Sunday, 6 June 2021

100 SOAL TRYOUT PPPK BERSAMA WWW. RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 2

Rintokusmiran.com | 100 soal tryout bersama www.rintokusmiran.com bagian 2- 100 soal try out pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk jenjang Pendidikan guru sekolah dasar PGSD. Saya namakan 100 soal karena jumlah soal yang saya bagikan berjumlah 100 soal dengan pilihan ganda.

100 SOAL TRYOUT PPPK  BERSAMA WWW. RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 2
100 SOAL TRYOUT PPPK  BERSAMA WWW. RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 2

Soal try out PPPK diperuntukkan calon ASN guru PPPK untuk anda yang melamar formasi guru kelas sekolah dasar (PGSD). Soal ini dapat anda manfaatkan untuk mengasah kemampuan anda dalam mengarungi kompetesi calon ASN guru PPPK.

Materi yang termuat dalam 100 soal PPPK kali ini memuat materi Pedagogik, Profesional, Sosiokulturan dan Menejemen. Soal ini saya buat dengan menggun akan google form dan sangat mudah dalam pengerjaannya. 

MATERI TES PPPK TAHUN 2021

Dan yang pastinya anda dapat mengikuti tryout secara berulang kali. Mudah bukan? Setiap soal memiliki nilai skor 1 jadi kalau anda menjwab 100 maka anda akan memperoleh skor 100 dan nilai akhir 100, begitu juga kalau anda menjawab benar 80 soal maka anda akan mendapat nilai 80. 

Dalam mengerjakan soal tryout ini memerlukan password/kata sandi, cukup anda masukkan kata www.rintokusmiran.com

SURAT EDARAN KEMDIKBUD TERBARU BERKAITAN PPPK GURU TAHUN 2021

Perlu diketahui bahwa soal tryout  ini bersifat gratis tis tis. Penasaran mau mencoba mengerjakan 100 soal tryout PPPK bersama www.rintokusmiran.com langsung saja anda klik tautannya di bawah ini.

Bagaimana perasaan anda setelah mengerjakan soal ini? Semoga anda memiliki wawasan baru ya. 

SOAL WAWANCARA PPPK GURU TAHUN 2021

Penasaran dengan soal-soal dari saya yang saya bagikan sebelumnya silahkan anda klik tautan dibawah ini berkaitan dengan informasi berkaitan dengan PPPK.

SOAL PPPK LAINNYA 

Suatu kehormatan bagi kami bila anda berkenan bergabung dengan media sosial kami untuk berlanggan informasi berkaitan dengan PPPK 

GROUP FACEBOOK

GROUP TELEGRAM

CHANNEL YOUTUBE

Semoga informasi yang saya bagikan berkaitan dengan 100 soal tryout PPPK PGSD  bersama www.rintokusmiran.com bermanfaat bagi anda semua. Link tautan 100 soal tryout PPPK bersama www.rintokusmiran.com bagian 2 ada pada bagian bawah artikel ini

1. Sikap senang harus selalu ditampilkan dalam pembelajaran oleh seorang guru, Hal itu dapat ditunjukkan dengan

A. Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual yang lucu

B. Melaksanakan pembelajaran dengan sesukanya sehingga membuat peserta didik mengikuti dengan senang hati

C. Melaksanakan pembelajaran dengan lelucon sejak kegiatan awal hingga penutup

D. Melaksanakan pembelajaran dengan sabar dan memfasilitasi kebutuhan peserta didik

E. Melaksanakan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik senang dan betah di dalam kelas

2. Perhatikan pernyataan di bawah ini

1. Menghasilkan sel darah

2. Menghasilkan hormon

3. Menyimpan cadangan karbohidrat

4. Member bentuk tubuh

5. Menyimpan cadangan kalsium

Berdasarkan pernyataan tersebut,yang termasuk fungsi rangka adalah..

A. 3 dan 5

B. 3 dan 4

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 1 dan 4

3. Pak guru Sarwiji memperkenalkan ide kepada siswa klas 4 membuang sampah tidak pada tempatnya akan berdampak buruk pada rusaknya lingkungan. Beliau meminta siswanya membuat daftar tempat tempat mana yang biasanya digunakan untuk membuang sampah seperti sungai , kebun , laut. Siswa kemudian menyampaikan daftar mereka, sementara Pak Chong menulis ide ide mereka di papan tulis  di depan kelas . manakah jawaban di bawah ini yang paling tepat menggambarkan metode kegiatan lanjutan yang anda lakukan dengan kegiatan orientasi ini?

A. Saya akan menjelaskan bahwa sampah hamper di mana mana dalam kehidupan se hari hari. Kemudian saya akan menggunakan ide dari daftar mereka sebagai dukungan, sehingga tujuan pembelajaran berkaitan dengan ide ide siswa

B. Saya akan bertanya kepada siswa apa kesimpulan yang mungkin mereka capai berdasarkan daftar mereka itu, kemudian, berdasarkan ide ide siswa, saya akan mengonfirmasi bahwa sebaiknya bagaimana cara membuang atau mengelola sampah yang benar

C. Saya akan meminta  siswa membaca buku tentang pengelolaan sampah kemudian saya memberikan menjelaskan tentang pengelolaan tersebut

D. Ketika awal memulai pembelajaran cara ini, saya akan menjelaskan apa yang akan dipelajari oleh siswa sebelum mereka melibatkan diri dalam setiap kegiatan

E. Saya akan memuji siswa atas partisipasi mereka, dan kemudian mengakhiri pembelajaran dengan meminta siswa untuk menulis satu paragraf pendek tentang keyakinan mereka bahwa tempat tersebut benar  digunakan untuk membuang sampah dan bagaimana cara mengelola sampah yang benar

4. Bacalah puisi berikut

Hutan yang dulu rimbun

Kini tinggal tongkak

Lambang angkuh dan congkak

………………………………………………..

Citraan pada penggalan puisi di atas adalah…

A. Penciuman

B. Perabaan

C. Perasaan

D. Pendengaran

E. penglihatan

5. Keterampilan social di perlukan oleh setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa. Keterampilan social yang di kembangkan pada materi pembelajaran IPS dalam kehidupan berbangsa dan bernegara penekanannya pada aspek..

A. Internasional

B. Nasional

C. Regional

D. Lokal

E. Global

6. Di suatu kelas mayoritas siswanya seringkali memperoleh piala olimpiade, tetapi suatu ketika melakukan perbuatan yang memalukan. Sementara di kelas yang lain mayoritas siswa prestasinya kuraang, tetapi mereka penurut. Apabila anda sebagai guru melakukan penilaian di kedua kelas tersebut, yang sebaiknya anda lakukan adalah sebagai berikut..

A. Memberi  nilai apa adanya yang di dalamnya sudah mengintegrasikan sikap dan pelaku

B. Memberi  nilai jelek pada siswa kelas yang pertama dan nilai yang bagus pada kelas yang lain

C. Memberi nilai bagus pada siswa yang hasil ulangannya bagus tampa melihat perilakunya

D. Memberi nilai yang berbeda antara kedua kelas pada aspek kognitif dan afektif

E. Menilai siswa sesuai dengan hasil pekerjaannya dengan mempertimbangankan sikap dan perilakunya

7. Kemajemukan masyarakat indonesia antara lain tercermin dalam keragaman agama atau kepercayaan terhadap tuhan yang maha Esa. Berkenaan dengan itu ,sikap perlu ditanamkan oleh guru kepada siswa sisw melalui..

A. Pembiasaan saling menghormati di antara siswa yang berbeda agama atau kepercayaan

B. Memberikan pemahaman bahwa agama atau kepercayaan penting untuk kehidupan akherat

C. Menjelaskan pilihan agama atau kepercayaan yang berbeda dari masyarakat Indonesia

D. Memberikan teladan kepada siswa dalam menjalankan agama atau kepercayaannya

E. Meminta siswa untuk beribadah di tempat yang telah di sediakan oleh sekolah secara tertib

8. Sebagian besar peserta didik cuek dan tidak mau memperhatikan guru di saat pembelajaran . mereka sibuk dengan alat elektronik miliknya. Jika anda menghadapi peserta didik seperti  ini. Tindakan yang tepat dilakukan adalah..

A. Menasehati peserta didik tersebut dengan cara mengajaknya ngobrol di kantin sekolah

B. Memberitahukan kepada orang tua peserta didik supaya melarang putra putrinya membawa alat elektonik ke sekolah

C. Member pelajaran tambahan di luar jam yang sudah terjadwal sebagai punishment yang mendidik

D. Meminta peserta didik tersebut memulis 100 kali sebuah pernyataan “ Tidak mengulangi perbuatan yang sama “ sebagai hukuman

E. Menghukum peserta didik tersebut dengan menugaskan membersihkan kamar mandi

9. Karena kurangnya persiapan sebelum mengajar, seorang guru melakukan kesalahan konsep pada saat menjelaskan materi pembelajaran. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam kondisi yang demikian..

A. Tidak melakukan apa apa karena kesalahan adalah hal yang manusiawi

B. Mengoreksi ksalahan dengan meminta siswa mempelajari buku lain

C. Tidak menjadikan pemahaman  konsep tersebut untuk bahan ujian

D. Membiarkan siswa memiliki pemahaman konsep yang salah

E. Dengan terus terang mengoreksi kesalahan pada kesempatan yang lain

10. Perhatikan pernyataan berikut

Premis 1 : jika hari hujan, maka Andi memakai paying

Premis 2 : Andi tidak memakai paying

Simpulan yang benar dari pernyataan di atas adalah..

A. Hari berkabut

B. Hari mendung

C. Hari akan hujan

D. Hari hujan

E. Hari tidak hujan

11. Ilmu pengetahuan social kaya akan konsep konsep IPS. Manfaat konsep dalam IPS adalah menjadi bahan kajian utama untuk menelaah berbagai masalah social yang di hadapi dalam kehidupan se hari hari. Dikatakan sebagai sebuah konsep jika..

A. Ada sebab akibat

B. Peristiwa berulang

C. Ada pengertian bersifat abstrak

D. Peristiwa sama

E. Ada suatu peristiwa

12. Bebrapa waktu lalu bangsa kita hamper di ambang perpecahan ketika pilpres. Para pendukung saling beradu pendapat melalui media televise, media social bahkan bentrok dengan aparat . ada ketidakpuasan sekelompok orang terhadap pelaksanaan dan hasil perhitungan suara. Berikut ini manakah sikap yang tepat untuk menghadapi fenomena tersebut~

A. Menyerahkan pada mahkamah konstitusi dan menolak hasil keputusan apabila tidak  sesuai dengan aspirasi kita

B. Berpartispasi memperjuangkan aspirasi yang sesuai dengan hati nurani. Walaupun MK telah memutuskan

C. Bersikap apatis karena apapapun hasilnya tidak mempengaruhi kita secara langsung

D. Menyerahkan masalah pada mahkamah konstitusi  dan menrima hasil keputusan mahkamah konstitusi

E. Acuh tak acuh dan mengabaikan hal hal yang berkaitan dengan politik

13. Seorang siswa di tuntut memiliki fisik yang prima. Hal itu tercermin dari penampilan saat pembelajaran yaitu..

A. Menjeleaskan materi dengan berdiri di depan kelas mulai kegiatan awal hingga menutup pembelajaran

B. Menampilkan wajah yang selalu tersenyum dalam pembelajaran mulai awal hingga akhir

C. Terciptanya interkasi multi arah sambil mendekati peserta didik secara individual

D. Tidak pernah mengeluh meskipun beban mengajar yang di pikul begitu berat

E. Guru mengajar secara serius dengan menjelaskan materi sambil berjalan kesana kemari

14. Sebagai guru baru yang ditugaskan di wiyah pedesaan di mana sebagian warganya tergolong kurang mampu, maka dalam merancang kegiatan sekolah di arahkan pada..

A. Kegiatan pemperingan tugas guru dalam mengajar

B. Pelibatan orang tua sebagai komponen masyarakat

C. Kegiatan yang melibatkan semua siswa

D. Peningkatan prestasi sekolah yang unggul

E. Kegiatan yang tidak membebani iuran dari siswa

15. Kuat lemahnya upaya penegakan dan kemajuan Hak Asasi Manusia di Indonesia, secara langsung atau tidak langsung di tentukan oleh kuatnya perarturan perundangan, peran serta lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat. Dalam penegakan HAM, kelemahan yang ada di tingkat masyarakat, diantaranya adalah..

A. Masyarakat memiliki tingkatan pendidikan yang rendah

B. Masyarakat kurang tersosialisasi tentang UU HAM

C. Masyarakat kurang berani melaporkan jika terjadi kasus pelanggaran HAM

D. Masyarakat menjadi pelanggar HAM terbesar dewasa ini

E. Masyarakat belum membentuk lembaga lembaga penegak HAM

16. Seorang Guru kelas 5 memulai dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota 5 siswa. Tiap siswa diberi materi yang berlainan, anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bagian yang sama berkumpul dalam kelompok baru yang disebut kelompok ahli untuk mendiskusikan sub bagian mereka. Selanjutnya tiap anggota kelompok ahli kembali ke dalam kelompok asal dan secara bergantian mengajar teman. Selanjutnya mengerjakan evaluasi. Kegiatan yang di lakukan guru tersebut merupakan sintaks dan model pembelajaran

A. Numbered Head Together

B. Team game Tournament

C. Studend Team Achievement Division

D. Jigsaw

E. Problem Based Learning

17. Pernahkah anda melihat orang yang membaca koran dengan letak koran yang agak di jauhkan?orang tersebut mengalami kelainan pada matanya. Agar orang tersebut dapat melihat kembali dengan normal dapat dibantu dengan kacamata berlensa..

A. Polaroid

B. Rangkap

C. Cekung

D. Positif

E. negatif

18. Berbagai persoalan politik negara indonesian akhir akhir ini mengancam terjadinya disintegrasi bangsa. Masyarakat mudah curiga dan menaruh ketidakkeprcayaan terhadap masyarakat lain maupun pemerintahnya. Budaya politik yang garus kita kembangkan adalah..

A. Budaya politik santun yang mencerminkan aspirasi partai politik

B. Budaya politik yang paternalistic yang menganggap peminpim nasional adalah pengayom masyarakat

C. Budaya politik yang menganggap bahwa para pemimpin nasional adalah dari partai pemenang

D. Budaya politik partai yang di terima melalui pemilu nasional

E. Budaya politik demokratis dengan semangat kebangsaan dan persatuan nasional

19. Salah satu bentuk kebersamaan dalam menyelenggarakan pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah, orang tua , dan masyarakat berupa..

A. Guru bertempat tinggal dan membaur dengan masyarakat dekat sekolah

B. Sekolah unggul yang dapat bersaing dengan bangsa lain

C. Zonasi sekolah yang menampung siswa sekitar sekolah

D. Pembayaran iuran sekolah gunu mencukupi kebutuhan sekolah

E. Sebuah komite sekolah yang membantu kemajuan sekolah

20. Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu di latih sejak dini, termasuk pada siswa sekolah  dasar. Manakah item soal di bawah ini yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA di SD ?

A. Sebutkan benda benda yang termasuk bidang miring

B. Mengapa daun pada pohon akan berguguran ketika musim kemarau

C. Jelaskan macam macam tuas berdasarkan letak titik tumpulnya

D. Apa yang kalian ketahui tentang pengaruh gaya gesek

E. Apa yang di maksud dengan perkembangan vegetative alami

21. Konsep dalam IPS yang membahas tentang kemajuan atau perkembangan ilmu dan teknologi  ( IPTEK ) untuk memahami fenomena social adalah..

A. Politik

B. Sosiologi

C. Sejarah

D. Ekonomi

E. geografi

22. Di ketahui data ulangan tengah semester berikut ini 8 , 5 , 6 , 6 , 7 , 8 , 8 , 9 , 9 , 10 , 4 , 5 , 4 , 5 , 2 , 4 , 5 , 5 , 6 , 6 , 7 , 7 , 8 , 9 , 10 , 10 , 9 , 8 , 9 , 7 ,  dengan log ( 30 ) = 1.477. berdasarkan analisis data tersebut, maka banyaknya kelas interval berdasarkan teknik sturges adalah..

A. 5

B. 4

C. 6

D. 7

E. 8

23. Bu Eka berencana memberi parsel buah untuk oleh oleh kepada saudara yang merayakan hari raya idul fitri . Bu Eka membeli buah buahan terdiri dari apel 90 buah, salak 120 buah, naga 48 buah, jeruk 60 buah, dan rambutan 180 buah buah. Sebuah parcel akan di masukan ke dalam wadah plastic dengan sama banyak. Berdasarkan buah buahan yang di beli di atas, maka banyaknya parcel tersebut , dan banyak masing masing buah pada parcel adalah..

A. 6 buah parcel terdiri dari 15 buah apel, 20 buah salak, 6  buah naga, 10 buah jeruk , dan 30 buah rambutan

B. 6 buah parcel terdiri dari 15 buah apel, 20 buah salak, 8 buah naga,10 buah jeruk ,  dan 60 buah rambutan

C. 6 buah parcel terdiri dari 15 buah apel, 20 buah salak, 8  buah naga, 10 buah jeruk dan 30 buah rambutan

D. 6 buah parcel terdiri dari 15 buah apel, 20 buah salak, 8  buah naga, 6 buah jeruk , dan 30 buah rambutan

E. 6 buah parcel terdiri dari 5 buah apel, 20 buah salak, 8 buah naga, 10 buah jeruk , dan 30 buah rambutan

24. Sekelompok siswa mengalami kesulitan membuat keputusan tentang studi lanjutan yang akan di pilih. Karena itu, mereka sepakat untuk meminta bantuan guru dalam penentuan sekolah lanjutan yang cocok untuk mereka. Apa yang perlu di lakukan guru terkait permintaan siswa  siswa tersebut

A. Guru segera membuatkan keputusan tentang studi lanjutan yang paling cocok untuk mereka pilih

B. Guru mengabaikan permintaan bantuan mereka untuk memutuskan studi lanjutan yang akan di pilih

C. Guru membiarkan mereka membuat keputusan sendiri tentang studi lanjutan yang akan di pilih

D. Guru membantu siswa siswa tersebut untuk membuat keputusan study lanjutan dengan segera saat  mereka mengalami kesulitan

E. Guru menyerahkan keputusan pemilihan study lanjutan kepada mereka ketika mereka membutuhkan sebagai perencanaan masa depan mereka

25. Bahasa dapat di gunakan untuk mengetahui kewarganegaraan seseorang dan juga dapat membedakan antar Negara lain,yaitu karakter,kepribadian dan watak sebagai bangsa.berdasarkan pernyataan tersebut dapat di simpulkan bahwa

A. Bahasa Indonesia sebagai alat penghubung antar budaya

B. Bahasa Indonesia sebagai lambang kebangsaan nasional

C. Bahasa Indonesia sebagai penghubung antar daerah 

D. Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa

E. Bahasa indinesia sebagai lambang identitas nasional

26. Salah satu  dampak negative hadirnya era globalisasi dalam melunturnya pemahaman siswa akan budaya local di daerahnya.untuk menumbuhkan pemahaman siswa tentang kehidupan dan budaya local daerah masing masing guru menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis

A. Teknologi

B. Proyek

C. Kearifan local

D. Teknologi informasi

E. Masalah

27. Perhatikan kalimat kalimat di bawah ini

1. Dia tidak melihat lihat keadaan tempat berlari

2. Benang laying laying andri tiba tiba putus

3. Akibatnya,dia tertabrak sepeda motor

4. Dia berlari mengejar laying layangnya

5. Andri bermain laying laying di tengah lapangan dekat jalan raya

Urutan kalimat kalimat di atas agar menjadi paragraph yang padu adalah..

A. 5 – 2 -4 -1 -3

B. 5 – 1 -2 -4 -3

C. 5 – 4 -1 -2 -3

D. 5 – 4 -2 -1 -3

E. 5 – 2 -4 – 3 -1

28. Deklarasi Djuanda 13 desember 1957 dan konsep wawasan nusantara menjadi dasar perwujudan sebagai satu kesatuan wilayah sekaligus kesatuan politik,ekonomi,social budaya dan pertahanan keamanan.integrasi nasional di maknai adanya integrasi wilayah dan integrasi bangsa.integrasi (kesatuan) wilayah berarti di sepakatinya daratan dan lebar laut (dan udara di atasnya) menjadi wilayah kedaulatan negara Indonesia yang di akui oleh dunia.berapakah lebar laut territorial Indonesia yang berdasarkan deklarasi Djuanda..

A. 200 mil laut yang dikenal dengan istilah zona ekonomi eksklusif

B. 3 mil laut di ukur dengan menarik garis pangkal berdasarkan garis air surut pulau sesuai dengan aturan ordonansi 1939

C. 200 mil laut di ukur dari landasan kontinen (benua)

D. 12 mil laut yang di ukur dari garis pantai seluruh pulau pulau yang sedang surut di seluruh wilayah Indonesia

E. 12 mil laut yang di ukur dari garis dasar/pangkal luar seluruh pulau pulau terluar dan karang kering terluar kepulauan di seluruh wilayah indonesia

29. Ketika guru memberikan pembelajaran matematika tentang debit air,siswa melakukan percobaan menggunakan gelon di isi air sampai penuh kemudian di alirkan melalui selang.siswa mengukur lama waktu yang di perlukan sampai air dalam gelon habis.siswa melakukan percobaan beberapa kali dengan volume gelon yang berbeda.percobaan di atas menghasilkan simpulan bahwa debit adalah 

A. Banyaknya air yang mengalir dari suatu sumber perstuan waktu

B. Untuk memenuhi keutuhan air  pengairan air agar tidak meluap

C. Banyaknya air sungai dari daerah pegunungan yang mengalir keselokan selokan persatuan waktu

D. Banyaknya air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah 

E. Air dalam suatu tempat harus lebih cukup untuk di salurkan kesaluran yang telah di siapkan

30. Pada saat bersamaan ,anda memiliki 3 tugas sekaligus pertama,kepala sekolah mewajibkan anda dan guru lainnya untuk mengahadiri sebuah acara yang di adakannya,kedua,anda harus mengantarkan salah satu anggota keluarga untuk memeriksakan diri kerumah sakit.ketiga,anda harus membimbing siswa yang hendak mengikuti ujian nasional.apakah tindakan yang terbaik yang akan anda lakukan 

A. Mendahulukan tugas sebagai seorang guru dan kemudian tugas penting lainnya

B. Melaksanakan tugas tugas di sekolah dan mengesampingkan tugas tugas lainnya 

C. Mengantar anggota keluarga kerumah sakit karena keluarga lebih utama dari semuanya

D. Menaati pimpinan sehingga lebih mendahulukan hadir diacara kepala sekolah

E. Mengutamakan kewajiban yang sesuai dengan komitmen,walaupun kadang tidak sesuai dengan aturan

31. Gambar alat tersebut dapat di gunakan sebagai media berupa replica dari paru paru manusia .mekanisme yang terjadi ketika balon bagian bawah di tarik di bawah adalah

A. Otot tulang rusuk mengembung – otot perut mengendur menekan diagfrahma – rongga dada mengecil – udara terlepas (ekspirasi)

B. Tulang rusuk mengendur ke bawah – ronngga dada mengecil udara terlepas

C. Udara di hirup – rongga dada membesar – isi rongga perut tertekan – tekanan dalam rongga dada membesar (inspirasi)

D. Udara di hirup tulang rusuk terangkat – rongga dada mengecil

E. Udara di hirup, - rongga dada membesar – isi rongga perut tertekan – tekanan dalam rongga dada mengecil (inspirasi)

32. Pada suatu saat seorang guru berada dalam kodisi di mana tugas tugas disekolah menumpuk,hubungan dengan salah satu seorang teman guru sedang ada masalah sedangkan di rumah juga ada persoalan yang cukup serius.jika anda sebagai guru mengalami keadaan yang demikian,yang anda lakukan adalah

A. Tetap melaksanakan tugas seadanya karena dengan kondisi tersebut semua warga sekolah termasuk siswa pasti maklum adanya

B. Melampiaskan semua masalah  dengan cara marah marah pada siswa pada saat pembelajaran untuk mengurangi beban yang di tanggung

C. Menyampaikan masalah tersebut kepada siswa supaya siswa memaklumi perubahan penampilan guru dalam pembelajaran

D. Berusaha dengan senang hati melaksanakan tugas sebai mana mestinya tanpa terpengaruh oleh masaalah yang ada

E. Mengajukan permohonan cuti supaya masalahnya tidak mengganggu penampilan di kelas pada saat pembelajaran berlangsung

33. Suatu parabola dengan persamaan grafik fungsi y =x2 – 4x – 5 mempunyai titik balik minimum di titik P dengan koordinat P (….,….)

A. (2,-11)

B. (2-9)

C. (-2,7)

D. (1,-8)

E. (1,-9)

34. Cermati ilustrasi berikut

Pak darto mengajar kalimat ajakan,perintah dan penolakan.langkah awal yang dilakukan pak darto adalah meminta peserta didik untuk membaca wacana yang di dalamnya terdapat kalimat perintah,ajakan dan penolakan.kemudian pak darto memberikan pertanyaan tantang kalaimat tersebut.peserta didik menemukan masalah dan menoba membuat hipotesis.pesrta didik membentuk kelompok untuk menjawab masalah tentang kalimat perintah dll tersebut.kemudian mengumpulkan data membuat laporan dan menyajikan hasil belajar.sintaks pembelajaran diatas merupakan cirri pembelajaran menggunakan model..

A. Project baset learning

B. Discoveri learning

C. Ingkuiri

D. Times games tournament

E. Problem baset learning

35. Di sdn sumber sari hasil belajar muatan PKn siswa kelas V di analisis dengan kriteria kentuntasan belajar minimal individu spor minimal 75,pencapaian kentuntasan secara klasikal inimal 80 siswa kelas.setelah dianalisis guru tersebut menemukan bahwa penyebabanya adalah aktifitas pembelajaran rendah dan siswa pasif belajar sehingga perlu pemberian metode pembelajaran yang sesuai.ketika dia melakukan PTK maka judul yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah..

A. Pengaruh pariabel guru terhadap proses dan hasil belajar muatan PPkn pada siswa kelas V sdn sumber sari

B. Efektifitas penilaian proses dan hasil belajar pada pembelajaran muatan PPKn

C. Peningkatan hasil dan proses belajar pada muatan PPKn melalui pembelajaran kooperatif jiksau siswa kelas V sdn sumber sari

D. Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran muatan PPKn melalui penggunaan dioromasiswa kelas V sdn sumber sari

E. Pengaru pembelajaran kooperatif jiksau terhadap hasil dan proses belajar siswa kelas V sdn sumber sari

36. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan prinsip model pembelajaran kontruktifisme adalah..

A. Menggunakan berbagai sarana yang sesuai dengan muatan matematika

B. Menyediakan pengalaman belajar mengkonstruksi pengetahuan tentang matematika kepada peserta didik

C. Memotifasi peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam pembelajaran matematika

D. Pembelajaran matematika dilaksanakan dengan mengahafal rumus rumus

E. Pembelajaran matematika di lakukan dengan mengaitkan pada situasi nyata yang sesuai dengan kehidupan sehari hari

37. Perhatikan ilustrasi berikut

Aditiya pada masa perkembangan bahasanya telah mulai belajar menggunakan satu kata yang memiliki arti yang mewakili keseluruhan idenya.masa tersebut di capai saat anak telah berusia…

A. 3 – 5 tahun

B. 2 – 3 tahun

C. 8 – 24 bulan

D. 12 – 18 bulan

E. 0 – 12 bulan

38. Seseorang membunyikan kentongan didekat sebuah tebing.selang waktu 1,2 secon kemudian terdengarlah bunyi pantulnya.jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s.jarak tebing dengan pemukul kentongan adalah…

A. 244 m

B. 204 m

C. 402 m

D. 240 m

E. 420 m

39. Bila dalam suatu rangkaian gabungan terdapat hambatan 1 , 2 dan 3 masih masing bernilai ( 6 Ohm , 2 Ohm dan 2 ohm ) dengan beda potensila 14 Volt. Ketentunan hambatan 2 dan 3 di pararel, hambatan satu di rangkai seri dengan hambatan pararel ( 2 dan 3 ) besar kuat arus yang mengalir adalah

A. 4 A

B. 6 A

C. 3 A

D. 5 A

E. 2 A 

40. Bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk karena masyarakatnya terdiri atas berbagai ke;lompok orang yang memiliki keragaman .cirri keragaman yang berbeda beda. Guru dalam mengajarkan mengajarkan materi keragaman budaya perlu menggunakan budaya yang tepat untuk materi dapat tersampaikan kepada siswa. Berikut ini manakah yang merupakan pendekatan dalam pembelajaran IPS untuk mengajarkan materi materi ajar IPS tentang keaneka ragaman budaya Indonesia..

A. Interdisipliner

B. Multikultur

C. Problematic

D. Autentik

E. metodologis

41. Perhatikan pernyataan pernyataan di bawah ini

1. Tanaman baru yang di hasilkan belum tentu memliki sifat yang sama dengan induknya

2. Biaya yang di keluarkan relative murah

3. Varieteas yang baru muncul belum tentu lebih baik

4. Tanaman yang di hasilkan memiliki perakaran yang kuat

5. Waktu berbuah lebih lama

6. Waktu berbuah lebih cepat

7. Tanaman baru yang di hasilkan tentu memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pernytaan di atas yang merupakan keunggulan teknik perkembang biakan mencakok adalah..

A. 1 , 3 dan 5

B. 1 , 4 dan 7

C. 1 , 2 dan 5

D. 1 , 2 dan 4

E. 2 , 6 dan 7

42. Untuk menyelidiki pengaruh pemberian pakan terhadap pertumbuhan ikan lele. Pakan yang di berikan berasal dari campuran sayuran dan gandum, indicator pertumbuhan ikan lele yang di ukur adalah panjang dan berat ikat,. Setiap 2 minggu siswa di minta mengamati pertumbuhan ikan lele tersebut. Berdasarkan kegiatan tersebut, yang menjadi variable bebas adalah…

A. Pakan yang di berikan

B. Jenis ikan lele

C. Pertumbuhan ikan lele

D. Panjang ikan lele

E. Berta ikan lele

43. Ketika guru melakukan koreksi hasil ulangan menemukan kesalah jawaban yang sama pada beberapa peserta didik. Padahal guru sudah mengingatkan agar tidak saling mencontoh satu sama lain dalam mengerjakan soal. Dalam kondisi demikian tindakan guru yang sebaiknya adalah..

A. Mengurangi nilai pada semua peserta didik yang jawabannya sama

B. Member nilai secara objektif dengan member tambahan nilai pada peserta didik yang jujur

C. Menilai semua pekerjaan peserta didik secara objektif dengan mempertimbangkan semua aspek

D. Membatalkan hasil ulangan semua peserta didik dan melakukan ulangan kembali

E. Mengurangi nilai pada peserta didik yang memberikan contoh jawaban

44. Sebagian wilayah desaku akan di jadikan suaka alam karena terdapat banyak sumber air. Makna kata bercetak tebal adalah daerah perlindungan

A. Alam seisinya

B. Hewan

C. Ekosistem tertentu

D. Tumbuh tumbuhan

E. Daerah perlindungan hewan dan tumbuhan

45. Bacalah penggalan cerita berikut

Hari ini aku lelah sekali. Aku tak ingin pergi bermain bersama Dika dan Bayu padahal aku telah berjanji untuk pergi bersama mereka namun, aku takut keputusanku ini akan mengecewakan mereka. Ketika aku termenung, tiba tiba HPku berbunyi dank u lihat WA masuk dari Dika. Hey.. jadikan hari ini kita pergi? Akupun menjadi tamba galau, di satu sisi aku sangat lelah sekali di sisi lain aku tidak ingin mengecewakan mereka. Sudut pandang pada penggalan cerita pebdek di atas adalah..

A. Orang ketiga tunggal

B. Orang pertama jamak

C. Orang ketiga jamak

D. Orang pertama tunggal

E. campuran

46. Media Audio Visual yang tepat untuk membelajarkan keanekaragaman etnis dan budaya bangsa Indonesia yang enggambarkan jenis permainan tradisional disuatu daerah adalah..

A. KAset

B. Video

C. Modul

D. Peta

E. Gambar

47. Perhatikanlah kompotensi dasar sebagai berikut

3.1 merinci ungkapan ,ajakan,perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun. Indicator pencapaian kompotensi kunci yang tepat untuk KD tersebut adalah…

A. mengidentifikasi ungkapan ajakan, yang terdapat dalam teks cerita yang menggambarkan sikap hidup rukun

B. memilih ungkapan ajakan, yang terdapat dalam lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

C. membuat kalimat ajakan yang menggambarkan sikap hidup rukun

D. mengidentifikasi perintah yang terdapat dalam teks cerita yang menggambarkan sikap hidup rukun

E. menerapkan ajakan yang terdapat dlam teks cerita yang menggambarkan sikap hidup rukun

48. Membilang banyak bilangan kelipatan 8 mulai dari 200 sampai dengan 400, banyak bilangan bilangan tersebut adalah…Buah

A. 24

B. 26

C. 28

D. 25

E. 23

49. Keanekaragan etnis yang mendiami ribuan pulau di wilayah Negara indonesia menjadikan Indonesia rawan konflik, oleh sebab itu kesatuan dan persatuan harus di jaga melalui konstitusi Negara yaitu

A. Bendera merah putih

B. Pancasila

C. Nasionalisme

D. Bhineka Tunggal Ikha

E. UUD 1945

50. Contoh peristiwa berikut yang merupakan penerapan konsep sains kaitan nya dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat terkait dengan proses permentasi bahan makanan adalah…

A. Pemggunaan Natrium Hidroksida pada pengawetan daging

B. Pemberian air gula pada gula

C. Pemberian ragi pada kedelai

D. Pengalengan pada ikan

E. Penggunaan garam pada daging

51. Masyarakat multi kultur Indonedia merupaka ragam kekayaan budaya yang tidak bisa di temi dimana pun di dunia. Kondisi ini sangat membanggakan sekaligus rawan terjadinya konflik. Membanggakan karena kita bisa menawarkan ke masyarakat dunia tentang keunikan budaya yang tidak akan pernah di temui di Negara lain. Kerawanan terjadinya konflik bila kita tidak mampu memelihara kerukunan hidup. Penyebab lemahnya kerukunan hidup berbangsa dan bernegara itu antara lain disebabkan oleh Stereotype atau pelabelan. Yang di maksud dengan stereotype atau pelabelan dalam konteks budaya adalah…

A. Sikap antipasti yang berlandaskan pada cara menggeneralisasi yang salah dan tidak pleksibel

B. Menggunakan tolak ukur sendiri untuk menilai kemompok yang lain

C. Perilaku mebeda bedakan kelompok yang lain

D. Perilaku mencari cari kesalahan orang lain

E. Sikap menggeneralisasikan sifat sifat yang cenderung negative tentang orang lain karena pengaruh pengetahuan dan pengalama tertentu

52. Dalam sejarah berkembangnya Negara hokum formal tipe Negara hokum yang lahir pada abad 19, sedangkan tipe Negara hokum material muncul pada abab ke – 20 berbeda dengan tipe negara hokum formal, Negara hokum  material lebih mementingkan …

A. Ketentual pasal pasal dari pada menjaga ketertiban

B. Ketertiban daripada kepastian hokum

C. Kepastian hokum daripada kesejahteraan

D. Keadilan di bandingkan kepastian hokum

E. Aturan yang jelas daripada kepastian hukum

53. Ketika menyusun soal MAtematika yang mencerminkan kemampuan berpikir tingkat tinggi di tandai dengan kalimat berikut ini..

A. Bandingkan 

B. Urutkan

C. Hitunglah

D. Berikan Argumentasi

E. Tuliskan kembali

54. Pak Adi adalah seorang guru yang akan menilai kemampuan psikomotor dalam hal membuat produk peta konsep untuk menilai produk yang di hasilkan siswa, Pak Adi perlu menyusun instrument penilaian berupa…

A. Tes Esai

B. Lembar penilaian Produk

C. Penilaian Teman Sebaya

D. Lembar pengamatan kinerja

E. Portofolio

55. Nilai uang adalah kemampuan UAng untuk dapat di lakukan dengan sejumlah barang tertentu. Nilai uang sering mengalami naik turun. Nilai menjadi kurang berharga jika..

A. Banyak pedagang yang bersaing di pasar

B. Produk barang mmelimpah

C. Barang di pasar mudah di dapat

D. Bahan baku barang murah harganya

E. Bahan baku barang mahal harganya

56. Banyakknya pelanggaran HAk asasi manusia Indonesia membutuhkan ketertiban berbagai semua pihak yang langsung dan tidak langsung dalam berbagai penegakan dan pemajuan HAM. Kuat lemahnya upaya penegakan dan pengajuan HAM secara langsung di Indonesia ditentukan oleh kuatnya peraturan perundangan, dan peran serta lembaga pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat. Manakah di anatar pernyataan di bawah ini yang kurang tepat menjadi rekemendasi kebijakan public demi perlindunagan, kemajuan HAM dan pengakuan hokum?

A. Mengatasi banyaknya peristiwa intoleransi yang terjadi di beberapa wilayah

B. Ikut serta berpartisipasi dalam mengatasi pelanggaran HAM di Myanmar, palestina dan timur tengah

C. Penyelesaian pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lalu

D. Mematuhi rekomendasi dan penguatan lembaga komnas HAM

E. Menyelesaikan konflik Agraria yang terjadi di antara Warga

57. Karakteristik PTK  antara lain, seorang guru menjelaskan konsep perkalian kepada siswa secara klasikal dengan cara menyuruh semua siswa mengamati gambar terkait dengan konsep perkalian seperti gambar beberapa kelompok kerbau, gambar beberapa ayam, dan lain lainnya. Masing masing kelompok dengan jumlah yang sama . penyajian pembelajaran tersebut menggunakan tahapan..

A. Terbimbing

B. Ikonik

C. Enaktif

D. Penemuan

E. Simbolik

58. Prinsip dan nila nilai pascamodern abad globalisasi dapat diterapkan untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia yang multikultur. Sebab prinsip dan nilai pascamodern tersebut

A. Menuntut pemikiran yang terstruktur secara tertib

B. Mendukung menguatnya asas persamaan untuk mengatasi perbedaan

C. Mendukung sekularisme yang dapat mencegah gejala spritualisme

D. Menghargai piuralitas berpikir dan kemajemukan budaya yang ada di Indonesia 

E. Menghargai gaya hidup modern

59. Seorang guru 4 SD mengembangkan Evaluasi dengan membuat tes tertulis, melakukan tes lisan untuk mencocokkan hasil temuan alat evaluasi yang lain serta melakukan pengamatan pada kinerja ( Performance)

A. Evaluasi Proses

B. Evaluasi Autentik

C. Evaluasi Akhir Semester

D. Evaluasi Formatif

E. Evaluasi holistic – empiris

60. Seorang siswa gigih berlatih mengendalikan dirinya setiap hari. Namun , ia mengalami kesulitan mengarahkan diri untuk mencapai cita citanya . apa yang perlu di lakukan guru untuk menunjukkan penghargaan positif tanpa syarat terhadap siswa tersebut?

A. Guru memotivasi siswa agar lebih giat berlatih pengendalian diri sehingga dapat mencapai cita ciitanya dengan berhasil

B. Guru menghormati jerih payah siswa untuk mengendalikan diri dan menasehatinya agar lebih maksimal dalam latihan tersebut sehingga sukses mencapai cita citanya

C. Buru mengatakan bahwa tugas siswa adalah berlatih pengendalian diri segiat giatnya agar dapat mencapai cita citanya

D. Guru menyuruh siswa untuk menambah jam latihan pengendalian diri sehingga berhasil mencapai cita citanya

E. Guru menghormati usaha gigih siswa dalam latihan pengendalian diri dan mendiskuiskan jalan keluar dari kesulitan dalam mencapai cita citanya

61. Akhir akhir ini banyak ibu – ibu yang menggoreng ikan dan telur  hanya dengan meletakkan wajan berisi minyak goreng diatas aspal . peristiwa tersebut memanfaatkan apa dari sudut pandang fisika?

A. Radiasi panas matahari

B. Konveksi panas matahari

C. Konduksi wajan

D. Konveksi udara panas

E. Konduksi udara panas

62. Bacalah kutipan naskah drama berikut

( 1 ) Dono : Bu, aku ingin pergi merantau mengadu nasib di luar kota. Siapa tahu kelak aku bisa sukses

( 2 ) Ibu : Apakah kau yakin malin?mencari pekerjaan di kota itu lebih sulit dibandingkan di desa kita ini

( 3 ) Dono : Aku yakin bu, tolong izinkan saya bu!

( 4 ) Dono :  “ Bu boleh ya, Dono Pergi

( 5 ) Ibu :  ‘Ya sudah jika itu keinginan kamu, ibu ijinkan kamu pergi

Latar tempat pada kutipan naskah drama anak tersebut di tunjukkan pada percakapan nomor…

A. 4

B. 2

C. 1

D. 5

E. 3

63. Ibu siti mengajar siswa SD kelas IV tentang karakteristik air bersih.tujuan pembelajaranyang ingin di capai siswa mampumenganalisis karakteristik air bersih.ibu siti menyediakan cairan cairan yang harus di amati oleh siswa menggunakan berbagai indera yang sesuai.cairan tersebut diantaranya cuka,air,garam,air gula,jus apel,dan air berwarna merah.rubrik yang sesuai untuk memberikan penilaian terhadap keterampilan proses sains (KPS) dalam sesuai kegiatan tersebut adalah..

A. Siswa diberikan nilai sempurna apabila mampu bekerja dengan siswa lainya untuk menganalisis cairan cairan yang di bawa gurunya

B. Siswa diberikan nilai sempurna apabila berhasil menganalisis seluruh cairan dengan mengoptimalkan berbagi indera

C. Siswa diberikan nilai sempurna apabila mengobservasi seluruh cairan yang di berikan secara tepat waktu

D. Siswa diberikan nilai sempurna apabila berhasil menentukan cairan yang di bawa oleh ibu siti dengan melihatnya

E. Siswa diberikan nilai yang sempurnah apabila telah berhasil menganalisis seluruh cairan tepat waktu dengan bantuan temanya dan guru.

64. Perhatikan pernyataan tentang pelapukan di bawah ini

1. Pelapukan organic yakni pelapukan yang di sebabkan karena adanya maklhuk hidup

2. Pelapukan fisika yakni pelapukan yang di sebabkan oleh perubahan suhu atau iklim

3. Contoh pelapukan kiimia adalah pelapukan ini adalah hancurnya batuan yang di sebabkan karena tercampur oleh limbah pabrik yang banyak mengandung bahan kimia

4. Contoh pelapukan biologi adalah hancurnya batuan di karenakan adanya perubahan cuaca dan musim kemarau ke musim penghujanan

5. Contoh pelapukan fisika adalah hancurnya batuan karena adanya tanaman lumut yang hidup menempel di batuan tersebut

Penyataan yang benar tentang pelapukan adalah…

A. 1 dan 4

B. 3 dan 5

C. 1 dan 2

D. 4 dan 5

E. 2 dan 4

65. Guru yang mengajar di sekolah yang lokasinya sekolahnya berada di dekat pantai atau di wilayah pesisir. Dalam menjelaskan pokok bahasan tentang jenis jenis pekerjaan, maka guru akan lebih tepat jika menggambarkan kehidupan tentang…

A. Pedagang alat pertanian

B. Guru

C. Tukang jahit

D. Penjual ikan

E. Pedagang sayur

66. Berbeda dengan Negara faderai sebagaimana di anut Negara lain,Indonesia menganut Negara kesatua yang dalam mengatur daerahnya menggunakan beberapa asas antara lain,asas ekonomi,desentralisasi,dekonsetrasi,otonomi daerah,tugas berbantuan dan daerah otonomi.

Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus dalam system Negara kesatuan republic Indonesia.di sebut…

A. Tugas berbantuan

B. Daerah otonom

C. Dekonsetrasi

D. Desentralisasi

E. Otonomi daerah

67. Jumlah kebalikan akar akar persamaan  kuadrat x2+4x3=0 adalah

A. ½

B. -3/4

C. 4/3

D. -4/3

E. ¾ 

68. Dalam rangka memperbaiki pembelajaran IPS agar siswa memiliki peningkatan hasil belajar maka guru perlu melakukan penelitian dengan PTK dengan menggunakan pendekatan

A. Fenomenologi

B. Deskritif

C. Kuasi eksperimen

D. Kualitatif

E. Kuantitatif

69. Cermatila penggalan wacana berikut

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2 diteluk komodo,yang terletak di utara pulau Sulawesi pulau ini merupakan kota bagian manado ibukota provinsi Sulawesi utara.pulau bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat ataw kapal sewaan dengan perjalanan kurang lebih 30 menit dari pelabuhan manado.di sekitar pulau bunaken terdapat pulau taman laut bunaken yang merupakan bagian dari taman nasional bunaken.ide pokok penggalang wacana tersebut adalah

A. Pulau bunaken ini merupakan bagian dari kota manado ibu kota provinsi sulawaesi utara

B. Pulau bunaken terdapat pulau taman laut bunaken yang merupakan bagian dari taman nasional bunaken

C. Pulau bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat ataw kapalsewaan

D. Pulau bunaken ditempuh selama 30 menit dari kota manado

E. Bunake adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2 di teluk komodo,pulau Sulawesi

70. Bu Endah guru kelas I mengajrkan membaca dan menulis permulaan di awali dengan memperkenalkan beberapa kalimat secara global. Setelah siswa dapat membaca beberapa kalimat, guru mengambil kalimat sederhana untuk di uraikan menjadi kata kemudian kata di uraiankan menjadi suku kata dan suku kata menjadi huruf semua huruf di perkenalkan kepada siswa dengan cara menganalisis kalimat huruf yng terurai tersebut tidak di rangkaian kembali menjadi suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat, sehingga pendekatan ini hanya melakukan proses menganalisis. Pembelajaran membaca dan menulis permulaan yang di lakukan Bu Endah menggunakan pendekatan …

A. Kata

B. Huruf

C. Kalimat

D. Cerita

E. Suku Kata

71. Melalui pemberitaan di ketahui bahwa ada musibah bencana alam di Lombok maka sebagai guru IPS dalam pembelajarannya menekankan betapa pentingnya menjaga nasionalisme melalui penggalangan solidaritas social. Kegiatan pembelajaran tersebut mencerminkan perkembangan sikap..

A. Kepedulian social

B. Toleransi

C. Kesetaraan

D. Kedisplinan

E. Kegotong royongan

72. Pilihan tindakan yang di anggap tepat dalam menghadapi globalisasi bagi guru adalah..

A. Menjunjung hak asasi manusia sebagai mana pengakuan dunia

B. Tidak terpengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia

C. Meniru apa yang sudah di lakukan Negara maju

D. Mempersiapkan diri menhadapi pengaruhi global

E. Berpikir global dan bertindak local sesuai konteks

73. Dalm kegiatan pembelajaran di kelas guru menemukan fakta bahwa siswa kelas V modalitas atau gaya belajarnya beragam dari 21 redapat 7 yang bertipe visual  9 peserta didik tampak bertipe auditorial dan sisanya kinestetik. Guru kelas v tersebut ingin memilih media yang tepat untuk anak yang bertipe visual dan auditorial di dalam tema ‘ lingkungan “. Apakah media yang cocok untuk menjelaskan lingkungan bersih dan kotor

A. Menjelaskan langsung pada siswa dengan pengajaran langsung

B. Inquiri karena model ini membuat peserta didik melihat secara langsung

C. Memberikan masalah yang terkait dengan lingkungan bersih dan kotor

D. Gambar tentang rumah yang bersih dan kotor

E. Tayakan video yang menjelaskan lingkingan bersih dan kotor

74. Wujud akan kecintaan tanah air dapat di terapkan sesuai dengan kemampuan dan tingkatan warga negaranya. Manakah pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan perwujudan cinta tanah air yang di lakukan siswa sekolah dasar

A. Menggunakan mainan tradisional buatan sendiri

B. Lebih memilih makanan dan minuman tradisioanal

C. Berlatih pencak silat

D. Menggunakan motor produksi dalam negeri

E. Memakai pakaian daerah

75. Jika anak di besarkan dalam masyarakat  bilingual atau dalam masyarakat multilingual, anak akan memperoleh bahasa..

A. Secara serempak dua bahasa

B. Bergantian

C. Secara simultan 

D. Secara alamiah

E. Secara berurutan dua bahasa

76. Sebuah drum minyak berbentuk tabung dengan ukuran tinggi sama dengan garis tengah lingkaran alas yaitu 28 cm, maka volume drum tersebut jika diisi sampai penuh adalah …liter

A 20,248

B 15,248

C  17,248

D 18,248

E 182,48

77. Seorang guru mndapatkan tugas mengajar di daerah terpencil setelah sekian lama bertugas sebagai guru, ia mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah karena itu, beban tugas yang harus di laksanakan lebih banyak dari sebelumnya. Jika anda guru tesebut apa yang akan anda lakukan untuk menunjukkan kerja iklas

A. Saya mengajar tuga tugas setelah meminta keringan dari dinas pendidikan agar beban saya lebih sedikit dari tugas pokok dan fungsi yang di tetapkan dinas pendidikan tersebut

B. Saya mengerjakan tugas tugas sebagaimana adanya berdasarkan uraian tugas pokok dan fungsi yang telah di tetapkan oleh dinas pendidikan agar mendapat perhatian atasan

C. Tugas tugas pokok dan tambahan yang di berikan pada saya, akan di laksanakan dengan meminta bantuan guru guru yang lain sehingga tugas tugas rersebut dapat terselesaikan dengan baik

D. Saya menyatakan siap melaksanakan tugas tugas yang di bebankan kepada saya dengan permohonan tambahan pendapatan setiap bulan dan mutasi kesekolah yang lebih dekat dengan rumah saya

E. Tugas tugas yang di bebankan kepada saya akan di laksanakan dengan tangan terbuka sebagai konsekwensi logis dari tugas tambahan sebagai kepala sekolah

78. Seorang guru SD sebaiknya terampil dalam melaksanakan penelitian di kelasnnya untuk menghasilkan suatu produk yang menunjang kualitas pembelajaran muatan PPKn, seperti bahan ajar media pembelajaran, LKPD atau lainnya. Yang di lakukan guru dalam penelitian ini di kenal dengan…

A. Penelitian ekperimen

B. Penelitian pengembangan

C. Penelitian Lesson Study

D. Penelitian Korelasional

E. Penelitian Tindakan Kelas

79. Dalam pembelajaran konstektual  yang mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia, maka langkah yang di ambil guru dapat berupa

A. Menjelaskan hubungan antara fakta dan konsep suatu fenomena

B. Menggunakan data yang berdampak pada pemanfaatan media social

C. Menetapkan suatu kawasan wisata untuk lomba lintas alam

D. Mengakses internet potensi gunung api bagi penduduk sekitar

E. Mengajak siswa  mengamati area persawahan di sekitar sekolah

80. Seorang siswa mengalami konflik dengan beberapa guru sehingga mempunyai hubungan yang tidak harmonis dengan mereka, karena itu ia mengutarakan konplik kepada anda. Apa tanggapan anda terhadap konplik sebagaimana dipersepsi siswa tersebut

A. Saya akan mendengarkkan keluhannya dan mengatakan bahwa ketidak harmonisan yang di alaminya merupakan hal biasa sebagai akibat  dinamika perkembangan siswa

B. Saya memberikan nasehat yang menyejukan sehinga ia mau menjalin hubungan yang lebih baik dengan guru gurunya

C. Saya menjelaskan kepada siswa tersebut bahwa ia harus menghormati guru gurunya dan tidak boleh menentangnnya 

D. Saya mendengarkan keluhannya tentang konplik yang di alaminta dan membantunya dalam memenuhi apa yang di inginkannya berkaitan dengan konflik tersebut

E. Saya mengatak kepada siswa tersebut bahwa perbuatannya bertentangan dengan peraturan sekolah

81. Perhatikan ilustasi berikut

Bu susan guru kelas V SD, melakukan evaluasi pembelajaran dengan cara membentuk kelompok peserta didik, kemudian meminta peserta didik membaca teks bacaan selanjutnya peserta didik bermain peran sesuai teks yang di peroleh. Perangkat instrument penilaian yang harus di siapkan Bu Susan adalah…

A. Rubrik

B. Tes

C. POrtofolio

D. Kinerja

E. Produk

82. Hasil operasi pecahan campuran berikut  0,2 : 1/3 x 5/6 – ( 2 x ¼ ) adalah…

A. 3/2

B. 5/2

C. 1

D. ½

E. 0

83. Proses pengimbuhan akan menghasili berbagai jenis kata. Imbuhan yang membentuk kata sifat dapat di temukan di dalam kalimat ..

A. Dimana ada kemauan disitu ada jalan

B. Dina mengumpulkan kerang di pantai

C. Bunga desa itu cantik sekali

D. Anak itu gemetar kareta takut ulat bulu

E. Kuda berlari sangat cepat

84. Pilihan jawaban yang menggambarkan ke unggulan bangsa Indonesia dalam suatu proses pembelajaran adalah…

A. Giizi Buruk mendapatkan perhatian serius 

B. Akses pendidikan belum merata di semua wilayah

C. Pemberantasan korupsi selalu di galakkan 

D. Illegal loging ,masih banyak merambah hutan

E. Potensi laut menjadi sumber gizi masyarakat

85. Guru IPS saat menjelaskan kegiatan ekonomi yang sedang terjadi di lingkungan siswa saat membuat tugas di bawah dengan sebuah pertanyaan , apa penyebab seseorang bekerja keras?. Maka model pembelajaran tersebut lebih tepat  di sebut menggunakan model pembelajaran..

A. Problem Solving

B. Proyect based learning

C. Prombelm based Learning

D. Inquiri

E. Diskusi

86. Apabila ada peserta didik menemukan handpone yang tertinggal di musolah sekolah dan menyerahkannya kepada anda,sebagai guru sebaiknya yang di lakukan adalah…

A. Menerima untuk di kembalikan pada pemiliknya dengan member uang sebagai imbalannya

B. Menerimanya untuk dimiliki sendiri dan mengucapkan terima kasih sebagai bentuk penghargaan

C. Menyuruh untuk menyerahkan sendiri kepada pemiliknya

D. Menyuruh peserta didik untuk dimilki sendiri, karena hal itu merupakan rizki dari tuhan yang maha esa

E. Member penghargaan dengan menyuruh ikut berdiri di depan di samping guru guru sambil mengumumkan sendiri pada saat upacara bendera

87. Salah satu dampak postif dalam era global manusia dengan mudah saling memenuhi kebutuhan hidupnya, kondisi demikian di tandai dengan adanya…

A. Komsumsi

B. Penjual dan Pembeli

C. Produksi barang semakin banyak

D. Kemudahan komunikasi

E. Demonstrasi

88. Dalam akhir akhir ini , teknologi pada awalnya di ciptakan untuk menghasiklan manfaat positif, di sisi lain juga memungkin di gunakan untuk hal negative dampat negative yang timbul akibat perkembangan  IPTEK salah satunya adalah sifat konsumtif sebagai akibat kompotisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemorosotan konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang berntal instan

Perkembangan IPTEK khususnya informasi melalui teknologi digital selain berdampak positif juga pada degradasi moral oleh sebab itu pembelajaran IPS terkait pembelajaran online harus bisa…

A. Dimanfaatkan untuk bisnis

B. Dimanfaatkan untuk meningkatkan sikap nasionalisme

C. Dimanfaatakan untuk refresing

D. Dimanfaatkan untuk berinteraksi social

E. Dimanfaatkan untuk nuangkan gagasan

89. Tujuan utama muatan PPKn di arahkan pada pencapaian tujuan pendidikan nasional.hakikat tujuan pendidikan nasional yang merupakan tugas utama PPKn adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang 

A. Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa,berahklak mulia,dan menjadi warga Negara yang demokratis

B. Berakhlak mulia,sehat berilmu cakap dan kreatif serta berwawasan global

C. Berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan masa depan

D. Berguna bagi bangsa Negara dan agama serta dapat mengikuti perkembangan jaman

E. Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa berakhlak mulia dan menguasai IPTEKS

90. Manusia sangat tergantung dengan lingkunganya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas,sedangkan SDM jumlahnya sangat terbatas.SDM cenderung mengalami kerusakan akibat eksploitasi pemenuhan kebutuhan manusia.oleh sebab itu SDM harus …

A. Dilestarikan

B. Direkayasa

C. Direkonstruksi

D. Diatur oleh Negara penggunanya

E. Di manfaatkan

91. Air terjun di Tawangmangu memiliki debit air sebesar 50 m3 /detik di pindahkan ke sebuah kolam penampungan untuk PDAM daerah tersebut, Berapa m3 banyak air yang mampu dipindahkan air terjun tersebut dalam waktu 2 menit?

A. 3.000

B. 5.000

C. 4.500

D. 6.000

E. 7.500

92. Perhatikan kalimat berikut

‘ dalam kurun waktu tiga bulan ferdinan sudah mengunjungi Negara malaysia, jepang, China, dan Rusia’. Perbaikan ejaan kalimat tersebut adalah..

A. Dalam kurun waktu tiga bulan, Ferdinan sudah mengunjungi Negara Malaysia,jepang,china dan rusia

B. Dalam kurun waktu tiga bulan ferdinan sudah mengunnjungi Negara Malaysia,jepang,china dan rusia

C. Dalam kurun 3 bulan,ferdinan sudah mengunjungi Negara jepang,Malaysia,china,dan rusia

D. Dalam waktu tiga bulan,ferdinan sudah mengunjungi Negara malaysia,jepang,china dan rusia

E. Dalam kurun waktu tiga bulan ferdinan sudah mengunjungi Negara Malaysia,jepang,china dan rusia

93. Bangun ruangdengan sifat-sifat memiliki enam buah titik sudut,Sembilan buah rusuk,dan mempunyai lima buah bidang sisi adalah…

A. Prisma segitiga

B. Limas segitiga

C. Tabung

D. Limas segi empat

E. Balok

94. Suatu bilangan membentuk barisan geometri.diketahui suku ke-6 dan suku ke-10 dari deret geometri tersebut berturut-turut adalah 2 dan 32,maka suku ke-14 adalah…

A. 64

B. 512

C. 256

D. 128

E. 1024

95. Seorang siswa terisolir dalam pergaulandengan sebayanya ia tidak memiliki teman akrab seorangpun di kelas dan sekolahnya untuk itu ia mengemukakan keadaanya kepada guru.apa yang seharusnya di lakukan guru untukmenunjukan kepedulianyang tinggi terhadap siswa tersebut…..

A. Guru mendengarkan dan memahami keluhan siswa dan kemudian mencoba membantunya.

B. Guru menganggap siswa tersebut anak yang abai terhadap teman-temanya sehingga perlu diingatkan agar  bergaul secara wajar dengan mereka

C. Guru menyuruh siswa tersebut  panda sekolah agar memiliki teman akrab di sekolah yang baru

D. Guru mengajar kelas sebaimana biasa sesuai jam pelajaran yang menjadi tugas sehari-hari di sekolah

E. Guru meminta siswa tersebut agar bergaul dengan teman-teman sebayanya sehingga memiliki teman akrab yang di inginkan.

96. Bacalah paragraph berikut !

Peringatan hari kemerdekaan selalu dirayakan dengan meriah,acara tersebut biasanya diselenggarakan dilapangan terbuka dengan menggelar konser dan kirab budaya banyak orang datang kelapangan untuk merayakan acara tersebut bersama-sama namun, kemeriahan itu tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjadi kebersihan lapangan akibatnya banyak sampah yang tertinggal setelah perayaan selesai.

Simpulan paragraph diatas adalah….

A. Kemeriahan acara peringatan hari kemerdekaan mengakibatkan lingkungan kotor karena banyak sampah yang tertinggal

B. Kemeriahan acara peringatan  hari  kemerdekaan tidak di imbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan

C. Peringatan hari kemerdekaan biasanya dirayakan dengan meriah

D. Banyak orang datang kelapangan untuk merayakan hari peringatan  kemerdekaan bersama-sama

E. Perayaan hari kemerdekaan dilakukan secara bersama-sama dilapangan dengan menyelenggarakan konser.

97. Dibawah ini merupakan suatu proses yang menunjukan adanya fitrasi alam yaitu…

A. Penyerbukan tanaman

B. Pembuatan garam alami

C. Perahan air susu sapi

D. Penyerapan air hujan oleh tanah

E. Pengolahan minyak bumi

98. Salah stud an tujuan kunci pokok system pemerintahan menurut UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen adalah system konstitusional.berikut ini ada beberapa kelebihan dankekurangan system konstitusional..

1. Melindungi kepentingan warga

2. Mempromosikan kesetaraan dan persamaan 

3. Memungkinkan untuk tidak menggunakan hak pilih

4. Lebih menekankan kuantitas daripada kualitas 

5. Membuat administrasi yang lebih      bertanggung jawab

6. Membutuhkan waktu lama untuk membuat keputusan 

Manakah yang termasuk kelemahan dari system demokrasi konstitusional…?

A. 1,2,dan 3

B. 3,4,dan 6

C. 2,4 dan 6

D. 1,3 dan 5

E. 4,5, dan 6

99. Segitiga ADE  sebangun dengan segitiga ABC,jika panjang sisi ADadalah 12 cm,panjang sisi DE adalah 10 cm,dan panjang sisi BC adalah 25 cm,maka panjang sisi DB adalah ….cm

A. 30

B. 15

C. 18

D. 24

E. 25

100 . Papan  yang panjangnya 3,6 m disandarkan pada bak mobil yang berada 80 cm dari tanah.papan tersebut akan digunakan untuk mendorong peti yang masanya 90 kg dari tanah ke bak mobil.besar keuntungan mekanik dan gaya dorongannya dengan percepatan gravitasi 10 m/s adalah….

A. 5 dan 200 N 

B. 3,5 dan 250 N

C. 4 dan 200 N

D. 4,5 dan 250 N

E. 4,5 dan 200 N

Silahkan anda klik disini untuk mengikuti tryout pppk 100 SOAL TRYOUT PPPK  BERSAMA WWW. RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 2

No comments: