Thursday, 27 August 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 1. 
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

Beni memelihara ayam. Ada ayam jago, ayam betina, dan anak-anak ayam. Setiap hari Beni dibangunkan dengan suara ayam  jago.

Ayam jagonya berkokok nyaring sekali setiap pagi. Ternyata Beni juga punya buku cerita tentang ayam  jago. Yuk, kita baca dongeng tentang ayam jago.

Ayam Jago Baru
Pengarang: Anonim

Ada ayam jago baru di suatu dusun. Dia datang  dari kota yang jauuh ... sekali. Suatu ketika, Ayam Jago terjaga dari tidurnya. 

Matanya yang masih mengantuk perlahan terbuka. Di langit dia melihat benda bundar berwarna kuning keemasan. “Itu pasti Matahari!” pikirnya. Maka walaupun dia masih mengantuk, dia melompat ke atas pagar. “Kukuruyuk.... Hari sudah pagi!” kokoknya keras-keras.

Induk-induk ayam bergegas berlarian keluar. Mereka mulai mengais-ngais mencari makan. “Wah, betapa gelapnya hari ini!” keluh mereka.

Tiba-tiba terbang melintas seekor burung hantu. Dia hinggap di pohon dekat mereka. “Kamu siapa?” tanya si Ayam Jago Baru. “Aku, Burung Hantu!” jawabnya. “Hai, mengapa kalian rebut-ribut di tengah malam begini?” “Si Ayam Jago tadi berkokok. Itu tanda hari sudah pagi!” ujar induk-induk ayam itu. 

Mereka kemudian ribut bergumam. Si Burung Hantu menepukkan sayapnya meminta mereka tenang. “lya! Itu Matahari sudah terbit di langit!” ujar si Jago. Si Burung Hantu tertawa terbahak-bahak. “Itu bukan Matahari! Itu adalah bulan purnama!” katanya.

Induk-induk ayam kembali bergumam. Mereka kembali ke tempat masing-masing dan tidur lagi.

Si Ayam Jago Baru merasa malu. Dia berjanji  besok lagi akan membuka kedua matanya lebar- lebar. Dia harus yakin yang dilihatnya adalah Matahari. Setelah itu, baru dia akan berkokok.

Ayo berlatih 
Ayam sangat bermanfaat bagi manusia. Telur, daging, kulit, dan bulu adalah bagian ayam yang dapat diambil manfaatnya.

Ayam-ayam Beni tinggal di kandang belakang rumah. Beni memiliki 10 anak-anak ayam. Beni ingin menempatkan anak-anak ayam secara berkelompok.

Pertama, Beni memasukkan 2 ekor anak ayam ke dalam tiap ruangan di kandang. Kedua, Beni kemudian mengubah banyak anak ayam tiap kelompok menjadi 5 ekor.

a. Penulisan lambang bilangan: 5 x 2 = ……                                 
b. Penulisan lambang bilangan: 2 x 5 = ……
c. Jadi, 5 x 2 = 2 x 5

Beni memiliki 12 ayam jago.  Ia menempatkan ayam jago dalam kandangnya  secara berkelompok.
a. Penulisan lambang bilangan:   2 x 6 = 12                                  
b. Penulisan lambang bilangan: 6 x 2 = 12
c. Jadi, 2 x 6  = 6 x 2

Halaman 60-61
Kerjakanlah latihan berikut seperti contoh!

1. a. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …                               
    b. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …
    c. Jadi, … x … = … x …
2. a. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …                               
    b. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …
    c.  Jadi, … x … = … x …
3. a. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …                               
    b. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …
    c. Jadi, … x … = … x …
4. a. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …                               
    b. Penulisan lambang bilangan:   … x … = …
    c. Jadi, … x … = … x …

Jawaban Halaman 60-61
Kerjakanlah latihan berikut seperti contoh!
1. a. Penulisan lambang bilangan:   3 x 5  = 15                                
    b. Penulisan lambang bilangan:   5 x 3  = 15
    c.  Jadi, 3 x 5 = 5 x 3
2. a. Penulisan lambang bilangan:   4 x 6 = 24                                   
    b. Penulisan lambang bilangan:   6 x 4 = 24
    c. Jadi, 4 x 6 = 6 x 4
3 a. Penulisan lambang bilangan:   5 x 6 = 30                                  
    b. Penulisan lambang bilangan:  6 x 5 = 30
    c. Jadi, 5 x 6 = 6 x 5
4. a. Penulisan lambang bilangan:  6 x 3 = 18                                   
    b. Penulisan lambang bilangan:  3 x 6 = 18
    c.  Jadi, 6 x 3 = 3 x 6

No comments: