Thursday 3 December 2020

SOLUSI PERMASALAHAN APLIKASI PROKTOR DAN EXAMBRO UBKD

Solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro UBKD. Ujian berbasis komputer daring (UBKD) tidak terlepas dari permasalahan. Permasalahan yang sering muncul antara lain berkaitan dengan aplikasi proktor, aplikasi exambro pada peserta didik. Sebagai proktor tentunya diharapkan mampu mengatasi permasalahan berkaitan dengan aplikasi proktor dan exambro siswa. 

Melalui tulisan ini saya akan memberikan sedikit informasi berkaitan dengan Solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro UBKD bila anda mengalami kendala pada saat pelaksanaan UBKD. 

Berikut ini adalah Solusi dari permasalahan aplikasi proktor dan exambro UBKD yang sering muncul. 

 A .Internet tidak tersedia 

Internet tidak tersedia
Internet tidak tersedia 

  • Pastikan internet sudah berjalan dengan baik dengan mencoba browsing melalui browser
  • Mencoba menutup exambrow lalu jalankan kembali
  • Buka website www.kemdikbud.go.id atau jalankan aplikasi CMD dan jalankan perintah tracert pusmenjar.kemdikbud.go.id lalu kirimkan ke ISP anda atau konsultasi dengan tim provinsi/pusmenjar jika hasil pengecekan tracert tidak baik.

B. Waktu komputer peserta

Waktu komputer peserta
Waktu komputer peserta

  • Perhatikan tanggal yang tampil pada exambrow, apakah tanggal tersebut telah sesuai
  • Pada bagian kanan bawah komputer anda , klik kanan lalu klik adjust data/time lalu atur zona waktu sesuai dengan waktu lokasi anda.

C. Blank hitam/putih setelah klik run pada exambro
  • Blank hitam/putih dikarenakan Ketika menjalankan exambro smadav atau antivirus yang anda pada pc/laptop anda sedang aktif.  Silahkan anda nonaktifkan /matikan terlebih dahulu aplikasi smadav atau antivirus anda pada saat akan menyalakan exambro
D. Exambro stopped working bagi pengguna windows 7 atau exambro tertutup sendiri setelah loading dikarenakan internet tidak tersedia. 
Exambro stopped working bagi pengguna windows 7
Exambro stopped working bagi pengguna windows 7

  • Silahkan anda mengaktifkan sambungan/koneksi internet  terlebih dahulu sebelum menjalankan aplikasi exambro
Permasalahan pada aplikasi proktor 

A. Akun proktor anda belum di aktifkan
Akun proktor anda belum di aktifkan
Akun proktor anda belum di aktifkan
  • Error tersebut dikarenakan akses proktor belum diaktifkan pusat.
  • Setiap sekolah memiliki jadwal UBKD berbeda.
  • Peserta melihat jadwal pada menu "Data Sekolah" lihat kolom "Jadwal"
B. Password tidak valid
Password tidak valid
Password tidak valid

  • Password proktor tidak valid dikarenakan password proktor salah
  • Password proktor bisa dilihat di web ubkd pada menu data sekolah.
  • Mohon perhatikan kolom " Password Proktor" 
C. Tidak dapat mengganti data tes aktif
Tidak dapat mengganti data tes aktif
Tidak dapat mengganti data tes aktif

  • Error ini terjadi pada menu status tes. Ketika proktor meenekan tombol simpan pada menu status tes akan tampil error ini Untuk pelaksanaan UBKD yang tidak memiliki sesi, proktor tidak perlu menekan tombol simpan. Cukup menekan tombol "Refresh" untuk menemampilkan token 
D. ERROR... Mohon maaf sistem sedang bermasalah. Silahkan anda klik disini untuk kembali ke halaman utama.
ERROR...
ERROR... 
  • Error ini terjadi dikarenakan pada sistem a[likasi pusat/ server pusat mengalami kendala, sehingga tampil error tersebut.
Aplikasi Peserta

A. Maaf username anda aktif, silahkan hubungi proktor untuk mereset status login anda


  • Buka dashboard aplikasi proktor silahkan anda reset peserta.
B. Konfirmasi Tes 
Maaf user namae anda belum diaktifkan
Maaf user namae anda belum diaktifkan 

Maaf, ada gangguan jaringan ke mesin server. Data jawaban berhasil tersimpan. silahkan anda klik tombol LOGOUT dan hubungo proktor untuk login Error ini terjadi pada peserta saat mengerjakan soal dikarenakan internet tidak stabil. anda tidak perlu kuatir error ini tetap akan menyimpan jawaban peserta

Penanganan masalah ini adalah"
  • Siahkan Logout
  • login kembali
  • mengajukan request reset peserta
  • reset peserta
  • login kembali
C. Anda sudah menyelesaikan Tes
Anda sudah menyelesaikan tes
Anda sudah menyelesaikan tes


Error ini terjadi peserta pada saat login
  • Notifikasi ini muncul dikarena peserta sudah menyelesaikan tes.
D. Error 402
Error 402
Error 402

Browser anda tidak memiliki akses. Silahkan menggunakan exambro. Error ini peserta menjalankan exambro
  • Error ini dikarenakan peserta menggunakan exambro lama
  • Waktu pada komputer peserta tidak sesuai dengan waktu sebenarnya
  • terdapat kesalahan pada server pusat terkait pengaturan waktu.
E. Error 404
Loading Screen
Loading Screen
Halaman yang anda cari mengalami gangguan hal tersebut bisa dikarenakan gangguan jaringan internet atau gangguan server pusat. Silahkan mengklik tombol refresh dengan menekan F5 atau CTRL + Shift+R. jika menekan refresh tidak bisa silahkan keluar dengan menekan tombol kombinasi exit exambro CTRL + C +B
  • Ketika internet terputus pada saat pelaksanaan tes, maka error disamping akan tampil.
  • Ketika komputer peserta tidak terhubung dengan database pusmenjar ( ketika server pusmenjar down).
F. Loading Screen

Loading screen adalah proses ketika aplikasi ujian sedang menunggu sampai seluruh content terload dengan sempurna.

Semoga informasi berkaitan dengan solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro UBKD  dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 

No comments: