS sendiri yang bermasalah karena terdapatnya bug dan servernya sering perbaikan.
SOLUSI PMP/EDS DIKDASMEN VERSI 2020.07.07 PADA LAPTOP BARU/GANTI LAPTOP
SOLUSI PMP/EDS DIKDASMEN VERSI 2020.07.07 PADA LAPTOP BARU/GANTI LAPTOP

Lalu siapa yang bertanggungjawab dengan permasalahan di atas?. Sekolah hanya sebagai pengguna saja sedangkan aplikasi menjadi tanggungjawab tim pengembang aplikasi eds PMP Dikdasmen ini. 


Belajar dari pengalaman di atas bagaimana dengan kebijakan tim pengembang yang mengharuskan menggunakan aplikasi terbaru yakni versi 2020.07.07 baik menggunakan instaler maupun menggunakan pembaharuan aplikasi secara offline  menggunakan eds patch 2020.07.07?

Aplikasi EDS 2020.07. 07 akan berjalan bila dijalankan pada laptop/pc yang didalamnya terdapat aplikasi dapodik. Bagaimana dengan satuan pendidikan yang ganti laptop sehingga tidak bisa menjalankan aplikasi eds PMP dikdasmen 2020.07.07?

Kita semua tahu bahwa untuk registrasi dapodik baik online maupun offline menggunakan prosedur yang berbeda. Registrasi online harus terkoneksi ke server pusat dapodik sementara akses registrasi online sudah ditutup. Atau barangkali anda mau registrasi secara offline dapodik anda namun tidak bisa akses download prefillnya dapodik.

Kebetulan saya yang mengalami permalahan di atas. Saya ganti laptop karena laptop yang lama rusak total. Namun anda tidak perlu kuatir saya akan membagikan tips dan langkah-langkah bila anda mengalami kejadian yang sama dengan yang saya alami.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan bila anda mengalami laptop rusak/ganti laptop baru yang tidak ada aplikasi dapodiknya dan berkeinginan menginstalkan aplikasi EDS Dikdasmen versi 2020/07.07.:
  1. Instalkan Instaler Dapodikdasmen versi 2020.a
  2. Selanjutnya silahkan anda instalkan patch aplikasi dapodik dapodikdasmen versi 2020.b
  3. Lakukan registrasi dapodikdasmen anda secara online bila tidak berhasil abaikan saja ya. 
  4. Instalkan aplikasi Instaler EDS PMP versi 2020.07.07
  5. Unduh prefill aplikasi EDS DIKDASMEN sesuai dengan pilihan propinsi di mana satuan pendidikan anda terdaftar.
  6. Selanjutnya silahkan anda buka drive c anda cari folder prefill_dapodik letakan/pastekan prefill pmp anda di folder tersebut.
  7. Langkah selanjutnya adalah registrasi aplikasi EDS Dikdasmen. ini adalah tahapan yang sangat penting bila anda salah langkah maka aplikasi EDS PMP anda akan error dan tidak bisa dijalankan.
  8. Untuk registrasi anda langsung klik registrasi ya. jangan langsung memasukkan email dan password dapodik anda. 
  9. Setelah anda klik registrasi barulah anda masukkan email/user dapodik anda kemudian password dapodik anda dan masukkan kode registrasi dapodik sekolah anda.
  10. Silahkan anda tunggu sampai proses registrasi berhasil.
  11. Bila registrasi berhasil barulah anda login ke aplikasi EDS Dikdasmen versi 2020.07.07
  12. Selamat mencoba ya.
Langkah-langkah di atas termasuk berdasarkan pengalaman saya pribadi. Pengalaman merupakan salah satu guru terbaik dalam proses pembelajaran.

Semoga artikel sederhana ini berkaitan dengan solusi permasalahan PMP/EDS aplikasi Dikdasmen versi 2020.07.07 pada laptop baru/ganti laptop dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 

No comments: