Tuesday 11 August 2020

Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT Untuk Seleksi Tahun Anggaran 2019

Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) telah mengeluarkan surat dengan Nomor:B/750/M.SM.01.00/2020 pada tanggal 10 Agustus 2020 tentang Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019.
Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019
Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019

Surat tersebut ditujukan kepada yang terhormat: 1. Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat; 2. Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat. Berikut ini adalah kutipan surat  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) tentang Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019.

Dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersih, kompeten dan melayani, maka setiap PNS wajib memiliki komptensi dasar dan kompetensi bidang yang sesuai dengan tuntutan jabatan. 


Hal ini sesuia dengan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017  tentang manajemen PNS, maka dengan berakhirnya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD), selanjutnya proses pengadaan CPNS dilaksanakan dengan menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal SKB agar para peserta seleksi CPNS Tahun Anggaran 2019 dapat mengenali poin penting dalam soal SKB dengan CaT yang akan diujikan sesuai dengan  kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan siri sebaik mungkin. 

Panitia Seleksi Nasional (PANSELNAS) memberikan materi pokok soal SKB dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang bersesuaian (masih satu rumpun) dengan jabatan terkait, sesuai yang tercantum pada Permenpan Nomor 23 Tahun 2019 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019. Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal SKB tersebut disebarluaskan melalui situs resmi instansi.

Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019 misalnya Guru Ahli Pertama (Permenpan Nomor 16 Tahun 2019 meliputi kompetensi berikut ini:
  • Kompetensi pedagogik; kemampuan pemahaman peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki.
  • Kompetensi professional; penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan kurikulum mata pelajaran di sekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya

Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019 ini terdiri dari 231 nama jabatan fungsional sesuai yang dilamar oleh peserta seleksi CPNS tahun anggaran 2019.

Bagi anda yang memerlukan Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019 dapat anda unduh pada link di bawah ini.


Semoga informasi berkaitan dengan Materi pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk seleksi Tahun Anggaran 2019 dapat memberikan maaf bagi anda khususnya peserta seleksi CPNS Tahun Anggaran 2019 dapat lulus. 


No comments: