Saturday, 15 February 2020

KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 3

Kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 6 subtema 3. Subtema 3 membahasan berkaitan dengan energi alternatif. Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.
KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 3
KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 3


Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya semakin sedikit.

Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.  Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. 
Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak

Apa saja yang termasuk energi alternatif? Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerakan air. Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah
yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Pembelajaran 1 
Halaman 105, 106
1. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?

  • Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM).

2. Mengapa perlu energi alternatif?

  • Karena semakin sedikitnya persedian bahan bakar minyak

3. Apa sajakah yang termasuk sumber energi alternatif?

  • Yang termasuk sumber energi alternatif adalah energi panas matahari, energi angin, energi air.

4. Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif!

  • Ennergi panas matahari dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
  • Energi Air dimanfaatkan untuk Pembangkit tenaga Listrik tenaga Air (PLTA).
  • Energi anngin dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu(PLTB).

5. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?

  • Lambat laun Bahan Bakar minyak akan habis karena dipakai secara terus-menerus.
Halaman 110,111, 112,113

1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30.
  • Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
2. Beni bermain layang-layang dari pukul 15.30  sampai dengan pukul 16.45
  • Lamanya Beni bermain layang-layang adalah 75 menit.
3. Edo bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.00.
  • Lama Edo bermain layang-layang adalah 30 menit.
4. Siti bermain layang-layang dari pukul 16.30 sampai dengan pukul 17.00.
  • Lama Siti  bermain layang-layang adalah 30  menit.
5. Lani bermain layang-layang dari pukul 16.30 sampai dengan pukul 16.45
  • Lama Lani bermain layang-layang adalah 15 menit.
6. Dayu bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45
  • Lama Dayu bermain layang-layang adalah 75 menit.

No. Nama  Lama bermain
1     Udin       60 menit
2     Beni       75 menit 
3     Edo        30 menit 
4     Siti         30 menit
5     Lani       15 menit
6     Dayu       75 menit
Siapakah yang bermain layang-layang paling lama? Beni dan Dayu
Siapakah yang bermain layang-layang paling singkat? Lani
Urutkan nama berdasarkan lama bermain layanglayang!
Mulai dari yang paling lama adalah  Beni, Dayu , Udin , Edo,Siti, dan Lani.

Pembelajaran 2
Halaman 120, 121
Sebutkan 5 kewajibanmu saat bermain!
  1. Menyusun kembali alat-alat yang digunakan dalam bermain
  2. Minta ijin kepada orang tua sebelum bermain.
  3. Tidak boleh menggangu orang lain.
  4. Memilih permainan yang tidak membahayakan diri sindiri dan orrang lain
  5. Membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.
Pembelajaran 3
Halaman 122, 123
8 kata berkaitan dengan energi alternatif
8 kata berkaitan dengan energi alternatif
Menyilang= matahari
Mendatar= Listrik, Angin, Generator, Air.
Menurun = PLTA, Turbin, Minyak.

Arti kata dari hasil tersebut
  1. Matahari = Sumber energi panas
  2. Listrik = Dimanfaatkan untuk menghidupkan peralatan elektronik
  3. Angin= Udara yang bergerak, Sumber PLTB
  4. Generator= pembangkit listrik
  5. Turbin = mesin atau motor yang roda penggeraknya berporos dengan sudu (baling-baling) yang digerakkan oleh aliran air, uap, atau udara
  6. PLTA= Pembangkit listrik tenaga air
  7. Air= Sumber energi air
  8. Minyak= termasuk jenis bahan bakar
Halaman 127

a. Minuman tersebut baik digunakan sebelum bulan 12 tahun 2017 atau bulan Desember 2017.
b. Minuman tersebut baik digunakan sebelum tanggal 24 bulan 11 tahun 2018 atau 24 November 2018.
c. Minuman tersebut baik digunakan sebelum 5 tahun 2019 atau Mei 2019
d. Minuman tersebut baik digunakan sebelum tanggal 17  bulan 9 tahun 2020 atau 17 September 2020.
e. Minuman tersebut baik digunakan sebelum  bulan 12 tahun 2020 atau Desember 2020.
f. Jika hari ini bulan Oktober tahun 2017. Berapa bulan sisa waktu untuk minuman
tersebut?. pada kaleng tertulis 12/17 artinya Bulan Desember 2017 Maka sisa waktunya adalah 2 bulan.
g. Jika hari ini tanggal 10 November tahun 2018. Berapa hari sisa waktu untuk minuman tersebut? Pada kaleng tertulis 12/11/18 artinya 12 November 2018 maka sisa waktunya 2 hari
h. Jika hari ini tanggal 17 November 2017. Maka, sisa waktu untuk minuman tersebut adalah ...Pada kaleng tertulis 17 Januari 2018 maka siswa waktunya adalah 2 bulan

Pembelajaran 4
Halaman 134, 135

  1. Kegiatan Kerja bakti membersihkan lingkungan,  Kewajiban yang harus aku lakukan adalah Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.
  2. Kegiatan Membersihkan Lingkungan rumah bersama keluarga Kewajiban yang harus aku lakukan adalah Menjaga lingkungan rumah bersama anggota keluarga
  3. Kegiatan Menebang pohon Kewajiban yang harus aku lakukan adalah Menanam kembali dengan tanaman baru/reboisasi.
Pembelajaran 5
Halaman 138, 139
1. Sebutkan fungsi briket
  • Sebagai energi alternatif pengganti BBM
2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!
  • Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
  • Kanji
  • Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
  • Korek api
3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!
  • Dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil.
  • Briket mudah terbakar, namun tidak cepat habis
4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
  • Selain bahannya mudah didapat, persediaan bahan dasar briketnya melimpah, ramah linkungan juga, penggunaan briket termasuk menggunakan energi alternatif dari BBM
5. Briket dapat mengurangi sampah. Bagaimana menurut pendapatmu? Jelaskan alasannya!
  • Iya betul briket dapat mengurangi sampah rumah tangga berupa fosil tumbuhan berupa tempurung kelapa, serbuk gergaji dan lain-lain. Bila sampah-sampah ini tidak dikelola dengan baik maka sampah fosil tersebut hanya akan menjadi gunungan sampah. Dan biasanya hanya dibakar secara langsung. Tetapi penggunaan briket dengan mengolah sampah fosil tumbuhan menjadi bahan bakar, yang bisa digunakan untuk memasak. Yang biasanya menggunakan BBM/LPG.
Halaman 141, 142

Selesaikan masalah berikut ini!
1. Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?
  • Waktu memasak 2 jam dimulai pukul 14.30 maka briket akan habis pada pukul (14.30 + 2 jam = 16.30). Jadi briket akan habis pada pukul 16.30
2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak.
Setiap  briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?
  • 2 buah briket digunakan udin untuk memasak, setiap 1 briket akan digunakan 2 jam memasak. Jika udin memasak mulai pukul 10.00 maka briket akan habis pada pukul ( 2 briket X 2 jam/briket= 4 jam, maka pukul 10.00 + 4 Jam = 14.00. Jadi briket akan habis pada pukul 14.00.

3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?
  • kelompak edo terdiri 5 orang, setiap orang membawa 1 briket, 1 briket akan digunakan memasak selam 1 jam. Lama briket kelompok tersebut adalah 5 x 1 briket x 1 briket / jam= 5 jam. Jadi lama briket digunakan selama 5 jam.
Pembelajaran 6
Halaman 144, 145
1. Berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi aternatif!
  • Banyak limbah kotoran hewan
  • Limbah kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif pengganti BBM
2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!
  • Pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan hal ini dikarena limbah kotoran sapi memiliki bau yang tidak sedap bila tidak dikelola dengan baik. salah satu upaya untuk mengelola limbah kotoran sapi yaitu dengan cara membuat biogas.
3. Berikan 2 contoh keuntungan menggunakan biogas!
  • Lebih murah harganya
  • Upaya penghematan penggunaan BBM dalam rumah tangga
4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!
  • Peralatannya  dalam pembuatan  tidak murah
  • Sebagian masyarakat beranggapan memasak dengan biogas tidak higinies.
Halaman 146,147

Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak
setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
  • 8 jam : 4 jam/hari = 2 hari
2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
  • 16 jam : 4 Jam/hari= 4 hari
3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan masakan untuk acara besar. Kakak menggunakan biogas yang dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam. Jika kakak mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?
  • 12.15 + 10 Jam = 22.15
Halaman 148 ,149

Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?

  • Sebaiknya anak tersebut tidak membuang sampah di sungai/saluran air

Mengapa? Jelaskan!

  • Membuang sampah di sungai atau saluran air itu termasuk perbuatan yang kurang terpuji. Selain itu membuang sampah disungai atau di saluran air bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan memnyebabkan saluran air tidak lancar. Bila saluran air tidak lancar akan ada banjir pada musim hujan.

Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya.
  • membuat bank sampah

No comments: