Monday 7 December 2020

CONTOH LAPORAN OPS PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN PENGISIAN EDS 2020 COVID-19 MELALUI APLIKASI OFFLINE SURVEYS DAN EDS LURING

Contoh laporan OPS pada kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 melalui aplikasi offline surveys dan eds luring versi android. Sebagai Operator sekolah pada kegiatan pengisian aplikasi EDS 2020 covid-19 diminta membuat laporan akhir proses pendampingan pengisian EDS 2020 covid-19.  Anda dapat menggunakan Contoh laporan OPS pada kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 melalui aplikasi offline surveys dan eds luring versi android ini sebagai referensi dalam penyusunan laporan anda . Berikut ini adalah Contoh laporan OPS pada kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 melalui aplikasi offline surveys dan eds luring versi android. 

CONTOH LAPORAN OPS PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN PENGISIAN EDS 2020 COVID-19 MELALUI APLIKASI  OFFLINE SURVEYS DAN EDS LURING
CONTOH LAPORAN OPS PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN PENGISIAN EDS 2020 COVID-19 MELALUI APLIKASI  OFFLINE SURVEYS DAN EDS LURING 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah beserta inayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys pada SD Negeri 3 Beji Mulyo

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys SDN www.rintokusmiran.com Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan antara lain:

  1. Kepala Sekolah SDN www.rintokusmiran.com, Bapak Sutomo, S. Pd. SD
  2. Pengawas TK/SD dalam Kecamatan Tungkal Jaya Wilayah  II Bapak Eko Sugianto, S. Pd.
  3. Seluruh guru yang berperan sebagai respondens dalam pengisian EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys pada SD Negeri 3 Beji Mulyo

Dengan adanya kegiatan pendampingan EDS tahun 2020 covid-19 dan Offline surveys SD Negeri 3 Beji Mulyo  diharapkan proses bisnis pengerjaan aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Serta memperoleh rapor mutu yang berkualitas dan merupakan peta rapor mutu yang real pada satuan pendidikan tanpa ada rekayasa atau manipulasi data. 

Rapor mutu yang berkualitas dapat dijadikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Semoga laporan ini dapat memberikan sumbangan ketercapaian 100 % progress pengiriman EDS Covid-19 pada SD Negeri 3 Beji Mulyo. 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Nama Sekolah dan lokasi sekolah bimbingan

Kegiatan bimbingan pengisian  EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys di SDN www.rintokusmiran.com dengan diikuti oleh bapak kepala sekolah dan dewan guru :

  1. Sutomo, S, Pd. SD
  2. Nur Hasan, A. Ma
  3. Rinto Kusmiran, S. Pd. SD
  4. Siti Dasilah S. Pd
  5. Sugiyono, S. Pd. SD
  6. Elminahuro, S. Pd. SD
  7. Fitri Saswati, S, Pd
  8. Munawaroh, S. Pd. I
  9. Yuningsih, S. Pd
  10. Irvan Efendi
  11. Badilah

B. Waktu

Waktu kegiatan pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys pada SDN www.rintokusmiran.com , dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 November 2020. 

Adapun peserta kegiatan pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys  tersebut dihadiri Kepala sekolah, Operator Sekolah dan 10 guru dan tenaga administrasi pada SDN www.rintokusmiran.com  bertempat pada ruang guru SDN www.rintokusmiran.com

C. Tujuan

Kegiatan  pembimbingan  penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys memiliki tujuan memberikan sosialisasi kepada Dewan Guru SDN www.rintokusmiran.com berkaitan dengan proses bisnis aplikasi, pengisian Aplikasi, pengiriman dan kendala teknis berkaitan dengan aplikasi. 

Tujuan lain dari kegiatan ini yang tidak kalah pentingnya adalah menghasilkan rapor mutu yang berkualitas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya pada SDN www.rintokusmiran.com sukses pengerjaannya  100 % dana pada progress pengiriman EDS tahun 2020 ini.

BAB II

MEKANISME DAN METODE PEMBIMBINGAN

A. Mekanisme pembimbingan operator sekolah dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys

Mekanisme yang saya lakukan sebagai Operator Sekolah pada kegiatan pembimbingan kepada guru-guru di sekolah ini dalam penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys adalah dengan berkoordinasi langsung dengan Kepala Sekolah selanjutnya di buatkan Surat Keputusan berkaitan dengan kegiatan pengisian  penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19,offline surveys dan EDS Luring SD  pada satuan pendidikan SDN www.rintokusmiran.com

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan dewan guru menghasilkan keputusan bahwa akan dilaksanakan sosialisasi berkaitan penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 pada Sabtu tanggal 21 November 2020 bertempat pada ruang guru SDN www.rintokusmiran.com.

Tentunya kegiatan sosialisasi dan pengisian  aplikasi EDS 2020 covid-19 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan SKB 4 menteri berkaitan dengan pedoman kegiatan pada new normal ini.

B. Metode pembimbingan kepada dewan guru dalam pengisian aplikasi EDS 2020 covid-19 dan offline surveys dan EDS luring SD

Metode yang  saya gunakan selaku  operator sekolah dalam pembimbingan kepada guru  dalam pengisian  aplikasi EDS 2020 covid-19, offline surveys dan EDS luring SD  adalah secara tatap muka langsung dengan melibatkan 10 guru, 1 orang kepala sekolah, 

Kegiatan sosialisasi diawali dengan paparan yang dilakukan oleh pengawas sekolah berkaitan dengan proses bisnis aplikasi EDS 2020 Covid-19. Dilanjutkan dengan paparan saya berkaitan dengan tata cara unduh, registrasi, login, pengisian data individu bagi guru yang akan melakukan pengisian koesioner pada aplikasi EDS 2020 Covid-19 berbasis android baik offline surveys maupun EDS Luring SD. 

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan praktek langsung pengunduhan, penginstalan, registrasi, login dan pengisian data individu guru berupa NIK/NUPTK, alamat email yang terdaftar pada aplikasi dapodik.

Tahapan selanjutnya adalah adalah guru-guru yang sudah mendapatkan SK dalam pengisian EDS 2020 Covid-19 menjawab instrumen yang ada sampai selesai. Guru-guru yang telah selesai mengerjakan aplikasi eds 2020 versi android eds  survesy maupun EDS luring mengirim jawaban respondesnya berupa file cvs ke dalam group whatsapp SDN www.rintokusmiran.com. 

Tahap akhir adalah tata cara menunggah file DBResult  dan cvs yang dikirim oleh masing-masing responden ke dalam aplikasi EDS 2020 Covid-19 versi desktop dan dilanjutkan dengan tata cara pengiriman / sinkronisasi EDS 2020 Covid-19 ke server.

C. Pihak -pihak yang terlibat pada pengisian EDS 2020 Covid-19

Pihak-pihak yang terlibat pada pengisian EDS 2020 Covid-19 di SDN www.rintokusmiran.com adalah  Kepala Sekolah dan dewan guru serta operator sekolah selaku admin.

BAB III

HASIL PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN

A. Pembimbingan penggunaan aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Offline Surveys

Saya selaku Operator sekolah SDN www.rintokusmiran.com operator dalam melakukan pembimbingan pengisian  aplikasi EDS 2020 Covid-19, Offline Surveys dan EDS luring SD  selalu memantau guru-guru apabila mengalami kendala yang bersifat teknis.

B. Progres hitung rapor dan sinkron data mutu sekolah di SDN www.rintokusmiran.com

Sampai dengan tanggal tanggal 07 Desember 2020 ini sekolah saya telah mengirimkan data jawaban responden ke server pmp.kemdikbud.go.id pada tanggal 25 Nopember 2020.

C. Kendala yang di hadapi

Kendala-kendala yang dihadapi secara umum oleh saya selaku Operator sekolah dalam melakukan pembimbingan pengisian  aplikasi EDS 2020 Covid-19, offline surveys dan EDS luring SD adalah kondisi bentang alam sekolah yang berada Kecamatan Tungkal Jaya  sering terjadi sumber listrik  sering padam. Padamnya jaringan listrik secara otomastis akan berdampak dalam pemberian bimbingan kepada satuan pendidikan secara online. Tidak seluruh satuan pendidikan memiliki koneksi internet yang stabil. 

D. Upaya-upaya yang di lakukan

Upaya  yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan cara mengsiasati bimbingan pada malam hari atau kondisi listrik hidup dan jaringan internet stabil. 

BAB IV

REKOMENDASI DAN TINDAK LANJUT

A. Rekomendasi

Saya selaku Operator sekolah dalam melakukan pembimbingan pengisian  aplikasi EDS 2020 Covid-19, offline surveys dan EDS Luring SD memberikan rekomendasi berupa pengerjaan EDS 2020 Covid-19 offline surveys dan EDS Luring SD . Silahkan gunakan EDS Luring SD  yang terbaru karena memiliki fitur yang lebih lengkap, mudah digunakan, dapat di isi di mana saja. Salah satu aplikasi versi EDS versi android luring merupakan aplikasi terbaru sebagai alat bantu mengumpulkan jawaban responden Satuan pendidikan secara luring untuk  Instrumen evaluasi  diri  sekolah ( eds)  tahun 2020.

B. Tindak Lanjut 

Tindak lanjut yang akan saya lakukan sebagai Operator Kecamatan dalam melakukan pembimbingan pengisian aplikasi EDS 2020 Covid-19 offline surveys dan EDS Luring SD adalah agar proses sinkronisasi berjalan dengan lancar.

LAMPIRAN I PHOTO KEGIATAN

LAMPIRAN II DAFTAR HADIR PENDAMPINGAN

LAMPIRAN III SK GURU YANG MENGISI EDS 2020 COVID -19

Bagi anda yang memerlukan Contoh laporan OPS pada kegiatan pendampingan pengisian EDS tahun 2020 covid-19 melalui aplikasi offline surveys dan eds luring versi android dalam versi MS word dapat anda unduh pada link di bawah ini

CONTOH LAPORAN OPS PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN PENGISIAN EDS 2020 COVID-19 MELALUI APLIKASI  OFFLINE SURVEYS DAN EDS LURING 

No comments: