RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2. Pada Subtema 1 pembelajaran 2 ini anak-anak akan belajar tentang dongeng Pengembara dan belajar untuk selalu bersyukur.
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 |
Edo, Siti, dan Beni sedang bermain di rumah Dayu. Dayu menunjukkan sebuah majalah yang di dalamnya ada cerita dongeng. Edo, Siti, dan Beni berebut untuk membaca dongeng tersebut. Dayu mengusulkan agar salah satu dari mereka membacakan dongeng. Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan.
Pengembara dan Sebuah Pohon
Pengarang: Aesop
Dua orang pengembara berjalan di sepanjang jalan yang berdebu dan tandus di hari yang sangat panas. Tidak lama kemudian, mereka menemukan sebuah pohon besar. Dengan gembira, ke dua nya lalu berteduh dari teriknya sinar matahari di bawah naungan daun-daun pohon besar yang lebat. Saat beristirahat, mereka melihat ke atas pohon. Salah seorang pengembara berkata kepada teman seperjalanannya, “Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! Pohon ini tidak memiliki buah sehingga tidak berguna untuk manusia sama sekali.”
Pohon besar tersebut lalu berkata, “Kamu manusia yang tidak tahu berterima kasih!“ Pohon itu berkata lagi, “Kamu datang dan bernaung di bawah daun-daunku. Kamu menikmati teduhnya perlindungan cabang dan daunku. Kamu masih menyebutku tidak berguna sama sekali?
Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat untuk manusia. Hewan juga memiliki banyak manfaat untuk manusia.
Sikap bersyukur dapat ditunjukkan dengan menyayangi makhluk hidup.
Kita simak dialog di bawah ini, yuk!
Beni : “Kenapa Ayah sering mengucapkan terima kasih?”
Ayah Beni : “Berterima kasih itu termasuk orang yang selalu bersyukur.”
Beni : “Apa hubungannya berterima kasih dengan bersyukur, Yah?
Beni : “Ada dong. Berterima kasih itu salah satu cara kita bersyukur. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang rendah hati. Kebalikannya orang yang tidak bersyukur adalah orang yang sombong.”
Beni : “Apa kita juga berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan? Bagaimana caranya?”
Ayah : “Iya, kita juga perlu berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan. Caranya berbeda dengan cara kita berterima kasih kepada manusia.”
Ibu : “Jika kita berterima kasih kepada tumbuhan maka kita merawat tumbuhan dengan baik. Tumbuhan diberi air, pupuk, dan sinar matahari yang cukup. Kita juga tidak memetik bunga dan daun-daun sembarangan.”
Beni : “Bagaimana cara berterima kasih kepada hewan?
Ayah : “Cara berterima kasih kepada hewan yaitu dengan menyayangi hewan. Kita memberi makan atau minum hewan-hewan. Kita tidak menyiksa hewan. Orang yang pandai bersyukur akan disukai teman-teman. Tuhan juga mencintai orang yang pandai bersyukur.”
Halaman 15-16 Setelah membaca dialog di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Untuk apa kata terima kasih diucapkan?
2. Apa yang dirasakan saat kita mengucapkan terima kasih?
3. Tulislah dua pengalamanmu berterima kasih kepada sesama manusia yang telah kamu
lakukan!
a.
b.
Jawaban halaman 15-16
1) Terima kasih diucapkan sebagai salah satu cara bersyukur.
2) Ketika mengucapkan terima kasih, perasaan kita akan senang dan tentram.
3) a. Terima kasih Edo, kamu telah meminjamkan alat tulis kepada saya
b. Terima kasih Eni, Kamu mau menolong saya yang terjatuh dari sepeda.
Bentuk lain dari sikap bersyukur adalah selalu menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga membuat tubuh kita sehat. Tubuh kita juga sehat dengan menghirup udara yang mengandung banyak oksigen.
Tanaman memberikan oksigen pada lingkungan sekitar. Dengan berolahraga di halaman sekolah, tubuh kita nakan terasa lebih segar. Gerakan memutar atau meliukkan badan dapat dilakukan untuk melenturkan tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan peredaran
darah lancar.
No comments:
Post a Comment