Sunday 9 August 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 2. Pada pembelajaran 2 ini anak-anak akan mempelajari Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji.

Sebagian besar tumbuhan berkembang biak  dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji. Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah.

Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuh siklus atau daur hidup.
Perhatikan gambar bagian-bagian biji di bawah ini. 

Halaman 155
Gambar menunjukkan daur hidup tanaman  semangka. Lengkapi bagan daur berikut dengan gambar yang sesuai.

Jawaban halaman 155
Halaman 156
Tuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman
semangka menggunakan bahasamu sendiri!

Jawaban halaman 156
Siti memiliki sebuah hobi menanam tanaman. Kali ini Siti akan menanam semangka. Pertama Siti menggali tanah, dilanjutkan memasukkan bibit biji semangka ke dalam lubang tersebut. Setelah di masukkan ke dalam tanah Siti menimbun kembali lubang tersebut. Tidak lupa setiap hari siti menyiram tanaman semangkanya. Setelah 5 hari tumbuhlah tunas tanaman semangka. Karena dirawat dengan baik 3 minggu kemudian tanaman semangka tumbuh dengan suburnya. Dua bulan kemudian munculah bunga. tujuh hari kemudian munculah buah semangka kecil. Setelah tanaman berusia 3 bulan semangka Siti sudah siap untuk di panen. Betapa bahagianya Siti telah berhasil menikmati semangka hasil kerja kerasnya selama ini.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak  dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek.
Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi
tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun. Gambar tersebut adalah gambar pohon bambu, cocor bebek, dan pohon pisang.

Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas. Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Batang pohon bambu banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya digunakan untuk bermain.

Pentingnya Bekerja Sama Bermain lompat bambu memerlukan kerja sama  yang baik antara sesama pemegang bambu maupun pemainnya. Jika tidak ada kerja sama akan membahayakan pemain dan pemegang bambu. 

Tangan pemegang bambu bisa terjepit bambu jika tidak bekerja sama dengan baik. Kaki yang melompat pemain akan tersangkut dan terjepit bambu jika tidak ada kerja sama yang baik.  Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain.

Halaman 159 -160
1. Apakah kamu bekerja sama dengan teman saat bermain lompat bambu?
Jawaban: iya, saya bekerja sama dengan teman
2. Bagaimana cara kamu bekerja sama?
Jawaban: Cara saya bekerja sama adalah Kerja sama yang baik antara pemegang bambu dan pemain.
3. Apakah cara yang membuat kamu berhasil bermain lompat bambu?
Jawaban: Konsentrasi seluruh pemain
4. Apa yang membuatmu tidak berhasil dalam bermain lompat bambu?
Jawaban: tidak konsentrasi

No comments: