PEMBELAJARAN 1
KUNCI JAWABAN TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS 3 SD |
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! (Halaman 4 dan 5)
1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama! Jawaban:
BUKU SISWA DAN GURU KELAS 1 2 3 4 5 6 SD KURIKULUM 2013
- Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi
- Air dan udara adalah sumber energi.
- Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan
2. Paragraf keberapakah terdapat informasi tentang sumber energi ?
- Paragram yang terdapat sumber energi adalah paragraf pertama.
3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 contoh!
- Sebagai sumber energi terbesar di bumi
- Membantu proses fotosintesis.
- Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).
4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
- Yang dihasilkan dari proses foto sintesis adalah makanan dan oksigen.
5 . Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi?
- Karena matahari merupakan sumber kehidupan di bumi yang dimanfaatkan langsung oleh makhluk hidup.
Halaman 6
Coba ceritakan kembali isi bacaan di atas !. Gunakan bahasamu sendiri!
Matahari yang bersinar tiap hari ternyata memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Ternyata matahari juga menghasilkan energi panas dan cahaya. Oleh sebab itu matahari juga disebut sebagai sumber energi.
Bayangkan saja jika di bumi tidak ada matahari apa yang terjadi dengan tumbuhan?. Bila matahari tidak ada maka tumbuhan tidak dapat melakukan proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan. Selain makanan dalam proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen. Oksigen inilah yang dimanfaatkan oleh manusia dan hewan pada saat bernapas.
Manfaat lainnya dari matahari adalah sebagai sumber pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Kabupaten karangasem, Propinsi bali merupakan salah satu PLTS terbesar di Indonesia.
Halaman 9 dan 10
Perhatikan gambar berikut ini! Beri tanda centang (√) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!
jawabannya adalah sebagai berikut;
kegiatan 1 |
kegiatan 2 |
Pembelajaran 2
Halaman 15 dan 16
Ayo, susun huruf-huruf berikut ini menjadi kata!.
Contoh: haamitra= matahari
1. genrie = energi
2. cyaaha = cahaya
3. ftonostissei = fotosintesis
4. sapna = panas
5. esubmr = sumber
Sekarang, buatlah kalimat dari setiap kata tersebut!
1. Matahari adalah sumber energi panas.
2. Siti mengumpulkan sinar matahari ke kaca pembesar dan mengarahkan cahaya itu ke kapas.
3. Dari proses fotosintesis tumbuhan menghasilkan makanan dan oksigen.
4. Panas matahari dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mengeringkan pakaian yang basah.
5. Semua benda yang menghasilkan energi disebut dengan sumber energi.
Diskusikan bersama temanmu! Bagaimana cara yang baik dalam menggunakan energi!
Cara yang baik dalam menggunakan air adalah dengan menggunakan sesuai kebutuhan. Misalkan mematikan kran air bila bak sudah penuh. Jangan mengamburkan air untuk keperluan tidak penting. Habiskan air matang pada saat minum.
Halaman 19
Tentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!
Perilaku anak |
Pembelajaran 3
Halaman 23
Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !1. Mengapa kita membutuhkan makanan dan minuman?
Jawaban: Karena asupan makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali
2. Apa gunanya air bagi tubuh?
Jawaban: Sebagai sumber energi
3. Mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih?
Jawaban: Karena banyak sumber air yang tercemar oleh sampah atau limbah.
4. Mengapa kita harus melestarikan sumber energi?
Jawaban: karena jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam
5. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?
Jawaban: Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:
1. merawat dan memelihara tanam-tanaman,
2. melakukan penghijauan,
3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
4. menggunakan air secukupnya saja.
" Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu. Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari. Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari."
KUNCI JAWABAN KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 2
1. merawat dan memelihara tanam-tanaman,
2. melakukan penghijauan,
3. tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,
4. menggunakan air secukupnya saja.
" Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu. Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari. Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari."
KUNCI JAWABAN KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 2
"Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari."
Setelah memahami penjelasan di atas. Lengkapi tabel berikut ini!
1 tahun = 12 bulan 1 minggu = 7 hari
2 tahun = 24 bulan 2 minggu = 14 hari
3 tahun = .36 bulan 3 minggu = 21 hari
4 tahun = 1 bulan 4 minggu = 28 hari
5 tahun = 60 bulan 5 minggu = 35 hari
Perhatikan tabel pada halaman 26. Kemudian lengkapi tabel berikut!
No. Nama bulan Jumlah minggu dan hari
1 Agustus 4 minggu 3 hari
2 Januari 4 minggu 3 hari
3 September 4 minggu 2 hari
4 Maret 4 minggu 3 hari
5 November 4 minggu 2 hari
Video Penjelasan pembelajaran 3 tema 6 subtema 1 halaman 25-27
Pembelajaran 4
Halaman 351. Perhatikan huruf-huruf pada kotak berikut! Temukan 8 kata tersembunyi di dalam kotak.
Kata-kata tersebut terdapat pada bacaan di atas. Cari secara mendatar, menurun, atau diagonal (miring). Berikan tanda jika sudah menemukan.
2. Tuliskan 5 informasi tentang sumber energi pada wacana di halaman 32-34!
- Air dibendungan yang mengalir memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik
- Generator listrik berfungsi membangkitkan energi listrik
- Pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
- Manusia bernapas menghirup oksigen
- Udara juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.
- Udara yang bergerak disebut dengan angin.
- Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan.
3. Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang tepat!
1. Gerak air dapat menghasilkan c. energi listrik.
2. Kincir angin dapat menggerakkan e. generator yang akan membangkitkan energi listrik
3. Air adalah contoh b. sumber energi.
4. Energi a. kinetik air dapat menggerakkan kincir air.
5. Saat bernapas manusia menghirup … d. oksigen
Pembelajaran 5
Halaman 41, 42
Kalian telah membaca percakapan di atas. Sekarang, kerjakan tugas-tugas berikut!
1. Tuliskan paling sedikit 3 hal terkait sumber energi sesuai isi percakapan.
Jawaban:
Halaman 47
Sekarang cobalah jawab soal-soal berikut!
Pembelajaran 5
Halaman 41, 42
Kalian telah membaca percakapan di atas. Sekarang, kerjakan tugas-tugas berikut!
1. Tuliskan paling sedikit 3 hal terkait sumber energi sesuai isi percakapan.
Jawaban:
- Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan
- Bahan bakar minyak berasal dari fosil hewan.
- Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah selama jutaan tahun yang lalu.
- Mesin-mesin pabrik juga memanfaatkan BBM sebagai bahan bakar.
2. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut!
a. fosil
Bahan bakar minyak berasal dari fosil hewan.
b. BBM
Bensin adalah salah satu jenis BBM untuk kendaraan.
c. mogok
Jawab: Mobil pak andi mogok karena kehabisan bensin
d. bensin
Kita dapat membeli bensin di SPBU.
e. energi
Bensin termasuk sumber energi pada mobil.
Halaman 44, 45
Perhatikan gambar-gambar berikut! Tentukan letak jarum jam untuk waktu-waktu berikut ini!
Letak jarum jam |
Sekarang cobalah jawab soal-soal berikut!
- Siti mulai belajar di sekolah pukul 07.00. Sekolah selesai pukul 12.00. Lamanya Siti belajar .5.. jam.
- Pukul 15.00 sama dengan pukul ..3. sore.
- Pukul lima sore ditulis dengan angka 17.00
- Siti mulai belajar pukul 19.00. Siti selesai belajar pukul 21.00. Siti belajar selama ..3. jam
- Pukul 3 sore Siti harus mengaji sampai pukul 5 sore. Lama waktu Siti mengaji adalah ..2. jam.
Pembelajaran 6
Halaman 49
Diskusikan hak yang sesuai dengan kewajiban yang tertulis pada tabel berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
Hak
- Kebutuhan air tercukupi
- Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi
- Menyalakan kipas angin saat kepanasan
- Kebutuhan air untuk mandi tercukupi
- Badan menjadi segar
Halaman 51
Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain.
Tentukan lamanya kegiatan berikut!
Mulai kegiatan Selesai kegiatan Lamanya
Pukul 07.00 Pukul 10.00 3 jam
Hari Senin Hari Jumat 5 hari
Bulan Januari Bulan Maret 3 bulan
Pukul 09.00 Pukul 12.00 3 jam
Pukul 14.00 Pukul 15.30 1 jam 30 menit
Lama kegiatan |
No comments:
Post a Comment