Friday 28 August 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 2. Pada pembelajaran 2 ini akan mempelajari tentang dongeng dan sifat Beni dan ayahnya. 
Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 2
Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 2

Beni dan teman-temannya belajar di dalam kelas. Seisi kelas sedang mendengarkan dongeng. Edo sedang membacakan dongeng di depan kelas. Dongeng itu berjudul Kisah Semut dan Merpati.

Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan. Tahukah kamu, pada zaman dahulu burung merpati  bertugas sebagai pengantar pesan?

Kisah Semut dan Merpati
Pengarang: Anonim

1 Pada suatu hari, ada seekor semut yang  sedang berjalan-jalan mencari makan  di pinggir sungai. Seperti biasa, dia berjalan dengan riang dan karena kurang hati-hati tiba-tiba ia terjatuh ke dalam sungai. 

Arus sungai menghanyutkannya. Semut itu timbul tenggelam dan kelelahan.  Ia berusaha untuk menepi, tetapi tidak berhasil. Seekor burung merpati kebetulan bertengger di ranting pohon yang melintang di atas sungai, melihat semut yang hampir tenggelam dan merasa iba.

3  Burung merpati ini memetik daun dan menjatuhkannya di dekat semut.  Semut merayap naik ke atas daun. Akhirnya, ia berhasil menyelamatkan dirinya dengan bantuan daun tersebut dan mendarat di tepi sungai.

Tidak lama kemudian, sang semut melihat seorang pemburu burung sedang  mengendap-endap berusaha mendekati burung merpati yang telah menolongnya tadi. Semut menyadari bahaya yang membayangi merpati yang baik tersebut. Ia segera berlari mendekati pemburu dan menggigit kaki sang pemburu.

Pemburu itu kesakitan dan terkejut. Ia mengibaskan ranting yang tadinya akan  digunakan untuk menangkap burung. Burung Merpati menyadari keberadaan pemburu yang sibuk mengibas-ngibaskan ranting. Akhirnya sang burung pun terbang menyelamatkan dirinya.

Halaman 68  Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Pelajaran apa yang kamu dapatkan dari  dongeng Kisah Semut dan Merpati?
2.Dari paragraf berapa kamu menemukan pelajaran dari dongeng Kisah Semut dan Merpati? 

Jawaban halalam 68
1. Pelajaran yang dapat diperoleh dari kisah dongeng kisah semut dan merpati adalah sikap saling tolong menolong.

2. paragraf 3 dan 4

Beni memelihara ayam di rumah karena ia  menyukai binatang. Ayah Beni membuatkan kandang ayam. Setiap hari, Beni memberi makan dan minum kepada ayam-ayamnya. Ayam-ayamnya sudah ada yang bertelur. Beni bertugas mengumpulkan telur-telur itu. 

Ayah Beni juga menyukai binatang. Ia memelihara burung beo. Burung beo ayah bisa bicara. Ayah juga orang yang lucu. Ia mengajari burung beo kata-kata lucu. Ayah dan Beni sering tertawa mendengarnya. Kadang-kadang Beni suka menggoda burung beo ayah.  

Setiap manusia memiliki sifat masing-masing. Dalam keluarga ada yang memiliki sifat sama, ada juga yang berbeda. Dari cerita di atas, kita tahu bahwa sifat Beni rajin dan menyukai binatang.

Halaman  70 
1. Tulislah dua sifat ayah Beni yang kamu temukan pada teks bacaan!
2. Tulislah dua sifat Beni yang kamu temukan pada teks bacaan!

Jawaban halaman 70.
1. Menyukai binatang, ayah Beni orang yang lucu
2. Menyukai binatang, rajin

No comments: