Wednesday 5 August 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3. Pada pembelajaran 3 ini anak-anak akan mempelajari karya gambar hias bermotif ikan dan perkalian bersusun ke bawah. 

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3
Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat sebuah karya gambar hias bermotif hewan. 
Gambar hias bermotif ikan adalah gambar ikan   yang disederhanakan. Meskipun disederhanakan, gambar hias tidak meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk dan warna pada gambar hias terkadang berbeda dari aslinya. Namun, kesan gambar aslinya masih tetap tampak.

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali
waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip. 

Halaman  118-119
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya  pada teman atau guru.  Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada tempat berikut! 

Jawaban 118-119
  1. Ikan koki ciri-ciri bentuknya bulat dengan ekor panjang, badannya warna- warni.
  2. Ikan mas biasa dikonsumsi/dimakan, warnanya beragam ada hitam,  kuning, dan merah.
  3. Ikan mujair biasanya berwarna hitam, siripnya tajam, dan biasa  dikonsumsi/dimakan.
  4. Ikan lele, warnanya kecoklatan, mempunyai kumis pada mulutnya, memiliki patil pada bagian siripnya (senjata), dan biasanya digunakan untuk konsumsi/dimakan.
  5. Ikan cupang ciri-cirinya, sirip dan ekor menjumbai panjang, warna tubuhny terang dan tidak kusam, merupakan jenis ikan hias.

Ada jenis ikan yang untuk dimakan.  Ada juga jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias biasanya disimpan   dalam akuarium. Banyak orang yang menjual macam-macam  ikan hias.

Mari mencoba berlatih menghitung jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh sebuah peternakan.

Contoh
Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan  120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?
Jawaban:

Masih ingatkah perkalian yang sudah kamu pelajari  sebelumnya? Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam  waktu satu bulan. Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang  dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.
Dalam perkalian ditulis  2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20
Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu 
jumlahkan.
2 × 100  =  200
2 ×   20  =    40 +
                   240
Video pembelajaran 3 
Video pembelajaran 3 

Halaman 121-122
Kerjakan soal berikut sesuai contoh!

1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap  ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias Udin semuanya?

2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki.  Berapa banyak ikan koki semuanya?

3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi 300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?

Jawaban nomor 1
Jawaban nomor 2

Jawaban nomor 3




No comments: