Saturday 15 February 2020

CARA PENGISIAN SENSUS PENDUDUK ONLINE (SPO) TAHUN 2020 DI SENSUS.BPS.GO.ID

Cara pengisian sensus penduduk online SPO) tahun 2020 di sensus.bps.go.id. Sudah menjadi agenda pada Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwa akan dilakukan cacah jiwa / sensus penduduk setiap 10 tahun sekali.
CARA PENGISIAN SENSUS PENDUDUK ONLINE (SPO) TAHUN 2020 DI SENSUS.BPS.GO.ID
CARA PENGISIAN SENSUS PENDUDUK ONLINE (SPO) TAHUN 2020 DI SENSUS.BPS.GO.ID

Sensus penduduk di bawah naungan badan pusat statistik BPS). Bila pada tahun- tahun sebelumnya petugas sensus mendatangi warga/responden sensus, Namun untuk tahun 2020. Responden sensus dapat mengisi mandiri secara online. Sungguh kebijakan mengalami peningkatan dalam hal penggunaan teknologi secara langsung. 

Fenomena ini berbanding lurus dengan program digitalisasi pada seluruh kementerian, badan/lembaga negara. Bila anda sebagai kepala keluarga/anggota keluarga dapat melakukan pengisian data anda dan keluarga secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id

Apabila anda mengakses website bps sensus.bps.go.id terdapat informasi sebagai berikut: 1. Waktu pengisian per-orag rata-rata memerlukan waktu kurang lebih 5 menit; 2. Siapkan kartu keluarga/KK, KTP/Buku Nikah/Dokumen cerai/ Surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga yang belum masuk ke dalam kartu keluarga untuk kemudian ditambahkan jika memungkinkan; 3. Apa bila ingin menyimpan data sementara silahkan anda tekan" Simpan Sementara".

BPS juga menyampaikan pada website resminya bahwa partidipasi anda akan membantu pemerintah dalam mendapatkan data kependudukan yang mutakhir sehingga kebijakan pemerintah terkait dengan kependudukan dan perencanaan pembangunan akan lebih baik. Tentunya dengan melakukan pengisian sesuai dengan kondisi yang sebenarnya tanpa ada rekayasa data pada keluarga anda.

Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan pengisian sensus penduduk online di perlukan akun. Akun tersebut menjadi bagian yang penting dan harus dimiliki jika ada berkeinginan melakukan pengisian data anda dan kelauarga secara mandiri.

Akun Sensus Penduduk online menggunakan data NIK dan nomor kartu keluarga. NIK yang digunakan untuk pendaftaran akun SPO boleh NIK kepala keluarga atau anggota keluarga. 

Karena SPO ini mode daring (Dalam Jaringan)/online maka diperlukan koneksi internet pada perangkat anda. Perangkat  yang digunakan bisa komputer, hp android, Tablet.

Selain koneksi internet tidak kalah pentingnya adalah peramban/mesin pencarian ( Chrome, Mozila Firefox, safari, opera mini, uc browser dan lain-lain yang terinstal pada aplikasi anda,

Berikut ini adalah langkah yang perlu anda lakukan untuk pengisian sensus penduduk online SPO) tahun 2020 di sensus.bps.go.id.:
  1. Sambungkan perangkat anda dengan koneksi intenet.
  2. Buka browser anda
  3. Silahkan anda buka website sensus.bps.go.id
  4. Nanti anda akan dibawa ke beranda pada website tersebut yang berisi informasi awal berkaitan dengan sensus penduduk online tahun 2020
  5. Silahkan anda inputkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anda
  6. Selanjutnya silahkan anda isi kolom Nomor Kartu Keluarga (KK)
  7. Silahkan anda masukkan kode Captcha yang muncul ke dalam kotak yang telah disediakan.
  8. Klik Cek keberadaan tunggu beberapa saat sampai pengecekan nomor NIK dan KK selesai jika NIK dan nomor KK benar/terverifikasi 
  9. Jika pertama kali melakukan akses pada SPO , silahkan anda buat kata sandi dan pilihlah pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu anda klik buat password
  10. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO lalu klik "Mulai Mengisi".
  11. Pilihlah bahasa yang paling anda kuasai, terdapat pilihan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  12. Jawablah semua pertanyaan yang ada dengan jawaban yang jujur dan sebenar-benarnya. 
  13. Silahkan anda isi data dimulai dari  kepala keluaraga selesai maka dialnjutkan dengan mengisi data anggota keluarga, termasuk data tambahan.
  14. Bila seluruh jiwa dalam keluarga tersebut sudah mengisi data silahkan anda cek kebenaran data yang anda isikan.
  15. Bila anda rasa data sudah benar silahkan anda klik "kirim"
  16. Akan muncul pemberitahuan anda akan simpan sementara atau tetap mengirim, silahkan anda pilih tetap mengirim.
  17. Perlu anda ketahui jika data sudah terkirim maka data dan pertanyaan tidak dapat anda edit lagi.
  18. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan di layar anda berupa ucapan "Terima kasih telah berpartisipasi dalam kegiatan Sensus ini" . "Silakan unduh bukti pengisian Sensus"
  19. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email anda dengan mengisikan alamat email.
Sekedar informasi tambahan untuk anda "mohon melaporkan kepada ketua RT atau Ketua satuan Linkungan Setempat(SLS) bila informasi yang anda berikan mengalami perubahan sebelum bulan juli2020. Jika sebelum bulan Juli 2020 ada kejadian kelahiran, kematian, atau perpindahan anggota keluarga, mohon untuk melaporkan kepada ketua RT/RW/ Dusun/Kampung/Lingkungan/Banjar/Jorong atau sebutan lainnya"

Guna membantu anda saya berikan video tutorialnya yang dapat anda tonton di bawah ini

Semoga artikel saya .Cara pengisian sensus penduduk online SPO) tahun 2020 di sensus.bps.go.id memberikan manfaat kepada kita semua. Mari kita sukseskan sensus penduduk tahun 2020 ini.

Sumber:https://sensus.bps.go.id/home

No comments: