1. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…..
a. pre konvensional
b. konvensional .
c. post konvensional
d. inter konvensional
2. Masa anak berusia 13- 16 tahun mencapai tahapan perkembangan sosial dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara……
a. subyektif
b. subyektif menuju obyektif
c. pra puber menuju pubertas
d. obyektif
3. Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa
3. menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar.
Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah………
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4 .
d. 3 dan 4
4. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru
a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas .
b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positif
c.merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik
5. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
a. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar .
d. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan dan remedial
6. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain:
a. menentukan criteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedial
7. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak pada kegiatan guru
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis evaluasi belajar siswa .
c. menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
8. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial
antara lain terletak dalam upaya guru
a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial disekitar kita
9. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
10. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
11. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut …
a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. 1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
12. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
13. Ketuntasan Belajar minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini, Kecuali ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Orang Tua Siswa
14. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
15. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
16. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
17. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
18. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
19. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
20. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
21. Standar Penilaian Pendidikan diatur dalam Permendikbud RI Nomor …
a. Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016
b. Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016
c . Permendikbud s RI Nomor 24 Tahun 2016
d. Permendikbud RI Nomor 25 Tahun 2016
22. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a. soal pilihan ganda
b. soal jawaban singkat
c. soal uraian objektif
d. tes performance
23. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadaptugas-tugas peserta didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pembelajaran dan tes remidial
24. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a. substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
25. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
26. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
27. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek…
a. kepribadian, kognitif, afektif
b. kognitif, kepribadian, psikomotor
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif, psikomotor, afektif
28. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
29. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a. memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
30.Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsipprinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b. terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
c.sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
d. sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
31. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
a. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
b. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
d. Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
32. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
33. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah:
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
34. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
35. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..
a. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
b. Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata
c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
d. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
36. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating), merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b. Memproses (processing)
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
37. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat
kesulitan materi
b. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
38. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir….
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b. Memproses (processing)
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
39. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
b. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.
40. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
a. Potensi peserta didik;
b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan
spiritual peserta didik ;
c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
41. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
42. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
43. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya
memperhatikan berikut ini, KECUALI
a.Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).
44. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan..
a.Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
45. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..
a. Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning).
c. Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran
kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
46. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
a. Kompetensi Kepribadian
b. Kompetensi Profesinal
c. Kompetensi Pardagogik
d. Kompetensi Sosial
47. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah …..
a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
c. Melakukan kegiatan pre test
d. Melakukan post test.
48. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3.Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 4
49. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah …….
a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b. Nilai rapor kelas sebelumnya.
c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
50. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah.
Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah….
a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
51. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
52. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ….
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
53. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :
a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
54. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a. siklus belajar
b. peta konsep
c. pembelajaran konsep
d. struktur kognitif
55. Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan model konstruktivis dalam mengajar?
a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
56. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a. membangkitkan minat siswa
b. merangsang siswa lebih aktif belajar
c. memberi kesempatan siswa berkreasi
d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
57. Indikator (IPK) dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
a. standar kompetensi.
b. kompetensi dasar
c. materi pembelajaran.
d. strategi pembelajaran.
58. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b. Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
c. Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
59. Pernyataan yang bukan termasuk alasan, KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………
a. Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya.
b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidahkaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau
menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d. Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan Kurikulum) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
60. Peraturan Pemerintah tentrang Guru terdapat dalam …….
a. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2017
b. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017
c. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017
d. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017
61. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a. Behaviorisme
b. Dognitivisme
c. Cognitivisme
d. Konstruktivisme
62. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :
a. Behaviorsme
c. Cognitivisme
b. Dognitivisme
d. Konstruktivisme
63. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a. Behavioris
b. Kognitivis
c. Kognitivis Behavior
d. Konstruktivisme
64. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut …
a. Standar Proses
b. Standar Kompetensi Lulusan
c. Standar Sarana dan Prasarana
d. Standar Pengelolaan
65. Ujian Sekolah Bertsandar Nasional yang dilakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, merupakan benuk penilaian yang dilakukan oleh…
a. Pendidik
b Satuan Pendidikan
c. Pemerintah
d. Masyarakat
66. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Kalimat tersebut adalah ……………….
a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
b. Sasaran pendidikan nasional
c. Fungsi pendidikan nasional
d. Arah kebijakan pembangunan nasional
67. Standar nasional pendidikan RI terdapat dalam ……………….
a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b. Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2005
c. Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2005
d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
68. Memahami peserta didik secara mendalam, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Kepribadian
69. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Supervisi
d. Kompetensi Kepribadian
70. Seorang guru mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Kepribadian
71. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk……..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Kepribadian
72. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Kepribadian
73. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Kewirausahaan
d. Kompetensi Kepribadian
74. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan guru dan masyarakat, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Sosial
75. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu …….
a. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
b. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
c. perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi
d. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
76. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ………
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Sosial
77. Seorang guru gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ….
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Professional
c. Kompetensi Manajerial
d. Kompetensi Kepribadian
78. Pemahaman guru terhadap teori belajar sangat diperlukan agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru memperhatikan aspek-aspek penting yang berkaitan dengan ciri dan karakteristik belajar. Ciri dan karakteristik belajar ini berimplikasi terhadap kesadaran guru dalam melihat siswa belajar. Beberapa ciri umum kegiatan belajar yaitu, pertama belajar menunjukan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja, kedua belajar merupakan interaksi individu dengan lingkungannya, dan ketiga….
a. hasil belajar ditandai dengan perubahan pengetahuan
b. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku
c. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan emosi
d. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan intelektual
79. Ada beberapa aliran psikologi yang memberikan pandanganya terhadap belajar, yaitu teori psikologi klasik, teori psikologi daya, teori mental state, teori psikologi behaviorisme dan teori psikologi gestalt. Ke-lima aliran psikologi tersebut berpengaruh terhadap pendidikan terutama terhadap belajar. Salah satu aliran psikologi yang banyak berpengaruh terhadap teori belajar yaitu aliran psikologi behaviorisme sehingga memunculkan
teori belajar behaviorisme.
Menurut teori belajar behaviorisme …
a. siswa belajar karena adanya stimulus sehingga membentuk kebiasaankebiasaan
b.siswa belajar karena adanya respon sehingga membentuk kebiasaankebiasaan
c.siswa belajar karena adanya stimulus dan respon secara bersamaan
d.siswa belajar karena adanya stimulus yang kemudian direspon sehingga membentuk kebiasaan-kebiasaan
80. Pada saat melaksanakan proses pembelajaran guru harus mempertimbangkan aspek perkembangan siswa. Salah satu aspek perkembangan siswa yang harus diperhatikan yaitu perkembangan motoriknya.
Perlakuan guru dalam proses pembelajaran yang mempertimbangkan aspek motorik siswa adalah....
a. guru membagi kelompok siswa berdasarkan usia
b. guru membagi kelompok siswa berdasarkan jenis kelamin
c. guru membagi kelompok siswa berdasarkan kecerdasan
d. guru membagi kelompok siswa berdasarkan kemampuan kerja
81. Dalam standar nasional pendidikan di atur tentang jumlah siswa dalam satu kelas sesuai dengan satuan pendidikan. Di SMP jumlah siswa dalam satu kelas berdasarkan standar nasional yaitu 32 orang.
Pengaturan jumlah siswa ini berdasarkan pendekatan dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan …
a. kelompok dan klasikal
b. kelompok dan individual
c. individual
d. klasikal
82. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Guru harus menggunakan metode pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran beraneka ragam. Agar metode yang digunkan tepat sasaran sehingga proses pembelajaran berhasil, maka beberapa factor harus menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan
metode tersebut.
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu….
a. karakateristik siswa, materi pembelajaran, indikator
b. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, indikator
c. karakteristik siswa, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, indikator
d. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik siswa
83. Seorang guru hendak mengajar di kelas yang mempunyai peserta didik sebanyak 38 siswa. Di dalam RPP guru merencanakan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model role playing.
Untuk mendukung keterlaksanaannya kegiatan pembelajaran secara efektif, sesuai dengan yang direncanakan dan memperoleh hasil yang maksimal, maka yang harus dilakukan guru adalah ….
a. Pengaturan tempat duduk dibuat melingkar
b. Pengaturan tempat duduk dibuat setengah lingkaran
c. Pengaturan tempat duduk sebaris menghadap kedepan
d. Tempat duduk disingkarkan sementara
84. Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas. Guru perlu selalu menyiapkan bahan pelajaran (media) yang akan diamati siswa sebelum melakukan aktivitas belajar. Sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Guru tidak memulai dengan memberi tahu siswa (menahan diri untuk memberitahu) tapi mengajak siswa mencari tahu, Guru dan buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Kelas bukan satu-satunya tempat
belajar.
Pernyataan ini merupakan ciri pembelajaran scientific dalam proses …….
a. Menanya
b. Mengumpulkan informasi
c. Mengobservasi
d. Mengasosiasi
85. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yamg diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi di atas jika guru akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah . . . .
a. Auditif
b. Tektif
c. Visual
d. Gustative
86. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah . . . .
a. Memperhatikan perbedaan individu siswa
b. Mendorong partisipasi aktif siswa
c. Mengembangkan budaya membaca
d. Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan
87. Pernyataan berikut yang merupakan prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran kontektual adalah . . .
a. Proses pengembangan atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman,
b. Proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir sistematis,
c. Proses belajar sebagai contoh untuk menunjukan sesuatu yang dapat ditiru oleh setiap siswa,
d. Proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari dilakukan dengan menyortir peristiwa atau kejadian yang telah dipelajari.
88. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai
berikut, kecuali ….
A. melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.
B. menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
C. mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu.
D. melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
89. Perhatikan Pernyataan berikut ini
Dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti, Ki Hadjar Dewantara menggunakan sistem among sebagai perwujudan konsepsi beliau dalam menempatkan peserta didik sebagai sentral proses pendidikan. Dalam sistem among, maka setiap pamong (pendidik) sebagai pemimpin dalam proses pendidikan diwajibkan bersikap ing ngarsa sung tulada, ing madya
mangun karsa, dan tut wuri handayani.
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti ialah ….
A. pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap peserta didik.
B. pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan ideal.
C. pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya.
D. pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur.
90. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
A. Standar Kompetensi Lulusan
B. Standar Kompetensi
C. Kompetensi Inti
D. Kompetensi Dasar
91. Salah satu tujuan perbaikan buku tesk pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah ….
A. memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca
B. memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku
C. mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran
D. memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian
92. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ….
A. menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
B. memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.
C. capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.
D. pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
93. Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah ….
A. penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan.
B. penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik.
C. penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan.
D. penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu teknik dan instrumen penilaian.
94. Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 setelah penyempurnaan yaitu ….
A. berisiaspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.
B. hanyamenyajikan aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.
C. Disajikan secara sederhana sehingga mudah dipahami.
D. Kurangdetail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.
95. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan.
(1) Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
(2) Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
(3) Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada
angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
96. Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....
A. siswa mengumpulkan datayang relevandenganpertanyaan atau KD
B. siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat
C. siswa menemukan apa saja yang belumdiketahui terkait fenomenon
D. yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar
97. Kegiatanpembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....
A. inquiry/discovery learning
B. problem-based learning
C. cooperative learning
D. project-based learning
98. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.
(2) Memandu dan memberi kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksi kondisi pembelajaranya serta menentukan langkah selanjutnya
(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
(4) Pendidik menilai perkembangan dan “kebutuhan” pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya
(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relavan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif
Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (5)
C. (3) dan (6)
D. (4) dan (5)
99. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah anorganik. Beliau merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya diterapkan?
A. Tes lisan
B. Penilaianpraktik
C. Penilaian produk
D. Portofolio
100.Rumusan indikator soal pilihan ganda berikut ini yang menggunakan
kata kerja tidak operasional adalah ….
A. siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri penyakit malaria
B. siswa dapat menyebutkan contoh pasar persaingan sempurna
C. siswa dapat menuliskan sebuah kalimat pasif dengan benar
1 comment:
Min punya ebbok skb pai ?
Post a Comment